Beginilah Akhir Kisah Dn Aidit Dalam Operasi Penumpasan G30s Pki



Gerakan 30 September PKI atau yang lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI pada tahun 1965, menjadi salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Bagaimana tidak? tujuh perwira diculik dan dibunuh secara kejam, dan jenazahnya korbannya dimasukan kedalam satu lubang berdiameter 75 cm dengan kedalaman 12 meter.
Para perwira tersebut akan melakukan makar terhadap Presiden Soekarno melalui Dewan Jenderal, itulah tuduhan yang dilayangkan oleh PKI.
6 jenderal serta satu perwira TNI Angkatan Darat, menjadi sasaran penculikan tepat malam itu.
Adapun nama-nama korban adalah sebagai berikut:
– Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
– Mayor Jenderal Raden Soeprapto
– Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
– Mayor Jenderal Siswondo Parman
– Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan
– Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo
– Lettu Pierre Andreas Tendean.
Setelah insiden tersebut, pemerintah mengupayakan penumpasan G30S PKI pada 1 Oktober 1965.
Mayjen Soeharto kala itu mengambil alih komando angkatan darat, akibat belum adanya kepastian kabar mengenai Letjen Ahmad Yani. Sementara Kolonel Sarwo Edhi Wibowo, yang menjadi Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) berupaya untuk menghimpun pasukan seperti Divisi Siliwangi dan Kavaleri.
Operasi penumpasan G30S PKI diarah ke sejumlah tempat yang telah dikuasai para simpatisan PKI.  Salah satunhya adalah wilayah Bandar Udara Halim Perdana Kusuma.
Dilansir G30s-PKI.com, setelah daerah sekitar Istana Merdeka dan Medan Merdeka bersih dari pasukan G30S / PKI, maka operasi penumpasan terhadap kaum pemberontak yang digunakan sebagai basis oleh pemberontak Halim Perdanakusama dan sekitarnya yang digunakan sebagai basis pemberontak.
Situasi militer di Ibukota segera berubah karena inisiatif direbutnya dari Gerakan 30 September PKI oleh Kostrad. Pangkostrad Mayjen Soeharto melalui Ajudan Presiden, Kolonel KKO Bambang Widjanarko, mengirimkan pesan kepada Presiden Soekarno agar meninggalkan kompleks Halim, selambat-lambatnya pada pukul 24.00, karena Kostrad telah melihat pangkalan itu merupakan basis kekuatan fisik pemberontak.
Perkembangan menjelang petang hari itu juga, berlangsung dengan cepat, sehingga pemberontak yang berkedudukan di Halim dan sekitarnya merasakan tekanan situasi. Akhirnya, mereka segera menyingkir keluar Halim. Perintah Presiden melalui Brigjen Supardjo agar gerakannya, memunculkan kerumitan bagi DN Aidit, Sjam, dan Pono.
Dengan ketegasan sikap Mayjen Soeharto tersebut, yang dibarengi dengan operasi-operasi penumpasan secara militer, jelaskan bahwa Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma tidak akan dapat dipertahankan lagi. Presiden Soekarno beserta rombongan pada tanggal 1 Oktober 1965 pukul 23.30 telah meninggalkan Pangkalan Halim Perdanakusuma melalui jalan darat menuju Bogor.
Pada pukul 01.00 dinihari tanggal 2 Oktober 1965, Jenderal Soeharto memerintahkan kesatuan-kesatuan RPKAD dibantu oleh Batalyon 328 Kujang / Siliwangi, satu kompi tank dan satu kompi panser Kavaleri untuk membebaskan Pangkalan Halim. Kepada pasukan-pasukan yang ditugasi dipesankan, agar dalam melaksanakan perintah ini sebisa mungkin menghindarkan pertumpahan darah serta menghindarkan pengrusakan terhadap benda-benda yang berguna.
Demikianlah sekitar pukul 03.00 pagi, pasukan tersebut bergerak menuju sasaran yang telah ditentukan. Pada pukul 06.00 pagi, lapangan udara Halim telah dapat dikuasai kembali. Namun karena luasnya kompleks Halim, kekuatan-kekuatan pemberontak ternyata tidak mengundurkan diri.
Gerakan penumpasan selanjutnya adalah menuju desa Lubang Buaya yang diperkirakan sebagai tempat pembunuhan terhadap 7 orang Perwira Tinggi Angkatan Darat. Tembak-menembak yang terjadi di Lubang Buaya antara RPKAD dengan satuan-satuan Yon 454, sehingga jatuh korban seorang gugur dan dua orang luka-luka.
Pada pukul 14.00 gerakan satuan oleh satuan-satuan RPKAD dan Yon 328 Kujang di sekitar Cililitan dan Lubang Buaya yang diubah karena pemberontak telah membeliar escap diri ke luar kota. Dengan telah di kuasainya Halim dan bubarnya pasukan pemberontak, maka gagallah kudeta Gerakan 30 September yang didalangi PKI itu. Para pemimpin pemberontak meninggalkan Halim menuju ke Pondok Gede, dan selanjutnya menyelamatkan diri dari kejaran RPKAD.
Langkah untuk menumpaskan G30S PKI terus berlanjut dengan sejumlah operasi yang dijalankan. Di antaranya adalah operasi Trisula di Blitar Selatan serta Operasi Kikis di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Melalui operasi penumpasan itu, para tokoh PKI berhasil ditangkap. Ketua PKI DN Aidit yang dituding sebagai dalang pemberontakan ditemukan tewas tertembak dalam operasi tersebut.
Sementara, sebagian tokoh PKI diadili di mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilub) dan beberapa lainnya mendapat sanksi lain.
Artikel asli : pikiran-rakyat.com
The post Beginilah Akhir Kisah DN Aidit Dalam Operasi Penumpasan G30S/PKI appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/10/01/beginilah-akhir-kisah-dn-aidit-dalam-operasi-penumpasan-g30s-pki/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kami Surati Jokowi Minta Tindak Pki Gaya Baru Hingga Menayangkan Film G30s Pki

Kami Surati Jokowi Minta Tindak Pki Gaya Baru Hingga Menayangkan Film G30s Pki

papar berkaitan - pada 24/9/2020 - jumlah : 192 hits
Surat bernomor 014 PRES KAMI B IX 2020 ditandatangani oleh Presidium KAMI Gatot Nurmantyo Din Syamsuddin dan Rochmat Wahab yang tertanggal pada 22 September 2020
Kritisi Klaim Gatot Nurmantyo Gp Ansor Sebut Film G30s Pki Manipulatif

Kritisi Klaim Gatot Nurmantyo Gp Ansor Sebut Film G30s Pki Manipulatif

papar berkaitan - pada 25/9/2020 - jumlah : 298 hits
Wakil Bendahara Umum GP Ansor Luqman Hakim mengkritisi pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait kebangkitan PKI yang telah ia cium selama berdinas sebelum purna tugas Gatot sekaligus mengungkapkan alasan di balik Pres...
Gatot Nurmantyo Ngaku Dipecat Gara Gara Film G30s Pki Nasdem Itu Politik Tipu Muslihat

Gatot Nurmantyo Ngaku Dipecat Gara Gara Film G30s Pki Nasdem Itu Politik Tipu Muslihat

papar berkaitan - pada 25/9/2020 - jumlah : 323 hits
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan dirinya dipecat oleh Presiden Joko Widodo dengan persetujuan parlemen lantaran melakukan pemutaran film G30S PKI Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya membantah klaim tersebut Menurutny...
Menko Polhukam Tegaskan Tak Ada Pelarangan Nonton Film G30s Pki

Menko Polhukam Tegaskan Tak Ada Pelarangan Nonton Film G30s Pki

papar berkaitan - pada 28/9/2020 - jumlah : 256 hits
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md mengatakan tak ada pelarangan menayangkan maupun manyaksikan film Pengkhianatan G30S PKI
Kejamnya Pki Bukan Dongeng Sejarawan Ini Beberkan Kisah Nyata Alat Pencungkil Mata Dari China

Kejamnya Pki Bukan Dongeng Sejarawan Ini Beberkan Kisah Nyata Alat Pencungkil Mata Dari China

papar berkaitan - pada 30/9/2020 - jumlah : 298 hits
Sejarawan Suwardi MS menyebutkan kisah nyata kekejaman anggota Partai Komunis Indonesia saat terlibat peristiwa G30S PKI Ia menegaskan kisah itu bukanlah dongeng semata Menurut Suwardi PKI memang benar benar melakukan kekejaman kemanusiaan ...
Putar Film G30s Pki Jenderal Gatot Dicopot Dari Panglima Tni

Putar Film G30s Pki Jenderal Gatot Dicopot Dari Panglima Tni

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 247 hits
Panglima Tentara Nasional Indonesia periode 2015 2017 Jenderal Gatot Nurmantyo mengisahkan mengapa ia dicopot dari jabatannya di penghujung 2017 Padahal ia seharusnya masih berkarier di TNI sampai masa pensiun akhir Maret 2018 Secara tiba t...
Pendukung Pki Sebut Dn Aidit Keturunan Rasulullah Habib Zen Smith Berikan Bantahan Telak Nasabnya Tidak Ditemukan

Pendukung Pki Sebut Dn Aidit Keturunan Rasulullah Habib Zen Smith Berikan Bantahan Telak Nasabnya Tidak Ditemukan

papar berkaitan - pada 29/9/2020 - jumlah : 372 hits
Nama tokoh Partai Komunis Indonesia DN Aidit ramai diperbincangkan di kalangan warganet sejak Jumat 25 September 2020 hingga saat ini Hal tersebut lantaran ucapan putra DN Aidit yang mencibir Jenderal Gatot Nurmantyo dan mengatakan bahwa ya...
Kisah Anggota Pki Tak Mempan Peluru Abri Tewas Setelah Jawaban Satu Kata Diduga Kebal Terbuka

Kisah Anggota Pki Tak Mempan Peluru Abri Tewas Setelah Jawaban Satu Kata Diduga Kebal Terbuka

papar berkaitan - pada 1/10/2020 - jumlah : 205 hits
Kisah menarik terjadi saat pembersihkan Madiun dari PKI pada 1948 Prajurit ABRI dibikin bingung saat akan mengeksekusi mati seorang simpatisan PKI Simpatisan PKI itu tak mempan ditembak alias kebal peluru Peristiwa di luar nalar ini berawal...
Jenderal Gatot Ungkap Dicopot Jokowi Gegara Gelar Nobar Film G30s Pki

Jenderal Gatot Ungkap Dicopot Jokowi Gegara Gelar Nobar Film G30s Pki

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 255 hits
Panglima Tentara Nasional Indonesia periode 2015 2017 Jenderal Gatot Nurmantyo mengisahkan mengapa ia dicopot dari jabatannya di penghujung 2017 Padahal ia harusnya masih berkarier di TNI sampai masa pensiun akhir Maret 2018 Secara tiba tib...
Lesson In Economics From Hawkers Rebellion

Banjir Besar Dubai 2024 Ustaz Azhar Idrus

Lirik Lagu Cinta Setandan Pisang Eda Ezrin Den Manjo

Too Soon To Tell Analyst Says On Mipp S Prospects In Pn

Puasa Tarwiyah 2024 Maksud Hari Tarwiyah Hukum Berpuasa

Govt Opposition Should Agree On Redelineation Formula Says Bersatu Man

Kuala Kubu Baharu Of Fortress On Estuary And Lee S Legacy

Malayia S Forex Trading Landscape Opportunities And Challenges



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Wish List April 2024

Sentiasalah Mengharapkan Rahmat Redha Allah

Puding Kastad Mangga

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Uncover The Secrets Of Riversweeps The Online Casino That S Different

Isteri Bersubahat Dengan Suami Melakukan Amang Seksual Terhadap Remaja 17 Tahun