Begini Cara Urus Balik Nama Motor Di Tahun 2019 Ini


Memiliki kendaraan pribadi sudah menjadi hal yang wajib dimiliki bagi orang-orang dengan mobilitas yang tinggi, baik itu di kota besar hingga daerah.
Dibanding kendaraan roda empat, kendaraan roda dua alias motor lebih banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.
Pasalnya ketika mengalami kemacetan, motor bisa melaju lebih cepat dibanding mobil. Ditambah lagi, ada banyak daerah-daerah Indonesia yang hanya bisa dilalui motor, seperti gang-gang kecil.
Tak heran kalau penjualan motor jauh lebih tinggi dibanding mobil. Baik itu penjualan motor baru maupun bekas.
Meski setiap bulannya selalu ada motor keluaran terbaru, tapi ternyata tidak sedikit orang yang lebih suka untuk membeli motor bekas atau second.
Faktor terbesar yang menyebabkan orang lebih memilih untuk membeli motor second adalah harganya yang jauh lebih murah dibanding motor baru.
Selisih harganya bisa lebih murah hingga setengah harga dari harga motor baru. Tentu saja hal ini bisa sangat menguntungkan.
Sayangnya, membeli motor second ini ada kendala utamanya, yakni harus balik nama terlebih dahulu karena STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) masih atas nama pemilik motor pertama.
Proses balik nama motor ini akan mengalihkan kepemilikan motor dari atas nama pemilik yang lama kepada pemilik yang baru.
Proses ini mau tak mau harus kamu lakukan agar nantinya ketika mengurus perpanjang STNK dan BPKB, maka kamu tidak perlu repot menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) milik pemilik asli motor.
Cara Mengurus dan Biaya Balik Nama Motor
Lalu bagaimana caranya jika ingin mengurus biaya balik nama motor? Perlu diketahui kalau mengurus biaya balik motor ini akan terbagi menjadi dua karena untuk mengurus STNK dan BPKB harus dilakukan di dua tempat yang berbeda, yakni di kantor SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) dan Polda.
Supaya lebih mudah memahaminya, berikut prosesnya:
Kantor SAMSAT
Proses pertama adalah harus datang ke kantor SAMSAT terlebih dahulu. Bagi yang berdomisili di Jakarta, bisa melakukan pengecekan alamat-alamat kantor SAMSAT pada alamat url ini http://bprd.jakarta.go.id.
Ketika datang ke kantor SAMSAT, harus membawa berkas-berkas yang dibutuhkan agar nantinya tidak bolak-balik lagi. Bawalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), STNK, BPKB, dan kwitansi pembelian.
Jangan lupa untuk memfotokopi semuanya rangkap dua. Pisahkan berkas yang asli dengan fotokopi dan letakkan dalam map yang terpisah.
Tes Fisik Kendaraan
Selanjutnya melakukan tes fisik kendaraan. Tes ini dilakukan oleh petugas SAMSAT. Setelah petugas SAMSAT selesai melakukan pemeriksaan tes fisik kendaraan, nantinya akan diberikan hasil tes fisik berupa Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan.
Selanjutnya, berikan hasil tes tersebut bersama dengan berkas yang kamu bawa kepada petugas loket tes fisik kendaraan. Di sini akan mengeluarkan biaya Rp 30 ribu.
Tunggu petugas loket melakukan verifikasi. Kalau sudah berhasil diverifikasi, petugas akan menyerahkan kembali berkas dan hasil tes fisik.
Untuk hasil tes fisik, harus memfotokopinya terlebih dahulu sebelum lanjut ke proses selanjutnya.
Pendaftaran Balik Nama STNK
Setelah tes fisik berhasil dilakukan, selanjutnya bisa mendatangi loket pendaftaran balik nama. Berikan semua berkas kepada petugas loket balik nama, baik itu fotokopi KTP, BPKB, STNK, kwitansi pembelian, dan hasil tes fisik kendaraan.
Setelah petugas loket balik nama memeriksa semua berkas, nantinya kamu diberikan tanda terima kalau pengajuan STNK sedang diproses. Petugas juga akan mengembalikan semua berkas kecuali STNK asli dan fotokopi.
Pada proses ini, diharuskan untuk membayar biaya sebesar Rp 30 ribu dan akan diminta untuk datang kembali pada hari yang telah ditentukan untuk mengambil STNK yang baru atas nama Anda.
Datang ke Kantor SAMSAT
Setelah menunggu beberapa hari, datanglah pada waktu yang telah ditentukan. Langsung datangi loket balik nama dan berikan tanda terima yang kemarin diberikan beserta KTP asli, BPKB asli, kwitansi pembelian, dan hasil tes fisik kendaraan.
Di sini diharuskan membayar sejumlah dana agar bisa mendapatkan STNK yang baru.
Ada biaya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebesar Rp 300 ribu, BBN KB (Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) Rp 200 ribu, biaya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) Rp 35 ribu, biaya administrasi STNK Rp 25 ribu, biaya administrasi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan bermotor) Rp 60 ribu.
Jika ditotal secara keseluruhan maka jumlah dana yang harus dibayarkan kepada petugas yakni sekitar Rp 620 ribu. Nominal ini belum termasuk denda jika ada keterlambatan pembayaran sebelumnya. Jadi pastikan untuk membawa uang lebih.
Datang ke Polda
Setelah melakukan pembayaran, maka akan langsung diberikan STNK yang baru. Tapi proses ini belum selesai karena masih ada BPKB yang juga harus diurus.
Untuk mengurus BPKB ini, tidak bisa mengurusnya di kantor SAMSAT, tetapi harus datang ke Polda.
Bagi yang berdomisili di daerah DKI Jakarta, bisa datang ke Gedung Biru Ditlantas Polda Metro Jaya yang beralamat di Jalan Gatot Subroto No. 217, Senayan, Kebayoran Baru.
Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP, fotokopi STNK yang baru, fotokopi hasil tes fisik kendaraan, fotokopi kwitansi pembelian motor, BPKB asli dan fotokopinya.
Membayar Biaya Balik Nama BPKB dan Serahkan Berkas
Datangi loket balik nama BPKB yang ada di Polda dan akan diberikan nomor antrian dan formulir Bea Balik Nama BPKB. Anda harus mengisi formulir tersebut dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewat. Jadi lakukan cek dua kali ya!
Setelah selesai mengisi formulir, harus melakukan pembayaran sebesar Rp 80 ribu di loket pembayaran BRI yang sudah tersedia di sana.
Kalau sudah melakukan pembayaran, fotokopi terlebih dahulu bukti pembayaran dan tempelkan pada formulir pendaftaran dan berikan kepada petugas loket balik nama BPKB bersama dengan semua berkas yang telah kamu siapkan sebelumnya.
Petugas loket balik nama BPKB nanti akan memberikan tanda terima yang di dalamnya terdapat tanggal pengambilan BPKB yang baru.
Simpan baik-baik tanda terima tersebut dan juga bukti pembayaran yang asli karena akan digunakan sebagai syarat untuk mengambil BPKB baru.
Ambil BPKB yang Baru
Di tanggal yang sudah ditentukan, Anda bisa datang lagi ke Polda untuk mengambil BPKB yang baru. Ambil nomor antrian terlebih dahulu dan tunggu nomormu dipanggil.
Serahkan tanda terima bersama dengan bukti pembayaran, dan fotokopi KTP kepada petugas loket. Setelah proses ini selesai, maka akan diberikan BPKB baru yang sudah jadi.
Sumber: liputan6.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/begini-cara-urus-balik-nama-motor-di-tahun-2019-ini/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hati Kena Cekal Pengalaman Dan Cara Ibu Ini Cerai Susu Badan Bila Anaknya 2 Tahun

Hati Kena Cekal Pengalaman Dan Cara Ibu Ini Cerai Susu Badan Bila Anaknya 2 Tahun

papar berkaitan - pada 24/1/2019 - jumlah : 176 hits
Berjaya menyusukan bayi hingga usia 2 tahun suatu kejayaan yang sangat bermakna buat seorang ibu Bukan mudah untuk semua ibu lalui pengalaman ini Bagi yang tak berjaya secara esklusif pun anda ibu yang hebat cuma mungkin disebabkan faktor t...
Azam Tahun 2019

Azam Tahun 2019

papar berkaitan - pada 16/1/2019 - jumlah : 174 hits
Masih belum terlambat untuk bercerita tentang azam tahun 2019 Memandangkan azam saya bersifat jangka panjang adalah mustahil untuk mencapainya kesemuanya pada tahun 2019 Jadi azam untuk tahun 2019 sewajarnya adalah meningkatkan lagi usaha u...
Tahun 2019 Ovo Pontianak Siap Fasilitasi Umkm Kalbar Menjadi Mitra

Tahun 2019 Ovo Pontianak Siap Fasilitasi Umkm Kalbar Menjadi Mitra

papar berkaitan - pada 27/1/2019 - jumlah : 145 hits
Selama dua hari dari tanggal 25 dan 26 Januari 2019 OVO Pontianak bekerjasama dengan Komunitas UMKM Kalimantan Barat PontiMarket Com sukses menyelenggarakan sebuah kegiatan dengan tajuk Talkpreneur Dompet Digital untuk Bisnismu Alhamdulilla...
Said Aqil Selamat Datang Pak Jokowi Presiden Ri Tahun 2019 2024

Said Aqil Selamat Datang Pak Jokowi Presiden Ri Tahun 2019 2024

papar berkaitan - pada 27/1/2019 - jumlah : 80 hits
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj turut hadir dalam acara harla Muslimat NU ke 73 di Gelora Bung Karno Jakarta Seperti biasa dia selalu mengeluarkan gaya gaya khasnya khususnya saat menyampaikan salam ke Presiden Jokowi yang juga datang
Upu Online 2019 Cara Permohonan Tarikh Serta Syarat Kemasukan 2019 2020

Upu Online 2019 Cara Permohonan Tarikh Serta Syarat Kemasukan 2019 2020

papar berkaitan - pada 24/1/2019 - jumlah : 279 hits
Permohonan UPU merupakan satu sistem atas talian yang diwujudkan oleh kementerian untuk para pelajar memohon memasuki universiti politeknik ataupun ILKA Para pelajar boleh memohon UPU secara online melalui laman web upu Sebelum memohon UPU ...
Selamat Tahun Baru 2019 Buat Semua

Selamat Tahun Baru 2019 Buat Semua

papar berkaitan - pada 16/1/2019 - jumlah : 107 hits
MASIH BELUM TERLEWAT UNTUK MAMA NAK UCAP SELAMAT TAHUN BARU KENGKAWAN ALAM MAYA SEMUA WALAU DAH BERLALU BEBERAPA HARI KAN
Pasaran Minyak Global Akan Mencecah Paras Rendah Dalam Tahun 2019 Pakar

Pasaran Minyak Global Akan Mencecah Paras Rendah Dalam Tahun 2019 Pakar

papar berkaitan - pada 16/1/2019 - jumlah : 166 hits
Menurut ramalan pakar terkemuka dunia pasaran emas hitam tahun ini adalah kejatuhan harga minyak global yang ketara dijangkakan Menurut Mohammed Al Rumhi Menteri Minyak Oman perjanjian bulan Disember mengenai pengurangan pengeluaran minyak ...
Pembuka Tahun 2019

Pembuka Tahun 2019

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 129 hits
Semalam harijadi me Hari ni harijadi anak dara Nur Addeena Syumaila pulak Alhamdulillah Umur bertambah ni dia punya geliga otak pun bertambah Makin petah bercakap Ada je jawapan dia Geram kadang Dah start sekolah tadika dah pun Excited dia ...
Chris Kanter Pede Indosat Bakal Tumbuh Sehat Di Tahun 2019

Chris Kanter Pede Indosat Bakal Tumbuh Sehat Di Tahun 2019

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 87 hits
President Director dan CEO Indosat Ooredoo Chris Kanter percaya diri jika perusahaan yang dipimpinnya akan tumbuh semakin sehat di tahun 2019 Bahkan kembali rebound
Ceo Pihak Berkuasa Penerbangan Awam Malaysia

Dua Buah Kereta Berdebu Di Parking Selama 6 Tahun Terjawab Dipercayai Milik Penumpang Mh370

Puding Buih Beracun Peniaga Tolonglah Jaga Kebersihan

Sejarah Gundik Maharaja China

Hukum Ibu Ayah Ambil Dan Guna Duit Raya Anak

Pengajaran Dari Kes Puding Beracun

Daphne Iking Tak Jadi Gugur Selamat Bersalin Anak Ke Empat

Mahathir Cabar Pas Buktikan Saman Rm1bilion Itu Wujud



Kisah Wanita Dipaksa Gugurkan Anak Demi Polisi Negara China

Isu Pelakon Larikan Isteri Orang Ini Lagi Kenyataan Leana Sharif Pengurus Shah Radhi Hazvee

Dakwaan Larikan Isteri Orang Pengurus Shah Radhi Hazvee Bersuara

5 Negara Asia Paling Mahal Caj Penggunaan Elektrik

Biodata Eric Fuzi Pemain Keyboard Kumpulan Floor 88


Najib Dilantik Sebagai Penasihat Ekonomi Berita Palsu Tu

Pernah Bercinta 10 Tahun Lalu Peminat Kemuka Bukti Song Hyegyo Hyunbin Kembali Jalin Hubungan

Ph Pertingkat Perang Psikologi Dakwa Cukup Sokongan Untuk Menghadap Agong

Resepi Jeruk Lada Kekal Segar Dan Rangup Sesuai Untuk Bisnes Partime

Bubar Parlimen Jika Ph Kembali Semula Menjadi Kerajaan Dengan Sokongan 129 Mp

Non Muslim Letak Arak Sama Dengan Akta Najis Dadah