Banjir Sentani Papua Korban Meninggal Setidaknya 73 Orang Bayi 5 Bulan Selamat


Setidaknya 73 orang meninggal dunia akibat banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang kawasan Jayapura, Papua, hari Sabtu (16/03).
“Korban meninggal, 66 orang akibat banjir bandang di Kabupaten Jayapura dan tujuh orang di Kotamadya Jayapura akibat tanah longsor,” kata juru bicara Kodam Cenderawasih, Muhammad Aidi, kepada wartawan BBC News Indonesia, Mohamad, Susilo, hari Minggu (17/03).
Aidi mengatakan jumlah warga yang mengungsi mencapai setidaknya 4.157 orang hingga Minggu malam waktu setempat yang tersebar di tujuh titik pengungsian.
Sekitar 60 Orang Masih Dilaporkan Hilang
Saat dilakukan penyisiran di lokasi bencana, personel militer berhasil menyelamatkan bayi laki-laki berusia lima bulan yang diduga terperangkap di reruntuhan di bawah rumahnya selama kurang lebih lima jam, kata Aidi.
“Saat ditemukan ia tertindih balok-balok atau kayu-kayu. Kami selamatkan dan kami bawa ke rumah sakit,” kata Aidi.
Saat dilakukan penyisiran di lokasi bencana, personel militer berhasil menyelamatkan bayi laki-laki berusia lima bulan yang diduga terperangkap di reruntuhan di bawah rumahnya Saat ditemukan, ayahnya datang, dalam keadaan panik dan stres.
“Di rumah sakit diberi perawatan dan bayi ini kondisinya membaik dan sudah dijemput oleh pihak keluarga pada Minggu pagi,” kata Aidi.
Banjir bandang ini menerjang sembilan kelurahan di Kabupaten Sentani.
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengungkapkan lebih dari 1.000 warga Sentani dievakuasi ke kantor bupati dan rumah dinasnya.
Banjir bandang yang terjadi di malam hari, membuat para warga tidak mempersiapkan diri, sehingga yang diperlukan saat ini adalah kebutuhan pokok.
“Karena tengah malam musibah ini, jadi ada yang dalam kondisi tidur, belum siap sama sekali, mereka hanya keluar membawa baju yang di badan,” ujar Mathius kepada BBC News Indonesia.
Hingga Minggu (17/03) pukul 10.00 WIB, tercatat dampak banjir bandang yang menerjang sembilan kelurahan di Kabupaten Sentani, Papua, sebanyak 50 orang meninggal dunia dan 59 orang luka-luka. Lebih jauh, Mathius menerangkan bahwa kebutuhan air juga terkendala karena sumber air berasal dari Gunung Cicloop, sehingga dibutuhkan tangki air bersih untuk kebutuhan warga dan keperluan rumah sakit yang menampung korban luka-luka.
Kepala Humas Polda Papua Ahmad Musthofa Kamal mengatakan tiga lokasi yang terdampak parah akibat terjangan banjir bandang ini adalah di sekitar bandara, perumahan Bintang Timur dan sekitar lapangan udara.
Sebagian besar wilayah yang terdampak hingga kini masih tertutup lumpur material banjir. Diperkirakan masih banyak korban yang terperangkap materi lumpur.
“Air masih mengalir cukup deras tapi perlu diwaspadai. Kita masih melakukan pencarian,” kata dia.
Kerusakan akibat banjir bandang di Sentani yang memaksa lebih dari 4.100 orang mengungsi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan dari 50 orang meninggal dunia, 38 jenasah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Papua, 7 jenasah di RS Marthin Indey, dan 5 jenasah di RS Yowari.
Sebanyak 49 korban sudah berhasil diidentifikasi sedangkan satu jenasah masih dalam proses identifikasi.Sementara 59 orang luka-luka yang dirujuk ke PKM Sentani, RS Bhayangkara dan RS Yowari. Dinas Kesehatan Jayapura dan Dinas Kesehatan Papua mengkoordinir penanganan tim medis bagi korban.
Namun, Sutopo menuturkan data korban ini masih akan bertambah karena pendataan masih dilakukan.
“Karena proses evakuasi masih berlangsung dan belum semua daerah yang terdampak di sembilan jelurahan bisa dijangkau tim SAR gabungan,” ujar Sutopo, Minggu (17/03).
Warga yang selamat kemudian dievakuasi Material lumpur dan kayu akibat banjir membuat akses jalan tertutup, membuat evakuasi korban sulit dilakukan.
“Fokus utama saat ini adalah proses evakuasi, penyelamatan korban mengingat luasnya wilayah terdampak banjir bandang,” tegas Sutopo.
Adapun kerusakan meliputi 9 rumah rusak terdampak banjir di BTN Doyo Baru, 1 mobil rusak atau hanyut, jembatan Doyo dan Kali Ular mengalami kerusakan.
Sementara itu, sekitar 150 rumah terendam di BTN Bintang Timur Sentani, kerusakan 1 pesawat jenis Twin Otter di Lapangan Terbang Adventis Doyo Sentani.
Pesawat jenis Twin Otter di Lapangan Terbang Adventis Doyo Sentani yang diterjang banjir bandang. Seperti diberitakan, akibat dari intensitas hujan yang menguyur Kabupaten Jayapura dan sekitarnya mulai dari sore hari, Sabtu (16/03) hingga pukul 23:30 Wit mengakibatkan Banjir merendam perumahan warga di Kelurahan Hinekombe, Dobonsolo dan Sentani Kota, Kampung Yahim dan Kehiran.
Peringatan Banjir Bandang
Lebih lanjut, Sutopo mengatakan sejak september 2018, Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) bersama BNPB telah memperingatkan tentang adanya banjir bandang.
Wilayah Sentani itu rawan banjir akibat kerusakan lingkungan dan pertambangan liar di lokasi situ.
Apalagi pada tahun 2007 lalu, di Sentani juga pernah diterjang banjir bandang.
Kerusakan infrastruktur akibat banjir bandang Sentani. Kejadian banjir bandang yang menerjang pada Sabtu silam, menurut Sutopo, menunjukkan hujan deras yang terjadi pada sore hari membendung air di sungai ada. Namun air kemudian meluap dan menerjang wilayah di sekitarnya.
“Ini karakter banjir besar yang terjadi di Indonesia kita bisa melihat bagaimana kayu gelondongan yang begitu besar dan batu besar menerjang desa-desa,”
Untuk mengantisipasi banjir bandang, Wantanas dan BNPB sudah melakukan penanaman 20.000 bibit pohon untuk memperbaiki lingkungan, terutama hutan yang ada.
Sumber: bbc.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/banjir-sentani-papua-korban-meninggal-setidaknya-73-orang-bayi-5-bulan-selamat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kisah Heroik Para Penyelamat Korban Banjir Sentani Papua

Kisah Heroik Para Penyelamat Korban Banjir Sentani Papua

papar berkaitan - pada 19/3/2019 - jumlah : 232 hits
Banjir bandang di Sentani Papua menelan banyak korban jiwa Tapi di balik itu ada para penyelamat yang membantu mencari dan menolong korban banjir
Banjir Bandang Sentani Kisah Personil Tni Selamatkan Bayi Yang Nyaris Celaka Di Kolong Rumah

Banjir Bandang Sentani Kisah Personil Tni Selamatkan Bayi Yang Nyaris Celaka Di Kolong Rumah

papar berkaitan - pada 18/3/2019 - jumlah : 232 hits
Prajurit TNI dari Yonif RK 751 VJS melaksanakan penyelamatan terhadap seorang bayi anak suku asli Papua yang terjebak banjir di kolong rumah di Kampung Taruna Jl Sosial Taruna Sentani Kabupaten Jayapura Papua Bayi yang berumur 5 bulan ini h...
Presiden Pm Singapura Surati Jokowi Sampaikan Rasa Duka Bagi Korban Banjir Sentani

Presiden Pm Singapura Surati Jokowi Sampaikan Rasa Duka Bagi Korban Banjir Sentani

papar berkaitan - pada 19/3/2019 - jumlah : 253 hits
Presiden Singapura Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyampaikan rasa turut berduka cita atas peristiwa banjir bandang yang menelan 79 korban jiwa di Sentani Papua dua hari lalu melalui surat resmi kepada Presiden Joko Wido...
Evakuasi Diintesifkan Korban Tewas Banjir Sentani Mencapai 50 Orang

Evakuasi Diintesifkan Korban Tewas Banjir Sentani Mencapai 50 Orang

papar berkaitan - pada 17/3/2019 - jumlah : 198 hits
Upaya evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan terhadap korban banjir bandang Sentani Jayapura terus dilakukan secara intensif Jumlah korban meninggal dunia yang ditemukan terus bertambah Data terakhir jumlah jenazah yang ditemukan telah me...
Belasan Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang Di Sentani Jayapura

Belasan Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang Di Sentani Jayapura

papar berkaitan - pada 17/3/2019 - jumlah : 189 hits
Sedikitnya sebanyak 14 orang meninggal dan 18 orang mengalami luka luka akibat banjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura Sabtu malam Kepala SAR Jayapura Putu Arga mengatakan jenazah korban saat ini sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara
Korban Banjir Bandang Di Sentani Bertambah 32 Jenazah Dievakuasi

Korban Banjir Bandang Di Sentani Bertambah 32 Jenazah Dievakuasi

papar berkaitan - pada 17/3/2019 - jumlah : 196 hits
Korban banjir bandang yang melanda Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura Sabtu malam hingga pagi ini sudah mencapai puluhan orang Tim SAR yang dikerahkan menemukan sedikitnya 32 jenazah warga Jumlah korban diperkirakan masih akan bertambah k...
Muncul Hiu Setelah Banjir Bandang Di Dataran Tinggi Sentani Papua Pertanda Apa Ini

Muncul Hiu Setelah Banjir Bandang Di Dataran Tinggi Sentani Papua Pertanda Apa Ini

papar berkaitan - pada 19/3/2019 - jumlah : 258 hits
Foto dan video munculnya ikan hiu pasca terjadinya banjir bandang di Sentani Jayapura bikin heboh Foto dan video penemuan ikan hiu tersebut tersebar di media sosial Ikan tersebut memiliki ciri fisik dari moncong badan dan sirip yang sangat ...
Dramatis Tni Selamatkan Bayi Terjepit Kayu Saat Banjir Di Sentani

Dramatis Tni Selamatkan Bayi Terjepit Kayu Saat Banjir Di Sentani

papar berkaitan - pada 18/3/2019 - jumlah : 193 hits
Aidi menyebut saat bayi itu ditemukan posisinya terjepit kayu runtuhan rumah penduduk Saat penyelamatan juga sempat menggunakan dua gergaji untuk memotong kayu yang menjepit badan bayi
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


From Christopher Wray

Amalan Paling Minima Mendapatkan Lailatul Qadar

Yang Nilai Baik Dan Buruk Itu Dari Allah Bukan Dari Manusia

Oh Baju Melayu

First Blog Post

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000