Bangsa Bermata Sepet Dan Tanda Akhir Zaman


Ciri yang disebutkan mengenai Ya’juj dan Ma’juj mirip Bangsa China, namun apakah itu manusia sepet saat ini?

“Kiamat tidak akan terjadi,” kata Nabi dalam salah satu hadisnya, “sampai kalian memerangi sekolompok orang yang sendalnya terbuat dari bulu, dan memerangi bangsa Turk, yang mana mereka bermata sepet, berwajah kemerah-merahan, berhidung pesek, wajah mereka berbentuk perisai yang bundar.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain riwayat Ahmad dan Ibnu Majah disebutkan, “Kiamat tidak akan terjadi hingga kalian memerangi suatu bangsa bermata sepet, bermuka lebar, bermata hitam, muka mereka seperti perisai, memakai sepatu bulu, membawa perisai dan mereka menambatkan kudanya di pohon kurma.”

Siapakah yang dimaksud dengan sekelompok orang yang bermata sepet, berwajah kemerah-merahan, berhidung pesek dan wajahnya seperti perisai bundar?

Terkait hadis itu, Imam Nawawy (Syarh Shahih Muslim, XVIII/38) berpendapat, bahawa tanda-tanda itu ada pada zamannya. Umat Islam beberapa kali berperang dengan mereka. Pendapat ini menunjukkan bahawa yang dipahami dengan mata sepet di sini adalah bangsa Mongol yang menyerbu umat Islam hingga meruntuhkan Baghdad sampai akhirnya tumbang di pertempuran Ainun Jalut.

Penyebutan kata “al-Turk” dalam hadis tersebut tidak selalu merujuk kepada bangsa Turki, namun itu adalah terkait dengan ras yang memiliki tanda-tanda seperti yang disebutkan dalam hadits tadi. Karena, pada dasarnya ras al-Turk itu ada banyak jenisnya. (Badruddin Ayni, XIV/200).

Dalam hadis lain disebutkan:

فَإِذَا كَانَ فِي آخِرِ الزَّمَانِ جَاءَ بَنُو قَنْطُورَاءَ عِرَاضُ الْوُجُوهِ صِغَارُ الْأَعْيُنِ حَتَّى يَنْزِلُوا عَلَى شَطِّ النَّهْرِ فَيَتَفَرَّقُ أَهْلُهَا ثَلَاثَ فِرَقٍ فِرْقَةٌ يَأْخُذُونَ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَالْبَرِّيَّةِ وَهَلَكُوا وَفِرْقَةٌ يَأْخُذُونَ لِأَنْفُسِهِمْ وَكَفَرُوا وَفِرْقَةٌ يَجْعَلُونَ ذَرَارِيَّهُمْ خَلْفَ ظُهُورِهِمْ وَيُقَاتِلُونَهُمْ وَهُمْ الشُّهَدَاءُ

“Di akhir zaman nanti akan datang suatu kaum yang bernama Qanthura, wajah mereka lebar dan matanya sepet, hingga kaum itu sampai ke daerah tepian sungai lalu para penduduknya pecah menjadi tiga kelompok; satu kelompok pergi mengikuti ekor sapi dan binatang ternak (pergi ke tempat yang jauh dengan membawa binatang ternak mereka untuk bercocok tanam) hingga mereka hancur. Satu kelompok mengambil untuk keamanan mereka (mengajukan atau menerima jaminan keamanan dari bani Qanthura) hingga akhirnya menjadi kafir. Dan satu kelompok melindungi anak dan isteri mereka dan berperang melawan musuh (Bani Qanthura) hingga mereka mati sebagai syuhada.” (HR. Abu Dawud)

Bani Qanthura dalam kitab “Mirqāt al-Mafātih” (VIII/3408) karya Tibrizi adalah hamba sahaya Ibrahim yang melahirkan melahirkan anak-anak keturunan seperti Bangsa Turk dan China.

Selain itu beliau juga memberi catatan, “Barangkali yang dimaksud dengan apa yang diprediksi dalam hadis adalah perang yang terjadi pada masa sekarang antara bangsa Turk dan muslimin. Lebih dekat lagi, itu adalah isyarat pada masalah Jengis Khan dengan segala kerusakan yang dibuatnya khususnya di Baghdad.”

Di hadis lain tanda-tanda itu juga merupakan ciri-ciri dari Ya’juj dan Ma’juj. Dalam hadis riwayat Ahmad disebutkan, “Sesunguhnya kalian senantiasa akan berperang dengan musuh hingga kedatangn Ya’juj dan Ma’juj, wajahnya bundar, bermata sepet, jambul rambutnya berwarna putih, mereka turun dari tempat yang tinggi, wajah mereka seperti perisai yang ditempa (tebal dan keras).”

Dalam buku “al-Mausū’ah fī al-Fitan wa al-Malāhim wa Asyrāthi al-Sā’ah” (2006: 801), Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh memberi komentar bahawa hadis itu menjelaskan beberapa ciri Ya’juj dan Ma’juj yang sesuai dengan ciri-ciri bangsa Mongolia, Tatar dan Turk yang terdapat dalam banyak hadis Nabi. Hadis hanya cocok pada penghuni pegunungan di Mansyuria, Mongolia, tepu Siberia dan Asia Tengah.

Apa semua ciri itu ada kaitannya dengan bangsa China? Wallahu a’lam. Tapi, ada penjelasan menarik dari Dr. Shalah Abdul Fattah al-Khalidi dalam buku “Ma’a Qashashi al-Sābiqīn fī al-Qur`ān” (1989: 291-292). Kata beliau, Ya’juj dan Ma’juj adalah penduduk China, Korea, Mongolia, Tibet, Turkistan dan lainnya. “China saja,” katanya, “sudah terhitung sebagai bahaya yang langsung bagi masa depan Eropa, Amerika dan Arab dari segi jumlahnya.”

Dalam waktu yang sama beliau bertanya, “Apa yang akan terjadi di masa depan? Berapa jumlah mereka? Apa yang akan mereka lakukan di dunia ketika pergi ke berbagai negeri? Apa yang terjadi ketika terjadi ledakan penduduk yang sebegitu besar?”

Seperti yang maklum diketahui –bukan bermaksud mendiskreditkan bangsa tertentu—China merupakan kekuata besar di Asia yang berpotensi menghegemoni dunia dengan segenap kekuatan dan jumlah penduduk yang dimilikinya.

Meski demikian, beliau tetap memberi catatan bahwa meski ciri-ciri yang disebutkan mengenai Ya’juj dan Ma’juj mirip bangsa China, namun Ya’juj wa Ma’juj yang dijanjikan Rasulullah bukanlah sebagaimana sekarang kerana mereka masih dalam kurungan.

Ada juga yang berpendapat –seperti Khair Ramdhan– bahwa yang dimaksud dengan Ya’juj dan Ma’juj tidak merujuk pada bangsa tertentu tapi adalah ciri umum yang sesuai bagi setiap bangsa yang perosak dan penghancur.

Dari beberapa keterangan hadis dan ulama, bangsa berkulit sepet yang disabdakan Nabi ada yang sudah terjadi –seperti serangan Jengisk Khan dan Bangsa Mongol dan serangan Bangsa Turk—ada juga yang terkait dengan Ya’juj dan Ma’juj di akhir zaman.

Terlepas dari kebenaran apakah itu merujuk pada bangsa khusus yang bermata sepet atau hanya sekadar simbol perosak, yang pasti umat harus waspada bahawa kita sudah di ambang akhir zaman. Segala kemungkinan itu patut dijadikan kewaspadaan, minimal untuk diri dan keluarga bahkan negara, agar terproteksi dari kerusakan yang ditimbulkan mereka.[hidcom */Mahmud Budi Setiawan]

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.ustazcyber.com/2018/12/bangsa-bermata-sepet-dan-tanda-akhir.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
3 Tanda Kiamat Terkait Bangsa Arab Arab Kian Menghijau

3 Tanda Kiamat Terkait Bangsa Arab Arab Kian Menghijau

papar berkaitan - pada 21/12/2018 - jumlah : 249 hits
Tak ada yang mampu mengetahui pasti kapankah hari kiamat akan tiba Informasi tentang kiamat hanya Allah SWT lah yang mengetahui Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat Bilakah terjadinya Katakanlah Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat ...
Di Akhir Zaman Ketiga Hal Ini Semakin Langka

Di Akhir Zaman Ketiga Hal Ini Semakin Langka

papar berkaitan - pada 10/12/2018 - jumlah : 202 hits
Zaman semakin maju bila ditinjau dari perkembangan teknologi namun terjadi degradasi moral yang luar biasa dimasyarakat kita Setiap hari kita disuguhi banyak kejadian yang kurang terpuji di masyarakat kita mulai anak berani membunuh orang t...
Bbpom Sulsel Minta Warga Waspadai Toko Toko Yang Cuci Gudang Jelang Akhir Tahun

Bbpom Sulsel Minta Warga Waspadai Toko Toko Yang Cuci Gudang Jelang Akhir Tahun

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 175 hits
BBPOM Sulawesi Selatan mengingatkan kepada warga konsumen untuk mewaspadai toko toko khususnya toko besar yang memanfaatkan momen natal dan tahun baru untuk cuci gudang dengan menjual bahan makanan yang kedaluwarsa
Dia Rebah Dan Terus Sujud Detik Detik Akhir Ustaz Radzi

Dia Rebah Dan Terus Sujud Detik Detik Akhir Ustaz Radzi

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 356 hits
Dia rebah dan terus sujud Detik detik akhir Ustaz Radzi Ustaz Radzi atau nama sebenarnya Mohd Radzi Abdul Hamid 52 menjadi artis terakhir mengadakan persembahan bersama rakan lamanya dalam kumpulan rock Melissa PENYANYI rock yang pernah pop...
Yuk Ikutan Lomba Cerita Liburan Akhir Hingga Awal Tahun

Yuk Ikutan Lomba Cerita Liburan Akhir Hingga Awal Tahun

papar berkaitan - pada 24/12/2018 - jumlah : 162 hits
Lomba Cerita Liburan Akhir Hingga Awal Tahun ini digelar Kementerian Pariwisata
10 Si Comel Selebriti Malaysia Lahir Tahun 2018 Yang Akhir Itu Anak Dah Masuk Lima Tapi Mantain Nampak Muda Remaja

10 Si Comel Selebriti Malaysia Lahir Tahun 2018 Yang Akhir Itu Anak Dah Masuk Lima Tapi Mantain Nampak Muda Remaja

papar berkaitan - pada 26/12/2018 - jumlah : 469 hits
SEPANJANG 2018 industri hiburan tanah air menyaksikan ramai pasangan selebriti popular dikurniakan cahaya mata sekali gus melengkapkan lagi kebahagiaan rumah tangga yang dibina Paling mencuri perhatian peminat pastinya berita kelahiran bayi...
Mahalnya Harga Cabai Jelang Akhir Tahun

Mahalnya Harga Cabai Jelang Akhir Tahun

papar berkaitan - pada 25/12/2018 - jumlah : 171 hits
Menjelang akhir tahun beberapa harga komoditas pangan terpantau naik Kenaikan tersebut juga dipicu oleh hari raya Natal yang jatuh pada hari ini bahkan ada yang harganya melambung cukup tinggi yaitu jenis cabai merah
Jelang Libur Akhir Tahun Polres Serang Kota Dinkes Cek Urin Sopir Bus

Jelang Libur Akhir Tahun Polres Serang Kota Dinkes Cek Urin Sopir Bus

papar berkaitan - pada 22/12/2018 - jumlah : 278 hits
Kasat Lantas Polres Serang Kota Ali Rahman mengatakan pemeriksaan kondisi tubuh pengemudi dan keadaan kendaraan ini merupakan upaya preventif untuk mencegah kecelakaan lalu lintas
Antisipasi Akhir Tahun Bank Indonesia Tambah Jam Layanan

Antisipasi Akhir Tahun Bank Indonesia Tambah Jam Layanan

papar berkaitan - pada 22/12/2018 - jumlah : 258 hits
Direktur Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran Ery Setiawan menjelaskan pada hari biasa layanan Bank Indonesia tutup pada pukul 16 30 WIB kini menjadi pukul 17 30 WIB
The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Fahmi Fadzil Perlu Beri Penjelasan Bukan Beri Alasan

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Prof As Dakwa Tak Selamat Kunjungi Malaysia Selepas Sebar Propaganda Sokong Zionis



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Brauninhas House By Pablo Lanza Arquitetura In Itu Brazil

Banteras Isu 3r Manivanan Cadang 10 Langkah Percepat Siasatan Polis

Analysis Harapan S Uphill Battle To Defend Kuala Kubu Baharu

Kkb By Election Will Be A Confidence Vote For The Anwar Administration

Azmin Pledges To Tell All On May 11