Amalan Khusus Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling utama dalam setahun. Karena pada bulan tersebut Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan amalan puasa sebagai suatu kewajiban dan menjadikannya sebagai salah satu rukun Islam yaitu rukun Islam yang keempat.
Umat islam pada bulan tersebut disyariatkan untuk menghidupkannya dengan berbagai amalan.
Mengenai wajibnya puasa Ramadhan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ ، وَحَجِّ البَيْتِ ”Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan haji ke Baitullah.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 8 dalam Al Iman, Bab “Islam dibangun atas lima perkara”, dan Muslim no. 16 dalam Al Imam, Bab  “Rukun-rukun Islam”)
Nabi ‘alaihimush shalaatu was salaam bersabda,
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ “Barangsiapa melakukan puasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 2014  dalam Shalat Tarawih, Bab “Keutamaan Lailatul Qadr”, dan Muslim no. 760 dalam Shalat Musafir dan Qasharnya, Bab  “Motivasi Qiyam Ramadhan”)
Aku tidak mengetahui ada amalan tertentu untuk menyambut bulan Ramadhan selain seorang muslim menyambutnya dengan bergembira, senang dan penuh suka cita serta bersyukur kepada Allah karena sudah berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan.
Semoga Allah memberi taufik dan menjadikan kita termasuk orang yang menghidupkan Ramadhan dengan berlomba-lomba dalam melakukan amalan shalih.
Berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan sungguh merupakan nikmat besar dari Allah. OIeh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memberikan kabar gembira kepada para sahabat karena datangnya bulan ini.
Beliau menjelaskan keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan dan janji-janji indah berupa pahala yang melimpah bagi orang yang berpuasa dan menghidupkannya.
Disyariatkan bagi seorang muslim untuk menyambut bulan Ramadhan yang mulia dengan melakukan taubat nashuhah (taubat yang sesungguhnya), mempersiapkan diri dalam puasa dan menghidupkan bulan tersebut dengan niat yang tulus dan tekad yang murni.”
[Pertanyaan di Majalah Ad Da’wah, 1284, 5/11/1411 H. Sumber : Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15/9-10]
***
Demikian penjelasan dari Syaikh Ibnu Baz –rahimahullah-. Dari penjelasan singkat di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa tidak ada amalan-amalan khusus untuk menyambut bulan Ramadhan selain bergembira dalam menyambutnya, melakukan taubat nashuhah, dan melakukan persiapan untuk berpuasa serta bertekad menghidupkan bulan tersebut.
Oleh karena itu, tidaklah tepat ada yang meyakini bahwa menjelang bulan Ramadhan adalah waktu utama untuk menziarahi kubur orang tua atau kerabat (yang dikenal dengan “nyadran”).
Kita boleh setiap saat melakukan ziarah kubur agar hati kita semakin lembut karena mengingat kematian.
Namun masalahnya adalah jika seseorang mengkhususkan ziarah kubur pada waktu tertentu dan meyakini bahwa menjelang Ramadhan adalah waktu utama untuk nyadran atau nyekar. Ini sungguh suatu kekeliruan karena tidak ada dasar dari ajaran Islam yang menuntunkan hal ini.
Juga tidaklah tepat amalan sebagian orang yang menyambut bulan Ramadhan dengan mandi besar terlebih dahulu.
Amalan seperti ini juga tidak ada tuntunannya sama sekali dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lebih parahnya lagi mandi semacam ini (yang dikenal dengan “padusan”) ada juga yang melakukannya campur baur laki-laki dan perempuan dalam satu tempat pemandian.
Ini sungguh merupakan kesalahan yang besar karena tidak mengindahkan aturan Islam. Bagaimana mungkin Ramadhan disambut dengan perbuatan yang bisa mendatangkan murka Allah?!
Begitu pula dengan maaf memaafkan menjelang ramadhan, ini pun suatu amalan yang tidak tepat. Karena maaf memaafkan boleh kapan saja. Lantas mengapa dikhususkan menjelang Ramadhan? Apa dasarnya?
Semoga dengan bertambahnya ilmu, kita semakin baik dalam beramal. Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat, memberikan kita rizki yang thoyib dan memberi kita petunjuk untuk beramal sesuai tuntunan.
Sumber: rumaysho.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/amalan-khusus-menyambut-bulan-suci-ramadhan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Amalan Di Bulan Syaaban

Amalan Di Bulan Syaaban

papar berkaitan - pada 7/4/2019 - jumlah : 331 hits
Hari ini sudah memasuki bulan Syaaban Bulan yang di galakkan meningkat amalan Semoga di dalam bulan Ramadhan kita tidak menghadapi kesusahan dan letih lesu Jom dengar apa kata Ustaz Abdul Somad Semoga manfaat kepada anda
Agar Punya Banyak Uang Ini Amalan Jum At Akhir Bulan Rajab

Agar Punya Banyak Uang Ini Amalan Jum At Akhir Bulan Rajab

papar berkaitan - pada 5/4/2019 - jumlah : 207 hits
Banyak sekali faedah dan keutamaan pada bulan Rajab ini ada faedah yang lain seperti memperbanyak baca shalawat Sebagaimana hadits berikut Bahwa Rasulullah saw bersabda Pada malam Mi raj saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis da...
Dah Bersedia Ke Untuk Ketibaan Bulan Ramadhan

Dah Bersedia Ke Untuk Ketibaan Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 15/4/2019 - jumlah : 279 hits
Hye semua Hari ni dah masuk 15 April April dah oiii Apa je la yang saya dah buat tahun ni Rasa macam tak de apa ni Kalau masuk sekolah ni mesti saya lah orang paling sikit dapat sticker bintang Dan mungkin juga yang tak dapat langsung stick...
8 Checklist Persediaan Menyambut Ramadhan

8 Checklist Persediaan Menyambut Ramadhan

papar berkaitan - pada 11/4/2019 - jumlah : 507 hits
Ahlan Wa Sahlan Ya RamadhanTidak lama lagi kita bakal menyambut Ramadhan al Mubarak Bersediakah kita Bulan yang besar dan penuh keberkatan serta banyak kelebihannya haruslah disambut dengan penuh perasaan ta zim dan mengalu alukannya Bulan ...
3 Tradisi Menyambut Ramadhan Yang Hanya Ada Di Indonesia

3 Tradisi Menyambut Ramadhan Yang Hanya Ada Di Indonesia

papar berkaitan - pada 7/4/2019 - jumlah : 232 hits
Tradisi Menyambut Ramadan yang Hanya Ada di Indonesia Bagi sebagian masyarakat Indonesia bulan Ramadan sangatlah sakral Maka ketika bulan Ramadan akan tiba masyarakat di beberapa daerah memiliki tradisi menyambut datangnya bulan suci terseb...
Sejarah Bermulanya Puasa Bulan Ramadhan Asal Usul Puasa Bulan Ramadhan

Sejarah Bermulanya Puasa Bulan Ramadhan Asal Usul Puasa Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 683 hits
Assalamualaikum dan salam hormat buat semua pembaca blog yang dirahmati Allah sekalian Saya pasti ramai diantara tidak mengetahui sejarah permulaan disyariatkan puasa ramadhan atau dalam erti kata mudah bilakah umat islam mula diwajibkan be...
Transjakarta Akan Uji Coba Bus Listrik Bulan Mei

Transjakarta Akan Uji Coba Bus Listrik Bulan Mei

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 137 hits
Merek merek dunia tersebut kata Agung memang memiliki spesifikasi yang dibutuhkan Transjakarta terutama soal kenyamanan Namun pihaknya menilai yang terpenting adalah kesiapan setiap bus untuk beroperasi di lingkungan Transjakarta
Selepas 3 Tahun Menanti Juliana Evans Lafaz Syukur Umum Hamil 5 Bulan

Selepas 3 Tahun Menanti Juliana Evans Lafaz Syukur Umum Hamil 5 Bulan

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 363 hits
Selepas 3 tahun berkahwin dengan Tengku Shariffudin Shah Tengku Sulaiman Shah Al Hajj aktress popular Juliana Evans telah mengumumkan kepada peminat bahawa dia sedang hamil anak pertama Pengumuman tersebut telah dimaklumkan menerusi muat na...
Buron 3 Bulan Anggota Dprd Tapteng Diringkus Di Kalimantan Utara

Buron 3 Bulan Anggota Dprd Tapteng Diringkus Di Kalimantan Utara

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 236 hits
Berakhir sudah pelarian Sintong Gultom anggota DPRD Tapanuli Tengah Sumut yang kabur setelah jadi tersangka dugaan korupsi dana perjalanan dinas Dia diringkus di Kalimantan Utara Sintong kabur dan dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang pad...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Drama Anggun Mikayla

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Arul Rasheed Feat Shana Abella Gemersik Aidilfitri Chord

Hukum Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan Dan Cara Bayar Fidyah

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

Di Ambang Inflasi Bagaimana Dow Jones Dan S P Bertindak Untuk Sesi Ketiga Berturut Turut



Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo

Biodata Abdul Qawiy Aro Qawiyaro Personaliti TikTok Islamik

10 Fakta Biodata Siti Khadijah Halim Pelakon Drama Berepisod Wanita Syurga TV3 Gandingan Redza Rosli


Gaya Hidup Sihat 8 Perkara Yang Perlu Anda Amalkan

Ceo Flutter 2023

Hari Ini 3 Lucu Di M Sia K Jaan Gagal Sayur Kisah Cinta

Boikot Kk Mart Bukan Speedmart

Bersahur Dengan Sup Ayam Simple Tapi Sedap

The Ultimate Home Cycling Adventure Beaches Mountains And Music