Akhirnya Terungkap Pasien Pertama Atau Induk Corona Berawal Dari Tragedi 10 Desember 2019



Terungkap sosok diduga ‘pasien nol’ atau orang pertama terinfeksi Virus Corona atau Covid-19, nama dan asal.
Sosok pasien nol atau pasien nol karena bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting seperti bagaimana, kapan, dan mengapa pandemi Virus Corona atau Covid-19 bermula?
Pandemi Virus Corona atau Covid-19 kini telah menyebabkan 1.155 orang terinfeksi di Indonesia.
Sebanyak 994 masih dirawat, 59 sembuh, dan 102 meninggal.
Demikian data dikutip dari laman Kawal Covid19 kawalcovid19.id, Sabtu (28/3/2020), pukul 19:18 Wita.
Siapa pasien nol?
Seorang penjual udang di Pasar Seafood Huanan, Wuhan, China, kemungkinan merupakan ” pasien nol ” dari pandemi Virus Corona atau Covid-19.
Berdasarkan pemberitaan Wall Street Journal atau WSJ, pasien itu disebut merupakan perempuan berusia 57 tahun yang bernama Wei Guixian.
Dikutip New York Post, Jumat (27/3/2020), Wei Guixian bisa jadi merupakan orang pertama dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan yang terinfeksi Virus Corona.
WSJ mengulas berita harian lokal China, The Paper, dan menceritakan awalnya Wei Guixian bekerja seperti biasa pada 10 Desember saat mengalami gejala demam.
Merasa tidak enak badan, dia segera memeriksakan diri ke klinik terdekat dan kembali bekerja.
Di saat itulah, dia diyakini menyebarkan virus itu.
“Saya merasa lelah. Tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Wei Guixian.
“Setiap musim dingin, saya selalu menderita flu. Jadi saya kira ini hal biasa,” lanjut dia mengatakan.
Dia kemudian mengunjungi lagi klinik itu pada 11 Desember, dan menerima suntikan.
Tapi karena masih belum sembuh, dia pergi ke Rumah Sakit Nomor 11 Wuhan.
Di rumah sakit, ternyata dokter tidak mampu mendeskripsikan sakit apa sebenarnya Wei Guixian.
Jadi, mereka hanya sebatas memberikan pil.
Segera setelah memeriksakan diri ke rumah sakit, perempuan yang diyakini adalah “pasien nol” itu merasa kondisinya makin memburuk.
“Saya tidak nyaman. Rasanya seperti tidak punya tenaga,” katanya memaparkan.
Jadi, dia mencoba mendapat opini kedua di Rumah Sakit Persatuan Wuhan.
Di RS terbesar kota tersebut, dokter mengatakan penyakitnya “kejam”, dan menceritakan sejumlah orang di Pasar Seafood Huanan juga mengalami gejala sama seperti dirinya.
Pada akhir Desember 2019, Wei Guixian mengungkapkan dia dikarantina, dengan dokter berhasil menemukan hubungan antara virus dengan pasar.
Pada 31 Desember 2019, sebuah rilis dari Komisi Kesehatan Wuhan menyatakan, Wei Guixian termasuk satu dari 27 pasien yang positif terinfeksi Covid-19.
Selain itu, ibu penjual udang tersebut juga menjadi satu dari 24 kasus yang mempunyai keterkaitan langsung dengan pasar hasil laut itu.
Wei Guixian, yang kini telah pulih dan meninggalkan RS pada Januari menduga, kemungkinan dia terinfeksi dari toilet yang dia pergunakan di pasar.
Dia menuturkan, toilet tersebut dipergunakan secara bersama-sama oleh pedagang daging maupun pengguna pasar lain, dilaporkan The Journal.
Selain Wei Guixian, ada tetangganya sesama pedagang yang terpapar bersama dengan putrinya, keponakan, dan suami keponakannya itu.
“Mungkin bakal sedikit yang akan meninggal akibat wabah ini jika saja pemerintah bergerak cepat,” jelas dia dalam wawancara di Februari.
Dia kemungkinan adalah “pasien nol”.
Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak.
Gambar mikroskop elektron pemindai ini menunjukkan virus corona Wuhan atau Covid-19 (kuning) di antara sel manusia (merah). Sampel virus diambil dari seorang pasien AS yang terinfeksi. Para ahli menambahkan gambar agar lebih tampak. (LIVE SCIENCE)
Namun, tidak jelas apakah dia adalah sosok pertama yang menderita virus bernama resmi SARS-Cov-2 itu.
Sejak merebak pada Januari, Virus Corona telah menjangkiti 81.340 dan membunuh 3.292 orang di China, demikian data dari Universitas John Hopkins.
Adapun total di seluruh dunia, hampir 600.000 orang terinfeksi Covid-19, dengan 27 ribu di antaranya dilaporkan meninggal.
Mengapa “Pasien Nol” Penting Ditemukan?
Pihak berwenang di China dan para pakar sejauh ini belum sepakat soal bagaimana wabah Virus Corona, yang sekarang diberi nama Covid-19, bermula.
Lebih jauh lagi, mereka belum tahu, siapa pasien pertama penyakit ini, pasien yang kemudian menyebarkan penyakit.
Ketika terjadi wabah – baik karena virus maupun bakteri – orang pertama yang terkena biasanya disebut sebagai ” pasien nol”.
Seberapa penting mengidentifikasi pasien nol?
Mengidentifikasi orang pertama yang terkena penyakit yang kemudian mewabah dianggap penting karena bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting seperti bagaimana, kapan, dan mengapa suatu wabah bermula.
Jawaban-jawaban ini penting untuk mencegah orang-orang terkena penyakit dan juga bisa menjadi pembelajaran serta sumber informasi ketika terjadi wabah serupa di masa mendatang.
Jadi, apakah satu orang bisa memicu wabah besar?
Pada 2014 hingga 2016 terjadi wabah Ebola di kawasan di Afrika Barat, wabah terbesar penyakit ini sejak pertama kali ditemukan pada 1976.
Catatan WHO menunjukkan bahwa penyakit ini membunuh lebih dari 11 ribu dengan angka kasus mencapai 28 ribu.
Wabah berlangsung selama lebih dari dua tahun dan menyebar ke 10 negara, sebagian besar di Afrika, namun juga ditemukan di Amerika Serikat, Spanyol, Inggris dan Spanyol.
Para saintis menyimpulkan bahwa wabah ini berawal dari satu anak di Guinea.
Mereka mengatakan anak ini mungkin terkena Ebola saat bermain di pohon yang juga menjadi rumah koloni kelelawar.
Para ilmuwan ini melakukan ekspedisi ke desa tempat anak ini tinggal, mengambil sampel dan berbicara dengan warga setempat untuk mengetahui sumber wabah.
Hasil penelusuran ini diterbitkan di jurnal EMBO Molecular Medicine.
Siapa pasien nol pertama yang dikenal dalam sejarah?
Sebutan pasien nol mungkin pertama kali diberikan kepada warga New York bernama Marry Mallon.
Ia kemudian lebih dikenal dengan sebutan Typhoid Mary karena menyebabkan wabah demam tifus di New York pada 1906.
Ia berawal dari Irlandia dan pindah ke Amerika dengan bekerja di keluarga kaya sebagai tukang masak.
Di mana pun ia bekerja, selalu saja ada anggota keluarga yang mengalami demam tifus. Para dokter menggambarkan Mallon sebagai orang yang sehat.
Ia menularkan penyakit namun ia sendiri tidak menunjukkan tanda-tanda mengidap tifus.
Ada bukti bahwa orang punya “kemampuan yang berbeda dalam menyebarkan virus” dan Mary Mallon masuk dalam kategori orang yang “efektif menularkan penyakit” membuatnya mendapat predikat super-spreader atau “si penyebar super”.
Ketika itu, demam tifus menimpa ribuan warga New York dengan tingkat kematian 10%. Mengapa ada ilmuwan yang tak suka dengan istilah pasien nol?
Banyak pakar kesehatan yang tidak setuju dengan identifikasi pasien pertama yang menularkan penyakit, khawatir orang tersebut akan mengalami akan dianggap sebagai “biang masalah”.
Selain itu, identifikasi seseorang mungkin juga tidak sepenuhnya akurat.
Dugas, seorang pramugara berkewarganegaraan Kanada, menjadi sasaran kemarahan setelah dinyatakan sebagai sumber penyebaran AIDS di Amerika pada 1980-an.
Namun tiga dekade kemudian, para saintis menyimpulkan Dugas tak mungkin sebagai pasien pertama AIDS.
Kajian pada 2016 menunjukkan bahwa virus penyebab AIDS bergerak dari Karibia ke Amerika pada awal dekade 1970-an.
Istilah pasien nol pertama kali dikenal saat terjadi wabah HIV. Awalnya, para peneliti memakai istilah pasien o (huruf o), untuk mengacu ke pasien HIV yang berada di luar (bahasa Inggris: outside) negara bagian California.
Peneliti-peneliti lain “salah paham”, menyebutnya sebagai pasien nol dan istilah itu bertahan hingga sekarang.
The post AKHIRNYA Terungkap Pasien Pertama atau Induk Corona (Covid-19), Berawal dari Tragedi 10 Desember 2019 appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/03/28/akhirnya-terungkap-pasien-pertama-atau-induk-corona-covid-19-berawal-dari-tragedi-10-desember-2019/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Iran Kembangkan Terapi Sel Induk Untuk Mengobati Pasien Virus Corona

Iran Kembangkan Terapi Sel Induk Untuk Mengobati Pasien Virus Corona

papar berkaitan - pada 1/4/2020 - jumlah : 160 hits
Iran sedang mengembangkan metode pengobatan menggunakan sel induk menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Kianoush Jahanpouri
Kesaksian Pasien Sembuh Corona Surabaya Intinya Jangan Stres

Kesaksian Pasien Sembuh Corona Surabaya Intinya Jangan Stres

papar berkaitan - pada 27/3/2020 - jumlah : 189 hits
M Budi Hidayat sadar rutinitasnya membuatnya rentan terjangkit virus corona Budi Hidayat bekerja sebagai Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Juanda Surabaya Dia kena corona berhari hari diisolasi hingga akhirnya dinyatakan sembuh Budi...
Khofifah 22 Orang Pasien Positif Corona Sembuh Di Jatim

Khofifah 22 Orang Pasien Positif Corona Sembuh Di Jatim

papar berkaitan - pada 2/4/2020 - jumlah : 197 hits
Sebanyak 22 pasien positif covid 19 yang terkonfirmasi sudah negatif itu masing masing sebanyak 13 orang asal Surabaya lima orang asal Magetan tiga orang asal Kota Malang dan seorang lainnya asal Kabupaten Blitar
Cerita 4 Pasien Sembuh Dari Corona Di Semarang Kuncinya Gembira

Cerita 4 Pasien Sembuh Dari Corona Di Semarang Kuncinya Gembira

papar berkaitan - pada 2/4/2020 - jumlah : 156 hits
Muyin adalah salah satu dari empat pasien di Semarang Jawa Tengah yang dinyatakan sembuh setelah sebelumnya dinyatakan positif virus corona Muyin pemuda asal Rembang ini mengaku terinfeksi corona setelah ia pulang bekerja sebagai buruh proy...
Doa Nabi Agar Dibaca Oleh Pasien Corona

Doa Nabi Agar Dibaca Oleh Pasien Corona

papar berkaitan - pada 1/4/2020 - jumlah : 289 hits
Orang yang ditetapkan positif terpapar Covid 19 dianjurkan untuk mengikuti protokol medis terkait penanganan pasien Ia harus menjalani perawatan ekstra dan intensif agar imunitasnya meningkat Adapun berikut ini adalah lafal alternatif yang ...
10 Pasien Positif Corona Asal Surabaya Dinyatakan Sembuh

10 Pasien Positif Corona Asal Surabaya Dinyatakan Sembuh

papar berkaitan - pada 1/4/2020 - jumlah : 200 hits
Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Surabaya kembali merilis peta sebaran Corona COVID 19 di Kota Pahlawan pada Senin 30 Maret 2020 Hingga 30 Maret 2020 ada 10 pasien sembuh di Surabaya Sementara itu pasien sembuh dari luar Sur...
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli

Titah Hasrat Dan Pandangan Tuanku