5 Tips Menabung Bagi Kita Yang Bekerja Sebagai Pegawai Kantoran


Tentu hal ini menjadi berbahaya jika kita tidak bisa menyiapkan dana darurat jika dibutuhkan suatu saat nanti. Jika tidak disiplin untuk menabung, tentu di masa depan kita akan cukup kerepotan memenuhi kebutuhan hidup. Setiap tahun inflasi akan terus naik, kebutuhan juga akan semakin mahal. Sementara gaya hidup kita yang tidak seimbang dengan gaji, lama-lama akan mengubur diri kita sendiri karena tidak mengatur uang dengan benar.
Nah, kali ini kita bisa mencoba lima cara dalam mengatur keuangan yang sederhana dan efektif bagi pekerja kantoran.
1. Menetapkan Berapa Jumlah Uang yang Harus Didapat Setiap Bulan
Kita harus mengetahui arus kas pemasukkan dan pengeluaran keuangan kita dengan baik, sehingga kita bisa menentukan jumlah uang yang harus kita dapatkan setiap bulannya. Ketika menetapkan target penghasilan, cobalah kita membuat patokan per bulan dan tahun, lalu mengikuti waktu ketika kita mendapat THR (tunjangan hari raya).
Anggap saja pendapatan bersih kita setiap bulan adalah 4 juta, sehingga dalam setahun dan ditambah satu kali THR seluruhnya menjadi 52 juta. Dari total dana tersebut kita bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan penting lainnya. Jangan memikirkan kebutuhan lain yang belum prioritas. Lalu setelah dipotong oleh kebutuhan tadi, kita sudah bisa menentukan seberapa besar uang yang bisa kita simpan setiap bulannya.
2. Memisahkan Rekening Tabungan dan Kebutuhan
Mengatur keuangan bagi seorang pegawai bisa dilakukan dengan membuat dua buah rekening. Dengan begitu kita bisa lebih mudah dalam membagi kebutuhan dan tabungan. Jangan sesekali menggunakan dana dalam rekening tabungan jika belum terlalu mendesak.
3. Mencoba Mengurangi Jajan Saat Bekerja
Salah satu pengeluaran terbesar seorang pegawai adalah membeli kopi hits atau yang kekinian. Anggaplah satu buah minuman tersebut seharga 20 ribu, dan kita membelinya sebanyak dua kali dalam satu hari. Makan selama sebulan (hari kerja) kita sudah menghabiskan 800 ribu lebih. Belum lagi ditambah dengan pengeluaran kita saat untuk nongkrong saat weekend nanti.
Cobalah untuk secara perlahan-lahan mengurangi jajanan seperti saat di jam kantor. Selain membuat boros, ngemil saat bekerja juga bisa membuat pekerjaan terbengkalai. Kita bisa membuat minuman yang sudah tersedia di pantry, sehingga bisa lebih berhemat.
4. Lebih Baik Membawa Bekal
Salah satu cara yang paling menghemat pengeluaran kita adalah dengan membawa bekal. Jika dihitung-hitung makan di warteg lebih mahal dari pada membuat makanan sendiri. Itu pun jika kita tidak gengsi dengan makanan warteg, jika pilihannya adalah restoran? Tentu biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal lagi.
5. Tidak Mengeluarkan Uang untuk Membeli Barang yang Tidak Perlu
Pernah kita terpengaruh oleh sebuah promo yang menggiurkan, padahal sebenarnya barang tersebut sama sekali tidak dibutuhkan? Hal ini jika dilakukan terus menerus tentu sangat mencekik keuangan kita. Tergiur dengan barang promo dan membelinya berkali-kali membuat arus keuangan kita menjadi kacau. Terlebih lagi kita tidak akan pernah bisa untuk menabung.
Mulai sekarang cobalah untuk menahan diri agar tidak terpengaruh penawaran promo tersebut. Karena selain mubazir karena barangnya tidak digunakan, kita akan sulit untuk mengatur keuangan dengan baik. Setiap bulan buatlah daftar kebutuhan yang prioritas, agar pengeluaran menjadi lebih terjaga.
Asuransi Kesehatan Pribadi Sebagai pegawai kantoran memang sudah wajib hukumnya dalam menjaga keuangan. Namun kita ternyata membutuhkan yang namanya perlindungan diri. Mengapa demikian? Pekerjaan di kantor bisa berdampak cukup buruk bagi kesehatan. Stres dan kondisi fisik yang tidak terjaga membuat kita rentan terhadap penyakit.
Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mengikuti keanggotaan asuransi kesehatan pribadi meski bukan pekerja kantoran. Kita akan mendapat fasilitas kesehatan yang baik saat terkena penyakit. Selain itu dengan adanya asuransi tersebut keuangan kita akan tetap aman, karena biaya rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi.
Nah, untuk dapat produk asuransi yang tepat coba bandingkan melalui marketplace asuransi seperti Lifepal.co.id deh. Soalnya kamu bisa mendapatkan beberapa rekomendasi asuransi terbaik dari perusahaan asuransi di Indonesia. (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/5-tips-menabung-bagi-kita-yang-bekerja-sebagai-pegawai-kantoran/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Gubernur Jabar Sebut Industri Kolaboratif Sebagai Implementasi Ekonomi Pancasila

Gubernur Jabar Sebut Industri Kolaboratif Sebagai Implementasi Ekonomi Pancasila

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 142 hits
Pada semester satu 2019 ini Jabar membukukan realisasi investasi sebesar Rp69 7 triliun Hal itu menjadikan Jabar sebagai destinasi investasi global nomor satu di Indonesia mengalahkan DKI Jakarta dan Jawa Tengah
Tulisan Jawi Sekat Ajak Pelajar Ponteng Sekolah Sebagai Protes Terakhir

Tulisan Jawi Sekat Ajak Pelajar Ponteng Sekolah Sebagai Protes Terakhir

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 384 hits
Jurucakap bagi Pihak Gabungan SEKAT Arun Dorasamy bercakap pada sidang media Gabungan Seni Khat Action Team mengenai mata pelajaran tulisan jawi di sekolah kebangsaan di Chinese Assembly Hall Kuala Lumpur foto NOOR ASREKUZAIREY SALIM KUALA ...
Bahasa Kebangsaan Sebagai Bahasa Perpaduan

Bahasa Kebangsaan Sebagai Bahasa Perpaduan

papar berkaitan - pada 25/8/2019 - jumlah : 541 hits
BAHASA KEBANGSAAN SEBAGAI BAHASA PERPADUAN Perpaduan sangat penting dalam negara yang mempunyai penduduk berbilang kaum dan latar budaya seperti Malaysia Perpaduan mesti dicapai jika mahu hidup dalam aman dan damai Tanpa perpaduan dan keama...
Peringati Hari Pramuka Ke 58 Gubernur Jabar Sebut Pramuka Sebagai Teladan Kebangsaan

Peringati Hari Pramuka Ke 58 Gubernur Jabar Sebut Pramuka Sebagai Teladan Kebangsaan

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 193 hits
Gerakan Pramuka perlu menjadi mitra pemerintah dalam memajukan ekonomi yang inklusif di antaranya dengan mendukung program program Jabar Juara yang telah dicanangkan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar
Kasus Meikarta Kpk Akan Periksa Aher Sebagai Saksi Untuk Tersangka Iwa Karniwa

Kasus Meikarta Kpk Akan Periksa Aher Sebagai Saksi Untuk Tersangka Iwa Karniwa

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 167 hits
Selain Aher penyidik KPK juga akan memeriksa dua saksi lainnya dari unsur swasta Mereka yakni Soetono Toere dan James Yehezkeil Keduanya juga diperiksa untuk tersangka Iwa Karniwa
Kemenpar Perkuat Mandalika Sebagai Destinasi Prioritas Lewat Pameran Pariwisata

Kemenpar Perkuat Mandalika Sebagai Destinasi Prioritas Lewat Pameran Pariwisata

papar berkaitan - pada 27/8/2019 - jumlah : 122 hits
Pameran pariwisata yang mempertemukan para seller dan buyer di industri pariwisata sangat efektif dalam memperkenalkan satu daerah atau kawasan wisata
Tun Dr Mahathir Jangan Layan Lynas Sebagai Orang Terbuang

Tun Dr Mahathir Jangan Layan Lynas Sebagai Orang Terbuang

papar berkaitan - pada 27/8/2019 - jumlah : 261 hits
KUALA LUMPUR Lynas Malaysia Sdn Bhd syarikat perlombongan nadir bumi tidak wajar dilayan sebagai orang terbuang memandangkan ia membawa pelaburan besar serta pekerjaan kata Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad Ia merupakan pelaburan besa...
Presiden Jokowi Lantik Rusli Baco Dg Palabbi Sebagai Wagub Sulteng

Presiden Jokowi Lantik Rusli Baco Dg Palabbi Sebagai Wagub Sulteng

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 169 hits
Rusli menggantikan Wagub Sudarto yang meninggal pada Oktober 2016 Kursi Wagub Sulteng sendiri kosong selama tiga tahun
218 Fibonaci

Pentingnya Muhasabah Diri

Persediaan Awal Haji

Guideline Needed For Maintenance Of Old Trees In Kl Ft Minister

Malaysia Asserts Claim For Portion Of Goldman Sachs Fines In 1mdb Case

Wanita Dikenakan Bayaran Rm9 55 Untuk Nasi Putih Dan Telur Goreng Bungkus

Forest City Casino Misreporting Pas Leader Wants Brave Pmx To Teach Bloomberg A Lesson At Qatar Economic Forum

Kkb Poll Indian Voters Might Make All The Difference



Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri


Jangan Pandang Belakang 2

Bukan Sekadar Penyeri Masakan Ini Potensi Daun Sup Untuk Kesihatan

Andika Mahesa Feat Dodhy Kangen Band Dimana Perasaanmu Chord

Boss Level A Bmw R100 Caf Racer With Carbon Leaf Spring Suspension

The 5 Best Electric Tea Kettles Of 2024

Hitung Hari Bersalin Shila Amzah Usaha Nak Bersalin Normal Doakan Tau