5 Keutamaan Surat Al Kahfi Yang Luar Biasa Jika Dibaca Di Hari Jum At


Surat Al-Kahfi atau Ashabul kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang ada dalam juz 15 dan di awal juz 16. Surat Al Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah.
Dalam surat Al Kahfi terdapat 110 ayat dan merupak surat ke 18 dari keseluruhan 114 surat yang terdapat dalam al-Qur’anul karim.
Pentingnya Membaca Surat al-Kahfi
Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya.
Rasullulah SWT menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari jum’at atau malam jum’at. Amat disayangkan jika dewasa ini umat islam banyak yang meninggalkan Al qur’an dan enggan membacanya.
Hal ini dijelaskan pula oleh seorang ulama. Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bhawa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah).
Sebenarnya membaca surat Al kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari jumat saja melainkan setiap hari.
Hal ini dikarenakan hari jumat adalah hari baik bagi umat islam di seluruh dunia. Memang dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya yakni hari jum’at.
Mengapa membaca surat Al Kahfi di anjurkan pada umat muslim? Dan apa faedah yang kita dapatkan apabila membaca surat Al Kahfi? Simak penjelasan berikut ini mengenai keutamaan surat al kahfi:
1. Menghindarkan Diri Dari Fitnah Dajjal
Umat islam yang membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan menghindarkan dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW bahkan bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat al-Kahfi tidak hanya di hari jum’at saja maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal yang keji.
Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)
Dajjal sebagaimana yang sering kita dengar ceritnya adalah makhluk yang sangat buruk dan memiliki satu mata di dahinya. Dajjal memiliki kulit berwarna merah dan berbadan besar.
Di ceritakan bahwa ia akan muncul di akhir jaman dan muncul dari segitiga bermuda. Di dahinya juga kan terukir tulisan “Kaf Fa Ro” yang artinya “Kafir”. Dajjal adalah salah satu tanda-tanda kiamat. Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa
“Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad).
Fitnah Dajjal sangatlah kejam serta dapat membawa kita kepada kesesatan dan siksa neraka Jahanam. Hal tersebut diperkuat oleh hadist- hadist berikut ini :
“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).
“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” (HR Muslim)
“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)
“Barang siapa diantara kalian yang mendaoatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR. Abu Daud).
Imam Nawawi juga menjelaskan bahwa pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam QS Al kahfi ayat 102:
أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ “Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?…” Qs. Al-Kahfi: 102.
2. Mendapatkan Ridho Dari Allah SWT
Umat islam di dunia ini mengharapkan berkah dan rahmat Allah SWT dalam hidupnya. Dengan mendapatkan berkat, ridho dan rahmat Allah maka hidup manusia akan semakin tentram dan damai.
Membaca surat Al Kahfi dapat mendekatkan kita pada ridho Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah.
Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).
3. Diampuni Dosanya Oleh Allah SWT
Setiap manusia pasti memiliki dosa dan khilaf baik yang disadari maupun tidak disadari. Setan akan berusaha dengan sekuat-kuatnya untuk menjebak dan memperdaya manusia dalam berbuat dosa sehingga manusia bisa menjadi teman mereka di neraka kelak.
Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertobat dan salah satunya adalah dengan membaca surat Al Kahfi. Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa
‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”.
4. Dijaga Dari Gangguan Setan
Setan adalah musuh terbesar manusia dalam beramal soleh dan berbuat kebaikan. Setan membawa keburukan dalam hidup manusia dan kita sebagai manusia perlu mewaspadainya.
Manusia yang jatuh dalam godaan setan akan terjerumus pada lubang kenistaan dan masuk dalam keburukan. Setan juga akan berusaha mengajak kita berbuat mungkat dan membisikkan hal-hal yang dapat menghapus amal ibadah manusia.
Setan juga mengajak kita untuk menyekutukan Allah dan hal itu merupakan salah satu dosa yang tak terampuni oleh Allah SWT.
Mendekatkan diri pada Allah dan memohon perlindungannya dari setan. Salah satu usaha mendekatkan diri pada Allah SWT adalah dengan membaca dan mengamalkan al-Qur’an dan membaca surat Al Kahfi termasuk di dalamnya.
Sebuah hadist yang oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.
5. Disinari Cahaya Kebaikan
Umat islam yang membaca surat Al Kahfi baik di hari jum’at atau hari yang lain akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari oleh cahaya kebaikan serta diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan sama seperti keutamaan ar-Rahman.
Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT di hari kiamat dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat AL Hadid ayat 12 yang berbunyi
يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ “Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)
Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga menyebutkan bahwa dari Rasullulah SAW bersabda:
مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)
Demikian manfaat dan keutamaan yang dapat kita peroleh dari surat Al Kahfi jika kita membaca dan mengamalkannya. Membaca Alqur’an setiap hari meimiliki banyak manfaat, begitu pula dengan berzikir.
Ada baiknya apabila sebelum membaca Al Qur’an kita berwudhu dengan menggunakan cara berwudhu yang benar  serta membaca basmalah sebelumnya karena keutamaan membaca basmalahsebelum membaca al-Qur’an amatlah banyak.
Semoga kita sebagai umat islam bisa mengamalkan dan menjalankan amal tersebut dan menambah bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak.
Sumber: dalamislam.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/5-keutamaan-surat-al-kahfi-yang-luar-biasa-jika-dibaca-di-hari-jumat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lantikan Isteri Anak Luar Biasa Chegubard

Lantikan Isteri Anak Luar Biasa Chegubard

papar berkaitan - pada 26/1/2019 - jumlah : 329 hits
Badrul Hisham Shaharin atau CheguBard KUALA LUMPUR Melantik ahli politik duduk dalam syarikat atau agensi berkaitan kerajaan adalah perkara biasa yang diamalkan oleh kerajaan terdahulu Barisan Nasional Bagaimanapun melantik isteri dan anak ...
Uish Luar Biasa Cantik Gambar Isteri Mark Adam Bertudung Dipuji Netizen

Uish Luar Biasa Cantik Gambar Isteri Mark Adam Bertudung Dipuji Netizen

papar berkaitan - pada 30/1/2019 - jumlah : 901 hits
Isteri kepada penyanyi dan pelakon terkenal Mark Adam semakin menjadi tumpuan ramai apabila kini tampil mengenakan hijab Semakin cantik ramai memuji kejelitaan isterinya Norazah Redzuan dilaman Instagram Terbaru Mark Adam memuat naik sekepi...
Pancake Je Pun Tapi Luar Biasa Hasilnya Pasti Sayang Nak Makan

Pancake Je Pun Tapi Luar Biasa Hasilnya Pasti Sayang Nak Makan

papar berkaitan - pada 4/2/2019 - jumlah : 384 hits
Bagi yang dah biasa makan pancake dalam kepala mesti terbayang bentuk bulat warna coklat Lain pula hal nya dengan tukang buat pancake pelik ni Ada bermacam rupa dan warna tau Menerusi akaun instagram Tiger Tomato yang mempunyai lebih 300 RI...
Pembunuh Jurnalis Diberi Remisi Menkum Ham Sebut Bukan Kejahatan Luar Biasa

Pembunuh Jurnalis Diberi Remisi Menkum Ham Sebut Bukan Kejahatan Luar Biasa

papar berkaitan - pada 25/1/2019 - jumlah : 175 hits
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menuturkan pemberian remisi perubahan bukan pertama kali diberikan pemerintah Susrama mendapat remisi setelah melalui sejumlah pertimbangan Salah satunya masa hukuman yang telah dijalankan Pertimbangan ke...
Kehebatan Luar Biasa Surah Al Kausar Jika Di Amalkan

Kehebatan Luar Biasa Surah Al Kausar Jika Di Amalkan

papar berkaitan - pada 22/1/2019 - jumlah : 328 hits
Pengenalan Surah ini adalah surah yang paling pendek Ia hanya mengandungi 3 ayat yang diturunkan di Makkah Al Kausar bermaksud sebuah sungai yang mengalir di syurga Kolam sungai ini diperbuat daripada batu permata yang indah dan cantik Rasa...
Bahadon Kulasingam Zainal Dan Kiong Pahlawan Malaysia Luar Biasa

Bahadon Kulasingam Zainal Dan Kiong Pahlawan Malaysia Luar Biasa

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 327 hits
TUAN Bahadon Baharom adalah pegawai polis paling digeruni di Kuala Lumpur di era 80 an kerana berjaya menembak mati ramai penjenayah hardcore penculik gangster kongsi gelap perompak dan sebagainya Beliau sampai digelar Malaikat Maut oleh mu...
Tokoh Ppp Kalau Ada Kader Akar Rumput Dukung Jokowi Sampai 25 Luar Biasa

Tokoh Ppp Kalau Ada Kader Akar Rumput Dukung Jokowi Sampai 25 Luar Biasa

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 237 hits
Tokoh senior Partai Persatuan Pembangunan Mudrick Sangidoe meragukan dukungan akar rumput partainya kepada calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo pada Pilpres mendatang Dia memprediksi dukungan kader PPP kepada Jokowi tak lebih dari 25 pe...
Sekjen Pdip Sebut Fadli Zon Contoh Degradasi Kepemimpinan Yang Luar Biasa

Sekjen Pdip Sebut Fadli Zon Contoh Degradasi Kepemimpinan Yang Luar Biasa

papar berkaitan - pada 7/2/2019 - jumlah : 198 hits
Hasto mengapresiasi puisi yang dibacakan anak perempuan yang masih bersekolah SMP kelas 1 Dia malah membandingkan hobi berpuisi Wakil Ketua DPR Fadli Zon Menurut Hasto puisi politisi Gerindra itu tanpa kebudayaan karena berisi makian
Hari Hari Makan Kat Luar Dasar Pemalas Bawak Bekal

Hari Hari Makan Kat Luar Dasar Pemalas Bawak Bekal

papar berkaitan - pada 31/1/2019 - jumlah : 508 hits
Hi korang Rasanya ni entry terakhir untuk penutup January 2019 sebenarnya banyak jer lagi benda yang SA tak share cuma kekangan masa eleh phuiii sebenarnya pemalas kan kalau balik weekend bukan main lagi cari bahan untuk blogging Sampai sia...
Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Tips For Achieving Your Saving Goals

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Membongkar Kejayaan Pembayaran Dan Pemenang Di Wecopytrade Dan Wemastertrade

Kaswi Gula Melaka

Effective Networking In Business

Doa Masuk Pasar Baca Doa Ini Apabila Pergi Ke Pasar

Lafaz Tasbih Kaffarah Sebagai Doa Pembersih Majlis

Rabbana Atina Fid Dunya Hasanah