5 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Cocok Bagi Generasi Millenial


Mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan serba berkecukupan tentu saja menjadi impian setiap orang termasuk Blogger Borneo sendiri. Banyak cara dapat dilakukan untuk mencapai hal ini, salah satu diantaranya dengan investasi jangka panjang.
Khusus bagi kaum millenial, pertimbangan untuk memulai investasi jangka panjang sejak dini sebenarnya sudah masuk dalam life planning mereka karena jika diperhatikan tingkat konsumsi para generasi milenial cukup tinggi.
Untuk saat sekarang ini, lifestyle dan habbit yang muncul dari efek perkembangan teknologi informasi dalam satu dasawarsa terakhir membuat semuanya menjadi lebih mudah dengan konsekuensi harus membayar lebih untuk itu.
Investasi Jangka Panjang Sesuai dengan namanya, yang dimaksud dengan investasi jangka panjang adalah investasi yang menghasilkan profit dalam jangka waktu 5-10 tahun. Biasanya perhitungan keuntungannya tidak besar namun stabil dari tahun ke tahun.
Nah, dengan rentangan waktu mendatangkan profit 5-10 tahun tentu saja kita sudah harus memperhitungkan sejak kapan sudah mulai melakukan investasi jangka panjang. Tapi alangkah baiknya semakin cepat semakin baik karena perubahan harga akan terus terjadi setiap tahunnya.
5 Jenis Investasi Ada beberapa jenis investasi jangka panjang yang bisa dipilih oleh para generasi milenial, antara lain:
1. Emas Yang dimaksud investasi emas disini adalah emas batangan, bukan emas perhiasan. Setiap tahun harga emas selalu naik. Lagipula emas fisik sifatnya liquid sehingga kapan saja bisa langsung dijadikan uang ketika membutuhkan.
Sekarang malah sistem investasi emas lebih dipermudah lagi karena bisa beli dari satuan berat terkecil mulai dari 0,1 gram. Jadi cukup dengan modal minimal kita sudah bisa memiliki emas untuk disimpan.
Emas juga dikenal sebagai instrumen lindung nilai. Predikat ini tidak lepas dari karakter emas yang cenderung stabil meski dihantam krisis sekalipun. Rata-rata kenaikan harga emas per tahunnya di atas inflasi. Kondisi ini membuat banyak investor memanfaatkan emas sebagai pelindung nilai kekayaannya.
2. Tanah/Properti Tanah dan properti bisa menjadi investasi jangka panjang juga. Hanya saja untuk kedua jenis investasi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membelinya, lihat berdasarkan potensi kedepannya dari sudut lokasi dan lingkungan sekitar.
Banyak pemilik tanah jaman dulu yang tiba-tiba menjadi miliarder karena tanahnya berada di lokasi strategis, padahal dulunya hanya merupakan lahan tidur dan belum berkembang. Kedua jenis investasi ini masih membutuhkan waktu jika ingin menjualnya.
Investasi properti juga menjanjikan keuntungan sampingan yang cukup menjanjikan. Selain keuntungan yang berasal dari kenaikan harga atau capital gain, properti juga berpotensi memberi keuntungan dari sewa.
3. Deposito Deposito adalah uang yang disimpan dalam rekening. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu yang mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan.
Deposito merupakan produk simpanan yang umumnya disediakan oleh bank dengan ketentuan penarikan sesuai kesepakatan antara bank dengan nasabahnya. Dengan tingkat suku bunga tertentu, para pemilik deposito bisa mendapatkan penghasilan bulanan dari bagi hasil uang yang disimpan di bank.
Image: FolderBisnis.Com 4. Saham Saham tampaknya menjadi jenis investasi yang paling popular saat ini di kalangan generasi milenial. Saham sendiri dapat diartikan sebagai satuan nilai yang mengacu pada bagian kepemilikan perusahaan.
Ketika kamu membeli saham suatu perusahaan, berarti kamu telah memiliki hak penuh atas aset dan pendapatan perusahaan dengan porsi saham yang dibeli.
Dibandingkan jenis investasi lainnya, saham memiliki risiko yang lebih tinggi sebab saat perusahaan tersebut sedang mengalami masalah atau bahkan pailit, kamu bisa rugi besar. Akan tetapi, keuntungan yang didapat sebanding dengan besarnya risiko yang harus dipertaruhkan.
5. Reksa Dana Dari berbagai jenis investasi yang ada, investasi dalam bentuk reksa dana adalah jenis investasi yang paling aman serta memiliki risiko paling rendah bagi generasi milenial.
Pengguna reksa dana aman dari kemungkinan penggelapan dana nasabah. Hal ini dikarenakan uang dipegang oleh bank bukan oleh manajer investasi.
Karena sifatnya lebih aman, maka potensi penghasilannya lebih kecil dan biasanya jangka waktu menghasilkan lebih lama bisa mencapai 1-3 tahun.
Kesimpulan Dari kelima jenis investasi jangka panjang diatas, silahkan dipilih mana yang lebih cocok untuk diambil. Sesuaikan dengan jumlah dana yang dimiliki dan resiko serta potensi nilai kedepannya.
Dalam dunia investasi ada istilah high risk high return dimana investasi yang memiliki resiko tinggi juga memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang besar.
Bijaklah dalam mengambil keputusan sebelum melakukan investasi jangka panjang. Jika perlu konsultasikan dengan perencana keuangan yang lebih paham membaca situasi dan kondisi terkini agar dana yang kita keluarkan tidak terbuang sia-sia. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/5-jenis-investasi-jangka-panjang-yang-cocok-bagi-generasi-millenial/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Usd Cuba Mengembangkan Peningkatan Jangka Panjang

Usd Cuba Mengembangkan Peningkatan Jangka Panjang

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 76 hits
Kenaikan mendadak dalam hasil Perbendaharaan AS dan jangkaan pemulihan ekonomi AS yang lebih cepat berbanding wabak itu melonjakan indeks dolar AS lebih daripada 3 6 pada suku pertama Namun terdapat tanda tanda pertama bahawa kebangkitan ek...
Ribut Petir Di Jangka Akan Melanda Sembilan Negeri Di Semenanjung Malaysia Petang Ini

Ribut Petir Di Jangka Akan Melanda Sembilan Negeri Di Semenanjung Malaysia Petang Ini

papar berkaitan - pada 15/4/2021 - jumlah : 103 hits
PETALING JAYA Ribut petir dijangka melanda sembilan ibu negeri dan dua Wilayah Persekutuan petang ini Menurut Jabatan Meteorologi ribut petir dijangka melanda di Kuala Lumpur Putrajaya serta Shah Alam Selangor Melaka Seremban Negeri Sembila...
Hiburan Faizal Tahir Umum Akan Rehat Panjang Selepas Aidilfitri

Hiburan Faizal Tahir Umum Akan Rehat Panjang Selepas Aidilfitri

papar berkaitan - pada 20/4/2021 - jumlah : 57 hits
Faizal Tahir mengumumkan di Instagram bahawa dirinya akan berehat panjang selepas tibanya hari raya Aidilfitri kerana dia berasa burnout yang membawa maksud penat dari segi fizikal dan mental disebabkan oleh tekanan yang tidak henti Penyany...
Gempar Bank Dunia Jangka Separuh Pekerjaan Di Malaysia Bakal Lenyap

Gempar Bank Dunia Jangka Separuh Pekerjaan Di Malaysia Bakal Lenyap

papar berkaitan - pada 24/4/2021 - jumlah : 83 hits
April 23 2021Bank Dunia menjangkakan separuh daripada pekerjaan di Malaysia bakal digantikan dengan automasi dalam jangka masa panjang Ahli Ekonomi Kanan Bank Dunia Achim Schmillen berkata perubahan dalam sektor pekerjaan ketika ini tidak d...
Bkpm Ikut Arahan Presiden Soal Pembentukan Kementerian Investasi

Bkpm Ikut Arahan Presiden Soal Pembentukan Kementerian Investasi

papar berkaitan - pada 9/4/2021 - jumlah : 45 hits
Badan Koordinasi Penanaman Modal siap mengikuti arahan Presiden Joko Widodo soal dibentuknya Kementerian Investasi Jubir BKPM Tina Talisa belum mau berbicara lebih jauh apakah BKPM akan dilebur menjadi di Kementerian Investasi tersebut
Anggota Dpr Sebut Pembentukan Kementerian Investasi Tak Selesaikan Masalah

Anggota Dpr Sebut Pembentukan Kementerian Investasi Tak Selesaikan Masalah

papar berkaitan - pada 16/4/2021 - jumlah : 83 hits
Mardani mengatakan hingga kini setidaknya ada tiga masalah mendasar untuk menarik investasi masuk ke dalam negeri Pertama Indonesia tidak memiliki penegakan hukum yang kokoh
Korban Investasi Bodong Edccash Datangi Bareskrim Laporkan Dugaan Penipuan

Korban Investasi Bodong Edccash Datangi Bareskrim Laporkan Dugaan Penipuan

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 96 hits
Malik mengatakan korban yang terpedaya oleh terlapor berinisial A sudah banyak dan tersebar di seluruh Indonesia Malik menyebut pihaknya telah melakukan pendekatan kekeluargaan dengan cara mendatangi rumah terlapor Namun hasilnya nihil
Sosok Menteri Investasi Harus Cakap Tata Birokrasi Tanpa Rusak Sosial Dan Lingkungan

Sosok Menteri Investasi Harus Cakap Tata Birokrasi Tanpa Rusak Sosial Dan Lingkungan

papar berkaitan - pada 14/4/2021 - jumlah : 58 hits
Bukan hanya bisa menarik tapi juga bisa menggali potensi investasi dalam negeri lainnya Tentunya investasi tersebut harus bisa menguntungkan seluruh rakyat Indonesia katanya
Permohonan Rayuan Bpr Fasa 2 Bermula 15 Hingga 30 Jun 2021

Hampir 600 Cawangan Bank Di Malaysia Dijangka Tutup

Maggi Cooks Up 130 000 Bowls Of Nutritious Bubur Lambuk For Frontline Heroes And Communities In Need

Geran Filem Angel Of Sandakan Kena Reject Sebab Pengarah Sertai Pembangkang

Mara Corp Saga Continues

Celebrate Award Winning Movies At Home With Lg S Critically Acclaimed Oled Tv And Dolby Magic

Bersatu Akan Kalah Pru15 Dakwa Mahathir

Ayam Sedap Baq Hang Is Truly Delicious And Flavorful



Kisah Raja Ponteng Kerja Itali 15 Tahun Ponteng Tapi Gaji Jalan

Maxis Tawarkan Subsidi Sehingga RM300 60GB Internet Prihatin Sebulan Menerusi Kempen KauBoleh

5 Faedah Utama Beli Belah Dalam Talian Yang Jarang Diperkatakan

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Cukup Derita Itu Slot Samarinda TV3

7 Undang Undang Pelik Yang Hanya Wujud di Belanda


Vietnam Lapor Kematian Pertama Penerima Vaksin Astrazeneca Akibat Reaksi Alahan Anafilaksis

Temui Batu Misteri Seakan Istana

Aktifkan Kritikan Sastera

Syabas Untuk Pemuda Umno Seremban Yang Berani

5 Modern Day Scarecrows

Creating A Website Do It Yourself Or Hiring A Web Developer