5 Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam Tenangkan Hati Dan Pikiran


Stres merupakan perasaan alami yang bisa terjadi kepada setiap manusia, biasanya hal itu timbul karena terlalu banyak beban atau permasalahan berat yang tak kunjung usai.
Salah satu cara untuk menanganinya adalah bersatu dengan alam serta mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Dilansir dari laman About Islam, ternyata di dalam Islam terdapat cara bagaimana menangani stres. Tentunya dilakukan menurut syariat agama dan tidak melenceng dari ajaran agama.
Nah, berikut ini lima cara mengatasi depresi secara Islam yang bisa dicoba untuk mengurangi, hingga menghilangkan rasa stres.
1. Refleksi (taffakur)
Taffakur artinya berpikir dengan sengaja, konstruktif dan positif. Berapa banyak waktu yang telah dihabiskan sehari untuk merefleksikan diri terhadap kebesaran Allah?
Praktik bertaffakur sangat penting, karena budaya modern mendorong hiburan dan gangguan secara terus menerus atau konstan.
Biasanya tidak ada waktu untuk merenung dan berpikir, dan biasanya berakhir dengan pikiran, ide, ketakutan dan kepercayaan yang belum terselesaikan.
Akibatnya hal tersebut dapat menyebabkan stress, kecemasan, dan kurangnya kedamaian dalam diri. Oleh karena itu yang perlu dilakukan adalah melepaskan diri dan membebaskan dari belenggu yang mengikat ke dunia ini.
Untuk itu mulailah dengan duduk diam selama lima menit setelah salat fardhu. Katakan pada diri sendiri, ini adalah hadiah cinta dari diri sendiri.
Tutup mata dan pikirkan bagaimana Allah selalu memperhatikan setiap manusia. Renungkan, bagaimana pada saat ini Allah Maha tahu semua yang terjadi dan isi kepala setiap orang.
Meluangkan waktu untuk merenungkan Allah dan akhirat akan membawa kesadaran, itu akan membantu untuk lebih bersyukur dan juga meringankan tekanan kehidupan sehari-hari.
2. Banyak Ucapkan Terima Kasih
Sebagian orang banyak yang berlatih mengucapkan terima kasih secara verbal. Hal ini dikarenakan adanya fakta sosial sehingga harus tetap bersyukur dan khususnya mengucapkan terima kasih, seperti “Saya bersyukur atas apa yang saya miliki.”
Rasa terima kasih kami perlu diperdalam setiap hari. Itu adalah sesuatu yang perlu dilakukan secara sadar. Umar bin Abdul Aziz berkata,
“Berbicara dengan mengingat Allah yang Maha Kuasa itu baik, dan memikirkan berkah Allah adalah tindakan ibadah terbaik.”
Saya mendapati bahwa mengucapkan rasa syukur memungkinkan seseorang untuk memproses perasaan emosi dengan lebih baik. Gunakan waktu untuk duduk diam dan renungkan segala sesuatu yang dapat disyukuri.
3. Menyendiri
Menyendiri adalah sesuatu yang dipraktikkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Dia menghabiskan waktu berhari-hari di Gua Hira, mencoba memahami apa yang dilihatnya di sekitarnya.
Setelah itu, Nabi Muhammad mengajarkan kepada umatnya untuk beri’tikaf di bulan Ramadan, yakni sebagai sesuatu yang harus dilakukan pria dan wanita karena memiliki imbalan yang sangat besar. bisa mempraktikkan pengasingan sepanjang tahun.
Melepaskan diri bahkan setiap hari dari pasangan dan anak-anak adalah salah satu upaya membebaskan untuk sementara waktu.
Misalnya, para istri Nabi Muhammad semua hidup secara terpisah, menunjukkan kepada kita pentingnya waktu sendirian.
Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
“Siapapun yang percaya kepada Allah dan Hari Akhir (Kiamat), biarkan dia berbicara kebaikan atau tetap diam.” Hanya dalam diam kita dapat mendengar hati.
‘Dikatakan bahwa menyisihkan waktu yang lama adalah kunci untuk beribadah.” -Sufyan al-Thawri
4. Dzikir
Dzikir adalah salah satu praktik meditasi Islam yang paling umum. Ucapan berulang kata-kata itulah yang memuji dan memuliakan Allah. Latihan meditasi yang umum ini sering dilakukan secara robotik tanpa berpikir.
Dengan membuat dzikir, dalam keadaan meditasi, Anda akan meningkatkan efektivitas latihan yang luar biasa ini. Tindakan menggulirkan manik-manik, dan dapat membantu berkonsentrasi lebih baik.
Saya menemukan manik-manik kayu membantu, yang bersumber dari alam, mereka memiliki efek yang lebih menenangkan
5. Membaca al-Qur’an
Membaca Alquran adalah salah satu bentuk meditasi yang paling kuat dan bermanfaat. Itu juga salah satu hal yang dapat dipraktikkan selama hari kerja.
Jika Anda mengalami hari yang sangat buruk: melepaskan diri, membuat wudhu dan membaca Alquran. Alquran disebut sebagai zikir, perasaan baru tentang energi positif berasal dari melafalkannya.
Praktik meditasi tidak menggantikan tindakan ibadah wajib apa pun, tetapi tujuannya adalah untuk meningkatkan tindakan ibadah yang pada gilirannya mengarah pada kehidupan spiritual yang seimbang.
Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/5-cara-mengatasi-depresi-menurut-islam-tenangkan-hati-dan-pikiran/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Membayar Fidyah Utang Puasa Ramadan Yang Benar Menurut Islam

Cara Membayar Fidyah Utang Puasa Ramadan Yang Benar Menurut Islam

papar berkaitan - pada 11/3/2020 - jumlah : 255 hits
Setiap umat Islam wajib hukumnya dalam melaksanakan puasa Ramadan Namun Allah SWT memberikan keringanan kepada orang orang yang berhalangan dan tidak mampu menjalankannya Sebagai gantinya kita harus membayar fidyah Berikut cara membayar fid...
19 Cara Mendidik Anak Menurut Islam Sesuai Ajaran Nabi Dan Alquran

19 Cara Mendidik Anak Menurut Islam Sesuai Ajaran Nabi Dan Alquran

papar berkaitan - pada 7/3/2020 - jumlah : 172 hits
Cara mendidik anak telah diajarkan oleh para tokoh muslim terdahulu seperti Luqman al Hakim dan para Nabi Menyayangi anak dilakukan dengan berbagai cara sesuai tingkatan perkembangan usianya
Bersyukurlah Jika Punya Kucing Ini Rahasia Besarnya Menurut Islam Medis

Bersyukurlah Jika Punya Kucing Ini Rahasia Besarnya Menurut Islam Medis

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 192 hits
Masya Allah Bersyukurlah bagi Anda yang sedang memelihara kucing di rumah Sebab seperti inilah manfaat luar biasanya memelihara hewan kesayangan Rasulullah Saw ini menurut islam dan medis Banyak orang yang masih merasa takut untuk memelihar...
Jiwa Merdeka Menurut Islam 9889

Jiwa Merdeka Menurut Islam 9889

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 255 hits
Potret Mereka yang Berjiwa HanifPengertian hanif Salah satu ciri hamba Allah Ta ala yang didambakan oleh orang orang yang beriman adalah memiliki jiwa yang hanif Hanif dalam bahasa Arab artinya adalah maa il yaitu condong Dalam bahasa Arab ...
Penjelasan Perbedaan Nabi Dan Rasul Lengkap Menurut Islam

Penjelasan Perbedaan Nabi Dan Rasul Lengkap Menurut Islam

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 168 hits
Dalam ajaran Islam meyakini keberadaan Nabi dan Rasul termasuk dalam rukun Iman yang keempat
20 Amalan Murah Rezeki Dan Cara Cepat Kaya Dalam Islam

20 Amalan Murah Rezeki Dan Cara Cepat Kaya Dalam Islam

papar berkaitan - pada 27/2/2020 - jumlah : 787 hits
Setiap manusia di dunia pasti inginkan kehidupan yang gembira dan senang lenang bersama keluarga sama ada dari segi kewangan dan kasih sayang Tetapi bagaimana jika kita ingin menjadi kaya dengan cepat Apakah rahsia dan amalan murah rezeki P...
Cara Mengatasi Masalah Penyewa Tak Bayar Sewa Rumah Yang Degil

Cara Mengatasi Masalah Penyewa Tak Bayar Sewa Rumah Yang Degil

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 488 hits
Zaman sekarang ni sudah ramai yang menyewakan rumah untuk menambah pendapatan Tetapi jika dapat penyewa yang keras kepala pening jugak nak menghadapnya Teruskan membaca jika anda nak tahu cara mengatasi masalah penyewa tak bayar sewa lepas ...
7 Cara Mudah Tawan Hati Awek

7 Cara Mudah Tawan Hati Awek

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 599 hits
Tolong sy bru jtuh cinta kt sorg student bru td jumpa lpk mnum masalahnye de ni tak open heart lg de pgg jnji yg lpas de hbis degree de still tgu bf de semata2 nk buktikn de setia dala ex kot ex de tah kt mn2 ta de contact ape camne sy nk t...
15 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Dan Kering Dengan Bahan Alami

15 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Dan Kering Dengan Bahan Alami

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 140 hits
Bibir pecah pecah dan kering kadang membuat tidak nyaman beraktivitas bila dibiarkan terlalu lama akan membuat lapisan luar lebih kering serta perih hingga berdarah
Terokai Kehidupan Moden Di Eka Heights Memperkenalkan Lumira

Lumira Eka Heights Menawarkan Kediaman Selesa Dengan Sentuhan Moden

Kkb Result Shows More Malays Backing Govt Says Selangor Mb

14 Tahun Solo Raja Azura Kembali Bersuami

Japan Crowned Champions In Sultan Azlan Shah Cup For First Time

Viral Mengajak Youtuber Cantik Korea Selatan Ke Hotel Pegawai Kanan Kementerian Digantung Tugas

Hari Ibu 2024 Contoh Ucapan Hari Ibu Hadis Berkenaan Ibu

Asyraf Claims Ph Victory In Kuala Kubu Baharu



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Sertifikasi Kompetensi Barista Membaca Tren Kebutuhan Sdm Di Kalimantan Barat Saat Ini

Doa Majlis Perkahwinan Doa Untuk Pengantin Dalam Rumi Dan Maksud

Sofea Says Abun Uwee

Family Fun Starts Here Unleash The Power Of Nerf Blasters

Tikam Rakan 28 Kali Kerana Dendam Sering Dibuli

Undi Ph Lebih Teruk Merosot Berbanding Pn Azmin Ali