5 Buah Indonesia Ini Sudah Langka Namun Harganya Selangit Pernah Melihat


Indonesia memang kaya akan flora dan disebut sebagai negara agraris. Saking banyaknya tumbuhan yang ada di negeri kita ini, kadang ada yang mendekati kepunahan tanpa pernah kita tahu wujudnya.
Sebagai contoh saja buah-buahan, mungkin kamu hanya tahu jenis-jenis yang biasa terlihat di pasar buah saja, sedangkan yang khas dari daerah tertentu banyak yang hilang begitu saja.
Buah-buah yang terkenal ini jelas kurang peminatnya, sehingga tidak dibudidayakan. Hal tersebut menjadikan mereka langka, kalaupun ada yang mencari harganya akan super mahal.
Buah-buah langka tersebut akan Boombastis bahas dalam artikel berikut.
Buah Manau Atau Buah Rotan

Manau adalah buah dari pohon rotan yang banyak tumbuh di daerah Sumatera, Bangka dan Kalimantan yang notabenenya masih banyak hutan.
Sekilas Manau ini tampak seperti salak karena kulitnya yang juga tampak seperti sisik. Ketika membuka buah ini, Sahabat harus hati-hati, jika tidak tangan kalian bisa-bisa luka terkena kulitnya yang tajam.
Rasa Manau tidaklah manis seperti salak. Buah kecil ini akan terasa sepat dan saat masuk ke dalam mulut.
Oleh karenanya, Manau lebih sering dijadikan buah untuk rujakan ataupun asam untuk sambal.
Karena sudah sangat langka buah ini pun dijual dengan harga mahal, di salah satu situs online kamu bisa mendapatkannya seharga 200 ribu per kilogram.
Buah Lobi-lobi

Jika dilihat sekilas, buah Lobi-lobi ini mirip sekali dengan kersen atau keres. Namun, keduanya adalah tumbuhan yang berbeda karena Lobi-lobi memiliki rasa yang asam.
Dibanding dimakan mentah-mentah, Lobi-lobi lebih sering dijadikan bahan rujakan, manisan, asinan, selai, atau juga sirup.
Tumbuhan ini tumbuh liar dan banyak ditemukan di Pulau Jawa, Maluku, dan Papua. Dalam bahasa Inggris, ia lebih dikenal sebagai governor Plum yang berfungsi sebagai tanaman peneduh.
Nah, walaupun asam, Lobi-lobi ini punya harga yang mahal gaes. Bibitnya saja bisa dihargai 65.000-75.000, sedangkan buahnya mencapai 110.000 rupiah. Ada yang dulu sering makan buah ini?
Manggis Putih

Pernah mendengar? Ya, manggis tak cuma hanya berwarna ungu saja, tetapi juga ada yang berwarna putih.
Sesuai namanya, kulit buah mangga ini berwarna putih, namun saat matang akan berubah menjadi merah keunguan.
Manggis ini termasuk langka karena hanya banyak ditemukan di daerah daerah Lingsor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
Manggis ini lebih unggul daripada yang berwarna ungu karena harga jualnya lebih mahal. Selain itu, Daging buahnya juga lebih renyah, lebih manis serta kandungan airnya lebih sedikit.
Tetapi, untuk mendapatkan bibitnya kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam. See! Mahal banget bukan, itu cuma bibitnya saja loh.
Buah Kecapi

Ini bukanlah nama alat musik tetapi buah asli yang berasal dari Indonesia ya. Sayang, kecapi ini dibiarkan tumbuh dengan sendirinya.
Kalaupun berbuah, tidak dipanen. Siapa pun boleh memetiknya alias tidak dibudidayakan. Kalaupun ada hanya dijual di pasar-pasar tradisional, atau dijajakan oleh pedagang buah di kawasan pinggiran.
Berbeda halnya dengan di India, Andaman, Myamnar, dan Indochina, buah kecapi dibudidayakan seperti kebanyakan buah yang sering kita lihat.
Namun, kini kecapi seperti lumayan naik kelas karena sudah dijajakan di toko buah di perkotaan.
Harganya pun tergolong mahal, Rp60.000. Bahkan, jika ingin membudidayakan sendiri, satu bibitnya bisa dihargai hingga 425.000 rupiah. Mahal bukan?
Buah Matoa Asal Papua

Matoa adalah buah berkelas yang hanya dijual di supermarket karena keberadaannya yang sudah mulai langka. Buah ini bisa tumbuh dengan baik di Indonesia bagian timur, daerah Papua.
Matoa punya rasa yang manis, aromanya seperti durian tapi bentuknya lebih mirip kelengkeng.
Selain itu, memakan Matoa juga punya khasiat tersendiri untuk tubuh, di antaranya mengatasi ambeien, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, serta mencegah hipertensi.
Sayang, untuk bisa membeli Matoa kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak. Satu kilogram buah ini bisa dijual dengan harga Rp.160.000.
Kelima buah di atas hanya bisa dijumpai di beberapa tempat tertentu saja, pun dengan harga yang mahal dan stok tidak selalu tersedia.
Jika kebetulan kamu berada di pedesaan, mungkin sih bisa lebih mudah mencicipi jenis buah langka ini karena memang mereka hidup liar di hutan tanpa dibudidayakan oleh petani.
Sumber: boombastis.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/5-buah-indonesia-ini-sudah-langka-namun-harganya-selangit-pernah-melihat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Malaysia Tidak Pernah Klaim Budaya Indonesia 8716

Malaysia Tidak Pernah Klaim Budaya Indonesia 8716

papar berkaitan - pada 24/11/2018 - jumlah : 259 hits
Malaysia tidak pernah klaim budaya Indonesia Part 5Diterbitkan pada 10 Sep 2009khusus tulisan pak remi lihat di Promo program Enigmatic Malaysia yang dibuat Discovery memancing reaksi dari sebagian rakyat Indonesia Di tambah pemberitaan med...
Ragam Lovebird Parblue Di Indonesia Dan Kisaran Harganya

Ragam Lovebird Parblue Di Indonesia Dan Kisaran Harganya

papar berkaitan - pada 5/11/2018 - jumlah : 278 hits
Ragam Lovebird Parblue di Indonesia dan kisaran harganya Sebuah judul yang mungkin sudah dinantikan para penggemar Lovebird khususya Lovebird Parblue yang memiliki ciri khusus yang unik dan khas Karena berbagai keunikannya tersebut lah yang...
Mega Pernah Suruh Anak Buah Cari Undur Undur Buktikan Ke Cucu Ada Hewan Jalan Mundur

Mega Pernah Suruh Anak Buah Cari Undur Undur Buktikan Ke Cucu Ada Hewan Jalan Mundur

papar berkaitan - pada 11/11/2018 - jumlah : 223 hits
Tak mau dibilang pembohong Ketua Umum PDIP tersebut bergegas menugaskan anak buahnya mencari serangga tersebut Bahkan sampai dia impor dari Jawa Tengah
Airlangga Beberkan Tantangan Penerapan Mobil Listrik Di Indonesia

Airlangga Beberkan Tantangan Penerapan Mobil Listrik Di Indonesia

papar berkaitan - pada 6/11/2018 - jumlah : 210 hits
Pemerintah Indonesia berupaya untuk mendorong pemanfaatan teknologi otomotif yang ramah lingkungan melalui program LCEV Hal ini tidak lepas dari komitmen pemerintah untuk dapat menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 persen pada 2030 men...
Mendagri Revolusi Mental Harus Jadi Gerakan Sosial Masyarakat Indonesia

Mendagri Revolusi Mental Harus Jadi Gerakan Sosial Masyarakat Indonesia

papar berkaitan - pada 6/11/2018 - jumlah : 210 hits
Tjahjo pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa revolusi mental bukanlah berorientasi pada proyek atau sekedar instruksi pemerintah tetapi harus menjadi gerakan sosial masyarakat Indonesia
Survei Y Publica Jokowi Ma Ruf Ungguli Prabowo Sandi Di 7 Pulau Indonesia

Survei Y Publica Jokowi Ma Ruf Ungguli Prabowo Sandi Di 7 Pulau Indonesia

papar berkaitan - pada 6/11/2018 - jumlah : 214 hits
pasangan Jokowi Ma ruf hanya kalah tipis dari Prabowo Sandi di Pulau Sumatera Di Pulau Sumatera yang berpenduduk sekitar 50 juta jiwa itu Prabowo Sandi mendapat 42 6 persen sedangkan Jokowi Ma ruf sebesar 40 8 persen
Indonesia Pimpin Aksi Penanggulangan Zoonosis Global

Indonesia Pimpin Aksi Penanggulangan Zoonosis Global

papar berkaitan - pada 6/11/2018 - jumlah : 216 hits
Sebanyak 15 negara yang tergabung dalam Zoonotic Diseases Action Package hadir membahas pencapaian dan rencana aksi implementasi 2014 2019 Rencana aksi implementasi ini menjadi salah satu hal penting yang dicapai oleh kepemimpinan Indonesia...
Bps 7 Juta Penduduk Indonesia Masih Menganggur

Bps 7 Juta Penduduk Indonesia Masih Menganggur

papar berkaitan - pada 6/11/2018 - jumlah : 192 hits
Suhariyanto mengatakan apabila dibanding setahun yang lalu jumlah penduduk bekerja bertambah 2 99 juta orang sedangkan pengangguran berkurang 40 000 orang
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Asan Lembu The Movie

Hospital Kuala Pilah

Wan Ji Najib Dapat Layanan Sangat Istimewa Di Penjara

Potong Ikan Keluar Api

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Mangkuk Correle 2024

Diy Toy For Toddler

Peristiwa Nuzul Al Quran Dan Bekalan Air

Swaylin Bechuanka Nuan Chord

Sanusi Henti Retorik Kxp Tumpu Projek Loji Rawatan Air

Attacks On Govt By Minority Groups Need To Be Curbed Zahid