5 Ahli Gempa Jepang Sebut Wilayah Ini Berpotensi Gempa Dahysat Dan Tsunami 12 Meter


Bencana gempa mahadahsyat berkekuatan magnitudo 8,9 dan gelombang tsunami setinggi 12 meter tengah intai di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).
Diketahui, informasi Kepulauan Mentawai diintai gempa dan tsunami dahysat berdasarkan 5 ahli kegempaan Jepang sebut gempa dan tsunami intai Kepulauan Mentawai.
Bahkan, berdampak di Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara, dan adanya informasi gempa dahsyat dan gelombang tsunami tinggi ini, disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit.
Dilansir dari Kompas.com Sabtu (4/5/2019), Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan bahwa kabupaten kepulauan Mentawai Sumatera Barat, diintai gempa maha dahsyat bermagnitudo 8,9.
Ini menjadi peringatan untuk selalu waspada karena dampaknya mampu mencapai kawasan pesisir termasuk Bengkulu.
Nasrul Arbit mengemukakan pernyataan itu berdasarkan pendapat 5 ahli kegempaan Jepang dengan fokus penelitian Pulau Mentawai di Sumatera Barat.
“Saat ini, gempa maha dahsyat masih mengendap di 20 mill Kepulauan Mentawai. Tepatnya, di Samudera Hindia. Jika gempa maha dahsyat itu terjadi, akan menyebabkan gelombang tsunami setinggi 12 meter,” kata Nasrul saat mengunjungi Bengkulu di kantor BPBD Bengkulu, Sabtu (4/5/2019).
Diperkirakan gelombang tsunami itu akan menyapu kawasan pesisir Sumatera Barat yang meliputi Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara.
Kecepatan gelombang tsunami tersebut diperkirakan akan mencapai 827 kilometer.
***
“Lima ahli gempa dari Jepang ke Mentawai. Mereka memprediksi ada gempa yang masih mengendap. Kekuatannya 8,9 SR. Tapi, kalau gempa sering terjadi gempa besar itu tidak akan terjadi. Kita harus mempersiapkan diri,” tambah Nasrul.
Hal ini menjadi peringatan tersendiri bagi para masyarakat Sumatera Barat dan Bengkulu terutama yang berada di bagian pesisir.
Wagub Sumatera Barat meminta supaya masyarakat yang berada di radius 2,5 kilometer dari bibir pantai segera mengungsi dan waspada.
“Jika gempa berpotensi tsunami itu terjadi, mau tidak mau sampai juga ke Mukomuko. Pantai barat ini mesti waspada terutama gempa dan tsunami. Kita berdoa agar gempa ini tidak terjadi. Di Sumatera Barat, kita sudah sampaikan jika terjadi gempa selama 30 detik maka masyarakat harus mengungsi,” terang Nasrul.
WartaKotaLive melansir Kompas.com, wilayah Sumatera Barat (Sumbar) belakangan ini sedang berduka.
Terutama di wilayah Bengkulu yang pada 27 April 2019 lalu diterjang bencana banjir dan juga tanah longsor yang cukup dahsyat.
Bencana banjir yang terjadi ini dianggap sebagai benjana yang terburuk yang pernah terjadi di Bengkulu belasan tahun terakhir.
Melansir dari data BNPB, juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho, hal ini disebabkan karena intensitas hujan yang sangat tinggi di Bengkulu tak setara dengan kapasitas sungai yang ada.
Bencana banjir dan longsor tersebut mengakibatkan 30 orang tewas, 13.000 warga mengungsi, serta rusaknya sejumlah fasilitas umum di sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.
Belum usai masalah bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa Bengkulu, kini dimuncul dugaan baru yang menyatakan akan terjadinya bencana susulan.
Menengok sejarah yang pernah terjadi, bencana gempa yang cukup dahsyat pernah mengguncang sebagian besar kawasan pantai Sumatera Barat sampai Bengkulu pada 25 Oktober 2010 silam.
Gempa berkekuatan M7,7 ini membangkitkan tsunami yang menyapu lebih dari dua puluh desa di Kepulauan Mentawai dan menyebabkan jatuhnya korban tidak kurang dari 448 jiwa dengan sekitar 100 orang lainnya dinyatakan hilang.
Pada saat itu, empat menit lima puluh detik setelah terjadi gempa dan dideteksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), informasi gempa didiseminasikan melalui pesan singkat (SMS) yang kemudian di-broadcast melalui empat stasiun televisi swasta 13 menit setelah gempa.
Belajar dari peristiwa kelam yang pernah terjadi, Wagub Sumatera Barat mengambil keputusan untuk memberikan peringatan sedini mungkin tentang presiksi bencana gempa yang akan terjadi.
Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (27/4/2019) pukul 20.04 WIB telah mencatat sebuah gempa yang terjadi di Bengkulu dengan magnitudo 5,3.
#Gempa Mag:5.3, 27/04/2019 20:04:23 (Pusat gempa di laut 76 km Barat Daya Seluma), Kedlmn:11 Km Dirasakan (MMI) III Bengkulu, II-III Liwa, #BMKG
— BMKG (@infoBMKG) 27 April 2019

Hal ini diinformasikan melalui akun Twitter resmi BMKG, @infoBMKG. Gempa yang terjadi pada kedalaman 11 kilometer ini tidak berpotensi tsunami.
Namun sampai saat ini, BMKG masih belum mengeluarkan informasi berkaitan tentang prediksi gempa yang akan terjadi di Bengkulu seperti pernyataan dari Wagub Sumatera Barat.
Berdasarkan Skala MMI (Modified Mercalli Intensity), beginilah gambaran keadaan yang dirasakan seseorang terhadap guncangan gempa, dikutip dari situs BMKG
I MMI
Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.
II MMI
Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
III MMI
Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
IV MMI
Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.
V MMI
Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.
VI MMI
Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan.
VII MMI
Tiap-tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan pada rumah-rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik.
Sementara pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak-retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan.
VIII MMI
Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat.
Retak-retak pada bangunan degan konstruksi kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen-monumen roboh, air menjadi keruh.
IX MMI
Kerusakan pada bangunan yang kuat, rangka-rangka rumah menjadi tidak lurus, banyak retak. Rumah tampak agak berpindah dari pondamennya. Pipa-pipa dalam rumah putus.
X MMI
Bangunan dari kayu yang kuat rusak,rangka rumah lepas dari pondamennya, tanah terbelah rel melengkung, tanah longsor di tiap-tiap sungai dan di tanah-tanah yang curam.
XI MMI
Bangunan-bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah. Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali.
XII MMI
Hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda-benda terlempar ke udara.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/5-ahli-gempa-jepang-sebut-wilayah-ini-berpotensi-gempa-dahysat-dan-tsunami-12-meter/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lelang 4 Wilayah Kerja Migas Pemerintah Berpotensi Kantongi Usd 39 Juta

Lelang 4 Wilayah Kerja Migas Pemerintah Berpotensi Kantongi Usd 39 Juta

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 172 hits
Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan empat WK yang ditawarkan baik melalui mekanisme penawaran langsung maupun lelang reguler terdiri dari tiga WK Eksplorasi dan satu WK Produksi
Saksi Ahli Sebut Tak Masalah Kpk Ott Rommy Dengan Perencanaan

Saksi Ahli Sebut Tak Masalah Kpk Ott Rommy Dengan Perencanaan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 227 hits
Saksi Ahli Sebut Tak Masalah KPK OTT Rommy dengan Perencanaan Mahmud mengatakan penyelidik bisa melakukan rangkaian penyelidikan untuk mencari tindak pidana Ia menilai bukti permulaan bisa diperkuat dengan OTT dan bisa langsung memenuhi sya...
Pemakaman Massal Korban Gempa Dan Tsunami Palu Ramai Diziarahi Warga

Pemakaman Massal Korban Gempa Dan Tsunami Palu Ramai Diziarahi Warga

papar berkaitan - pada 6/5/2019 - jumlah : 174 hits
Isak tangis yang bercampur dengan doa lintas agama dari warga yang keluarganya menjadi korban bencana alam mewarnai ziarah
33 Nyawa Melayang Aktivis Sebut Lubang Eks Tambang Di Kaltim Mirip Bom Waktu

33 Nyawa Melayang Aktivis Sebut Lubang Eks Tambang Di Kaltim Mirip Bom Waktu

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 150 hits
RNA merupakan korban ke 33 tewas di kolam bekas tambang di Kalimantan Timur sejak tahun 2011 lalu di mana kali ini terjadi di sekitar Desa Bunga Jadi kecamatan Muara Kaman
Wali Kota Tasikmalaya Ditangkap Kpk Ridwan Kamil Sebut Akibat Budaya Lobi Buruk

Wali Kota Tasikmalaya Ditangkap Kpk Ridwan Kamil Sebut Akibat Budaya Lobi Buruk

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 213 hits
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku prihatin dengan kasus yang menjerat Budi Budiman Ia menyerahkan semua proses hukum kepada Komisi Pemberantasan Korupsi
Kevin Aprilio Tulis Kalimat Menohok Di Instagram Warganet Sebut Vanesha Prescilla

Kevin Aprilio Tulis Kalimat Menohok Di Instagram Warganet Sebut Vanesha Prescilla

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 135 hits
Musisi Kevin Aprilio menulis kalimat bernada sindiran di akun instagramnya Kevin menyinggung artis yang kerap tidak berempati terhadap profesi wartawan
Menteri Rini Sebut Seremonial Peluncuran Linkaja Bakal Digelar 5 Mei

Menteri Rini Sebut Seremonial Peluncuran Linkaja Bakal Digelar 5 Mei

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 248 hits
Peluncuran layanan dompet digital hasil karya BUMN bernama LinkAja hingga kini masih terus tertunda Setelah sempat direncanakan rilis pada 13 April dan mengalami kemunduran menjadi 21 April seremonial peluncurannya dikabarkan bakal digelar ...
Tak Cuma Dengan Nyamuk Semut Bpn Sebut Prabowo Bisa Komunikasi Dengan Ular

Tak Cuma Dengan Nyamuk Semut Bpn Sebut Prabowo Bisa Komunikasi Dengan Ular

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 188 hits
Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto Sandiaga Uno Andre Rosiade menyebut sang capres pernah berkomunikasi dengan ular
Bertemu Jokowi Said Iqbal Sebut Tak Bicara Pilpres Dan People Power

Bertemu Jokowi Said Iqbal Sebut Tak Bicara Pilpres Dan People Power

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 225 hits
Pada pertemuan itu hadir pula Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Andi Gani Nena Wea Presiden Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Mudofir Presiden Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia Ilhamsyah Presiden Saburmusi Syaiful ...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan


Bulan Yang Sibuk

Repair Kereta Terus Ke Rumah Anda Untuk Penduduk Di Sekitar Kuantan

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Apakah Semua Musik Itu Haram

Motivating Remote Teams

Mengenali Ciri Individu Toksik Tempat Kerja Toksik