3 Keutamaan Umrah Di Bulan Ramadhan


Paket Umroh Ramadhan – Jika dibaca menurut Hadits Riwayat (HR) Bukhari dan Muslim, terdapat 3 (tiga) kutipan kalimat ucapan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang isinya menerangkan tentang keutamaan melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan.
Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji. (HR. Bukhari Nomor 1782) Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji. (HR. Muslim Nomor 1256) Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku. (HR. Bukhari Nomor 1863) Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan Meskipun dalam beberapa kutipan diatas terdapat istilah bahwa pahala ibadah umroh di bulan Ramadhan senilai dengan haji, namun tingkatannya tetap tidak bisa menggantikan karena sifatnya WAJIB BAGI YANG MAMPU dan dikerjakan pada saat musim haji saja. Tidak seperti umroh yang sifatnya adalah SUNNAH dan boleh dikerjakan setiap waktu.
Keutamaan umrah di bulan Ramadhan menurut Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ada 3 (tiga), antara lain:
1. Keutamaan bagi Wanita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada salah seorang wanita anshar: “Mengapa Anda tidak ikut haji bersama kami?”
Wanita anshar itu menjawab, “Kami hanya memiliki 2 ekor onta. Onta yang satu dipakai suamiku bersama anakku pergi haji. Sementara yang satu digunakan untuk mengairi kebun.”
Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyarankan,
Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku. (HR. Bukhari Nomor 1782 dan Muslim Nomor 1256).
Baca Juga: Cara Mendirikan Travel Umroh
Menurut riwayat Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, keutamaan umroh di bulan Ramadhan pertama sepertinya hanya berlaku khusus untuk seorang wanita anshar bernama Ummu Ma’qil. Hal ini diperkuat dengan HR. Abu Daud Nomor 1989:
“Haji nilainya haji, umrah nilainya umrah. Tapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda demikian kepadaku. Aku tidak tahu apakah ini khusus untukku?.”
Dari kalimat diatas masih belum jelas maksudnya apakah keutamaan ini juga berlaku untuk seluruh manusia?, atau hanya untuk Ummu Ma’qil saja. Wallahu A’lam Bisshowab.
2. Keutamaan bagi yang Telah Berniat Haji Keutamaan umrah di bulan Ramadhan kedua hanya berlaku untuk orang yang sudah berniat haji namun tidak mampu melaksanakannya. Jadi meskipun dia hanya melakukan umroh, karena adanya niat untuk berangkat haji bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, maka dia akan mendapatkan pahala sempurna.
Ibnu Rajab dalam Lathaif al-Ma’arif mengatakan,
“Pahami bahwa orang yang tidak mampu melakukan amal shaleh, kemudian dia bersedih dan dia sangat berharap untuk bisa melakukannya maka dia mendapatkan pahala yang sama sebagaimana orang yang melakukannya.”
Kemudian Ibnu Rajab juga ada menyebutkan beberapa contoh,
Sebagian wanita tidak bisa ikut haji bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Ketika Beliau pulang, si wanita bertanya amal apa yang bisa menggantikan nilai haji bersama Beliau? Beliau menyarankan:
“Lakukanlah umroh di bulan Ramadhan. Karena umroh di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku.” (Lathaif Ma’arif, Halaman 249)
3. Keutamaan bagi Umat Muslim Umumnya Dalam penjelasan mengenai keutamaan umrah di bulan Ramadhan poin pertama yang menyatakan bahwa keutamaan tersebut hanya berlaku untuk seorang wanita anshar bernama Ummu Ma’qil, ternyata menurut pendapat mayoritas ulama dari 4 (empat) madzhab, bahwa keutamaan dalam hadits ini tidak hanya berlaku untuk Ummu Ma’qil, namun berlaku untuk seluruh kaum muslimin.
At-Turmudzi mengatakan,
“Tentang hadis ini, terdapat riwayat lain dari Ibn Abbas, Jabir, Abu Hurairah, Anas, dan Wahb bin Khanbasy.” (Jami’ At-Turmudzi/sunan Tumudzi, 3/267)
Dan sebagian besar riwayat, tidak menyebutkan kisah wanita tersebut.
Sedangkan untuk keutamaan umrah di bulan Ramadhan yang kedua mengenai mendapatkan pahala yang sama ketika ada seseorang yang sudah berniat namun tidak bisa melaksanakan ibadah haji, para ulama menganggap pendapat ini kurang tepat.
Para ulama berpendapat bahwa seseorang yang sudah benar-benar ingin melaksanakan ibadah haji, maka niatnya pasti sudah sangat kuat. Dan tentu saja dia sudah melakukan banyak usaha. Apabila pada perjalanan waktunya niatnya tidak terlaksana, itu terjadi diluar kehendaknya.
Insya Allah seseorang tersebut akan mendapatkan pahala yang sama karena Allah menghargai niat dan semangatnya untuk berbuat kebaikan yang ada pada dirinya. Jadi tidak perlu ada penggantian ibadah untuk mendapatkan amal tertentu.
Disini berarti bagi siapa saja yang telah berniat dan berusaha untuk berangkat haji, jika pada akhirnya tidak bisa melaksanakan karena sesuatu dan lain hal maka dia tetap akan mendapatkan pahala haji. Insya Allah.
Khusus bagi kawan-kawan yang ingin melaksanakan ibadah umroh di bulan Ramadhan, dapat mengambil paket umroh akhir Ramadhan yang disediakan oleh Al Hijaz Indowisata. (ADV)
Referensi:
https://konsultasisyariah.com/19004-keutamaan-umrah-ramadhan.html

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/3-keutamaan-umrah-di-bulan-ramadhan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Capai 14k Tanda Suka Wanita Kahwin 2 Bulan Bagi Tips Jaga Suami Kena Kecam

Capai 14k Tanda Suka Wanita Kahwin 2 Bulan Bagi Tips Jaga Suami Kena Kecam

papar berkaitan - pada 2/11/2019 - jumlah : 88 hits
Saat baru berkahwin semuanya kelihatan indah dan menyeronokkan Namun ia bukanlah semudah yang disangka kerana alam perkahwinan penuh dengan ombak dan badai yang harus diharungi bersama Perkongsian seorang wanita mengenai tips rumah tangga y...
Comelnya Tengku Ismail Leon Setelah 5 Bulan Berahsia Rihana Oksana Kongsi Wajah Heronya

Comelnya Tengku Ismail Leon Setelah 5 Bulan Berahsia Rihana Oksana Kongsi Wajah Heronya

papar berkaitan - pada 3/11/2019 - jumlah : 68 hits
Sebelum ini media melaporkan Firma Guaman Eversheds Harry Elias LLP mengesahkan Sultan Kelantan Sultan Muhammad V bercerai talak tiga dengan bekas ratu cantik Moscow Rihana Oksana Gorbatenko Peguam Koh Tien Hua memaklumkan Sultan Muhammad V...
Muntah Mula Mula Mengandung Tu Biasa Tapi Ada Ibu Yang Mabuk Sampai 9 Bulan Seksa

Muntah Mula Mula Mengandung Tu Biasa Tapi Ada Ibu Yang Mabuk Sampai 9 Bulan Seksa

papar berkaitan - pada 3/11/2019 - jumlah : 46 hits
Setiap wanita yang berkahwin pasti mengimpikan untuk hamil dan melahirkan zuriat sendiri Tidak mudah menghadapi sembilan bulan kehamilan kerana ada saja cabarannya Jika kurang bernasib baik mungkin akan mengalami alahan yang teruk Seksanya ...
Ciri Ciri Dan Personaliti Orang Lahir Bulan November

Ciri Ciri Dan Personaliti Orang Lahir Bulan November

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 128 hits
Ciri Ciri Dan Personaliti Orang Lahir Bulan November Bulan November datang lagi Bulan yang kedua akhir daripada 12 bulan yang ada dalam kalendar sekular atau Masihi Kalau ada 12 orang adik beradik diandaikan anak ke 11 ini kategori tanah la...
Kemenhub Beri Waktu 3 Bulan Untuk Lion Air Lakukan Rekomendasi Dari Knkt

Kemenhub Beri Waktu 3 Bulan Untuk Lion Air Lakukan Rekomendasi Dari Knkt

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 29 hits
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti memberikan evaluasi kepada Lion Air terkait kecelakaan pesawat JT 610 Ada beberapa poin yang ditekankan dalam evaluasi ini
Durian Itu Jatuh Kena Isteri Dulu Selepas Itu Melantun Ke Kepala Anak Durian Jatuh Timpa Bayi 4 Bulan

Durian Itu Jatuh Kena Isteri Dulu Selepas Itu Melantun Ke Kepala Anak Durian Jatuh Timpa Bayi 4 Bulan

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 45 hits
Musim durian telah tiba Pergi sahaja ke mana mana pasti akan terjumpa peniaga durian di tepi tepi jalan Kelazatan isi dan aroma yang memukau dari durian membuatkan orang ramai tergila gilakannya Namun menerusi Harian Metro satu kejadian yan...
Anak Baru 5 Bulan Abam Bocey Usaha Dapatkan Anak Kedua

Anak Baru 5 Bulan Abam Bocey Usaha Dapatkan Anak Kedua

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 40 hits
Meskipun anak sulungnya baru berusia lima bulan pelawak Abam Bocey mengakui sedang berusaha untuk mendapatkan cahaya mata kedua pula Kata Abam lagi The post appeared first on
Memasuki Awal Bulan Maulid Habib Umar Bin Hafidz Ijazahkan Sholawat Ini

Memasuki Awal Bulan Maulid Habib Umar Bin Hafidz Ijazahkan Sholawat Ini

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 32 hits
Awal bulan maulid atau Rabiul Awal tahun 1441 H jatuh pada hari ini Selasa 29 Oktober 2019 Bulan Rabiul Awal menjadi istimewa bagi kaum muslimin karena di bulan ini Nabi Muhammad Saw dilahirkan yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awal Ada banyak p...
Guru Berusia 22 Tahun Jadi Sasaran Pelajar Kerana Terlalu Cantik

Petua Mudah Halau Kucing Suka Buang Najis Di Halaman Rumah

Pasar Vietnam Terbesar Bakal Dibuka Di Malaysia Mac 2020

Bosan Jadi Manusia Lelaki Ini Memilih Untuk Jadi Kambing

Bangkai Mammoth Berusia 10000 Masih Berdarah Ditemui Di Siberia

Buat Nasi Goreng Guna Nasi Sejuk Sebabkan Keracunan

Isyarat Jelas Buat Mahathir

The Drawers House By Mia Design Studio In Vung Tau Vietnam



Pertarungan Kentut Samurai pada Zaman Edo Jepun

Jonathan Kura Kura Gergasi Haiwan Darat Paling Tua Di Dunia Yang Masih Hidup

5 Foto Adik Erra Fazira Yang Ramai Tak Tahu

5 Punca Utama Berlakunya Perang Dunia Kedua WW2

Keputusan Markah Peserta Konsert Gegar Vaganza 6 2019 Minggu Keenam


Gapeka 2019 Diterapkan Jumlah Pengoperasian Kereta Bertambah Dan Jadwal Berubah

Kci Tambah Rangkaian Krl Dan Ubah Waktu Perjalanan Mulai 1 Desember Cek Detailnya

Warga Lebak Digegerkan Penemuan Mayat Pria Membusuk Di Kebun Rambutan

Kronologi Penggusuran Sunter Demo Listrik Diputus Alat Berat Datang

Konsert Hip Rock 19 Culture Syiok Aswara

Usianya 102 Tahun Nenek Asal Semarang Ini Doyan Sambal Dan Minum Es Ini Rahasia Sehatnya