3 Aktivis Di Kaltim Disebut Positif Covid 19 Tanpa Bukti Hasil Pemeriksaan Swab Dipaksa Isolasi


Tiga aktivis di Samarinda, Kalimantan Timur, disebut positif Covid-19 oleh Satgas Covid-19 Samarinda tanpa menunjukkan bukti hasil pemeriksaan swab tenggorokan, Jumat (31/7/2020).
Ketiganya dijemput paksa di Kantor Walhi Kaltim di Jalan Harva, Samarinda, dan diminta menjalani isolasi di Rumah Umum Daerah (RSUD) IA Moeis Samarinda.
Padahal, ketiganya tidak menunjukkan gejala seperti orang terjangkit Covid-19.
Ketiganya adalah Direktur Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Kalimantan Timur, Yohana Tiko dan dua pengacara di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Samarinda yakni Fathul Huda Wiyshadi dan Bernand Marbun.
Tiko menceritakan awalnya, pada Rabu (29/7/2020) sore sekitar 16.00 Wita, datang beberapa petugas yang mengaku dari Dinas Kesehatan Samarinda ke Kantor Walhi Kaltim dan Pokja 30 Kaltim.
Kebetulan kedua kantor ini berdekatan di Jalan Harva, Samarinda.
Kepada penghuni di dua kantor ini, petugas tersebut mengutarakan niatnya melakukan tes swab tenggorokan dengan metode polymerase chain reaction (PCR).
“Terus kami tanya, kenapa dua kantor ini saja yang disasar. Mereka bilang dua kantor ini jadi random sampling tes swab. Karena ada klaster di sekitar sini,” ungkap Tiko di Samarinda, Sabtu (1/8/2020).
Tes swab PCR kemudian dilakukan bagi seluruh penghuni di dua kantor tersebut, termasuk beberapa di antaranya jurnalis yang juga berada di kantor tersebut.
Keesoknya, Kamis (30/7/2020), sekitar 15.00 Wita, datang lagi petugas Satpol PP, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda dan petugas Dinkes untuk menyemprot disinfektan.
“Mereka semprot kantor tapi sambil mencari orang. Masuk juga petugas Satpol PP ke dalam kantor. Kita enggak tahu siapa yang dicari di kantor,” lanjut Tiko.
Esoknya, Jumat (31/7/2020), datang lagi beberapa personel polisi, Satpol PP, petugas BPBD Samarinda, lurah serta ketua RT 33 menjemput Tiko, Fathul dan Bernand untuk isolasi di RSUD IA Moeis.
Ketiga orang disebut positif Covid-19. Sedangkan orang lain yang ikut di-swab tenggorokannya, dinyatakan negatif.
Padahal setiap harinya ada anggota Walhi dan Pokja 30 Kaltim yang juga sama-sama berinteraksi dan kontak erat dengan ketiga orang yang disebut positif tersebut.
“Kami tanya, mana hasil tes swab kami. Mereka tidak tunjukan, tapi malah memaksa kami harus ke rumah sakit dengan marah-marah,” jelas Tiko.
Sore itu, kata Tiko, berkumpul sebagian warga yang di depan kantornya. Dia tak tahu persis warga tersebut merupakan warga sekitar atau bukan.
Khawatir Muncul Gejolak
Ketiganya kemudian mengikuti keinginan para petugas tersebut ke RSUD IA Moeis dengan syarat setelah sampai di sana diberi hasil tes swab.
“Begitu sampai di RSUD IA Moeis mereka tetap tidak menunjukkan hasil tes itu. Bahkan, satu persatu dari mereka justru menghilang usai kami di-drop. Kami justru ditelantarkan di depan RSUD,” terang Tiko.
Hingga malam hari ketiga aktivis ini kemudian dijemput oleh rekan mereka dan kini sedang berada di salah satu safe house (rumah aman) di Samarinda.
Fathul menambahkan, sejak awal dilakukan tes swab dan penjemputan ada banyak keanehan.
Para petugas juga tak menggunakan alat pelindung diri lengkap, terkesan tidak sesuai standar.
Karena sebagian dari mereka hanya menggunakan masker dan pelindung muka (face shield). Bahkan, permintaan menunjukkan identitas pun tak dilakukan.
“Beberapa dari mereka saya pegang juga enggak ada masalah, kan katanya saya positif Covid-19,” tutur Fathul.
“Jadi memang banyak keanehan. Mereka semprot Kantor Walhi tapi sambil marah-marah. Kami dibentak-bentak. Dia bilang jangan sembunyikan orang. Kami binggung siapa yang kami sembunyikan,” sambung dia.
Bernand menambahkan, sejak awal tak pernah diberitahu positif baik lisan maupun tertulis. Bahkan informasi soal positif Covid-19 didengar dari rekannya.
“Saya justru diberitahu oleh rekan saya. Mereka datang langsung semprot. Mereka sambil geledah juga kantor. Nampaknya mencari seseorang. Kalian enggak usah sembunyikan orang,” kata Bernand menirukan petugas saat semprot Kantor Walhi.
Diketahui Fathul dan Bernand memang sering berada di Kantor Walhi dan Pokja 30 Kaltim karena sering menangani perkara yang diadvokasi kedua LSM tersebut.
Keanehan lain, jelas Bernand, mereka dipaksa harus menjalani isolasi di RSUD IA Moeis padahal ketiganya tak memiliki gejala sakit.
“Kalau pun benar, kami positif, kenapa kami dipaksa harus isolasi di RS. Padahal sesuai OTG kan isolasi mandiri,” tandasnya.
Hal tersebut diatur dalam revisi terbaru tata laksana pasien terkonfirmasi positif Covid-19, apabila tanpa gejala harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari di rumah maupun fasilitas publik yang disiapkan pemerintah.
“Tambah aneh lagi setelah kami ke RSUD IA Moeis, petugas di RSUD itu malah enggak tahu kami positif Covid-19 atau enggak. Mereka juga enggak punya data,” tegas Bernand.
Karena semua keanehan tersebut, ketiga aktivis ini menduga ada kepentingan lain menggunakan isu Covid-19 untuk membungkam perjuangan demokrasi dan HAM.
“Kami menduga ini ada kaitannya dengan kasus-kasus yang sedang kami advokasi saat ini,” sebut Tiko.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Samarinda, Osa Rafshodia berdalih ada aspek sosial yang jadi pertimbangan  meminta ketiga aktivis tersebut diisolasi di rumah sakit.
“Pandemi ini bukan hanya soal kesehatan, tapi ada aspek sosial dan lainnya,” ungkap Osa saat dihubungi.
Osa tidak mendetailkan alasan aspek sosial yang dimaksud dan meminta wawancaranya diakhiri.
Sumber: kompas.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/3-aktivis-di-kaltim-disebut-positif-covid-19-tanpa-bukti-hasil-pemeriksaan-swab-dipaksa-isolasi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Klaster Pemprov Kaltim 37 Pegawai Positif Covid 19

Klaster Pemprov Kaltim 37 Pegawai Positif Covid 19

papar berkaitan - pada 3/8/2020 - jumlah : 249 hits
Kasus positif corona di Samarinda Kalimantan Timur mencapai 322 kasus Sebanyak 37 kasus di antaranya adalah pegawai di lingkup Pemprov Kalimantan Timur yang masuk menjadi klaster Pemprov Kalimantan Timur
Istri Wabup Jombang Terkonfirmasi Positif Covid 19 Usai Dua Kali Swab

Istri Wabup Jombang Terkonfirmasi Positif Covid 19 Usai Dua Kali Swab

papar berkaitan - pada 4/8/2020 - jumlah : 181 hits
Meskipun Wiwin positif tetinfeksi virus corona sang suami Sumrambah dan dua orang anaknya setelah beberapa kali dilakukan rapid test hasilnya nonreaktif Sehingga mereka tidak perlu dilakukan swab test
Gubernur Riau Positif Covid 19 Istana Sudah Dilakukan Swab Sebelum Dilantik

Gubernur Riau Positif Covid 19 Istana Sudah Dilakukan Swab Sebelum Dilantik

papar berkaitan - pada 2/8/2020 - jumlah : 162 hits
Beredar kabar bahwa Gubernur Kepulauan Riau Isdianto terkonfirmasi positif Covid 19 Menanggapi hal tersebut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan bahwa pelantikan Gubernur Kepulauan Riau yang digelar pada 27 Juli 2020 lal...
Ikut Test Swab Buat Syarat Kerja Wn India Positif Covid 19 Di Pekanbaru

Ikut Test Swab Buat Syarat Kerja Wn India Positif Covid 19 Di Pekanbaru

papar berkaitan - pada 23/7/2020 - jumlah : 199 hits
SS juga merupakan salah satu dari 38 pasien baru yang telah dinyatakan positif di Riau hari ini
Pemkot Samarinda Sebut 3 Aktivis Dijemput Satgas Karena Positif Covid 19

Pemkot Samarinda Sebut 3 Aktivis Dijemput Satgas Karena Positif Covid 19

papar berkaitan - pada 3/8/2020 - jumlah : 138 hits
Pemerintah Kota Samarinda memastikan tiga aktivis yang protes lantaran dijemput tim Satgas karena positif corona Selain itu keberadaan mereka dinilai masyarakat sudah meresahkan
Covid 19 Kes Baharu Meningkat Kembali Jumlah Positif Mencecah 39 Kes

Covid 19 Kes Baharu Meningkat Kembali Jumlah Positif Mencecah 39 Kes

papar berkaitan - pada 28/7/2020 - jumlah : 266 hits
Walaupun tiada sidang media dibuat bagi perkembangan Covid 19 hari ini namun pihak Kementerian Kesihatan Malaysia masih lagi memuat naik laporan semasa melibatkan pendemik tersebut di media sosial mereka Sebentar tadi pihak KKM telah memakl...
Pemkab Karawang Tutup 2 Puskesmas Karena Tenaga Medisnya Positif Covid 19

Pemkab Karawang Tutup 2 Puskesmas Karena Tenaga Medisnya Positif Covid 19

papar berkaitan - pada 28/7/2020 - jumlah : 197 hits
Penutupan atau penghentian sementara pelayanan kesehatan di dua lokasi itu bertujuan untuk memutus penyebaran virus corona di daerah tersebut
Bupati Ogan Ilir Positif Covid 19 Gubernur Sumsel Ingatkan Warga Protokol Kesehatan

Bupati Ogan Ilir Positif Covid 19 Gubernur Sumsel Ingatkan Warga Protokol Kesehatan

papar berkaitan - pada 28/7/2020 - jumlah : 160 hits
Deru mengatakan Bupati Ilyas dikenalnya orang yang rajin dan disiplin menggunakan masker dan mengikuti protokol Covid 19 Namun dia justru masih terpapar virus itu dan membuktikan penyebaran melalui udara yang disebut Organisasi Kesehatan Du...
Mariano Diaz Positif Covid 19

Mariano Diaz Positif Covid 19

papar berkaitan - pada 29/7/2020 - jumlah : 108 hits
Juara La Liga Real Madrid dikejutkan dengan satu berita yang kurang baik apabila seorang pemainya Mariano Diaz dilaporkan positif Covid 19 selepas melakukan ujian bersama pemain skuad utama yang lain Justeru itu Mariano yang kini berusia 26...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

My Duty Role As Src Director Only Existed In Name Shahrol Tells Court

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Taman Tema Genting Highland

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Tuah Adzmi Zack Zakwan Adikkk Muna Shahirah Wani Syaz Nurul Iman Ya Raya Chord

Neoclassical Apartments Interior Decor Inspirations



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Tadabbur Surah Surah Lazim Qarin Persiapan Mencari Lailatulqadar

Singo Pear Manfaat Pada Kesihatan Dan Petua Redakan Batuk

10 Malam Akhir Ramadan 2024 Kelebihan Tarikh Amalan Sunat

Cara Daftar Lalamove Online Driver Motor Dan Kereta

Hablun Minallah By Dr Hm Rakib S H M Ag Nurul Ikhlas Pekanbaru

Doa Agar Amalan Diiterima Allah Sepanjang Bulan Ramadan