13 Cara Menghadapi Patah Hati



Semua orang pasti mengalami patah hati.

Bisa karena harus berpisah dengan pasangan atau hewan peliharaan.

Namun biasanya yang paling sering adalah kehilangan pasangan, seperti pacar, suami, atau istri.

Namun di sini saya akan jauh lebih berfokus kepada mereka yang kehilangan pacar saja.

Sebelum saya menjabarkan cara mengatasi patah hati, ada baiknya jika kamu mengerti dulu apa pemicu dari patah hati itu.

Pemicu1. Terlalu memaksakan kehendakMencintai seseorang itu berarti harus menerima semua kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada pasangan.

Namun kamu memaksakan pasanganmu mempunyai apa yang kamu inginkan dengan cara memaksanya.

Sebelum hubungan kalian kandas hanya kerena kamu memaksakan keinginanmu, ada baiknya jika kamu merenung sejenak dan mulai menerima pasanganmu apa adanya, yaitu segala kelebihan dan kekurangannya.

2. Adanya perbedaan seriusPerbedaan serius terkadang juga bisa membuat hubungan tidak dapat bertahan dengan lama.

Kebanyakan orang, mungkin juga termasuk kamu menginginkan pasangan yang ganteng/cantik, pintar, kaya, dan lain sebagainya.

Namun kenyataannya untuk mendapatkan seperti itu jika kamu merupakan orang yang biasa-biasa, kalau di bahasa saya adalah rakyat jelata, maka dipastikan si dia mungkin akan sulit melihat dirimu.

Mungkin contoh yang biasa terjadi adalah beda keyakinan.

Banyak pasangan yang tidak dapat meneruskan hubungan mereka sampai ke jenjang pernikahan hanya karena perbedaan keyakinan.

3. Tidak didasari dengan jujur, setia, dan saling percayaDalam sebuah hubungan itu harus adanya kejujuran, kesetiaan, dan saling percaya.

Karena dengan memberitahu keadaan yang apa adanya dapat membuat hubungan kalian menjadi lebih awet.

Tidak sedikit kan orang-orang yang berusaha tampil sok kaya hanya untuk menarik perhatian yang disukainya.

Ketika sudah berhasil menjadi pasangan dan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius biasanya akan menjadi tidak tenang, karena nanti semua kebohongannya akan terkuak.

Malah justru orang yang pintar dan kaya biasanya akan berdandan seperti orang yang biasa-biasa saja, untuk menutupi kekayaan mereka.

Ini dilakukan untuk tidak membuat orang yang menjadi targetnya tidak mencintainya karena kekayaannya semata, apalagi jika tidak untuk menguji apakah pasangannya mencintainya dengan tulus.

Oleh sebab itu ada baiknya jujur dengan pasangan keadaanmu yang sebenarnya seperti apa, daripada menimbulkan patah hati.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi pemicu patah hati, sekarang saya akan jelaskan bagaimana cara mengatasi patah hati.

Mengatasi Patah Hati1. Mendapatkan bantuanOrang yang mengalami patah hati terkadang bisa mengalami kesedihan yang cukup lama.

Ada baiknya jika kamu bertemu dengan sahabatmu dan mencurahkan semua apa yang kamu rasakan.

Namun yang perlu diingat adalah kamu harus cerita ke orang yang tidak akan menghakimi.

Maksud dari teman yang menghakimi itu mereka yang tau kapan harus bicara dan kapan mereka cuma menjadi pendengar yang baik.

Oleh karena itu, jika kamu curhat ke orang yang menghakimi, maka dapat dipastikan bahwa perasaan sedihmu tidak akan menghilang, malah jurstru bertambah karena kamu dihakimi.

Jika memang tidak ada teman yang bisa dijadikan tempat curhat dan kesedihanmu itu berlarut sampai berhari-hari, ada baiknya kamu pergi ke psikiater atau psikolog.

Karena mereka akan membantumu dengan senang hati.

2. Singkirkan barang-barang kenanganBarang-barang pemberian darinya jika tidak disingkirkan maka akan membuat kamu selalu teringat tentang dirinya secara terus menerus.

Untuk itu ada baiknya jika kamu singkirkan barang-barang yang memiliki kenangan bersamanya…

3. Berpikir secara dewasaYakinlah bahwa peristiwa dia meninggalkan dirimu adalah hal yang harus terjadi.

Yakinkan dirimu masih banyak kebahagiaan di luar sana, kamu mungkin boleh gagal di satu orang, namun belum tentu kamu gagal pada orang lainnya.

4. OlahragaKenapa harus olahraga?

Karena dengan olahraga tubuhmu bisa menghasilkan endorfin yang baik untuk tubuh.

Adanya aliran endorfin bisa membuatmu merasa semangat

Dengan berolahraga juga dapat membuatmu merasa lebih baik daripada kamu tidak olahraga sama sekali.

5. Konsumsi makanan sehatJangan pernah lupa untuk makan makanan sehat seperti sayuran.

Karena ketika kamu sedang sedih, maka kekebalan tubuhmu juga ikut melemah, selain itu juga biasanya pola makanmu menjadi terganggu.

Jika daya tahan tubuhmu melemah, maka kamu akan mudah sekali untuk jatuh sakit.

Jangan lupa juga untuk selalu makan tepat waktu agar kamu tidak jatuh sakit.

Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka kamu juga akan tidak mudah untuk jatuh sakit.

6. Jadi cengengKamu mau cowok ataupun cewek, kalau memang perpisahanmu membuat kamu menjadi sedih ya lebih baik menangis saja.

Namun tidak menangis di depan umum juga, ada baiknya cari tempat yang sepi gitu biar bisa menangis sepuasnya.

Yang perlu diingat adalah kamu jangan terlalu lama ingin menangisnya, maksud saya adalah jangan menangis sampai berhari-hari.

Jika sampai seperti itu, ada baiknya kamu datangi psikolog atau psikiater saja.

7. Tingkatkan keimananTidak jarang karena perasaan patah hati yang terlalu kuat akhirnya membuatmu berpikir untuk melakukan hal-hal yang nekat.

Contoh perbuatan nekat adalah bunuh diri.

Tentu siapa saja yang mengenalmu tidak ingin untuk melihatmu bunuh diri.

Jika sudah ada pikiran untuk bunuh diri, dan perasaan sedih secara konsisten selama berhari-hari, sebelum kamu mencoba untuk mendatangi psikolog atau psikiater, ada baiknya kamu mencoba mendekatkan diri dengan Tuhan.

Namun jika dalam 2 minggu perasaan itu masih belum saja menghilang, lebih baik kamu segera periksa sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

8. Putus kontak sementaraAda baiknya jika kamu baru saja putus dengannya kamu tidak menghubungi dirinya terlebih dahulu.

Karena jika kamu masih sering menghubunginya atau justru sering bertemu dengannya, maka itu akan dapat mengganggu usahamu untuk bisa melupakannya.

Mungkin jika cuma sekedar menghubunginya itu cukup mudah, tinggal blokir kontaknya sementara waktu sudah dapat membantu.

Namun bagaimana jika dia merupakan teman sekelasmu?

Jawabannya ya cuma berusaha untuk tidak berkomunikasi dengannya, kalaupun harus komunikasi dengannya, maka usahakan untuk seminimal mungkin untuk berkomunikasi dengannya.

9. Tulis semua curahan hatiTerkadang semua kesedihan itu bisa hilang ketika kamu sedang menulis.

Ini merupakan cara alternatif yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak memiliki teman yang tidak akan menghakimimu atau mungkin kamu tidak punya cukup uang untuk menghubungi psikolog atau psikiater.

Kamu bisa menuliskan apapun yang kamu rasakan, apa yang kamu mau, dan masih banyak lagi, yang di mana apa yang mau kamu tulis itu bisa sesuka hatimu.

Jika perlu, setelah kamu menuliskan semua keluh kesahmu itu, kamu remas-remas kertasnya, kemudian kamu bakar.

Mungkin dengan cara seperti itu bisa membuat semua emosi yang kamu rasakan bisa berkurang.

Atau jika kamu merupakan orang yang kreatif, kamu bisa membuat semua kesedihanmu itu menjadi sebuah puisi atau lagu.

Kemudian puisi atau lagumu tadi itu diikutkan lomba, jika kamu berhasil menang kan lumayan bisa mendapatkan hadiah, hehehe…

10. Pergi ke tempat yang menyenangkanPergi ke tempat yang menyenangkan bisa menjadi alternatif berikutnya untuk kamu yang sedang patah hati.

Pergi mengunjungi tempat baru, seperti misalnya taman atau mungkin kafe yang baru saja diresmikan bisa menjadi tempat yang pas untuk menghilangkan kesedihan yang kamu rasakan.

Sebenarnya tidak harus taman atau kafe yang baru buka, pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya juga bisa membantumu untuk mengurangi rasa sedihmu itu.

Ada baiknya juga kamu hindari untuk pergi ke tempat yang di mana kamu punya kenangan dengan si dia.

Karena itu ternyata bisa mengganggu proses menghilangkan patah hati yang sedang kamu rasakan.

11. Menjadi lebih produktifKesedihanmu itu bukan alasan untuk kamu tidak melakukan apa-apa…

… malah harusnya kamu tetap produktif, agar pikiranmu teralihkan dan nggak memikirkan dia secara terus menerus.

Ya memang, mungkin seberapa produktifnya kamu mungkin berkurang jika dibandingkan jika kamu produktif di kala tidak sedang sedih…

Namun itu jauh lebih baik dibandingkan jika kamu tidak melakukan apa-apa dan terus memikirkan dirinya yang berpisah darimu.

Alternatif lainnya yang bisa digunakan adalah kembali menekuni hobi kamu.

Mungkin selama kamu bersama dia, kamu tidak memiliki cukup waktu untuk menyalurkan hobimu, nah sekarang merupakan waktu yang tepat untuk kembali menekuni hobimu itu.

Jika kamu mungkin sebelumnya merasa bosan dengan hobimu itu, kamu juga bisa kok mencari hobi baru yang mungkin jauh lebih sesuai dengan dirimu.

12. Memperluas pergaulanAda baiknya jika kamu sedang mengalami patah hati kamu memperluas pergaulanmu.

Ini bertujuan supaya kamu bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin saja salah satu dari teman barumu itu bisa menjadi pengganti si dia yang meninggalkanmu.

13. Mencari penggantiJika semua kesedihan yang kamu alami sudah tidak begitu mengganggu dirimu, ada baiknya jika kamu segera mencari pengganti si dia.

Karena jika kamu tidak segera mencari pengganti yang baru, maka dikhawatirkan kamu akan terpuruk di waktu yang lama.

Jika ada yang mengungkapkan kalimat “biarkan waktu yang menyembuhkan”, menurut saya itu merupakan hal yang sesat…

Karena jika percaya dengan kalimat itu, masalahnya adalah kapan waktu itu akan berhasil menyembuhkan kamu?

Jika cuma satu atau dua bulan saja mungkin tidak masalah, apabila bertahun-tahun masih belum berhasil sembuh, bagaimana nanti pada saat akan mencari pengganti yang baru?

Bukan tidak mungkin kamu nanti sembuh di umur yang sudah tidak baik untuk bereproduksi…

Walaupun mengalami patah hati menjadi sebuah titik balik tersendiri, ternyata ada manfaat yang terkandung di balik rasa patah hati.

Kebaikan dari Patah Hati1. Mendewasakan diriJika kamu mengalami patah hati berarti kamu sudah temukan hal baru.

Memang kamu atau si dia terluka, tapi kamu sudah belajar banyak hal baru sambil mendewasakan diri.

Sebenarnya walaupun hubungan kamu tidak berakhir sekalipun secara tidak langsung kamu juga menjadi lebih dewasa juga.

Pendewasaan diri tergantung bagaimana kamu bersikap dan berpikir tentang patah hati yang kamu rasakan.

2. Bertambah kuatKetika kamu mengalami patah hati, secara gak langsung juga kamu akan menjadi lebih kuat.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui apa yang harus dilakukan jika kamu mengalami patah hati lagi.

Walaupun mungkin kamu akan sedih lagi jika patah hati di lain waktu, biasanya akan jauh lebih cepat untuk bangkit daripada waktu kamu baru pertama kali patah hati.

3. Belajar introspeksiKetika sebuah hubungan hancur, kamu sendiri pasti berpikir apa yang menyebabkan hubungan itu hancur.

Kamu pasti mengingat-ingat apa yang sudah kamu atau si dia lakukan sehingga hubungan kalian bisa hancur.

Tentu saja kamu juga harus mengetahui apa yang harus diperbaiki atau mungkin apa yang harus dihindari dalam sebuah hubungan untuk bisa membuat hubungan yang lebih baik.

Jika kamu sudah menemukan apa yang harus dilakukan dan dihindari dalam sebuah hubungan, maka biasanya kamu juga mengalami perubahan tingkah laku sekaligus kamu menciptakan pribadi yang lebih baru dan lebih baik.

4. Mensyukuri apa yang adaTentu saja ada hal-hal yang bisa disyukuri dari sebuah kejadian…

… termasuk kandasnya hubunganmu dengan si dia.

Kamu jadi belajar tentang hubungan, cara memperlakukan cowok atau cewek, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga kamu juga jadi mengetahui apa yang harus dan tidak dilakukan dalam sebuah hubungan, apalagi jika kamu mau serius dengan hubunganmu.

5. RealistisSemua kejadian yang kamu alami ini juga bisa menjadi pengingat untuk diri kamu bahwa cerita cinta itu tidak seindah yang ada di dunia dongeng yang di mana selalu berakhir dengan bahagia.

Ingat kamu hidup di dunia nyata yang di mana ada banyak rasa dalam kehidupannya.

Kamu tidak mungkin hanya merasakan manisnya kehidupan saja, kamu juga harus mau merasakan rasa-rasa lain yang ada di kehidupan.

6. Mengubah pandangan tentang cintaSudah jelas jika kamu mengalami patah hati kamu akan mendapatkan pandangan baru tentang cinta.

Kamu akan menyadari bahwa cinta itu tidak harus dibagi dengan pacar saja, melainkan orangtua, saudara, dan teman serta sahabatmu.

7. Mensyukuri hidupMungkin saja hubunganmu dengannya berakhir itu merupakan anugrah tersendiri.

Mungkin Tuhan memiliki cara yang baik untuk melindungimu dari hal buruk yang mungkin saja akan terjadi apabila kamu tetap saja menjalani hubungan dengannya.

Tenang saja saat orang mengalami patah hati, rata-tara dari mereka juga akan mendapatkan banyak hal positif yang menguntungkan diri mereka karena mereka mau berubah dan bangkit dari keterpurukan.

8. Kuat dan tegarPatah hati itu disebabkan rasa cinta yang kamu rasakan.

Makin kuat rasa cintamu kepadanya, maka rasa sakit yang kamu alami juga akan semakin menyakitkan.

Karena kamu sudah merasakan sakitnya patah hati, maka kamu akan menjadi lebih kuat dalam dunia percintaan.

Itu semua pasti kamu alami.

Titik paling rendah dalam kehidupan percintaan adalah di saat kamu mengalami galau, sedih, kecewa, dan rasa sakit dalam waktu yang bersamaan.

Jika kamu berhasil melewatinya maka nantinya jika kamu menghadapi putus cinta lagi, kamu tidak akan sesedih waktu ditinggal sebelumnya.

9. Percaya diriJika kamu punya teman yang baru saja mengalami patah hati dan berhasil melewati fase itu, biasanya mereka akan terlihat berbeda dan menjadi lebih percaya diri.

Mereka menjadi lebih percahya diri untuk membuka hati mereka terhadap cinta yang baru.

Itu tadi merupakan cara mengatasi patah hati.

Jika mungkin kalian memiliki pengalaman terhadap patah hati dan ingin menambahkan di artikel ini, silahkan tuliskan di kolom komentar, saya dengan senang hati akan menambahkan ke dalam artikel ini jika memang menarik.

Jangan lupa untuk like fanspage blog ini di FB supaya kamu bisa mendapatkan kabar jika ada artikel baru.



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.ishackkiswara.com/2019/04/cara-menghadapi-patah-hati.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
10 Cara Menghadapi Istri Yang Keras Kepala Dan Pemarah

10 Cara Menghadapi Istri Yang Keras Kepala Dan Pemarah

papar berkaitan - pada 30/7/2019 - jumlah : 220 hits
Setiap kehidupan rumah tangga pasti menghadapi ragam permasalahan Sudah biasa jika di dalam kehidupan ada pasang surutnya Mulai dari permasalahan keluarga anak hingga permasalahan karakter dari masing masing pasangan itu sendiri Salah satu ...
Patah Hati Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Seseorang

Patah Hati Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Seseorang

papar berkaitan - pada 26/7/2019 - jumlah : 151 hits
Sebuah penelitian mengungkap bahwa kondisi yang disebut sindrom patah hati yang muncul ketika seseorang mengalami tekanan secara emosional dan fisikal bisa mempengaruhi berkembangnya kanker Diketahui juga bahwa masalah ini bisa menurunkan p...
20 Cara Menaklukan Hati Pria Cuek Dan Pendiam

20 Cara Menaklukan Hati Pria Cuek Dan Pendiam

papar berkaitan - pada 9/8/2019 - jumlah : 282 hits
Mengenal seorang pria yang cuek dan pendiam itu menarik namun terkadang suka menjengkelkan Karena dia tidak bisa mengerti dan memahami keinginanmu Dia juga bukan orang yang perhatian dan romantis seperti yang kamu inginkan Namun kamu biasan...
Tragisnya Kisah Cinta Eki Berawal Dari Patah Hati Berujung Di Bui

Tragisnya Kisah Cinta Eki Berawal Dari Patah Hati Berujung Di Bui

papar berkaitan - pada 14/8/2019 - jumlah : 210 hits
Bagi Eki melepas Widya bukan hal mudah Masih ada cinta tersisa Dia ingin Widya kembali kepelukannya
Cara Menghadapi Masalah Di Dalam Rumah Tangga

Cara Menghadapi Masalah Di Dalam Rumah Tangga

papar berkaitan - pada 4/8/2019 - jumlah : 380 hits
Seperti yang Anda ketahui bahwa tidak ada seorang pun yang ingin memiliki masalah dalam kehidupan rumah tangganya akan tetapi kehidupan rumah tangga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya masalah Setiap pasangan yang sudah menikah memang h...
Cara Atasi Rambut Gugur Bertompok

Cara Atasi Rambut Gugur Bertompok

papar berkaitan - pada 26/7/2019 - jumlah : 464 hits
Anda ada masalah rambut gugur bertompok Ketahui cara atasi rambut gugur bertompok yang selamat dan berkesan Rambut gugur bertompok atau nama lainnya terjadi mungkin disebabkan oleh tindak balas imun tubuh menyerang folikel rambut mengecutka...
Cara Mandi Jumat Bagaimana

Cara Mandi Jumat Bagaimana

papar berkaitan - pada 26/7/2019 - jumlah : 267 hits
Bagaimana cara mandi Jumat Apakah sama seperti mandi junub
Facebook Dan Instagram Menghadapi Masalah Untuk Diakses

Facebook Dan Instagram Menghadapi Masalah Untuk Diakses

papar berkaitan - pada 5/8/2019 - jumlah : 227 hits
Facebook dan Instagram akhir akhir ini telah menghadapi masalah untuk diakses beberapa kali dan hari ini ia berlaku lagi sekali Ratusan pengguna kini menghadapi masalah untuk mengakses perkhidmatan sosial berkenaan Kedua dua laman berkenaan...
Najib Sedang Menghadapi Tekanan Dia Dipersalahkan Oleh Kerana Dia Sudah Tak Ada Kerja Biarkan Dia Menjawab

Najib Sedang Menghadapi Tekanan Dia Dipersalahkan Oleh Kerana Dia Sudah Tak Ada Kerja Biarkan Dia Menjawab

papar berkaitan - pada 31/7/2019 - jumlah : 173 hits
Satu demi satu isu najib menjawab kapasitinya sangat baik untuk menjawab Yang ada masa pinjam telinga untuk mendengar Bagi rakyat pendekatan dan pengurusan kerajaan berbanding dengan kerajaan terdahulu akan ada perbezaan dan akan ada juga p...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Do You Know About Kuda Kepang Dance

Cukai Perkhidmatan 8 Hanya Ke Atas Golongan Berkemampuan

300 Extra Padu Registration Counters Opened

Nadma Remaining Water Storage Reserves In Four Dams In Johor Penang And Kedah At Critical Level

Mixing Politics With Religion In Malaysia Breeds Negativity

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu