11 Ipk 3 3 1 Klasifikasi Sumber Daya Alam


 
Indonesia yang terletak di iklim tropis, dilalui jalur pegunungan api, dan negaranya berbentuk kepulauan memiliki banyak potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa dan negara. Sumber daya alam adalah segala potensi alam yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33 ayat 3 menyebutkan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Supaya dapat dipergunakan untuk kemakmuran rakyat, sumber daya alam harus dimanfaatkan secara arif, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan agar generasi yang akan dapat tetap dapat memanfaatkan potensi tersebut. Pemerintah sebagai regulator dan operator berperan penuh agar pemanfaatan sumber daya alam dalam berjalan optimal dan berkelanjutan untuk kemakmuran rakyat.

 

Pengelompokkan sumber daya:

A.    Sumber

1.     Hayati: berasal dari unsur-unsur mahkluk hidup yang sudah mati ataupun masih hidup, misalnya batu bara yang berasal dari fosil tumbuhan dan hewan ternak yang berasal dari perkembangbiakan hewan untuk diambil manfaatnya.

2.     Nonhayati  : berasal dari unsur-unsur alam yang tidak hidup seperti air yang berasal dari proses siklus hidrologi.

 

B.    Sifat

1.     Dapat diperbaharui : dapat diperbaharui dalam waktu yang relatif singkat, misalnya ikan di laut yang dapat diperbaharui melalui proses reproduksi dan oksigen di alam yang dapat diperbaharui melalui siklus oksegen dengan bantuan tumbuhan.

2.     Tidak dapat diperbaharui : memerlukan waktu yang sangat lama (ribuan bahkan jutaan tahun) dalam proses pembentukannya sehingga hampir tidak mungkin ada kembali dalam masa kehidupan manusia, misalnya emas yang terbentuk dari endapan mineral-mineral alam melalui proses metasomatisme kotak dan larutan hydrothermal di perut bumi dalam waktu jutaan tahun.

 

C.    Materi

1.     Organik :berasal dari makhluk yang masih hidup dan dapat dimanfaatkan secara langsung atau tidak langsung, misalnya tumbuhan (flora) untuk menghasilkan oksigen atau bahan makanan.

2.     Anorganik :berasal dari unsur alam yang tidak hidup dalam wujud padat, cair, dan gas, misalnya yang berbentuk padat adalah batuan yang dapat dimanfaatkan sebagai pondasi bangunan.

 

D.    Kegunaan

1.     Bahan baku : belum bisa dimanfaatkan secara langsung karena masih memerlukan proses produksi lebih lanjut agar dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis lebih tinggi, misalnya kapas yang berasal dari tanaman randu menjadi bahan baku pembuatan benang untuk memproduksi kain katun atau baju yang berbahan katun.

2.     Sumber energi : dimanfaatkan untuk bahan bakar penggerak mesin, misalnya batu bara dari hasil pertambangan yang digunakan sebagai bahan bakar penggerak mesin uap untuk memutar turbin yang menghasilkan energi listrik.

 

E.    Lokasi

1.     Akuatis :berada di dalam air, misalnya rumput laut yang ditanaman oleh nelayan untuk bahan baku pembuatan agar-agar.

2.     Teristris :berada di daratan, misalnya hutan yang di dalamnya terdapat beranekaragam flora dan fauna sebagai penjaga kestabilan ekosistem alam.

 

F.    UU No. 11 tahun 1967 tentang Pertambangan Bahan Galian

1.     Bahan galian golongan A (strategis) : bahan galian yang strategis bagi perekonomian negara untuk kepentingan pertahanan, keamanan, dan perekonomian negara. Bahan galian golongan A antara lain minyak bumi, gas alam, batu bara, uranium, nikel, dan timah.

2.     Bahan galian golongan B (vital) : bahan galian yang dimanfaatkan untuk menjamin hajat hidup orang banyak untuk berbagai kegiatan produksi. Bahan golongan B antara lain tembaga, emas, bauksit, mangan, besi, perak, platina, dan barang tambang logam atau mineral lainnya.

3.     Bahan galian golongan C : bahan galian yang tidak termasuk dalam golongan A atau golongan B berasal dari unsur alam berupa batuan dan hasil pelapukannya. Bahan golongan C antara lain belerang, kuarsa, intan, gamping, dolomit, marmer, kaolin, pasir, fosta, dan sebagainya.






Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://fastrans22.blogspot.com/2020/09/11-ipk-331-klasifikasi-sumber-daya-alam.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Saat Wali Kota Tangerang Bubarkan Kerumunan Warga Di Sekitar Mal Alam Sutera

Saat Wali Kota Tangerang Bubarkan Kerumunan Warga Di Sekitar Mal Alam Sutera

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 109 hits
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah membubarkan sejumlah warga yang berkerumun dan tidak menerapkan protokol kesehatan di sekitar Mal Alam Sutera
Gambar Gambar Program Gerak98 Di Shah Alam Malam Tadi Dapat Sambutan Hebat

Gambar Gambar Program Gerak98 Di Shah Alam Malam Tadi Dapat Sambutan Hebat

papar berkaitan - pada 20/9/2020 - jumlah : 118 hits
Serangan berterusan terhadap Azmin pengkhianat dan gerombolannya dilakukan oleh Gerak98 malam tadi di Sek 27 Shah Alam Bertempat di Dewan Cendana laungan reformasi bergema oleh para pendokong reformasi yang hadir Saya turut hadir selaku Pen...
Word 274 Bila Generasi Wechat Masuk Alam Pekerjaan

Word 274 Bila Generasi Wechat Masuk Alam Pekerjaan

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 106 hits
Word 274 Bila generasi wechat masuk alam pekerjaan Bila generasi wechat masuk alam pekerjaan Hafiz Rahim
Kelantan Boleh Manfaatkan Air Hujan Cadangan Bernas Menteri Alam Sekitar Air Dikritik Netizen

Kelantan Boleh Manfaatkan Air Hujan Cadangan Bernas Menteri Alam Sekitar Air Dikritik Netizen

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 205 hits
Masalah air di negeri Kelantan seakan tiada jalan penyelesaiannya sejak dari dahulu lagi Terbaru Menteri Alam Sekitar dan Air Tuan Ibrahim Tuan Man mengeluarkan kenyataan yang meminta rakyat di negeri itu memanfaatkan sumber alam bagi kegun...
942 Premis Cemar Alam Sekitar Dikenakan Tindakan Kata Menteri

942 Premis Cemar Alam Sekitar Dikenakan Tindakan Kata Menteri

papar berkaitan - pada 26/9/2020 - jumlah : 91 hits
BANGI Jabatan Alam Sekitar mengambil 2 956 tindakan penguatkuasaan terhadap 942 premis kerana melakukan kesalahan di bawah Akta Kualiti Alam Sekeliling 1974 sepanjang tahun ini Menteri Alam Sekitar dan Air Tuan Ibrahim Tuan Man berkata tind...
Manusia Diamanah Jaga Alam Sekitar

Manusia Diamanah Jaga Alam Sekitar

papar berkaitan - pada 25/9/2020 - jumlah : 89 hits
Manusia ditugaskan memakmurkan alam ini dan bukannya mendatangkan kerosakan Telah banyak pembalasan yang Allah turunkan kepada kaum yang tidak bersyukur dengan apa yang disediakan untuk mereka Di dalam al Quran disebut di antara kaum yang t...
Pengalaman Pertama Kali Buat Pico Laser Di Dr Chong Clinic Shah Alam Serius Tak Sakit Pun

Pengalaman Pertama Kali Buat Pico Laser Di Dr Chong Clinic Shah Alam Serius Tak Sakit Pun

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 151 hits
Dah lama sebenarnya sis pasang hasrat nak try buat Pico Laser Kebetulan ada member bagi tahu Dr Chong Clinic tengah buat promosi kaw kaw sempena Ulang Tahun Ke 4 Rugilah katanya rugi kalau sis tak rebut peluang baik ini Mana taknya sebelum ...
Inspire Jogging Dengan Alam

Inspire Jogging Dengan Alam

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 105 hits
Allhamdillah Inspire Jogging dengan alam rentetan entry lama Kalau dalam entry di bawah ni saya kurus masa Nur Jannah 6 bulan kini Nur Jannah hampir 3 tahun 6 bulan saya pun dah membesar dengan jayanya Hari ni sempat saya p mengurut kata tu...
Disebalik Gambar Kelibat Pontianak

Nikahi Gadis 17 Tahun Kakek Sarna Cerita Sempat Lesu Saat Hubungannya Putus

Air Mata Seorang Ibu Orang Ramai Luluh Lihat Keadaan Ibunda Almarhum Pengiran Muda Azim

Kenapa Pas Tidak Memainkan Peranan Utama Dlm Isu Semasa

Baru Je Kecoh Kehilangan Scha Alyahya Di Ig Sekali Keputusan Ujian Covld 19 Dia Dan Suaminya Awal Didedahkan

Usia Jamaah Haji Dan Umroh Dibatasi Maksimum 50 Tahun

Umur 65 Wajah Keriput Nenek Ini Berubah Total Saat Nikahi Pria Muda Usia 20 Tahun

Mee Goreng Mamak



Keputusan Markah Peserta Konsert Gegar Vaganza 7 2020 Minggu 3

Kisah Pengasas Whatsapp Yang Kecundang Kerana Facebook

7 Ciptaan Terhebat Pihak Kesatuan Soviet

Resepi Kek Minyak Paling Gebu dan Lembut

Info Penuh Program Vokal Mania TV3 2020


Latihan Rumusan

Gentle Parenting How Not To Be An Angry Mama

Polis Paraguay Temui 7 Mayat Reput Dalam Kontena Baja Dari Serbia

Boikot Produk Perancis Tanda Protes Sentimen Anti Islam

Kalau Bau Bvsuk Orang Tak Suka Sama Juga Kalau Berperangai Bvruk Shalma Eliana

Sedang Menerima Mengadap Pm Sekali Orang Ramai Perasan Ada Buku Ini Atas Meja Ydp Agong