10 Langkah Pencegahan Penularan Virus Covid 19 Di Pesantren


Terus bertambahnya jumlah pasien di Indonesia yang terinfeksi virus corona ini telah menunjukkan bahwa kondisinya untuk sekarang tidak bisa dianggap sepele lagi. Apalagi dari tim medis sudah 6 (enam) orang dokter turut menjadi korban meninggal dunia karena serangan virus corona.
Melihat situasi seperti ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mulai melindungi diri sendiri karena masa inkubasi virus berkode COVID-19 ini cukup lama yaitu 14 hari sejak pertama kali terinfeksi. Jika tidak ada keperluan mendesak, tetap #DiRumahAja dan hindari berada di pusat keramaian.
Untuk institusi pendidikan terutama sekolah formal, sudah diambil kebijakan untuk meniadakan aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) mulai dari pertengahan hingga akhir bulan Maret 2020. Sekarang bagaimana dengan pesantren yang pada umumnya para santrinya tinggal dan belajar di pondok, apa yang harus dilakukan?
Pencegahan Penularan Virus COVID-19 di Pesantren Melalui status yang dibuat oleh drg. Heru Djarkasie di laman facebooknya per hari ini, Minggu (22/03/2020) sosok pemilik salah satu travel umroh di Pontianak ini ini menjelaskan mengenai protokol pencegahan penularan virus COVID-19 di Pesantren.
Ada 10 (sepuluh) hal harus diperhatikan oleh pihak pengelola pesantren dan para santri yang berada di dalam kawasannya, antara lain:
Langkah 1: Pastikan Seluruh Area Pesantren Bersih Melakukan pembersihan lantai, permukaan pegangan tangga, pegangan pintu, asrama santri, ruang kelas, masjid, dapur, kantin pesantren, dispenser, dengan disinfektan (cairan pembersih) dengan cara dilap atau disemprot secara berkala minimal 3 kali sehari.
Langkah 2: Sediakan Sarana dan Prasarana Menyediakan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir dan hand sanitizer di toilet, setiap kelas, ruang ustadz, pintu gerbang, setiap kamar santri/asrama, ruang makan dan tempat lain yang sering di akses oleh warga pesantren.
Langkah 3: Pasang Pesan Kesehatan Memasang pesan-pesan kesehatan (cara cuci tangan yang benar, cara mencegah penularan COVID-19, etika batuk/bersin dan cara menggunakan masker) di tempat-tempat strategis seperti di pintu masuk kelas, pintu gerbang, ruang pengelola, dapur, kantin, papan informasi masjid, sarana olahraga, tangga dan tempat lain yang mudah di akses.
Langkah 4: Edukasi Warga Pesantren Pengelola mengedukasi warga pesantren untuk selalu menjaga wudhu dan CTPS, Etika Batuk/Bersin yang benar dan menginformasikan kepada warga pesantren yang tidak sehat atau memiliki riwayat berkunjung ke negara terjangkit dalam 14 hari terakhir untuk segera melaporkan diri kepada pengasuh/ustadz koordinator.
Langkah 5: Jaga Kebersihan dan Gunakan Peralatan Pribadi Menghimbau seluruh santri agar menggunakan Al Quran dan alat sholat pribadi (mukena, sarung, sajadah, peci) dan mencuci secara rutin.
Langkah 6: Menjaga Jarak Kontak Menginformasikan kepada seluruh warga pesantren untuk tidak berjabat tangan/cium tangan, menjaga jarak kontak dengan orang lain yang sedang batuk/bersin.
Langkah 7: Tetap Melakukan Aktivitas Fisik Mengajak warga pesantren untuk melakukan aktivitas fisik (senam setiap pagi, olahraga, kerja bakti) secara berkala dan menganjurkan untuk konsumsi makanan yang sehat, aman dan bergizi seimbang.
Langkah 8: Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Lakukan pemeriksaan suhu tubuh semua warga pesantren sekurang-kurangnya seminggu sekali dan amati kondisi umum warga pesantren secara berkala.
Apabila terdapat warga pesantren dengan suhu di atas 38’C, maka tidak diizinkan untuk memasuki ruang kelas, ruang asrama santri dan segera menghubungi petugas kesehatan (klinik pesantren/puskesmas setempat) Apabila diamati ada warga pesantren dengan gejala pilek/batuk/sesak nafas disarankan untuk segera menghubungi petugas kesehatan (klinik pesantren/puskesmas setempat). Apabila ditemukan peningkatan jumlah warga pesantren dengan kedua kondisi di atas segera melaporkan ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat.
Langkah 9: Penempatan Kamar Khusus Apabila ada warga pesantren mengalami gejala demam/batuk/pilek/sesak nafas atau memiliki riwayat berkunjung ke negara terjangkit dalam 14 hari terakhir, pengelola pesantren menempatkan warga pesantren tersebut pada kamar dan menggunakan kamar mandi terpisah serta segera melaporkan kepada Puskesmas atau Dinas Kesehatan.
Langkah 10: Pembatasan Akses Keluarga santri yang memiliki gejala demam/batuk/pilek/sesak nafas dianjurkan untuk tidak mengunjungi santri di pesantren.
Selain menerapkan 10 langkah pencegahan penularan virus COVID-19 diatas, pihak pengelola pesantren harus selalu memantau dan memperbaharui perkembangan informasi tentang COVID-19 dengan Puskesmas/Dinas Kesehatan setempat secara berkala.
Pastikan kondisinya aman dan terkendali sehingga kemungkinan menyebarnya virus corona di area pondok pesantren bisa diminimalisir. Amin… (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/10-langkah-pencegahan-penularan-virus-covid-19-di-pesantren/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
5 Langkah Pencegahan Wabak Covid 19

5 Langkah Pencegahan Wabak Covid 19

papar berkaitan - pada 23/3/2020 - jumlah : 217 hits
Laman Facebook Public Health Malaysia telah mengeluarkan saranan 5 Langkap Pencegahan Wabak COVID 19 yang boleh di lakukan oleh rakyat Malaysia yang keluar membeli barangan keperluan harian di sepanjang tempoh had pergerakan dari 18 Mar seh...
Cegah Penularan Covid 19 Mesir Lepaskan 15 Tahanan Politik

Cegah Penularan Covid 19 Mesir Lepaskan 15 Tahanan Politik

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 153 hits
KAIRO Kejaksaan Mesir memutuskan melepaskan 15 tahanan politik dari partai politik kiri dan partai lain yang menunggu persidangan Menurut sumber yang dikutip media setempat Al Ahram pembebasan itu terkait tanggapan terhadap pandemi virus co...
Kerajaan Sarawak Membangunkan Gelang Penjejakan Digital Untuk Mengawal Penularan Covid 19

Kerajaan Sarawak Membangunkan Gelang Penjejakan Digital Untuk Mengawal Penularan Covid 19

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 336 hits
Kerajaan Sarawak melalui Sarawak Multimedia Authority telah memperkenalkan gelang penjejakan digital yang menggunakan teknologi imbasan QR untuk menjejak semua orang yang memasuki negeri tersebut dan mengawal penularan wabak COVID 19 Gelang...
Coronavirus Covid 19 Penularan Penyakit Pernafasan Dan Wabak Bahaya Seluruh Dunia 2020

Coronavirus Covid 19 Penularan Penyakit Pernafasan Dan Wabak Bahaya Seluruh Dunia 2020

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 436 hits
Assalamualaikum wbt dan selamat pagi semua Salam Jumaat penghulu segala hari dah 2 tahun menyepi dari dunia penulisan dan blog kini kembali sebab dah lama terkurung dalam rumah hahaha Semoga rakan rakan yang membaca dapat manfaat daripada e...
Jika Masyarakat Disiplin Tak Sulit Putus Rantai Penularan Covid 19

Jika Masyarakat Disiplin Tak Sulit Putus Rantai Penularan Covid 19

papar berkaitan - pada 28/3/2020 - jumlah : 95 hits
Kita harus paham bahwa virus corona ini sangat berbahaya Tapi sebetulnya untuk mengatasinya dan memutus rantai juga tidak sulit asal diri kita punya kesadaran
Pks Ngaku Sudah Usulkan Karantina Untuk Mencegah Penularan Covid 19

Pks Ngaku Sudah Usulkan Karantina Untuk Mencegah Penularan Covid 19

papar berkaitan - pada 27/3/2020 - jumlah : 96 hits
Kerja sama dengan semua pihak ini akan sangat membantu pemerintah jika nantinya memutuskan untuk melakukan karantina Sebab akan mendapatkan dukungan dari masyarakat luas
Mendikbud Minta Anak Muda Jaga Jarak Dengan Lansia Cegah Penularan Covid 19

Mendikbud Minta Anak Muda Jaga Jarak Dengan Lansia Cegah Penularan Covid 19

papar berkaitan - pada 24/3/2020 - jumlah : 144 hits
Nadiem meminta agar orang lanjut usia dipisahkan dengan yang lain Dia pun mengingatkan anak muda agar menjaga jarak dengan lansia
Social Distancing Pengertian Dan Cara Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Social Distancing Pengertian Dan Cara Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

papar berkaitan - pada 24/3/2020 - jumlah : 412 hits
Bekerja dari rumah dan menghindari berkerumun di tempat umum bisa jadi beberapa cara untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain Social distancing populer di tengah wabah Virus Corona Berikut ini Pengertian Social...
Kekurangan Sumber Indonesia Diramal Jadi Pusat Penularan Covid 19 Seterusnya Pakar

Kekurangan Sumber Indonesia Diramal Jadi Pusat Penularan Covid 19 Seterusnya Pakar

papar berkaitan - pada 25/3/2020 - jumlah : 174 hits
Jakarta 25 Mac Kekurangan katil fasiliti kesihatan dan staf perubatan mendedahkan Indonesia kepada risiko menjadi pusat penularan COVID 19 yang baru Menurut Channel News Asia pakar kesihatan menyatakan Indonesia menghadapi peningkatan kes k...
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

Diabetes Bayi Pun Boleh Kena Jenis Penyakit Yang Tak Kenal Usia

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Memikirkan The Unknown

Produk Nestle Naik Harga Harga Milo Dan Nescafe Akan Meningkat Ikuti Senarai Produk Nestle Malaysia

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman



Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan


How To Be Happy

Pre Season Perlawanan Ud Castellonense Vs Jdt

Melaksanakan Perintah Allah Itu Bagaikan Obat Pahit Tetapi

Warrant Woes In El Paso An Attorney Can Help You Get Back On The Road

Media Orang Ramai Diingatkan Tidak Sebar Video Nahas Helikopter Tldm

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds