10 Komponen Mobil Yang Wajib Di Cek Sebelum Mudik Lebaran



Mudik lebaran menggunakan Mobil pribadi masih menjadi pilihan masyarakat indonesia saat ini, karena selain lebih nyaman juga lebih praktis dan leluasa menggunakan mobil pribadi.

Mengingat perjalanan Mudik yang nantinya akan memerlukan waktu berjam jam sehingga bukan hanya kondisi fisik saja yang harus dipersiapkan dalam kondisi prima, namun juga kondisi kendaraan Sobat juga harus diperhatikan. Mengecek mobil sobat dan memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik sehingga menjadikan perjalanan mudik Sobat bersama saudara/kerabat lancar, nyaman dan aman.

Kita harus menyadari sangat pentingnya mengecek kondisi kendaraan apakah kendaraan dalam kondsi baik ataukah tidak, jangan sampai perjalanan mudik terganggu akibat mobil mogok atau lain hal yang tidak diinginkan. Terdapat beberapa komponen pada mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu sebelum akan melakukan perjalanan jauh.

Lalu komponen apa saja yang wajib di cek agar perjalanan mudik berjalan dengan lancar?

1. Cek pada Oli Mesin, Transmisi, Garden

Sebelum mudik lebaran sebaiknya di Cek dahulu kelayakan Oli, apakah oli masih bagus ataukah harus di ganti, Saran saya diganti saja Olinya untuk meminimalisir resiko dalam perjalanan. Oli mesin, transmisi, maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan, melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen pada mobil.

2. Kelistrikan dan Air Aki

Selanjutnya cek bagian kelistrikan pada mobil, cek bagian arus listrik pada aki, jangan sampai perjalanan mudik Sobat terganggu karena mogok disebabkan kelistrikan mobil Sobat terganggu /tidak dapat menyimpan arus listrik dalam waktu lama. Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik Sobat.

3. Filter Udara Dibersihkan

Jangan lupa filter udara juga ridak kalah penting untuk dibersihkan supaya mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin jadi ngadat.

4. Menambah Tekanan Angin pada Ban

Periksa kembali kondisi ban mobil Sobat, jika dirasa angin dalam ban berkurang maka pompa ban adalah alternatif yang tepat agar terhindar dari kebocoran ban pada saat mudik lebaran, kondisi ban dengan angin yang padat membuat jarak pengereman mobil Sobat lebih baik, menjaga kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan pada jalan, daya tahan ban yang lebih baik, dan juga dapat menghemat BBM.

5. Air Radiator

Peran pada air radiator amatlah vital terhadap sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator supaya tidak kekurangan air, yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheat, maka jangan mengabaikan juga komponen ini.

6. Mengecek Wiper Blade

Wiper atau penghalau hujan pada mobil butuh pengecekan yang rutin melihat fungsinya yang sangat penting untuk membersihkan kaca mobil dari segala kotoran yang menempel suoaya pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jernih dan tidak terganggu.

7. Shock Absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terlebih lagi di jalanan yang tidak bisa diduga pada perjalanan mudik. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan supaya pengendara selalu merasa aman dan terhindar dari bahaya.

Baca Juga : Begini Trik Mengemudi di Jalan Tanjakan

8. Minyak Rem & Minyak Kopling

Jangan sampai lupa mengecek Rem juga karena Rem merupakan hal yang vital selama berkendara, maka sangat penting dilakukan pengecekan terutama pada minyak rem, kondisi minyak rem yang kotor bisa menurunkan fungsi kerja rem. Selain itu, minyak kopling pun juga harus di cek karena apabila minyak kopling bocor maka mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi pada mobil Sobat.



9. Filter Oli dan AC

Filter oli ini berguna untuk menyaring kotoran pada oli ini tidak boleh terlewatkan juga, filter Oli harus di cek agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan juga menjaga mesin tetap terawat. Bukan hanya itu saja, filter AC juga tidak kalah penting untuk diperiksa agar dapat menyaring udara yang kotor yang bisa menimbulkan penyakit dalam jangka panjang.

10. Sistem Penerangan

Mengecek kondisi lampu mobil juga wajib dilakukan apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat biasa saja namun lampu utama ataupun lampu sein memiliki peran penting di perjalanan mudik Sobat. Maka dari itu periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

Sekian info dari saya dengan judul "10 Komponen Mobil yang Wajib di Cek Sebelum Mudik Lebaran" Semoga bermanfaat. Support blog ini dengan cara Komentar dan Share ke media sosial dengan cara klik tombol icon Facebook, Google Plus dll.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.a-dhea.com/2018/11/10-komponen-mobil-yang-wajib-di-cek.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+adheaputra+(adheaputra)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Yang Wajib Anda Dapatkan Saat Kredit Mobil Baru

Ini Yang Wajib Anda Dapatkan Saat Kredit Mobil Baru

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 215 hits
Pengajuan Kredit Mobil Baru merupakan salah satu alternatif lain yang bisa Sobat lakukan jika sobat saat ini ingin memiliki mobil namun belum sanggup membeli Mobil Baru dengan cara Cash Tunai Banyak Perusahaan Leasing yang menawarkan progra...
Pt Jasa Marga Targetkan Proyek Tol Layang Cikampek Rampung Sebelum Lebaran 2019

Pt Jasa Marga Targetkan Proyek Tol Layang Cikampek Rampung Sebelum Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 21/11/2018 - jumlah : 192 hits
Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani menyatakan akan mempercepat proses pengerjaan proyek pembangunan tol layang atau elevated Dirinya menargetkan proyek tersebut akan segera rampung sebelum Lebaran Idul Fitri 2019 mendatang
Dprd Dki Pertanyakan Ketegasan Anies Terapkan Perda Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi

Dprd Dki Pertanyakan Ketegasan Anies Terapkan Perda Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi

papar berkaitan - pada 23/11/2018 - jumlah : 222 hits
DPRD DKI mempertanyakan ketegasan Pemprov DKI menegakkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi Dalam Perda tersebut tercantum kewajiban pemilik mobil harus memiliki garasi
Semua Pendatang Dari China India Dan Lain Lain Wajib Dikuarantin Sebelum Masuk Ke Tanah Melayu

Semua Pendatang Dari China India Dan Lain Lain Wajib Dikuarantin Sebelum Masuk Ke Tanah Melayu

papar berkaitan - pada 16/11/2018 - jumlah : 1477 hits
Sebelum tahun 1906 semua imigran dari India dan negara negara lain yang ingin ke utara Malaya wajib diproses di Q camps di Pulau Jerejak Pulau Pinang manakala mereka yang ingin ke Selangor Negeri Sembilan Melaka Johor dan Pahang diproses di...
Gerbang Tol Cikarang Utama Bakal Dipindah Ke Cikampek Sebelum Lebaran 2019

Gerbang Tol Cikarang Utama Bakal Dipindah Ke Cikampek Sebelum Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 30/11/2018 - jumlah : 238 hits
Direktur Operasi II PT Jasa Marga Tbk Subakti Syukur menyatakan posisi Gerbang Tol Cikarang Utama di Jalan Tol Jakarta Cikampek sebagai pintu masuk menuju Jakarta nantinya akan digeser ke arah Cikampek sebelum memasuki masa Lebaran Idul Fit...
Waspada Inilah 5 Komponen Mobil Yang Mudah Hilang Atau Dicuri Orang

Waspada Inilah 5 Komponen Mobil Yang Mudah Hilang Atau Dicuri Orang

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 292 hits
Bagi anda yg mempunyai mobil anda harus lebih waspada karena jika anda lengah maka bisa jadi bagian komponen mobil anda hilang atau dicuri orang Untuk itu kita wajib tau apa saja sih komponen komponen pada mobil yang mudah hilang mudah dicu...
Tips Aman Penanganan Burung Kicau Selama Ditinggal Mudik Lebaran

Tips Aman Penanganan Burung Kicau Selama Ditinggal Mudik Lebaran

papar berkaitan - pada 20/11/2018 - jumlah : 257 hits
Selamat siang sobat kicaumania masih semangat memelihara burung kicau sebentar lagi akan tiba hari H hari lebaran dan tentu akan ada libur lebaran yang cukup lama Bagi sobat kicaumania yang akan mudik lebaran tentu berfisik keras bagaimana ...
Patuhi Arahan Bnm Sebelum Dagang Kripto

Patuhi Arahan Bnm Sebelum Dagang Kripto

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 165 hits
KUALA LUMPUR Pihak yang mahu terbabit secara serius dalam perdagangan matawang maya atau kripto perlu merujuk kepada arahan dan peraturan ditetapkan Bank Negara Malaysia Menteri Kewangan Lim Guan Eng berkata ia bagi memastikan pihak terbabi...
Foto Serang One City Usj Ada Individu Berucap Sebelum Rusuhan

Foto Serang One City Usj Ada Individu Berucap Sebelum Rusuhan

papar berkaitan - pada 27/11/2018 - jumlah : 909 hits
Serangan ke atas bangunan milik pemaju One City Development Sdn Bhd dan kecederaan dialami seorang anggota Bomba semalam dipercayai tercetus selepas ucapan oleh beberapa individu di dalam kuil Presiden MIC Tan Sri S A Vigneswaran berkata pi...
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden

Dap S Dilemma Red Lines And Kuala Kubu Baharu

Plaza Premium Group Expands Flight Club Dining Brand At Kuala Lumpur International Airport Terminal 1

Ustadz Yang Membodoh Bodohi Jemaahnya Kata Frans Donal Di Bali By Dr H

Catat Nekad Berhaji Tanpa Visa Haji Bisa Dideportasi Dari Arab Saudi



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Splash Out Langkawi Awarded Gold Rating By Malaysia Tourism Quality Assurance

Top Instagram Influencers In Malaysia In 2024

Oh Yeah Banana Leaf Brickfields Outlet Ke3 Wajib Korang Singgah

Cyber Eco Hunt 2023 Aktiviti Tahunan Yang Wajar Diadakan Setiap Tahun Oleh Alam Flora Sdn Bhd

5 Tempat Makan Best Di Baling Wajib Singgah Qtt X Kembarojak Fam Trip

Pengalaman Menaiki Ktm Ets Pertama Kali