Wpna Wilayah Ii Saireri Gelar Sosialisasi Agenda Ulmwp Dan Dukung Pertemuan Pif


SONAMAPPA- Dalam rangka memperingati salah satu hari perjanjian internasional yang menjadi bencana bagi orang Papua, yakni perjanjian New York 1962. Yang dibuat oleh Belanda, Amerikda dan Indonesia, terkait wilayah Papua (dulu Irian Barat) yang dilakukan tanpa melibatkan atau pun berkonsultasi dengan satu pun orang Papua.

Juga sekaligus dalam rangka mendukung pertemuan para pemimpin negara-negara di kawasan Pasifik atau pertemuan para pemimpin Pasifik Island Forum (PIF) atau Forum Kepulauan Pasfik yang telah berlangsung di Funafuti-Tuvalu, pada (13-16 Agustus 2109).

Maka dalam rangka itu, West Papua National Authority (WPNA), wilayah II Saireri, Residen Kepulauan Yapen, menggelar sosialisasi terkait perjanjian New York 1962 dan sosialisasi agenda United Liberation Movement for West Papua (ULMWP di Pasir Hitam-Kelurahan Tarau-Kabupaten Kepulauan Yapen (15 Agustus 2019).

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh ketua-ketua basis gerakan WPNA di Yapen dan juga masing-masing koordinator Solidaritas Perempuan Melanesia Papua Barat (SPrMPB). Kepala Residen Kabupaten Kepulauan Yapen, Yanpiet Manyambo. Menghimbau kepada ketua-ketua basis gerakan WPNA dan juga masing-masing koordinator SPrMPB di residennya untuk melakukan sosialisasi sejarah kepada anggota-anggotanya terkait sejarah perjuangan Papua merdeka yang didalamnya, salah-satunya adalah perjanjiannya New York yang dilakukan oleh Belanda, Amerika dan Indonesia tanpa melibatkan satu pun orang Papua. sehingga dianggap cacat hukum dan moral.

“Hari ini, 15 Agustus 2019. Kitong memperingati 57 tahun perjanjian New York. Perjanjian yang cacat hukum dan moral. Tapi juga perjanjian yang membawa orang Papua kedalam jurang malapataka dan duka pelanggaran HAM siang dan malam paska Papua dipaksakan bergabung dengan Indonesia, pada 1 Mei 1963.” Kata Manyambo dalam sosialisasinya.

Kepala residen Yapen yang pernah dihukum 3 tahun penjara, di lembaga pemasyarakatan Kepulauan Yapen dengan tuduhan pasal makar. Dalam sosialisasi tersebut, juga menghimbau agar para pemimpin sektor gerakan WPNA di Yapen untuk melanjutkan apa yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut kepada basis gerakan masing-masing.

“Apa yang tuan-tuan dan puan-puan dengar disosialisasi ini. Saya harapkan untuk disampaikan juga kepada masyarakat dibasis masing-masing. Agar masayarakat tidak dapat mengetahui sejarah Perjanjian New York 15 Agustus 1962. Dan tidak terlibat dalam agenda Kolonial Indonesia. Seperti perayaan 17 Agustus.” Himbu Manyambo.

Sementara itu, Patrik Rumsumbre, Wakil Gubernur WPNA yang juga menjabat sebagai wakil Gubernur Negara Federal Republik Papua Barat (NFRPB) Wilayah II Saireri. Dalam sosialisasi itu, lebih banyak menyampaikan terkait kerja-kerja ULMWP dan agenda ULMWP dalam mengadiri pertemuan PIF.

Beberapa hal yang dikatakan oleh Runsumbre, salah satunya adalah; pada pertemuan PIF kali ini. ULMWP diperlakukan layaknya negara merdeka resmi. Walau kehadiran ULMWP di Forum PIF melalui Vanuatu.

Tapi Indonesia tidak bisa mencega ULMWP seperti yang sempat ramai diberitakan dimedia bahwa delegasi ULMWP, yakni Benny Wenda selaku ketua eksekutiv ULMWP dan Jacob Rumbiak selaku Juru Bicara ULMWP dicega oleh Indonesia untuk tidak boleh menghadiri pertemuan di forum PIF, melalui Australia.

Namun Tuhan berkehendak lain, hal itu tidak bisa terjadi karena ULMWP adalah delegasi resmi untuk menghadiri pertemuan para pemimpin PIF guna mensosialisasikan masalah pelanggaran HAM dan Hak penentuan nasib sendiri orang Papua dihadapan para pemimpin negara-negara di kawasan Pasifik.

“Hari ini, kitong punya 2 orang pemimpin ada ikut pertemuan para pemimpin negara-negara Pasifik. Dong 2 ikut sebagai delegasi resmi dari vanuatu. Indonesia lewat Australia sempat mau cega kitong punya 2 orang pemimpin itu, agar tidak ikut pertemuan di Tuvalu. Tapi tidak bisa karena dong 2 adalah delegasi resmi” bilang Rumsumbre yang disambut tepuk tangan yang meria.

“Disana dong dua akan bicara masalah pelanggaran HAM di Papua. dan juga akan bicara soal kitong punya perjuangan untuk merdeka dan berdaulat sendiri dari Indonesia”. lanjut Ronsumbre, yang disambut teriakan Papua merdeka oleh seorang pemuda yang ikut hadir dalam sosialisasi.

Pada akhir sosialisasi dimanfaatkan untuk melakukan foto bersama. Dalam sesi foto bersama, disiapkan 4 buah panflet yang bertuliskan:

1. WEST PAPUA FOR PIF
2. SELF DETERMINATION FOR WEST PAPUA
3. LETS VOTE FOR WEST PAPUA UNGA 2019
4. NEW YORK AGREEMENT 15 AGUSTUS 1962 ILEGAL. (rw)

Sumber: Fb SONAMAPPA










Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/08/wpna-wilayah-ii-saireri-gelar.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Gubernur Negara Bagian Saireri Dukung Penuh Delegasi Ulmwp Dan Vanuatu

Gubernur Negara Bagian Saireri Dukung Penuh Delegasi Ulmwp Dan Vanuatu

papar berkaitan - pada 15/8/2019 - jumlah : 259 hits
Gubernur NFRPB SAIRERI Edison Kendi bersama Rakyat Mendukung Penuh Delegasi West Papua dan Vanuatu pada Sidang Pasifik Island Forum tgl 13 16 Agustus 2019 di Tuvalu Dan kami meminta agar Pemimpin Pemimpin PIF dapat mengakomodir Tuntutan Rak...
Tingkatkan Kualitas Sdm Mendes Eko Gelar Sosialisasi Kepmen Nomor 78 Tahun 2019

Tingkatkan Kualitas Sdm Mendes Eko Gelar Sosialisasi Kepmen Nomor 78 Tahun 2019

papar berkaitan - pada 15/8/2019 - jumlah : 194 hits
Mendes Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa hal terpenting dalam mengelola organisasi adalah meningkatkan kualitas SDM karena perlunya eksekutor yang baik untuk merealisasikan ide ide
Pdip Undang Parpol Koalisi Ke Kongres Bali Akan Gelar Pertemuan Khusus

Pdip Undang Parpol Koalisi Ke Kongres Bali Akan Gelar Pertemuan Khusus

papar berkaitan - pada 8/8/2019 - jumlah : 174 hits
Pimpinan partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo diundang dalam pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Bali 8 Agustus 2019 Di sela Kongres V akan ada forum silaturahmi ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja
Indonesia Gelar Pertemuan Bahas Teknologi Data Kelautan Selat Malaka Dan Singapura

Indonesia Gelar Pertemuan Bahas Teknologi Data Kelautan Selat Malaka Dan Singapura

papar berkaitan - pada 22/8/2019 - jumlah : 155 hits
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar pertemuan Marine Electronic Highway Working Group Intersessional Pertemuan ini dihadiri oleh tiga negara pantai serta perwakilan dari Malacca Straits Council
Pengusaha Lebih Dukung Pemberian Insentif Dibanding Tax Amnesty

Pengusaha Lebih Dukung Pemberian Insentif Dibanding Tax Amnesty

papar berkaitan - pada 15/8/2019 - jumlah : 154 hits
Ketua Komite Perpajakan Asosiasi Pengusaha Indonesia Siddhi Widyapratama meminta pemerintah untuk tidak menjalankan program pengampunan pajak jilid II Sebab bagi dia ada yang lebih penting dari itu yakni pemberian insentif kemudahan dalam m...
Contohkan Sby Kader Golkar Dukung Airlangga Rangkap Jabatan Jika Dipilih Menteri

Contohkan Sby Kader Golkar Dukung Airlangga Rangkap Jabatan Jika Dipilih Menteri

papar berkaitan - pada 20/8/2019 - jumlah : 125 hits
Justru aneh kalau ada pandangan ketua umum partai tidak boleh merangkap sebagai menteri ujarnya
Belum Diajak Gabung Koalisi Pan Tetap Dukung Program Jokowi

Belum Diajak Gabung Koalisi Pan Tetap Dukung Program Jokowi

papar berkaitan - pada 22/8/2019 - jumlah : 121 hits
Belum Diajak Gabung Koalisi PAN Tetap Dukung Program Jokowi Yandri menyebut mendukung bukan berarti bergabung dalam koalisi Sampai saat ini dia tegaskan belum ada yang mengajak Bicara soal menteri pun PAN sadar diri sebagai pihak yang kalah
Dukung Karya Anak Bangsa Bri Luncurkan Brizzi Edisi Gundala

Dukung Karya Anak Bangsa Bri Luncurkan Brizzi Edisi Gundala

papar berkaitan - pada 19/8/2019 - jumlah : 172 hits
Terdapat 3 desain BRIZZI Gundala yang diluncurkan oleh Bank BRI dan masyarakat dapat membeli kartu BRIZZI desain Gundala di BRI Official Store di Tokopedia dan Shopee serta Unit Kerja BRI hingga jaringan XXI tertentu
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Utilizing Crowdfunding For Business

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Reaching Out

Berebut Kasih



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Chinese Forces Apple To Remove Whatsapp Application And Threads In App Store

10 Tempat Sarapan Terbaik Di Selangor

Office Rental Near Kl Sentral Station Advantages For Business Connectivity

Gaji 2005 Yuran Pengalaman 2016

The Cultural Impact Of Online Casino Gaming On Filipino Society

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut