Wanita Haid Bolehkah Hadir Kajian Di Masjid


Wanita Haid Ikut Kajian di Masjid? Assalamualaikum… mau tanya, temen aq kan lg menstruasi.. Klo ngaji ke masjid boleh ngga……..??!
Dari : Bu Tugirah, di Bantul.
Jawaban :
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillah walhamdulillah was sholaatu wassalam’ala Rasulillah, waba’du.
Wanita haid, dalam Islam ada hukum khusus yang berlaku pada mereka. Seperti tidak boleh sholat, tidak boleh puasa dan tidak boleh disetubuhi melalui faraj (kemaluan). Tiga hal ini, para ulama sepakat berlaku pada wanita yang haid.
Ada satu masalah yang diperbincangkan oleh para ulama. Apakah termasuk yang berlaku pada wanita haid. Yaitu, hukum masuk masjid bagi wanita haid, boleh atau tidak?
Mayoritas ulama berpendapat terlarang.
Dalil utamanya adalah firman Allah ta’ala,
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَقۡرَبُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنتُمۡ سُكَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَعۡلَمُواْ مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغۡتَسِلُواْۚ
Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati shalat ketika kamu dalam keadaan mabuk, sampai kamudan sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). (QS. An-Nisa’ : 43)
Mereka menqiyaskan haid dengan junub.
Dan hadis,
إني لا أحل المسجد لحائض ولا جنب
“Saya tidak menghalalkan (melarang keras) orang yang haidh dan junub (masuk/berdiam) dalam masjid”. (HR. Abu Dawud & Ibnu Majah)
Sebagian ulama, seperti Imam Ahmad (dalam salah satu riwayat dari beliau), Al Muzani, Abu Dawud dan Ibnu Hazm -rahimahumullah- berpandangan, wanita haid boleh berdiam di masjid.
Karena tidak adanya dalil shahih yang melarang wanita haid masuk masjid.
Pendapat yang Kuat?
Dari dua pendapat di atas, kami lebih condong kepada pendapat kedua yang membolehkan wanita haid berdiam di masjid.
Diantara ulama kontemporer yang menguatkan pendapat ini adalah, Syekh Albani –rahimahullah-. (Lihat : Tamamul Minnah, halaman 119)
Alasannya adalah sebagai berikut :
Pertama, tidak adanya dalil yang melarang wanita haid berdiam di masjid.
Adapun ayat 43 surat An-Nisa di atas, tidak sedikitpun menyinggung wanita haid. Hanya menyinggung orang yang junub. Dan tidak benar mengqiyaskan haid kepada junub. Karena kaidah mengatakan,
لا قياس في العبادة
“Tidak ada qiyas dalam masalah ibadah.”
Disamping itu, haid dan junub adalah dua hal yang berbeda, sehingga tidak bisa diqiyaskan. Diantara perbedaan yang mendasar adalah : wanita haid tidak diperintahkan sholat, sementara orang junub tetap diperintahkan sholat. Haid membatalkan puasa dan junub tidak semuanya membatalkan puasa, contohnya seperti mimpi basah.
Demikian pula hadis di atas,
إني لا أحل المسجد لحائض ولا جنب
“Saya tidak menghalalkan (melarang keras) orang yang haidh dan junub (masuk/berdiam) dalam masjid”. (HR. Abu Dawud & Ibnu Majah)
Dinilai do’if (lemah) oleh para ulama hadis. Karena diantara rowinya terdapat “Aflat bin Kholifah.” yang dinilai bermasalah oleh banyak ulama hadis.
Diantaranya dinyatakan Imam Baghowi –rahimahumullah-,
وجَوَّزَ أحمد والمزني المكث فيه وضعّف أحمد الحديث لأن راويه وهو أفلت بن خليفة مجهول
Ahmad dan Al Muzani berpendapat wanita haid boleh berdiam di masjid. Dan Ahmad menilai hadis yang dijadikan argumen dalam hal ini (yakni hadis riwayat Abu Dawud & Ibnu Majah di atas) statusnya dho’if. Karena diantara perawinya ada yang bernama Aflat bin Kholifah, dia ini orang yang majhul (tidak dikenal kapabilitasnya dalam meriwayatkan hadis). (Lihat : Syarhus Sunnah 2/46)
Pakar hadis kontemporer uang menilai dho’if adalah, Syeikh Albani –rahimahullah– dalam buku beliau “Tamamul Minnah” (halaman 118-119).
Kalau saja hadis ini shahih, tentu menjadi dalil tegas larangan wanita haid masuk masjid. Sehingga tidak perlu ada perbedaan pendapat. Namun kenyataannya hadis ini do’if, tidak bisa dijadikan dalil.
Kedua, kaidah ushul fiqih yang berbunyi,
البراءة الأصلية
“Pada asalnya seseorang terlepas daripada pembebanan dan kewajiban syari’at’.”
Mengingat ayat dan hadis di atas tidak bisa dijadikan dalil melarang wanita haid berdiam di masjid, maka yang tepat dalam hal ini, kita berpegang pada hukum asal seorang tidak terbebani syariat, sampai ada dalil yang menerangkan.
Syekh Ali Muhammad Farkhus (Ulama Aljazair) menjelaskan,
فلم يَرِدْ دليلٌ ثابتٌ صريحٌ يمنع الحائضَ مِنْ دخول المسجد، والأصلُ عدَمُ المنع
“Tidak ada dalil shahih dan tegas yang melarang wanita haid masuk masjid. Dan hukum asal seorang hamba itu tidak dibebani larangan.” (https://ferkous.com/home/?q=fatwa-35)
Ketiga, bolehnya orang kafir atau musyrik masuk masjid.
Para ulama menjelaskan bahwa orang-orang kafir boleh masuk masjid selain Masjidil Haram. Karena Allah berfirman,
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِنَّمَا ٱلۡمُشۡرِكُونَ نَجَسٞ فَلَا يَقۡرَبُواْ ٱلۡمَسۡجِدَ ٱلۡحَرَامَ بَعۡدَ عَامِهِمۡ هَٰذَاۚ
Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis (kotor jiwa), karena itu janganlah mereka mendekati Masjidilharam setelah tahun ini. (QS. At-Taubah : 28)
Dahulu Nabi pernah mengumpulkan para ramu kaum Nasrani dari Najran di masjid. Untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada mereka. (Lihat kisah ini di : Zadul Ma’ad, Ibnul Qayyim 3/549)
Jika orang kafir saja boleh masuk masjid, padahal bisa dipastikan ada najis di badan mereka, diantaranya haid, karena memang mereka tidak perduli dengan kesucian badan, tentu wanita muslimah yang haid, yang sudah tentu menjaga diri dari najis, lebih boleh untuk masuk masjid.
Keempat, keumuman sabda Rasulullah ﷺ,
المسلم لا ينجس
Muslim itu tidaklah najis. (HR. Bukhori dan Muslim)
Kelima, hadis dari Ibunda Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Nabi pernah berpesan kepada beliau saat beliau menunaikan haji dalam kondisi haid,
إِنَّ ذَلِكِ شَيْءٌ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ، فَافْعَلِي مَا يَفْعَلُ الحَاجُّ، غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِي
Sesungguhnya haid adalah perkara yang telah Allah tetapkan untuk putri Adam. Lakukan seperti yang dilakukan jamaah haji, hanya saja kamu tidak boleh towaf di Ka’bah sampai kamu suci. (HR. Bukhari 294 dan Muslim 1211)
Rasulullah tidak melarang Ibunda Aisyah untuk masuk Masjidil Haram. Yang beliau larang hanya towaf mengelilingi Ka’bah, karena memang towaf adalah sholat, hanya saja dibolehkan berbicara. Dan wanita haid, memang tidak boleh melakukan sholat.
Sebagaimana diterangkan oleh Syekh Ali Muhammad Farkhus –hafidzohullah-,
ولم يمنَعْها النَّبيُّ صلَّى الله عليه وسلَّم مِنَ الدخول إلى المسجد للمُكْث فيه، وإنَّما نَهَاها عن الطواف بالبيت لأنَّ الطوافَ بالبيت صلاةٌ
Nabi shalallahu alaihi wa sallam tidak melarang beliau masuk masjid untuk berdiam di dalam masjid. Nabi hanya melarang beliau melakukan towaf. Karena towaf mengelilingi Ka’bah adalah sholat. (https://ferkous.com/home/?q=fatwa-35)
Keenam, kisah seorang wanita yang tinggal di sebuah bilik dalam masjid Nabawi.
Kisah ini diceritakan oleh Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha,
أن وليدة كانت سوداء لحي من العرب فأعتقوها فكانت معهم … قالت عائشة فكان لها خباء في المسجد أو حفش قالت: فكانت تأتيني فتحدث عني …
Ada seorang budak wanita berkulit hitam milik suatu kampung, lalu mereka bebaskan. Kemudian wanita itu tinggal bersama kabilah yang menempati kampung tersebut…
Sejak itu,” lanjut Ibunda Aisyah…. “dia mendapat tempat tinggal berupa sebuah bilik di dalam masjid. Beliau biasa mendatangiku dan mengobrol denganku… (HR. Bukhori).
Nabi tidak melarang wanita itu tinggal di dalam masjid, padahal sudah pasti mengalami haid. Inilah dalil paling kuat bahwa wanita haid boleh masuk masjid.
Kesimpulan ini seperti yang disimpulkan oleh Imam Bukhori –rahimahullah-, dimana beliau menuliskan sebuah judul dalam kitab Shohih beliau,
باب نوم المرأة في المسجد
Bab : Bolehnya Wanita Tidur di Dalam Masjid
Kemudian beliau menuliskan hadis di atas.
Kesimpulannya, wanita haid boleh masuk masjid, boleh menghadiri pengajian di dalam masjid, karena berdasar alasan-alasan di atas.
Demikian, wallahua’lam bis showab.
****
Dijawab oleh Ustadz Ahmad Anshori (Alumni UIM dan Pengasuh PP. Hamalatul Quran, DIY)
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK KONFIRMASI DONASI hubungi: 087-738-394-989

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://konsultasisyariah.com/34408-wanita-haid-bolehkah-hadir-kajian-di-masjid.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hukum Berkenaan Perempuan Memasuki Masjid Ketika Haid

Hukum Berkenaan Perempuan Memasuki Masjid Ketika Haid

papar berkaitan - pada 18/2/2019 - jumlah : 431 hits
Koleksi Soal Jawab AgamaHukum Berkenaan Perempuan Memasuki Masjid Ketika HaidCredit pic Hukum Berkenaan Perempuan Memasuki Masjid Ketika HaidSoalan Saya ada kemusykilan tentang hukum waniyta yang sedang haid memasuki masjid untuk tujuan law...
Deklarasi Muslim Kemayoran Bersatu Prabowo Batal Hadir

Deklarasi Muslim Kemayoran Bersatu Prabowo Batal Hadir

papar berkaitan - pada 3/3/2019 - jumlah : 181 hits
Ribuan massa sudah berkumpul di Bunderan Masjid Akbar Kemayoran Jakarta Pusat sejak pagi tadi Mereka menghadiri acara senam dan deklarasi pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno
India Jadi Tamu Kehormatan Sidang Oki Menlu Pakistan Pilih Tak Hadir

India Jadi Tamu Kehormatan Sidang Oki Menlu Pakistan Pilih Tak Hadir

papar berkaitan - pada 3/3/2019 - jumlah : 155 hits
Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj menjadi tamu kehormatan dalam sidang tingkat menteri Organisasi Kerjasama Islam di Abu Dhabi pada Jumat 2 Maret 2019
Saksikan Trailer Terbaru Detective Pikachu Yang Hadir Dengan Pelbagai Watak Pokemon Lain

Saksikan Trailer Terbaru Detective Pikachu Yang Hadir Dengan Pelbagai Watak Pokemon Lain

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 321 hits
Nampaknya trailer terbaru filem Detective Pikachu telah membuatkan ramai peminat Pikachu semakin tidak sabar untuk menontonnya di pawagam pada 10 Mei nanti Pada Trailer kali ini kita boleh melihat lebih banyak pokemon pokemon lain yang turu...
Video Sayu Apabila Si Ayah Hadir Mengambil Skrol Menggantikan Arwah Anaknya

Video Sayu Apabila Si Ayah Hadir Mengambil Skrol Menggantikan Arwah Anaknya

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 292 hits
Setelah berhempas pulas menyambung pelajaran sehingga ke peringkat universiti pastinya hari konvokesyen paling ditunggu tunggu oleh semua penuntut Penat lelah seakan terbayar apabila berjaya menggenggam segulung ijazah Ibu bapa antara insan...
Jokowi Dijadwalkan Hadir Di Hut Ke 100 Damkar Di Pekanbaru

Jokowi Dijadwalkan Hadir Di Hut Ke 100 Damkar Di Pekanbaru

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 173 hits
Presiden akan jadi inspektur upacara sementara itu yang bertindak sebagai komandan adalah saya sendiri kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pekanbaru Burhan Gurning
Vivo Iqoo Hadir Dengan Snapdragon 855 12gb Ram Dan Bateri 4000mah Yang Boleh Dicas Penuh Dalam 45 Minit

Vivo Iqoo Hadir Dengan Snapdragon 855 12gb Ram Dan Bateri 4000mah Yang Boleh Dicas Penuh Dalam 45 Minit

papar berkaitan - pada 2/3/2019 - jumlah : 227 hits
Vivo hari ini telah pun secara rasminya memperkenalkan sub jenama mereka yang terbaru iaitu iQoo Melaluinya ia dilihat peranti keluarannya akan memfokuskan kepada penawaran permua sekaligus menyertakan spesifikasi yang tinggi bersama sama d...
Pandang Pertama Wiko View3 Wiko View3 Pro Hadir Dengan Tri Kamera Bateri 4000 Mah

Pandang Pertama Wiko View3 Wiko View3 Pro Hadir Dengan Tri Kamera Bateri 4000 Mah

papar berkaitan - pada 4/3/2019 - jumlah : 275 hits
Wiko boleh dikatakan agak popular dalam penghasilan peranti kelas pertengahan Mereka sebelum ini telah hadir dengan beberapa model yang menarik seperti Wiko View2 Plus yang menampilkan sokongan dwi kamera dan bateri 4000 mAh pada harga RM55...
Setiap Samsung Galaxy S10 Dan S10 Akan Hadir Dengan Pelindung Skrin Terpasang

Setiap Samsung Galaxy S10 Dan S10 Akan Hadir Dengan Pelindung Skrin Terpasang

papar berkaitan - pada 1/3/2019 - jumlah : 230 hits
Tahukah anda yang pengimbas cap jari bawah skrin ultrasonik adalah antara sensor yang terpantas Tetapi apabila ada lapisan tambahan antara jari dan skrin seperti pelindung skrin sensor ini tidak akan berfungsi dengan baik Jadi bagaimana pen...
Nicol David Wanita Asia Pertama Digelar Ratu Skuasy Dunia

E Jamin Judiciary Bar Agree On Proposal To Reinstate Similar E Bail System

Video Suspek Serang Balai Polis Ulu Tiram Maut Ditembak

Adakah Batuk Membatalkan Solat Ust Azhar Idrus

Kelebihan Berpuasa Hari Putih

Buasir Otak Tv Hadiah Hari Guru Ikut Kerja Bapa Be Like

Ppim Sedia Bantu Cari Penyelesaian Harian Metro 17 05 2024

More Than 20 Ji Members In Johor Igp



Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia


Lebih Gempar Dua Ditahan Cuba Masuk Istana Negara Bawa Parang Dalam Kereta

Apa Aku Buat Sekarang Ni

Pas Showing It Should Lead Pn Says Analyst

Article 153 Of The Federal Constitution Does Not Bar Opening Uitm To Non Bumiputera

Infinix Gt 20 Pro Antara Golongan Pertama Telefon Pintar Di Seluruh Dunia Yang Menyokong Pubg Mobile Dalam 120fps

Govt To Continue Using E Jamin Bail System