Ustadz Abdul Somad Sepakat Haramkan Catur Ini Menurut Pendapat Ulama Fiqih


Dalam video ceramahnya, Ustadz Abdul Somad mengikuti pendapat ulama (Imam Abu Hanifah) yang mengharamkan permainan catur.
Memang jika kita menelusuri hukum permainan catur dalam teks-teks fikih, hukum yang kita dapati umumnya menyamakan hukum catur dengan hukum bermain dadu.
Namun, dalam kitab Syafi’iyyah seperti al-Majmu’ karya Imam al-Nawawi, kita tidak mendapati bahasan khusus mengenai catur.
Pembahasan mengenai catur dihubungkan dengan bagaimana hukum jual beli catur, serta apakah seorang pemain catur dapat diterima persaksiannya (al-Majmu’ Syarh al-Muhazzab: 20/228-230).
Pembahasan ini menunjukkan fakta penting, bahwa para ulama fikih tidak menghukumi sebuah jenis barang tertentu jika tidak ada nash yang jelas, tapi yang ditinjau adalah apa manfaat dan kegunaannya bagi umat muslim.
Namun, jika dilihat dari sudut pandang dalil yang digunakan, banyak dari para ulama yang menyatakan kalau tidak ada dalil yang tegas mengharamkannya.
Al-Munziri, seperti yang dikutip al-Bushiri dalam Ithaf al-Khirah al-Mahirrah menyatakan bahwa riwayat-riwayat yang menyatakan keharaman catur tidak ada yang sahih.
Bahkan, lanjutnya bahwa hukum bermain catur bisa haram ketika dalam pelaksanaannya dicampuradukkan dengan kata-kata kotor, atau ada usur perjudian, atau melupakan waktu shalat, dan hal-hal munkar lainnya.
Pendapat yang sama juga digunakan Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’.
Sa’id bin Jubair, seorang Tabi’in adalah diantara tabi’in yang membolehkan permainan catur. Ada sebuah riwayat yang menyebutkan kalau cara ia bermain catur adalah dengan membalikkan tubuhnya (Kana Sa’id ibn Jubair yal’abu al-syathranj istidbaaran).
Dari sini, al-Baihaqi dalam Sunan al-Kubra memasukkannya riwayat ini kedalam “bab perbedaan pendapat tentang permainan catur” (Bab al-Ikhtilaaf fi al-Shatranj).
Di awal bab misalnya, al-Baihaqi – yang bermazhab Syafi’i dan tidak mengharamkan catur, hanya makruh saja – mengutip sebuah hadis dari al-Ma’qil al-Baahili tentang seseorang yang bertanya apa pendapat al-Hasan bin ‘Ali (cucu Rasulullah Saw.) tentang catur.
Imam al-Hasan Ra. Menyatakan kalau catur tidak dilarang (laa yaraa bihaa ba’san), berbeda dengan dadu (nardashir) yang dihukum haram. (al-Baihaqi: 10/357).
Sementara yang mengharamkan, ada yang menyatakan bahwa catur adalah permainan orang-orang asing (lu’batu al-a’aajim).
Riwayat lain menyebutkan bahwa permainan catur sama dengan permain-permainan setan. Tapi yang jelas, para ulama tidak bersepakat tentang status keharaman catur.
Dalam diskusi tentang haram tidaknya permainan catur, al-Subki dalam fatwanya mendapatnya pertanyaan soal bagaimana hukumnya ketika seorang bermazhab Syafi’i bermain catur dengan orang yang bermazhab Hanafi (mazhabnya mengharamkan permainan catur), apakah ini sama saja dengan menolong orang lain dalam kemaksiatan ketika membuka perdagangan di saat umat Islam sudah bersiap berangkat ke masjid?
Jawaban Al-Subki, tentu tidak sama. Karena Dalam jual beli disaat shalat Jum’at, perkara ini diharapkan oleh kesemu mazhab.
Sementara permainan catur antara orang bermazhab Hanafi dan Syafi’I, hanya satu pihak yang mengharamkan, yaitu Hanafi. Itu pun bagian dari ijtihadnya, sehingga boleh jadi keliru. (Taqiyyu al-Din al-Subki: 5/133)
Masih menurut Hamza Yusuf, sperti yang diucapkan oleh ulama pakar ushul fikih bahwa pengharaman permainan catur yang dilakukan oleh para ulama terdahulu banyak menggunakan dalil Qiyas (Analogi).
Masalahnya, catur (arab: al-shatranj) tidak pernah disebutkan secara spesifik dalam hadis, apalagi Quran. Bahkan, riwayat-riwayat yang ada cenderung lemah bahkan palsu.
Sementara, penggunaan qiyas catur dengan beberapa permainan lain seperti dadu ala Persia (nardashir) masih diperdebatkan sehingga ada yang berpendapat kalau penggunaan analogi ini tidak sah terhadap catur.
Catur, bagi yang membolehkan dianggap sebagai sarana berlatih meningkatkan kecerdasan, mengatur strategi, dan bisa jadi malah bisa dianalogikan kedalam aktivitas yang disukai Nabi Saw., seperti memanah, berenang, dan berkuda.
Akhiran, menarik untuk mengangkat riwayat al-Baihaqi bahwa untuk menilai apakah catur itu termasuk perjudian (arab: maysir) atau tidak, dengan riwayat yang dimasukkan kedalam bab Man kariha kulla maa la’iba al-naasu min al-hazzah (Mereka yang memakruhkan Permainan di waktu senggang).
Banyak riwayat yang dikutip bahwa maysir – pada esensinya – adalah apapun yang melalainkan dari mengingat Allah Swt. dan beribadah (kullu maa alhaa al-naas ‘ani al-shalaati wa ‘an dzikrillaahi fahuwa maysir).
Artinya, hadis ini bisa dijadikan kaidah untuk mencela apapun yang membuat waktu kita terbuang sia-sia.
Di akhir kesimpulan paper-nya, Hamza Yusuf menyatakan bahwa kita yang sibuk dengan internet dan media sosial, berkemungkinan masuk kedalam bab ini.
Wallahu A’lam.
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ustadz-abdul-somad-sepakat-haramkan-catur-ini-menurut-pendapat-ulama-fiqih/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Penyebab Ustadz Abdul Somad Tolak Minum Air Sajian Dari Kpk

Ini Penyebab Ustadz Abdul Somad Tolak Minum Air Sajian Dari Kpk

papar berkaitan - pada 22/11/2019 - jumlah : 223 hits
Penceramah kondang Ustadz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS mendatangi gedung KPK untuk memberikan tausiah pada Selasa Saat memberikan tausiah Ustadz Abdul Somad sempat menolak meminum air mineral kemasan yang dihidangkan di atas mejan...
Pegawai Kpk Yang Undang Ustadz Abdul Somad Akan Diperiksa

Pegawai Kpk Yang Undang Ustadz Abdul Somad Akan Diperiksa

papar berkaitan - pada 22/11/2019 - jumlah : 253 hits
Kehadiran Ustaz Abdul Somad untuk mengisi tausiah di KPK rupanya bukan atas undangan resmi KPK Pegawai yang mengundang Somad untuk berceramah di KPK akan diperiksa Ya itu nanti kepada pegawainya kita periksa kata Ketua KPK Agus Rahardjo di ...
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram Ini Respons Menag

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram Ini Respons Menag

papar berkaitan - pada 23/11/2019 - jumlah : 211 hits
Jakarta Ustaz Abdul Somad menyepakati bahwa permainan catur hukumnya haram Menteri Agama Fachrul Razi merespons hal ini Itu nggak usah ditanggapilah yang gitu gitu ya Malu nanti kita malu diketawain orang banyak kata Fachrul di Kantor Kemen...
Ustaz Abdul Somad Beri Ceramah Kepada Karyawan Kpk

Ustaz Abdul Somad Beri Ceramah Kepada Karyawan Kpk

papar berkaitan - pada 19/11/2019 - jumlah : 158 hits
Ustaz Abdul Somad mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Selasa Kedatangan UAS untuk memberikan ceramah di hadapan karyawan lembaga antirasuah
Ketua Kpk Sudah Larang Pegawai Undang Ustaz Abdul Somad Isi Ceramah

Ketua Kpk Sudah Larang Pegawai Undang Ustaz Abdul Somad Isi Ceramah

papar berkaitan - pada 21/11/2019 - jumlah : 171 hits
Sebetulnya pimpinan sudah mencegah Bukan mencegah kapasitas UAS tetapi kan di beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi ya mengenai beliau ucapnya
Gus Miftah Minta Ceramah Ustaz Abdul Somad Di Kpk Jangan Dijadikan Kontroversi

Gus Miftah Minta Ceramah Ustaz Abdul Somad Di Kpk Jangan Dijadikan Kontroversi

papar berkaitan - pada 22/11/2019 - jumlah : 273 hits
Menurut Gus Miftah semakin keruhnya polemik atas kehadiran UAS bisa berpotensi keretakan persatuan dan kesatuan umat Karenanya dia meminta kontroversi terkait ceramah UAS di KPK itu disudahi
Menurut Kajian Mandi Lewat Malam Buat Tidur Lebih Lena

Menurut Kajian Mandi Lewat Malam Buat Tidur Lebih Lena

papar berkaitan - pada 14/11/2019 - jumlah : 240 hits
Susah nak tidur atau kerap terjaga pada waktu malam Mungkin ada di antara anda yang mengamalkan pengambilan ubat dan lazimnya ubat batuk atau selesema untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak Tahukah anda mandi sebelum tidur sebenarnya sa...
Menurut Kajian Layan Isteri Bercakap Boleh Buat Otak Bergeliga

Menurut Kajian Layan Isteri Bercakap Boleh Buat Otak Bergeliga

papar berkaitan - pada 15/11/2019 - jumlah : 223 hits
Bagi mereka yang sudah berkahwin sudah tentu si isteri yang paling banyak bercakap Ada sahaja benda yang nak dibicarakan sehinggakan ada suami tidak tahan atau malas untuk melayan Namun kajian ini bakal mengubah para suami di luar sana untu...
Menurut Kajian Wanita Berpinggul Besar Mendapat Anak Yang Lebih Bijak

Menurut Kajian Wanita Berpinggul Besar Mendapat Anak Yang Lebih Bijak

papar berkaitan - pada 15/11/2019 - jumlah : 445 hits
Setiap wanita hamil inginkan yang terbaik buat anak mereka Sebab itu apabila saya terbaca kajian tentang bukti wanita punggung besar lahirkan anak bijak ini saya teruja nak kongsikan ia dengan anda Anda memiliki punggung besar selepas bersa...
Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Nak Rasa Cromboloni Sedap Boleh Ke Flour Crown Jitra

Nostalgia Bedak Sejuk

Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Adik Ipar Nak Tumpang Rumah Kemudian Datang Lagi Sorang Akhirnya Kami Laki Bini Dah Kurus Kering

Kempen Pn Dijangka Menggila Selepas Usaha Serang Kerajaan Tak Berhasil

Stop The Drip Stay Warm A Guide To Oil Tank Replacement Services

Kelantan Kereta Rumah Ditembak Suspek Diburu Polis



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Sayur Kucai Dan Taugeh Untuk Makan Tengah Hari

Adira Suhaimi Kasih Chord

Bila Duit Nak Masuk

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats

Opening Young People S Eyes To Workers Rights

Prm Denies Being Sponsored To Split Malay Vote In Kkb