Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Di Tahun 2020


UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Terkait dengan pernyataannya tersebut, M. Nasir menyebutkan bahwa cyber university dicanangkan sebagai bentuk pengawasan terhadap sistem perkuliahan secara online yang sebenarnya beberapa diantara perguruan tinggi di Indonesia sudah menerapkannya, seperti: Universitas Terbuka, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Universitas Bina Nusantara (Binus)
Sistem perkuliahan secara online memungkinkan perguruan tinggi tersebut memiliki mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai wilayah bahkan bisa sampai dari luar negeri. Nah disinilah penerapan cyber university berperan penting untuk menjaga standar kurikulum dan materi yang diberikan sama.
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Sekarang bagaimana dengan UNTAN sendiri??? Sepertinya untuk saat sekarang ini, satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kalimantan Barat ini sedang berupaya untuk membangun ekosistem digital sebagai langkah utama menuju cyber university.
Kita ketahui sendiri bahwa sejak awal tahun 70-an, dunia telah memasuki era digital. Tidak dapat dipungkiri, mau tidak mau, suka tidak suka, secara perlahan namun pasti perkembangan teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan manusia.
Keberadaan teknologi digital telah membuat pekerjaan-pekerjaan yang dulunya sulit untuk dikerjakan manusia menjadi lebih mudah. Seiring dengan itu, terus meningkatnya kemampuan layanan jaringan internet membuat pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dari jarak jauh karena bentuknya telah berubah dari wujud fisik (hardcopy) menjadi digital (softcopy).
Dampak Perkembangan Teknologi Jika diperhatikan, perkembangan teknologi digital dalam kurun waktu 15 tahun terakhir telah memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru di bidang keahlian digital. Sebenarnya ini memberikan dampak positif karena membuka kesempatan lapangan kerja baru, namun di sisi lain akan menutup beberapa jenis pekerjaan lain yang sifatnya konvensional.
Melihat kondisi ini, perguruan tinggi sebagai lembaga penyedia pendidikan di Indonesia juga tidak boleh tinggal diam. Sesuai tagline UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, maka secepatnya konsep ini harus diterapkan untuk mendorong terjadinya proses evolusi sistem pendidikan dari pendekatan tradisional ke digital.
Dan untuk memulai proses evolusi tersebut, tidak mudah untuk dilakukan dan tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena semuanya dimulai dari penyesuaian sistem manajemen universitas, peningkatan kapasitas database mahasiswa, efisiensi pelaporan keuangan, penyempurnaan proses akademik, penerapan e-scoring, pembangunan perpustakaan digital, dan lain sebagainya.
Sistem Cyber University Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf diatas bahwa cyber university memungkinkan sistem perkuliahan dilakukan secara jarak jauh. Hal ini membuat para mahasiswa dan mahasiswinya tidak perlu harus hadir di kelas pada saat kuliah, cukup mengakses materi kuliah secara online dan mengerjakan tugas yang diberikan.
Cyber University menyediakan layanan belajar formal melalui media online yang bisa diakses semua orang, terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya. Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses tugas, perpustakaan serta perkuliahan online tanpa perlu bertatap muka.
Selain itu, mahasiswa yang bekerja atau berada di tempat yang jauh bisa memiliki akses pendidikan yang lebih mudah. Bahkan mereka juga dapat mengikuti kuliah dari rumah atau tempat lain selama mereka memiliki akses ke internet.
Membangun Ekosistem Digital Dalam upayanya mewujudkan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, pihak manajemen internal Universitas Tanjungpura terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan di berbagai aspek yang dianggap memiliki fungsi penting, antara lain:
Sistem Pendaftaran Online Mekanisme pendaftaran secara online telah lebih dulu diimplementasikan UNTAN dalam proses penerimaan calon mahasiswa mahasiswi baru yang akan diterima. Ada 4 (empat) jalur pendaftaran yang dibuka, antara lain:
Image: PendaftaranMahasiswa.Web.Id Pendaftaran Jalur Mandiri UNTAN via www.untan.ac.id Pendaftaran Jalur SNMPTN UNTAN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) via www.snmptn.ac.id Pendaftaran Jalur SBMPTN UNTAN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) via www.sbmptn.ac.id Pendaftaran Bea Siswa Bidik Misi UNTAN via www.bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id Kesemua jalur pendaftaran diatas menggunakan sistem online melalui website resmi yang telah ditentukan sebelumnya.
Sistem Informasi Akademik Begitu para mahasiswa/i baru diterima masuk dan mulai menjalankan aktivitas perkuliahan resminya, mereka diharuskan mendaftarkan mata kuliah per semester ke dalam SIAKAD UNTAN.
Di Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura akan dapat dilihat juga perkembangan akademik dari setiap mahasiswa dalam bentuk jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang telah dikumpulkan serta pencapaian IP (Indeks Prestasi) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).
Pengembangan Digital Library Dalam proses perkuliahan, peningkatan kapasitas dari setiap sumber daya manusia yang menimba ilmu di UNTAN menjadi salah satu bidang yang difokuskan. Menyediakan perpustakaan berbasis digital baru saja diwujudkan dalam bentuk pembangunan 7 (tujuh) infrastruktur tahun lalu.
Melalui website resmi Perpustakaan Universitas Tanjungpura dapat dilihat bagaimana kondisi koleksi bahan bacaan yang dimiliki dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Jenis-jenis katalog yang tersedia, antara lain: Katalog Induk, Katalog Tugas Akhir, Jurnal Ilmiah, dan Repositori UNTAN.
Mitra Kerjasama Internasional Masih dalam divisi yang sama yaitu Perpustakaan UNTAN, pihak universitas juga melakukan bekerjasama dengan beberapa mitra internasional, antara lain: American Corner, British Culture and Language, dan Kedai Perancis.
Kesemua fasilitas ini dapat digunakan oleh para mahasiswa UNTAN dari berbagai disiplin ilmu tanpa terkecuali. Silahkan memanfaatkannya semaksimal mungkin bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin dapat mengembangkan kemampuan dirinya.
Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni Secara umum, UNTAN menyediakan SIMALUN UNTAN, merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni. Disini semua informasi yang berhubungan dengan mahasiswa aktif maupun alumni dapat di-update secara berkala.
Ingin tahu info beasiswa UNTAN terbaru, lowongan kerja terbaru, data calon wisudawan terbaru, validasi ijazah kelulusan, daftar nama alumni terbaru, dan informasi sejenis lainnya dapat diakses melalui portal UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University ini.
Sebagai salah satu alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungpura Tahun Angkatan 2000, Blogger Borneo tetap mendukung sepenuhnya agar universitas yang baru saja mendapat akreditasi UNTAN terbaru “A” bisa mendapat status cyber university secepatnya. Amin. Insya Allah… (DW)
Referensi:
https://www.wartaekonomi.co.id/read175511/pemerintah-bakal-bentuk-cyber-university-tujuannya-apa http://www.prestasi-iief.org/index.php/id/feature/146-cyber-university-pendidikan-canggih-di-era-digital https://www.pendaftaran.net/2016/10/cara-pendaftaran-untan.html

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Dekorasi Indah Di Klia Sempena Tahun Baharu China 2020

Dekorasi Indah Di Klia Sempena Tahun Baharu China 2020

papar berkaitan - pada 8/2/2020 - jumlah : 281 hits
Assalammualaikum Dunia Okew sambungan coretan semalam kan Pi KLIA Ini adalah wajib ade kan Jalan jalan nampak wow Depa telah ubah wajah di sesetengah tempat dengan hiasan cantik sempena sambutan Tahun Baharu China 2020 Music traditional Aca...
Dishub Dki Sebut Sudirman Thamrin Akan Diterapkan Erp Akhir Tahun 2020

Dishub Dki Sebut Sudirman Thamrin Akan Diterapkan Erp Akhir Tahun 2020

papar berkaitan - pada 22/2/2020 - jumlah : 169 hits
Tahap pertama tentu di koridor Sisingamangaraja Sudirman Thamrin kata Syafrin
Misi Mamajue Kurus Sihat Tahun 2020

Misi Mamajue Kurus Sihat Tahun 2020

papar berkaitan - pada 21/2/2020 - jumlah : 344 hits
Hi korang Fuhhh berabuk blog mama dah berapa lama tak update Mood update tak payah cakap memang kelaut la sekarang ni Ntah la sebab penat sama kot sampai nak tekan keyboard pc ni pun dah ke laut Eh sebenarnya mama tengah gigih diet dan work...
Awal Tahun 2020 Yang Menyedihkan

Awal Tahun 2020 Yang Menyedihkan

papar berkaitan - pada 22/2/2020 - jumlah : 350 hits
Assalamualaikum sepanjang bulan january sha teramat sibuk lagipun sha berada diluar kawasan internet yang kuat sha berada di kampung ulang alik jaga dan temankan mak sedihnya mak meninggalkan kami pada 25 January 2020 jam 8 30 pagi di hospi...
Menpora Berharap Jadwal Liga 1 Tahun 2020 Bisa Adil

Menpora Berharap Jadwal Liga 1 Tahun 2020 Bisa Adil

papar berkaitan - pada 9/2/2020 - jumlah : 235 hits
Meski demikian Zainudin Amali optimistis kompetisi berjalan semakin baik Keberadaan Cucu Soemantri sebagai Direktur Utama PT LIB menjadi sosok penting yang bisa semakin menyelaraskan kerja sama dengan PSSI dan pemerintah
Matta Fair Cuti Cuti Malaysia Yang Pertama Tahun 2020

Matta Fair Cuti Cuti Malaysia Yang Pertama Tahun 2020

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 344 hits
Persatuan Pelancongan dan Pelancongan Malaysia dengan sukacitanya mengumumkan karnival promosi MATTA Fair Cuti Cuti Malaysia Yang Pertama Tahun 2020 yang akan diadakan pada 4 5 April 2020 di Pusat Konvensyen Kuala Lumpur Ini adalah salah sa...
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

What You Should Know About New Construction Plumbing



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Masak Lemak Ikan Bawal Cermin Dengan Belimbing Buluh

Utilizing Crowdfunding For Business

Pemandu E Hailing Pengguna Muslim Wajiib Abaikan Grab Kenyataan Media Ppim 26 04 2024

Selamat Bersara Contoh Ucapan Hari Persaraan Poster

Juyaya Semun Ngintu Gawai Chord

Bahaya Kemiskinan By Dr Hm Rakib S H Pekanbaru Riau