Tilap Uang Nasabah Rp 1 5 M Bendahara Lembaga Kredit Desa Di Bali Dibekuk


Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Klungkung - Gusti Ayu Suratni, Bendahara Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Tegal Wangi di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali, ditetapkan sebagai tersangka. Dia diduga menggelapkan uang nasabah Rp 1,5 miliar.
"Penetapan tersangka 15 November kemarin. Kita gelarkan (perkara), terus kita tetapkan selaku tersangka. Terus kemarin tanggal 9 Desember baru kita tahan, karena kita telah kumpulkan bukti-bukti," kata Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Banjarangkan, Aiptu Ridwan, saat dihubungi detikcom, Senin (13/12/2021).
Baca juga: Selain Jadi yang Terbersih, Inilah Daya Tarik Desa Penglipuran BaliRidwan menuturkan, penggelapan dana yang dilakukan tersangka diketahui dari adanya laporan Ni Ketut Koni sebulan yang lalu. Awalnya pelapor menaruh uang di LPD Desa Adat Tegal Wangi Rp 170 juta lewat tersangka.
"Itu dia (Ni Ketut Koni) naruh uang tahun 2019, itu dicari langsung sama Bendahara LPD Tegal Wangi ke rumahnya. Jadi dia percaya bahwa itu dia kan karyawan LPD gitu. Nah dia itu taruh uang berbentuk deposito sama tabungan, jadi 170 juta," terang Ridwan.
Setelah menyerahkan uang tersebut, tersangka juga sempat menunjukkan buku tabungannya kepada pelapor. Pelapor saat itu senang karena uang Rp 170 juta disebut akan diberikan bunga yang lebih tinggi.
Baca juga: Truk dan Bus Pelanggar Rambu Larangan Masuk Kota Probolinggo DitilangNamun setahun kemudian, pelapor akhirnya mengetahui uangnya digelapkan oleh tersangka ketika dananya tersebut jatuh tempo pada Juni 2020. Saat itu Ni Ketut Koni mengambil uangnya ke LPD Desa Adat Tegal Wangi, namun uang tidak tercatat dan dirinya tak terdaftar sebagai nasabah.
Setelah dilakukan pengecekan, diketahui uang pelapor sebesar Rp 170 juta tersebut ditilap tersangka. Meski demikian, pelapor masih memberikan tenggat waktu kepada tersangka untuk mengembalikan uang tersebut.
"Nah dikasihlah tenggang waktu sama Bu Koni, diminta mengembalikanlah, karena kan itu bulan Juni 2020 itu jatuh temponya, nah sampai lewatlah 2021 endak ada pengembalian. Nah baru sebulan kemarin melaporkan," tutur Ridwan.
Berdasarkan mendapatkan laporan tersebut, polisi kemudian melakukan penelusuran. Polisi menemukan banyak kejanggalan. Uang Rp 170 juta milik pelapor tidak tercatat dan juga tidak terdaftar selaku nasabah.
"Memang Bu Koni ini endak masuk selaku nasabah LPD itu. Jadi buku-buku (tabungan dan deposito) yang dia punya, itu buku palsu semua. Seharusnya deposito itu dia dapatlah print out dari LPD, ini ditulis tangan," jelas Ridwan.
Baca juga: 5 Provinsi Ini Gelar Peningkatan Kapasitas Relawan Layanan Psikososial
30 Orang Jadi KorbanBelakangan diketahui bukan pelapor saja yang menjadi korban dari tersangka. Ridwan menyebut ada sekitar 30 nasabah yang dananya digelapkan tersangka dengan total uang mencapai Rp 1,5 miliar. Sayangnya, para korban tersebut masih belum mau melapor.
"Nah ini lucunya, jadi Bu Koni dulu (yang melapor). Nanti kalau sudah (Bu Koni melapor) baru nanti yang lain-lain. Makanya kita dalami, memang ada datanya beberapa nasabah itu, kita data itu sekitar ada 30 lebih yang dirugikan sama bendahara ini. Totalnya sekitar Rp 1,5 M itu," papar Ridwan.
Tersangka dijerat Pasal 374 subsidair Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).
Baca juga: Tambahan 106 Kasus COVID-19 Hari Ini: Terbanyak Jabar, 14 Provinsi NihilDipecat LPDTak sekadar jadi tersangka, Gusti Ayu Suratni juga dipecat oleh Desa Adat Tegal Wangi selaku Bendahara LPD.
"Kemarin (pihak desa adat) sangkep (rapat) yang dimpimpin sama Bendesa, itu (Gusti Ayu Suratni) diberhentikan. Dia memang dulunya karyawan LPD selaku bendahara. Makanya diberhentikanlah sama desa adat," ungkap Ridwan.
Baca juga: Tanda Tanya Nasib Video Sisca Mellyana Usai Berdamai dengan Perekampenggelapankasus penggelapan danakreditklungkungbalibiromakassar

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.casmair.com/2021/12/tilap-uang-nasabah-rp-15-m-bendahara_52.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Korupsi Dana Desa Rp1 Miliar Bendahara Desa Di Seruyan Ditahan Kejari

Korupsi Dana Desa Rp1 Miliar Bendahara Desa Di Seruyan Ditahan Kejari

papar berkaitan - pada 3/12/2021 - jumlah : 133 hits
Kejaksaan Negeri Seruyan Kalimantan Tengah menahan bendahara Desa Tumbang Laku Seruyan Hulu berinisial SH setelah ditetapkan sebagai tersangka SH menyelewengkan Anggaran Dana Desa tahun 2016 2017 dan 2019 dengan total kerugian negara Rp1 18...
Kpk Dalami Barang Bukti Dan Aliran Uang Korupsi Did Tabanan Bali

Kpk Dalami Barang Bukti Dan Aliran Uang Korupsi Did Tabanan Bali

papar berkaitan - pada 8/12/2021 - jumlah : 144 hits
Pendalaman dilakukan saat penyidik KPK memeriksa dua saksi dalam kasus ini pada Selasa 7 Desember 2021 kemarin
Depresi Kehabisan Uang Bule Asal Belanda Ngamuk Di Toko Swalayan Bali

Depresi Kehabisan Uang Bule Asal Belanda Ngamuk Di Toko Swalayan Bali

papar berkaitan - pada 8/12/2021 - jumlah : 117 hits
Dari keterangan karyawan toko swalayan tersebut ada turis asing merusak toko swalayan untuk meminta roti dan air karena tidak punya uang
Pemerintah Petakan Wilayah Relokasi Desa Tertimbun Abu Vulkanik Gunung Semeru

Pemerintah Petakan Wilayah Relokasi Desa Tertimbun Abu Vulkanik Gunung Semeru

papar berkaitan - pada 10/12/2021 - jumlah : 114 hits
Badan Geologi akan memastikan tempat yang mereka usulkan memenuhi standar untuk sebuah desa yang dapat ditempati hingga waktu yang sangat panjang
Menhub Jajal Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa Dipakai Saat Ktt G20 Bali 2022

Menhub Jajal Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa Dipakai Saat Ktt G20 Bali 2022

papar berkaitan - pada 18/12/2021 - jumlah : 152 hits
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal langsung mobil listrik buatan lokal karya anak bangsa yang akan digunakan di dua Bandara Internasional yaitu Bandara Soetta dan Bandara YIA serta digunakan untuk mendukung Event G20 di Bali pad...
Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswi Unud Polda Bali Dorong Korban Melapor

Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswi Unud Polda Bali Dorong Korban Melapor

papar berkaitan - pada 18/12/2021 - jumlah : 216 hits
Polda Bali mendorong mahasiswi Universitas Udayana Bali yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual temannya segera membuat laporan ke polisi Penyelidikan dapat dilakukan setelah korban melaporkan tindak kriminal itu
Dari Pabrik Tabanan Bali Diageo Indonesia Ekspor Perdana Ke Thailand

Dari Pabrik Tabanan Bali Diageo Indonesia Ekspor Perdana Ke Thailand

papar berkaitan - pada 17/12/2021 - jumlah : 162 hits
Diageo Indonesia atau PT Langgeng Kreasi Jayaprima melepas ekspor perdana ke Thailand dari pabriknya di Tabanan Bali Jumat
Gadis Desa Cantik Dan Mempesona Berburu Ikan Di Sawah Bikin Salfok

Gadis Desa Cantik Dan Mempesona Berburu Ikan Di Sawah Bikin Salfok

papar berkaitan - pada 3/12/2021 - jumlah : 183 hits
Bagi sebagian besar orang kehidupan pedesaan memang selalu membawa kedamaian tersendiri Seperti aktivitas mengasyikkan yang tengah dilakukan oleh seorang wanita cantik satu ini Meski memiliki wajah cantik jelita ia tak segan untuk berburu i...
Apa Itu Wang What Is Money

Doubletree By Hilton Presents Signatures Across The State A Makan Kitchen Showcase

Amerika Syarikat Fakta Menarik Unik Dan Aneh

Buasir Otak Tv Telefon Apa Kuat Mencarut Be Like

Combine Best Of Both Worlds To Train Cardiothoracic Surgeons

Pilih Peruntukan Atau Muhyiddin

Our Corrupt And Exploitative Business Community Is A Part Of The Problem Not A Part Of The Solution

Nandos Peberet Selamanya



10 Fakta Biodata MK K Clique Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Gandingan Erysha Emyra Yang Beristerikan Siti Hajaar Syeikh Nordin

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bunga Salju Slot Tiara Astro Ria

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria


Lirik Lagu Sangkar Derita Oleh Haqiem Rusli

Rumah Maw Art Studio Seni Dan Kafe Moden Menarik Di Langkawi Kedah

Pelancaran Muzik Video Hening Rindu Marsha Milan

Kelantan Dua Penguat Kuasa Ambil Duit Rm23 000 Lepas Suspek Dadah

Wanita Masih Hidup Ada Kubur Sendiri

Bukan Melayu Tak Perlu Takut