Tak Lagi Lewat Pemda Dana Bos Langsung Ke Rekening Sekolah


Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan resmi merombak skema penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS).
Skema baru itu mulai diterapkan pada 10 Februari 2020.
Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran dana BOS sebesar Rp 54,32 triliun atau naik 6,35% dibandingkan tahun sebelumnya.
Pencairan akan dilalukan tiga tahap, di mana tahap pertama dicairkan Rp 9,8 triliun untuk 136.579 sekolah di 34 provinsi di Indonesia.
Pengubahan skema penyaluran ini akan tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020 tentang perubahan atas PMK Nomor 48 tahun 2019 tentang pengelolaan DAK Non Fisik.
Adapun pokok perubahan tersebut adalah penyaluran langsung ke sekolah sesuai ketentuan yang berlaku, percepatan tahap penyaluran, dan penyederhanaan administrasi pelaporan.
Sementara tujuan pengubahan skema penyaluran, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut dalam rangka mendukung program merdeka belajar yang digagas oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Lalu, mempercepat penyaluran, meningkatkan akurasi, dan menjaga akuntabilitas.
“Rencananya untuk 10 Februari, 136.579 sekolah yang akan mendapat Rp 9,8 triliun, dana tersebut bisa membantu sekolah beroperasi,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).
Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pencairan dana BOS langsung ke rekening sekolah.
Sebelumnya, proses transfer ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).
“Sebelumnya Kementerian Keuangan transfer ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), sekarang langsung ke rekening sekolah,” kata Nadiem di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).
Ketiga kementerian ini sepakat mengubah skema pencairan dana BOS. Pengubahan skema itu hanya berlaku pada dana BOS reguler, dan tidak berlaku pada BOS kinerja dan BOS afirmasi.
Perubahan skema berlaku untuk seluruh sekolah di Indonesia, terutama kepada sekolah negeri dan beberapa sekolah swasta yang menerima.
Perubahan yang terjadi adalah pada besaran unit cost, di mana untuk Sekolah Dasar (SD) menjadi Rp 900 ribu per anak dari yang sebelumnya Rp 800 ribu.
Lalu, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi Rp 1,1 juta per anak dari yang sebelumnya Rp 1 juta.
Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi Rp 1,5 juta per anak dari yang sebelumnya Rp 1,4 juta, dan untuk SMK tetap sama yaitu Rp 2 juta per anak.
Mengenai skema penyalurannya juga berubah, yaitu hanya menjadi tiga tahap dari sebelumnya empat tahap. Pada skema baru ini besaran tahap I adalah 30%, tahap II 40%, dan tahap III sebesar 30%.
Adapun, pencairan tahap I paling cepat pada bulan Januari, tahap II paling cepat bulan April, dan tahap III bulan September.
Tidak hanya itu, perubahan lainnya adalah penetapan SK sekolah penerima dilakukan oleh Kemendikbud dengan verifikasi data oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Sebelumnya, penetapan SK sekolah penerima dilakukan pemerintah daerah.
Lalu, batas akhir pengambilan data 1 x per tahun setiap tanggal 31 Agustus untuk mencegah keterlambatan APBD-Perubahan. Sebelumnya, batas akhir pengambilan data 2 x per tahun yaitu tanggal 31 Januari dan 31 Oktober.
Selanjutnya, dana BOS juga bisa digunakan untuk pembayaran guru honorer yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) maksimal 50%.
Intinya bukan untuk membiayai guru honorer baru. Sebelumnya, pembayaran maksimal hanya 15% di sekolah negeri, dan 30% di sekolah swasta.
Skema yang terakhir, kata Nadiem, adalah tidak ada alokasi maksimal maupun minimal pemakaian dana BOS untuk buku maupun pembelian alat multimedia.
Sebelumnya, pembelian buku dibatasi sebesar 20%, dan pembelian alat multimedia ditentukan kualitas dan kuantitas.
Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tak-lagi-lewat-pemda-dana-bos-langsung-ke-rekening-sekolah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Skema Penyaluran Dana Bos Diubah Kapasitas Kepala Sekolah Jadi Perhatian

Skema Penyaluran Dana Bos Diubah Kapasitas Kepala Sekolah Jadi Perhatian

papar berkaitan - pada 16/2/2020 - jumlah : 75 hits
Sistem penyaluran dana biaya operasional sekolah semakin efisien Sekolah kini tidak perlu menunggu kabar dari Pemerintah Daerah untuk mendapatkan dana BOS melainkan langsung ditransfer pemerintah melalui rekening kepala sekolah
Per Hari Ini Kemenkeu Salurkan Dana Bos Rp9 8 Triliun Ke 136 579 Sekolah

Per Hari Ini Kemenkeu Salurkan Dana Bos Rp9 8 Triliun Ke 136 579 Sekolah

papar berkaitan - pada 11/2/2020 - jumlah : 56 hits
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan per hari ini pemerintah telah menyalurkan dana BOS tahap pertama sebesar Rp 9 8 triliun ke seluruh Indonesia Adapun jumlah sekolah yang menerima sebanyak 136 579 sekolah
Mendagri Penyaluran Dana Desa Langsung Ke Rekening Desa Buat Urus Batas Wilayah

Mendagri Penyaluran Dana Desa Langsung Ke Rekening Desa Buat Urus Batas Wilayah

papar berkaitan - pada 19/2/2020 - jumlah : 12 hits
Mendagri menyebut penyaluran dana desa yang bersumber dari APBN yang selama ini melalui kas pemerintah Provinsi mulai 2020 tidak akan masuk kas daerah lagi demi percepatan penyaluran dan pemanfaatannya
Dana Bos Kini Ditransfer Ke Sekolah Dan 50 Persen Bisa Untuk Gaji Guru Honorer

Dana Bos Kini Ditransfer Ke Sekolah Dan 50 Persen Bisa Untuk Gaji Guru Honorer

papar berkaitan - pada 11/2/2020 - jumlah : 72 hits
Pemerintah mengubah Penyaluran Dana BOS mulai 2020 dari Rekening Kas Umum Negara langsung ke Rekening Sekolah Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memangkas birokrasi sehingga sekolah dapat lebih cepat menerima dan menggunakan Dana BO...
Telusuri Transaksi Bos Wo Pandamanda Polisi Sita Rekening Dan Dokumen Keuangan

Telusuri Transaksi Bos Wo Pandamanda Polisi Sita Rekening Dan Dokumen Keuangan

papar berkaitan - pada 12/2/2020 - jumlah : 33 hits
Kantor Pandamanda pun sudah digeledah oleh polisi ketika awal kasus mencuat Kemarin penyidik juga sudah menggeledah rumah Anwar di kawasan Pancoran Mas Depok
Mendagri Ajak Perangkat Pemda Awasi Dana Desa

Mendagri Ajak Perangkat Pemda Awasi Dana Desa

papar berkaitan - pada 18/2/2020 - jumlah : 3 hits
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengajak perangkat Pemerintah Daerah turut serta memberikan pengawasan dalam penggunaan dana desa
Perlancar Layanan Pendidikan Pgri Dukung Penuh Penyederhanaan Penyaluran Dana Bos

Perlancar Layanan Pendidikan Pgri Dukung Penuh Penyederhanaan Penyaluran Dana Bos

papar berkaitan - pada 12/2/2020 - jumlah : 35 hits
Penyederhanaan dana BOS dan pemberian hingga 50 persen untuk honorer Itu telah lama diperjuangkan PGRI dalam berbagai kesempatan Baru pada era Mas Menteri ini yang merespons dengan baik
Sekolah Persendirian Cina Di Seremban Terima Dana Rm375 000

Sekolah Persendirian Cina Di Seremban Terima Dana Rm375 000

papar berkaitan - pada 5/2/2020 - jumlah : 63 hits
Suatu tindakan tidak berasas bercanggah dengan PerlembagaanBANGI Tindakan Kerajaan Negeri Sembilan dan Ahli Parlimen DAP Anthony Loke menyalurkan sumbangan kepada sebuah sekolah persendirian Cina di Seremban masing masing berjumlah RM300 00...
Pemerintah Ubah Skema Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah

Pemerintah Ubah Skema Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah

papar berkaitan - pada 10/2/2020 - jumlah : 6 hits
Pemerintah mengubah cara penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun lalu penyaluran dilakukan melalui empat tahapan namun untuk tahun ini diubah menjadi tiga tahap dengan masing masing rincian tahap I sebesar 30 persen tahap II sebes...
Tipu Rakyat Tipu Tun Beginikah Pemimpin Yang Kita Mahu Pilih

Mungkin Kau Tak Dikenali Di Dunia Tapi Kau Terkenal Di Langit Sana

Manusia Talam Dua Muka Melacak Dalam Warna Warni Politik Malaysia 9792

Resepi Nasi Minyak

Sekelip Mata

Itu Hari Riuh Senyap Kejapan Now Berkokok Menegakkan Benang Basah Katanya 9794

Apa Dia Simptom Biasa Resdung Dan Macam Mana Nak Merawatnya

Ph Mahu Anwar Ibrahim Sebagai Pm



Aliff Syukri Mahu Jumpa Ini Jawab Ibu Arwah Abam

Menantu Angkat Kaki Keluar Rumah Ibu Arwah Abam Tampil Beri Respon

Kisah Kultus Ajaran Sesat Yang Mengajak Penganutnya Sebarkan Virus COVID 19

Peristiwa 16 September 2008 Percubaan Tubuh Kerajaan Backdoor Yang Ramai Lupa

5 Kisah Asal Usul Bagaimana Videogame Klasik Mendapat Nama


Mengapa Aksi Perusakan Masjid Seakan Kebal Hukum Di India

Kekerasan Atas Nama Agama Di India Ketum Pp Gp Ansor Indonesia Harus Protes

Deslim Pre Probiotik Dan Fiber Mampu Bantu Penghadaman Pelihara Usus Dan Menguatkan Sistem Imun Badan

Lirik Lagu St12 Jangan Marah Marah

Lirik Lagu Zahra Ibuku Pernah Berkata

Contoh Surat Melamar Cpns Pekerjaan