Tak Hanya Berdoa 3 Hal Ini Membuat Malaikat Menjaga Manusia Saat Tidur


Manusia membutuhkan tidur untuk melepas penat, lelah, dan mengistirahatkan tubuh. Malam hari tentunya menjadi waktu yang tepat bagi seluruh umat manusia untuk tidur dan beristirahat.
Bagi umat Islam, tidur tidak dilakukan dengan sembarang tidur. Pasalnya saat tidur pun setan masih berupaya untuk menggoda dan menjerumuskan manusia.
Oleh karena itulah umat Islam dianjurkan untuk memohon perlindungan kepada Allah agar saat tidur dapat senantiasa dijaga oleh malaikat.
Rupanya ada tiga cara yang wajib dilakukan sebelum tidur agar senantiasa didampingi oleh malaikat saat tertidur. Pertama yaitu dengan berwudhu sebelum tidur.
Berwudhu wajib untuk dilakukan sebelum tidur untuk membuat kondisi tubuh bersih dari kotoran dan najis. Pasalnya, malaikat akan senang mendampingi orang yang bersih dan terhindar dari najis.
Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun kecuali malaikat akan berdoa untuknya, “Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban)
Lalu yang kedua yaitu dengan membaca ayat kursi sebelum tidur. Pasalnya, siapa saja yang membaca ayat kursi sebelum tidur maka Allah akan menjaganya melalui malaikat hingga masuknya waktu subuh. Hal tersebut dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis.
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW menugaskanku menjaga zakat Ramadhan, kemudian datanglah seseorang yang mencuri makanan, maka aku memegangnya dan aku berkata, ‘Saya akan laporkan engkau kepada Rasulullah.’ -sebagaimana diceritakan dalam hadits- Maka orang tersebut berkata, “Jika engkau hendak tidur di tempat tidurmu maka bacalah ayat kursi, maka penjagaan Allah senantiasa menyertaimu dan setan tidak dapat mendekatimu sampai waktu subuh.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Dia berkata benar kepadamu, walaupun dia seorang pembohong, di adalah setan.” (HR. Al-Bukhari)
Kemudian ketiga yaitu membaca doa sebelum tidur. Membaca doa sebelum tidur sangat penting untuk dilakukan agar Allah senantiasa menjaga kita saat tidur.
Oleh karena itu, sebagian besar orang tua sejak kecil mengajarkan dan menganjurkan anaknya untuk berdoa sebelum tidur.
Namun jika seseorang tidak berdoa atau berdzikir kepada Allah sebelum tidur, maka kelak ia akan merasa menyesal di hadapan Allah.
Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadis. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Siapa yang tidur, sementara tidak berdzikir ketika hendak tidur, akan menjadi penyesalan baginya di hadapan Allah.” (HR. Abu Daud)
Sedangkan dalam sebuah hadis lainnya juga disebutkan bahwa setan akan selalu membisiki manusia untuk mengakhiri malamnya dengan keburukan.
Untuk itu, umat Islam hendaknya berzikir sebelum tidur agar tidak mengakhiri malamnya dengan perbuatan yang buruk. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis berikut.
Dari Jabir bin Abdullah, menyatakan bahwa,
“Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, “Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan”, sedangkan syetan membisikan, “Akhiri (malam-mu) dengan keburukan”. Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.” (HR. Ibnu Hibban)
Demikianlah tiga hal yang hendaknya dilakukan oleh umat Islam sebelum tidur. Ketiga hal tersebut yaitu berwudhu sebelum tidur, membaca ayat kursi sebelum tidur, dan membaca doa atau berdzikir sebelum tidur.
Ketiga hal tersebut bertujuan agar selama tidur ia mendapatkan penjagaan dari malaikat serta terhindar dari bisikan dan godaan setan. Dengan begitu, niscaya tidurnya pun akan lebih berkah dan menghasilkan pahala
Wallahu a’lam.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/tak-hanya-berdoa-3-hal-ini-membuat-malaikat-menjaga-manusia-saat-tidur/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Saat Jalankan Ibadah Puasa

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Saat Jalankan Ibadah Puasa

papar berkaitan - pada 15/5/2019 - jumlah : 279 hits
Biasanya sebagian orang tidur siang di masjid saat menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadan Tidur siang sebetulnya punya manfaat kesehatan selain tentunya menghilangkan kantuk Penasaran Normalnya kita tidur selama 7 8 jam per hari Namun sa...
10 Hal Yang Disukai Sahabat Non Muslim Saat Ramadan Dan Lebaran Adem Banget Bacanya

10 Hal Yang Disukai Sahabat Non Muslim Saat Ramadan Dan Lebaran Adem Banget Bacanya

papar berkaitan - pada 21/5/2019 - jumlah : 278 hits
Akun Twitter NU Garis Lucu menanyai sobat non muslim tentang perasaanya saat Ramadan dan menyambut lebaran Begini nih namanya toleransi
Meninggal Bisa Terjadi Saat Tidur Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur

Meninggal Bisa Terjadi Saat Tidur Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur

papar berkaitan - pada 8/5/2019 - jumlah : 206 hits
Kematian termasuk satu misteri Dia bisa datang kapan saja tak terduga bahkan kadang tak memberi tanda apapun termasuk salah satunya kematian saat tidur Siapa yang menyangka jika waktu tidur adalah waktu terakhirnya di dunia ini waktu terakh...
Saat Ramadan Warganet Doyan Googling 4 Hal Ini

Saat Ramadan Warganet Doyan Googling 4 Hal Ini

papar berkaitan - pada 23/5/2019 - jumlah : 160 hits
Data tersebut menunjukan bahwa penelusuran seputar pakaian perjalanan makanan dan kecantikan naik sampai 40 persen dibandingkan bulan bulan biasa dengan detail sebagai berikut pakaian perjalanan makanan dan kecantikan
Tidur Seharian Saat Puasa Malah Bikin Lemas Tiru 5 Siasat Ini Biar Nggak Ngantukan

Tidur Seharian Saat Puasa Malah Bikin Lemas Tiru 5 Siasat Ini Biar Nggak Ngantukan

papar berkaitan - pada 23/5/2019 - jumlah : 193 hits
Katanya sih tidurnya orang puasa itu berpahala tapi kalau tidurnya seharian dan bangunnya pas jam buka Rugi kamunya
Bila Berdoa Nampaklah Air Mata Dia Jatuh Ibu Sayu Lihat Anak Johan Tilawah Hilang Penglihatan Hanya Mampu Peluk Quran

Bila Berdoa Nampaklah Air Mata Dia Jatuh Ibu Sayu Lihat Anak Johan Tilawah Hilang Penglihatan Hanya Mampu Peluk Quran

papar berkaitan - pada 13/5/2019 - jumlah : 723 hits
Azwar selamat menjalani pembedahan pada 23 Oktober tahun lalu Foto ihsan Che Anisah Md Saad WALAUPUN sedang berjuang melawan kanser otak johan Tilawah al Quran Peringkat Kedah 2018 ini tidak menjadikan penyakit itu sebagai halangan untuk be...
Calon Pilot Australia Pingsan Saat Terbang Diduga Kurang Tidur Dan Lupa Sarapan

Calon Pilot Australia Pingsan Saat Terbang Diduga Kurang Tidur Dan Lupa Sarapan

papar berkaitan - pada 11/5/2019 - jumlah : 215 hits
Australian Transport Safety Bureau telah merilis laporan ini sebagai insiden serius yang terjadi pada Maret lalu dan melibatkan pesawat dari sekolah penerbangan Flight Training Adelaide Australia Calon pilot itu pingsan selama 40 menit saat...
Jalan Penghubung Bandar Utama Di Pahang Perlu Dinaiktaraf

3 Pelampau Khawarij Ditahan

Lost Opportunities In Labuan

Dua Bersaudara Maut Tiga Cedera Parah Nahas 4wd

Iced Butterscotch Latte Zus Coffee

Deko Raya Yang Simple Je Alhamdulillah Tahun Pertama Raya Di Rumah Baru Ni

Lirik Lagu Semua Tentangmu Sufian Suhaimi

Abyad Sofi



Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Kuih Muah Tonton

10 Filem Indonesia Terbaru Best 2023 2024 Juga Tersedia Online


Wordpress Website Speed Build The Masters Golf Tournament

Hikayat Budak Pening Sebuah Legasi

Bayu Somerset Pakaian Tradisional Untuk Gaya Harian

Pengalaman Pertama Alami Kesesakan Di Lebuhraya Hingga 10 Jam

Bila Ada Ahli Keluarga Dan Kawan Jadi Influencer

Subkontrator Gagal Siapkan