Solidaritas Rakyat Indonesia Untuk Uighur Akan Gencarkan Aksi Di Kedubes China


Persoalan yang tengah dihadapi oleh umat muslim di Uighur, Xingjiang, China memiliki fenomena tersendiri. Ketika umat non muslim di dunia menunjukkan keprihatinan, namun sebagian umat Islam ada yang menutup mata dan apatis terhadap penderitaan para saudara muslimnya tersebut.
Apatisnya sebagian umat muslim dipicu oleh pemberitaan yang mengatakan bahwa kelakuan pemerintah China terhadap muslim Uighur karena tindakan separatisme.
Jika mengilhami beberapa kasus separatisme yang pernah menyala di Indonesia, hanya dapat dipadam oleh pemerintah melalui jalan musyawarah. Karena tindakan represif justru akan membuat permasalahan malah menjadi semakin runyam dan mengakar secara turun temurun.
Melihat cara pemerintah China dalam menyelesaikan masalah internalnya terhadap muslim Uighur, keturunan suku kuno Huihe yang tersebar di Asia Tengah , malah memperoleh kecaman keras dari beberapa negara di dunia.
Ketika pemerintah China mengklaim langkah protektif yang dilakukannya adalah reaksi dari separatisme, justru secara tidak langsung pemerintah China mengumumkan pada dunia bahwa ada kelompok warganya yang tidak puas terhadap regulasi yang diberlakukannya. 
Seperti video-video viral yang beredar di media sosial tentang penganiayaan, tindakan asusila, implan organ tubuh, membatasi kebebasan beragama, penghancuran tempat ibadah, hingga pembunuhan, adalah regulasi yang tidak tepat untuk jadi solusi menghadapi kasus separatisme. Masih ada langkah kemanusiaan dan toleransi yang seharusnya ditempuh oleh pemerintah China.
Brosur Aksi Peduli Muslim Uighur. (Dok. Istimewa) Aksi Peduli Muslim Uighur 27/12/2019 di Depan gedung Kedubes China, Jakarta Sebagai bentuk rasa persaudaraan dengan umat muslim Uighur, Solidaritas Rakyat Indonesia untuk Uighur (Solighur) akan menggelar aksi damai solidaritas untuk Muslim Uighur selepas sholat Jumat (27/12/2019) yang akan dipusatkan di depan gedung Kedutaan Besar China, Jl. Mega Kuningan No. 2 Jakarta Selatan.
Seperti yang dilansir oleh media Voaislam, (20/12/2019), Sekretaris Jenderal Solighur Ardian Permana pada hari Jumat (20/12/2019) pagi di Jakarta, mengatakan, “Sebelumnya Solighur yang juga bersama komponen organisasi masyarakat (ormas) lainnya, berencana memusatkan aksi solidaritas ini di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Namun melihat kondisi dan situasi, Solighur bersama komponen ormas lainnya bersepakat untuk memindahkan lokasi aksi, ke Kedubes China di kawasan Ambasador Mega Kuningan, Jakarta Selatan.”
“Tadi malam (Kamis 19/12/2019), kami bersepakat untuk memindahkan lokasi aksi solidaritas, dari Bundaran HI, ke depan Kedubes China di Jakarta Selatan,” kata Ardian.
Lebih lanjut Ardian mengatakan, sebelum massa aksi solidaritas hadir di titik utama depan Kedubes China, Solighur menentukan titik kumpul sebelum menuju lokasi aksi beserta rute yang akan dilaluinya.
“Masjid Al Makmur dan Masjid Said Naum Tanah Abang menjadi titik kumpul awal massa aksi. Kemudian massa akan melewati Bundaran HI menuju Jalan Jenderal Sudirman dan kemudian masuk kawasan Ambasador Mega Kuningan, sampai menuju Kedubes China, yang nanti akan dipimpin Koordinator Aksi, Maulana Saleh,” kata Ardian.
Ardian juga mengajak warga ibukota untuk menyuarakan kepedulian bersama untuk Muslim Uighur yang tertindas, sebagai bukti kepada Allah yang Maha Kuasa, bahwa warga ibukota dan Indonesia peduli kepada saudaranya yang dizhalimi pemerintah China.
“Jangan diam, ayo kita buktikan kepedulian kita kepada umat, khususnya untuk Muslim Uighur, baik saat aksi atau ditempat kita berada, dan ramaikan aksi kita juga di media sosial yang kita miliki,” kata Ardian.
Dalam aksi damai ini, Solighur bersama komponen ormas Islam lainnya, di antaranya; Brigade Jawara 411, Hamas Tenabang, GPI, HMI, Pengurus dan Remaja Masjid se-Tanah Abang dan ormas Islam lainnya. (*)
The post Solidaritas Rakyat Indonesia untuk Uighur Akan Gencarkan Aksi di Kedubes China appeared first on IslamicTunesNews.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.islamictunesnews.com/solidaritas-rakyat-indonesia-untuk-uighur-akan-gencarkan-aksi-di-kedubes-china/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=solidaritas-rakyat-indonesia-untuk-u

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Diguyur Hujan Massa Bela Uighur Di Kedubes China Lanjut Aksi

Diguyur Hujan Massa Bela Uighur Di Kedubes China Lanjut Aksi

papar berkaitan - pada 28/12/2019 - jumlah : 241 hits
Hujan deras disertai petir tidak menyurutkan semangat massa Bela Muslim Uighur berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar China Massa masih bertahan dan lantang berorasi Pantauan detikcom Jumat hujan turun sekitar pukul 15 22 WIB Sejumlah massa ...
Soal Muslim Uighur Moeldoko Tegaskan Indonesia Tak Mau Ikut Campur Urusan China

Soal Muslim Uighur Moeldoko Tegaskan Indonesia Tak Mau Ikut Campur Urusan China

papar berkaitan - pada 23/12/2019 - jumlah : 213 hits
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah Indonesia tidak mau ikut campur urusan negara China terkait masalah muslim Uighur di Xinjiang Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah tak bisa mengintervensi urusan dalam negeri China
China Coba Bungkam Indonesia Suarakan Muslim Uighur Lipi Bisa Diadukan Ke Pbb

China Coba Bungkam Indonesia Suarakan Muslim Uighur Lipi Bisa Diadukan Ke Pbb

papar berkaitan - pada 14/12/2019 - jumlah : 191 hits
Isu Pemerintah China yang coba membungkam Indonesia dalam menyuarakan soal kaum minoritas Muslim Uighur patut disikapi dengan serius Bahkan bisa dilaporkan ke PBB Seperti dikabarkan Wall Street Journal sejumlah organisasi massa Islam Indone...
Ma Ruf Amin Minta China Terbuka Soal Muslim Uighur

Ma Ruf Amin Minta China Terbuka Soal Muslim Uighur

papar berkaitan - pada 19/12/2019 - jumlah : 167 hits
Dia juga menegaskan sikap pemerintah Indonesia untuk menjunjung prinsip perlindungan hak asasi manusia khususnya terhadap etnis Muslim Uighur yang diduga mendapat perlakuan diskriminatif oleh pemerintah China
Arsene Wenger Pertahan Tindakan Ozil Kritik Penindasan Etnik Uighur Di China

Arsene Wenger Pertahan Tindakan Ozil Kritik Penindasan Etnik Uighur Di China

papar berkaitan - pada 19/12/2019 - jumlah : 379 hits
Bekas pengurus pasukan Arsenal Arsene Wenger dilaporkan mempertahankan tindakan Mesut Ozil yang dikritik berkenaan dengan isu penderitaan etnik Uighur di China Mesut Ozil mempunyai hak untuk bersuara sama seperti orang lain dan dia telah me...
Giliran Indonesia Berhimpun Suarakan Solidariti Henti Penindasan Uighur

Giliran Indonesia Berhimpun Suarakan Solidariti Henti Penindasan Uighur

papar berkaitan - pada 23/12/2019 - jumlah : 265 hits
Rakyat Turki sebelum ini telah melancarkan protes dengan ribuan daripada mereka berkumpul di Instabul sebagai tanda menolak diskriminasi yang dilakukan China kepada kelompok minoriti di Xinjiang Muslim Uighur Laporan media tempatan memberit...
Mui Kalau Indonesia Diam Atas Masalah Uighur Hapus Saja Mukadimah Uud 45

Mui Kalau Indonesia Diam Atas Masalah Uighur Hapus Saja Mukadimah Uud 45

papar berkaitan - pada 28/12/2019 - jumlah : 180 hits
Majelis Ulama Indonesia menyayangkan sikap pemerintah Indonesia yang menyatakan tak ikut campur terhadap masalah dugaan pelanggaran hak asasi manusia etnis Muslim Uighur di Xinjiang China Kalau pemerintah Indonesia mengatakan tidak ikut cam...
Pbb Arahkan China Tutup Kem Tahanan Etnik Uighur Atau Batal Sukan Olimpik 2022

Pbb Arahkan China Tutup Kem Tahanan Etnik Uighur Atau Batal Sukan Olimpik 2022

papar berkaitan - pada 19/12/2019 - jumlah : 822 hits
Isu kekejaman dan penindasan terhadap etnik Uighur di Xinjiang China mula didedahkan media di seluruh negara sehingga mendapat perhatian bintang bola sepak iaitu Mesut Ozil dan penyanyi Maher Zain Tindakan kejam Kerajaan China menahan selur...
Ppp Dukung Wapres Ma Ruf Minta China Terbuka Soal Muslim Uighur

Ppp Dukung Wapres Ma Ruf Minta China Terbuka Soal Muslim Uighur

papar berkaitan - pada 19/12/2019 - jumlah : 146 hits
PPP mengharapkan diplomasi yang lebih aktif dari Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi sehingga dapat diperoleh penjelasan detail soal nasib Muslim Uighur
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Lunch Di Restoran Saffani Ipoh Perak

Mentafsir Pilihan Raya Kecil Kkb

Sarapan Apom Manis Bubur Campur Di Padang Speedy Teluk Intan

Apakah Berhijab Harus Dari Hati

Cerita Hari Jumaat

Time Sensitive Recognizing And Reacting To Infantile Spasms