Selama Masih 4 Empat Golongan Ini Dunia Tidak Akan Hancur


Kenikmatan dunia ini akan terasa tambah nikmat bila seseorang memiliki ilmu pengetahuan yang mampu dimanfaatkan diri sendiri dan dan orang lain, serta memiliki kecukupan urusan dunia.
Namun realita dimasyarakat kita, banyak orang berpendidikan dan berpengetahuan namun diberikan kekurangan dalam urusan harta benda.
Sebaliknya, banyak orang yang diberikan kekayaan namun tak memiliki banyak pengetahuan bahkan tak berpendikan. Hal ini merupakan keadilan Allah agar saling melengkapi dan mengisi sehingga tercipta keharmonisan bersama.
Dewasa ini, masyarakat lebih menghormati orang yang kaya harta daripada orang yang kaya ilmu. Materi merupakan penentu keberhasilan seseorang, mereka menganggap bahwa dengan fulus semua urusan menjadi mulus, dengan duit hilanglah hal rumit, dengan uang bisa bikin orang tercengang.
Akhirnya banyak orang yang menghalalkan segala cara, malam jadi siang, siang menjadi malam, teman menjadi musuh, musuh menjadi kawan, itu semua untuk mengejar urusan dunia yang akan cepat berlalu.
Imam ar-Razi dalam tafsirnya yang berjudul Mafatih al-Ghaib mengutip perkataan Ali bin Abi Thalib kepada Jabir bin Abdillah al-Anshari,
قوام الدنيا بأربعة بعالم يعمل بعلمه ، وجاهل لا يستنكف من تعلمه ، وغني لا يبخل بماله ، وفقير لا يبيع آخرته بدنياه “Dunia ini akan selalu kokoh selagi masih ada empat golongan ini. Pertama, selagi orang alim, ulama masih mengamalkan ilmunya. Kedua, orang yang tak tahu masih mau belajar. Ketiga, orang kaya yang tak pelit akan hartanya. Keempat, orang kekurangan (fakir) yang tak menjual akhiratnya dengan urusan dunia.”
Dari sini, keempat golongan ini memiliki peran yang besar sekali, terutama ulama’ yang mampu mengamalkan ilmunya bukan hanya pintar beretorika saja membawa pengaruh besar di masyarakat karena sebagai pelita yang menyinari sekitar juga selalu membimbing ibadah dan spiritual jama’ahnya.
Bila seorang ulama’ tak mampu mengamalkan ilmunya maka diibaratkan seperti lilin yang mampu menyinari orang lain tetapi dirinya binasa.
Begitu juga orang awam selagi masih mau belajar, bertanya akan persoalan yang ia hadapi maka akan ada solusi yang didapatkan sehingga hidupnya tambah terarah.
Hubungan ulama’ dan jamaahnya sangat erat tak bisa dilepaskan satu dan yang lainnya, orang awam membutuhkan petunjuk ulama’ begitu juga ilmu ulama’ akan banyak manfaatnya jika ia memiliki jama’ah atau santri, murid.
Masyarakat akan nyaman dan tenteram bila ada solidaritas yang tinggi antara si kaya harta yang mau memberikan sebagian hartanya untuk membantu orang yang kekurangan, begitu juga orang yang serba kekurangan memiliki kekuatan doa.
Sayangnya, saat ini banyak ketimpangan antara keduanya, berapa banyak orang yang memiliki apartemen dikota metropolitan tetapi sekitarnya masih ada yang tidur dikolong jembatan, banyak orang kaya tetapi masih banyak tetangganya yang kurang biaya, berapa banyak orang yang memiliki harta milyaran tetapi sekitarnya masih ada yang merintih kelaparan, betapa banyak orang yang memakai gelang seratus gram tetapi prilakunya sering bikin geram.
Maka dari itu, pentingnyanya memiliki jiwa sosial yang tinggi sehingga terbangun solidaritas yang tak membedakan kalangan bawah dan kalangan atas.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/selama-masih-empat-empat-golongan-ini-dunia-tidak-akan-hancur/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Allahuakbar Kami Masih Terkejut Chef Selebriti Adamidam Meninggal Dunia Akibat Jangkitan Paru Paru

Allahuakbar Kami Masih Terkejut Chef Selebriti Adamidam Meninggal Dunia Akibat Jangkitan Paru Paru

papar berkaitan - pada 19/5/2019 - jumlah : 762 hits
Allahuakbar Kami Masih Terkejut Chef Selebriti Adamidam Meninggal Dunia Akibat Jangkitan Paru Paru Pernah menjadi salah seorang peserta Hero Oven musim kedua terbitan TV3 Chef selebriti Chef Adam Mahamed Ismail atau lebih dikenali sebagai A...
15 Gambar Nostalgia Raya Atuk Nenek Zaman Dulu Sewaktu Gambar Masih Hitam Putih Dunia Tanpa Smartphone Canggih

15 Gambar Nostalgia Raya Atuk Nenek Zaman Dulu Sewaktu Gambar Masih Hitam Putih Dunia Tanpa Smartphone Canggih

papar berkaitan - pada 2/6/2019 - jumlah : 2857 hits
Pernah tak anak muda zaman sekarang terbayang bagaimanakah agaknya raya zaman dulu bagaimana atuk dan nenek mereka beraya Ketika dunia tanpa gajet canggih dengan nilai matawang sepuluh ringgit ibarat RM100 gambar masih lagi hitam putih Suat...
11 Gambar Yang Membuktikan Bahawa Kebahagiaan Masih Lagi Wujud Di Dunia Ini

11 Gambar Yang Membuktikan Bahawa Kebahagiaan Masih Lagi Wujud Di Dunia Ini

papar berkaitan - pada 4/6/2019 - jumlah : 277 hits
Lelaki yang sanggup melakukan perkara yang indah dan romantis untuk wanita masih lagi wujud di dunia ini Walaupun perkara yang dilakukan dianggap hanya perkara kecil tetapi ia mungkin bermakna untuk seseorang itu Berikut merupakan bukti bah...
Ini Jalan Tol Yang Masih Gratis Selama Mudik Lebaran 2019

Ini Jalan Tol Yang Masih Gratis Selama Mudik Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 1/6/2019 - jumlah : 255 hits
Kabar baiknya bagi pemudik jalan tol fungsional yang digunakan untuk mudik lebaran 2019 digratiskan
Sebelum Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Annisa Pohan Tulis Pesan Menyentuh

Sebelum Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Annisa Pohan Tulis Pesan Menyentuh

papar berkaitan - pada 2/6/2019 - jumlah : 220 hits
Sebelum Ani Yudhoyono meninggal dunia sang menantu Annisa Pohan menulis pesan menyentuh di instagram pribadinya
Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Presiden Dan Pm Singapura Ucapkan Belasungkawa

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Presiden Dan Pm Singapura Ucapkan Belasungkawa

papar berkaitan - pada 2/6/2019 - jumlah : 205 hits
Presiden Singapura Halimah Yacob mengirimkan ucapan belasungkawa pada Presiden Indonesia ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono usai sang istri Ani Yudhoyono meninggal dunia siang tadi Selain presiden Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong turut ...
Di Depan Raffi Ahmad Vicky Prasetyo Akui Nagita Slavina Istri Terbaik Di Dunia

Di Depan Raffi Ahmad Vicky Prasetyo Akui Nagita Slavina Istri Terbaik Di Dunia

papar berkaitan - pada 1/6/2019 - jumlah : 196 hits
Di depan Raffi Ahmad Vicky Prasetyo memberi pujian untuk Nagita Slavina Kata Vicky wanita yang akrab disapa Gigi ini merupakan istri terbaik di dunia
Neraka Dunia 2

Neraka Dunia 2

papar berkaitan - pada 1/6/2019 - jumlah : 330 hits
30 Mei 2019 Pertama kali aku rasa air mata ini jatuh bersama harapan Harapan yang semakin hari semakin punah Bukan kerana kehidupan ini makin tidak adil tetapi ia punah kerana sakitnya bila di khianati dan di label sedemikian Apakah kehidup...
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Pelepasan Cukai Sukan 2024 Senarai 103 Sukan Tersenarai

Pemilik Kereta Tertekan Hon Kerana Panik Polis

Cara Guna Cimb Dan Cara Check Status Loan Cimb



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Data Drives Dollars How Competitive Intelligence Optimizes Sales Marketing Roi

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

Cabaran Getir Menanti Ph Di Kkb

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

World Bank Report Says Malaysian Children Not Learning Enough In Schools

Zus Ice Watermelon Latte