Sebulan Sebelum Ramadan


Sebulan Sebelum Ramadan Bismillah walhamdulillah was sholaatu wassalam’ala Rasulillah wa ba’du.
Saat ini kita berada di permulaan bulan Sya’ban. Satu bulan sebelum tibanya bulan suci Ramadhan. Kesempatan untuk bersiap-siap, agar Ramadhan ini lebih bermakna.
Abu Bakar al Balkhi rahimahullah mengatakan,
شهر رجب شهر الزرع، وشهر شعبان شهر سقي الزرع، وشهر رمضان شهر حصاد الزرع
“Bulan Rajab adalah bulan Menanam, Bulan Sya’ban adalah bulan untuk mengairi tananam, sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan Memanen (pahala).”
Kita tak bisa bayangkan bagaimana khawatirnya seseorang saat besok sudah mulai Ujian Akhir Sekolah atau Ujian Akhir Semester (UAS) namun diri sama sekali belum siap. Bayangan-banyangan menakutkan menghantui, wajah pucat, tak bisa tidur, gelisah dll. Khawatir tidak lulus, khawatir mendapat nilai raport merah. Raport merah di bulan Ramadhan, lebih menakutkan dan lebih layak dikhawatirkan. Nabi ﷺ pernah mengingatkan,
رغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له ” ورغم أنف رجل أدرك عنده أبواه فلم يدخلاه الجنة
“Celaka seseorang yang mendapati bulan Ramadhan hingga berlalu tanpa diampuni dosanya. Dan celaka pula sesorang yang mendapati kedua orang tuanya (masih dalam keadaan hidup) tetapi tidak menjadikannya masuk ke dalam surga.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)
Oleh karenanya, kita perlu mempersiapkan diri matang-matang sebelum berjumpa ramadhan.
Perbanyak Ibadah di Bulan Sya’ban Ramadhan bukan lagi saatnya pemanasan merenggangkan otot.Tapi waktunya bertarung mencapai kemenangan. Sya’banlah kesempatan menyiapkan bekal untuk bertempur. Agar kita sukses di ramadhan ini. Siap-siap ilmu, siap-siap membiasakan diri untuk giat ibadah. Begitu berjumpa ramadhan, ilmu siap, ibadahpun sudah terbiasa giat.
Nabi mengingatkan kita untuk mengisi Sya’ban dengan banyak ibadah.
Dari Usamah bin Zaid, dia berkata, “Aku bertanya kepada Nabi, “Ya Rasulullah, aku tidak melihat engkau sering berpuasa dalam satu bulan kecuali di bulan Sya’ban?”
Beliau bersabda,
ذلك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان ، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين ، فأحب أن يرفع عملي وأنا صائم
“Ini adalah bulan yang banyak dilalaikan orang, terletak antara Rajab dan Ramadan. Padahal Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal kepada Tuhan yang mengatur semesta alam. Aku ingin, saat amalku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa.”
Sya’ban menjadi bulan yang dilalaikan, karena diapit dua bulan yang mulia, Rojab yang termasuk empat bulan suci (bulan haram), dan Ramadhan.Ternyata, kondisi ini justeru menjadikan bulan Sya’ban bulan yang istimewa. Dimana beribadah di bulan ini, bernilai sangat istimewa. Karena untuk bisa tetap semangat di waktu-waktu yang terabaikan, butuh perjuangan besar. Sehingga pahalanya pun besar.
Imam Ibnu Rojab Al-Hambali rahimahullah menjelaskan,
وفيه: دليل على استحباب عمارة أوقات غفلة الناس بالطاعة، وأن ذلك محبوب لله عز وجل، كما كان طائفة من السلف يستحبون إحياء ما نين العشائين بالصلاة، ويقولون : هي ساعة غفلة
Hadis ini dalil anjuran mengisi waktu yang sering diabaikan dengan amalan ibadah. Dan mengisi waktu yang diabaikan dengan aktivitas ibadah adalah dicintai oleh Allah ‘azza wajalla. Sebagaimana dilakukan oleh para ulama salaf dahulu, mereka mengisi antara Maghrib dan Isya dengan sholat sunah. Ketika ditanya alasan mereka menjawab, “Ini adalah waktu yang sering diabaikan manusia.” (Latho-iful Ma’arif hal. 251)
Dalil lainnya yang menunjukkan keutamaan ibadah di waktu yang dilalaikan, adalah hadis tentang tujuh golongan yang mendapat naungan Allah di hari kiamat, diantaranya adalah,
وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ
Pemuda yang tumbuh dalam ibadah…(HR. Bukhori)
Masa muda adalah masa yang panjang, sehingga seringkali dilalaikan untuk ibadah. Oleh karenanya Allah memberikan pahala istimewa untuk mereka yang berhasil berjuang mengisi masa mudanya untuk beribadah.
Maka Sya’ban, adalah bulan ibadah, yang ibadah di bulan ini juga berfungsi melatih diri untuk giat beribadah sebelum bertemu ramadhan.
Latihan Puasa Di Bulan Sya’ban Seperti yang diceritakan dalam hadis dari sahabat Usamah bin Zaid di atas, Nabi ﷺ banyak mengisi hari-hari di bulan Sya’ban dengan puasa. Yang tujuannya adalah, karena pada bulan ini amalan tahunan diangkat untuk dilaporkan kepada Allah Ta’ala.
Alasan lain adalah, untuk membiasakan diri puasa, sehingga begitu berjumpa Ramadhan, seorang dapat melakukan puasa secara sempurna sejak hari pertama. Karena dia sudah terlatih sejak jauh hari.
Ibnu Rajab rahimahullah menjelaskan,
قيل في صوم شعبان أن صيامه كالتمرين على صيام رمضان لئلا يدخل في صوم رمضان على مشقة وكلفة، بل يكون قد تمرن على الصيام واعتاده ووجد بصيام شعبان قبله حلاوة الصيام ولذته فيدخل في صيام رمضان بقوة ونشاط.
Ada ulama yang berpandangan, bahwa puasa Nabi ﷺ di bulan Sya’ban, bertujuan untuk latihan sebelum menjalani puasa ramadhan. Supaya berjumpa ramadhan tidak dengan rasa berat. Dia telah berlatih puasa dan dia telah merasakan kelezatan dan manisnya puasa Sya’ban di hatinya. Sehingga memasuki Ramadhan dengan penuh kekuatan dan semangat. (Dikutip dari: Nida’ ar Royyan 1/479)
Puasa hanyalah salahsatu dari berbagai kegiatan ibadah yang mewarnai bulan suci Ramadhan. Ada ibadah-ibadah lain yang diperintahkan untuk giat dikerjakan di bulan yang berkah itu, juga patut kita persiapkan. Seperti sedekah, qiyamul lail, tadarus Al Qur’an dll. Sehingga begitu berjumpa ramadhan, kita sudah ringan sedekah, ringan qiyamullail, ringan baca Qur’an. Karena sudah terbiasa.
Benar kata Allah ‘azza wa jalla,
وَتَزَوَّدُواْ فَإِنَّ خَيۡرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقۡوَىٰۖ
Berbekallah, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. (QS. Al-Baqarah : 197).
Sampai-sampai para Salafussholih dahulu mengatakan,
شهر شعبان شهر القراء
Bulan Sya’ban adalah bulan membaca Al Qur’an.
Habib bin Abi Tsabit rahimahullah, jika memasuki bulan Sya’ban beliau berkata
هذا شهر القرّاء
Ini adalah bulan membaca Al Qur’an.
Imam Amr bin Qais rahimahullah bila memasuki bulan Sya’ban, beliau menutup toko beliau (cuti dagang), kemudian beliau banyak mengisi hari-hari beliau dengan membaca Al-Qur’an.
Demikian, semoga nasehat ini bermanfaat untuk penulis dan pembaca sekalian.
Wallahua’lam bis showab.
***
Ditulis oleh Ustadz Ahmad Anshori
(Alumni Universitas Islam Madinah, Pengajar di PP Hamalatul Qur’an Yogyakarta)
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK KONFIRMASI DONASI hubungi: 087-738-394-989

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://konsultasisyariah.com/34692-sebulan-sebelum-ramadan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Informasi 11 Keluarga Sedih Dihalau Sebelum Ramadan

Informasi 11 Keluarga Sedih Dihalau Sebelum Ramadan

papar berkaitan - pada 17/4/2019 - jumlah : 288 hits
MOHD ZIN MUSTAFA 47 bersama sama ahli keluarga duduk di bawah flat Jalan Tasek 64 Seri Alam Pasir Gudang Johor selepas diarahkan keluar rumah oleh kerajaan negeri kerana tunggakan sewa tidak dibayar sejak 2015 UTUSAN ONLINEPASIR GUDANG 16 A...
Sebelum Debat Jokowi Ngaku Minum Temulawak Yang Disediakan Iriana

Sebelum Debat Jokowi Ngaku Minum Temulawak Yang Disediakan Iriana

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 212 hits
Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat keempat calon presiden yang akan berlangsung di Hotel Shangri La Jakarta Sabtu malam
Pra Eklampsia Amaran Bahaya Sebelum Dapat Sawan Ketika Hamil Ibu Hamil Selepas 20 Minggu Perlu Berhati Hati

Pra Eklampsia Amaran Bahaya Sebelum Dapat Sawan Ketika Hamil Ibu Hamil Selepas 20 Minggu Perlu Berhati Hati

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 307 hits
Pra eklampsia adalah keadaan yang disebabkan oleh kehamilan dan ianya berlaku pada trimester kedua kehamilan lazimnya selepas 20 minggu kehamilan Pra eklampsia berkaitan dengan tekanan darah yang tinggi bengkak yang berlaku secara tiba tiba...
Prabowo Salat Magrib Dan Doa Bersama Sebelum Debat Pilpres Keempat

Prabowo Salat Magrib Dan Doa Bersama Sebelum Debat Pilpres Keempat

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 232 hits
Wakil Ketua Umum Badan Pemenangan Nasional Prabowo Priyo Budi Santoso mengatakan capres Prabowo Subianto melakukan salat dan doa bersama sebelum melakukan debat Pilpres keempat Debat keempat nanti akan bertema ideologi pemerintahan keamanan...
Sekarang Baru Saya Sedar Kenapa Orang Bangun Sebelum Subuh Selalu Berjaya

Sekarang Baru Saya Sedar Kenapa Orang Bangun Sebelum Subuh Selalu Berjaya

papar berkaitan - pada 31/3/2019 - jumlah : 390 hits
Waktu subuh adalah waktu emas bagi kita Di waktu itu terdapat banyak manfaat serta kebaikan yang boleh diperolehi Umat islam juga amat digalakkan bangun sebelum waktu subuh untuk mengerjakan amalan seperti solat zikir dan baca al Quran Fadi...
Persediaan Sebelum Perkahwinan

Persediaan Sebelum Perkahwinan

papar berkaitan - pada 31/3/2019 - jumlah : 249 hits
Assalamualaikum Dan Salam SejahteraPersediaan Sebelum PerkahwinanPersediaan Sebelum Perkahwinan Apa yang penting dan perlu sebelum perkahwinan ada beberapa perkara yang anda perlu buat dan penting untuk menghadapi perkahwinan Ada beberapa p...
Ada Orang Salahguna Nama Gambar Saya Remaja Tampil Nafi Nak Miliki Iphone Sebelum Kiamat

Ada Orang Salahguna Nama Gambar Saya Remaja Tampil Nafi Nak Miliki Iphone Sebelum Kiamat

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 347 hits
Ada orang salahguna nama gambar saya Remaja tampil nafi nak miliki iPhone sebelum kiamatSusulan viral rakaman skrin perbualan seorang individu yang mahu memiliki iPhone sebelum kiamat pemilik gambar sebenar telah membuat laporan polis dan m...
Gambar Lt Adnan Sebelum Perang Meletus

Gambar Lt Adnan Sebelum Perang Meletus

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 2051 hits
Gambar pada 1937 Sebelum perang dunia kedua meletus Ketika ini Lt Adnan berpangkat CQMS Sebelah beliau merupakan Bintara Muda Mohamed Bin Haji Yunos Navy British berpangkalan di Singapura Mereka merupakan insan istimewa yang terpilih untuk ...
Simak 5 Untung Rugi Sebelum Memilih Beli Rumah Subsidi

Simak 5 Untung Rugi Sebelum Memilih Beli Rumah Subsidi

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 198 hits
Rumah subsidi memang bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan hunian Hal ini disebabkan karena harganya cukup murah syarat untuk mendapatkannya pun terbilang cukup mudah terutama bagi mereka Masyarakat Berpenghasilan Rendah Membeli rumah jen...
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Fahmi Fadzil Perlu Beri Penjelasan Bukan Beri Alasan

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Prof As Dakwa Tak Selamat Kunjungi Malaysia Selepas Sebar Propaganda Sokong Zionis



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Brauninhas House By Pablo Lanza Arquitetura In Itu Brazil

Banteras Isu 3r Manivanan Cadang 10 Langkah Percepat Siasatan Polis

Analysis Harapan S Uphill Battle To Defend Kuala Kubu Baharu

Kkb By Election Will Be A Confidence Vote For The Anwar Administration

Azmin Pledges To Tell All On May 11