Sd Dan Smp Di Bandung Dilarang Merayakan Valentine


Dinas Pendidikan Kota Bandung menerbitkan surat edaran yang melarang perayaan hari kasih sayang atau valentine day di semua sekolah SD dan SMP yang ada di wilayah tersebut, baik negeri maupun swasta.
“Iya betul, kami membuat surat edaran larangan merayakan valentine day. Surat itu dibuat dan disebarkan per 10 Februari 2020 ke sekolah-sekolah, dan larangan tersebut bukan yang pertama karena tahun kemarin (2019) ataupun sebelumnya (2018) Disdik Kota Bandung pun melakukan larangan tersebut,” tutur Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Cucu Saputra kepada Tagar di Bandung, Selasa, 11 Februari 2020.
Menurut Cucu, Dinas Pendidikan Kota Bandung mengeluarkan surat edaran tersebut tentu bukan tanpa alasan yang jelas. Tetapi, ada berbagai pertimbangan sehingga surat edaran itu harus dikeluarkan dan menjadi perhatian masyarakat yang berdomisili di Ibu Kota Jawa Barat itu.
Tak perlu dirayakan dengan seremonial di valentine day, kita juga sudah ada yang sesuai dengan nilai-nilai lokal (budaya Sunda).
Alasan pertama, didasari dari adanya imbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang menginstruksikan untuk melarang perayaan valentine day di sekolah-sekolah.
“Kami memang lebih awal mengeluarkan surat edaran larangan merayakan valentine day, karena biasanya surat imbauan larangan tersebut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ataupun Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat selalu terlambat. Maka, kami berinisiatif untuk membuatnya dengan alasan mengantisipasi lebih awal agar siswa-siswi tak merayakan hari kasih sayang,” kata Cucu.
Alasan kedua, valentine day dinilai tak sesuai dengan budaya sunda, apalagi agama Islam dan agama lainnya. Sehingga, Dinas Pendidikan Kota Bandung melarang perayaan hari valentine di semua sekolah tingkat SD dan SMP di Bandung.
Dia menilai perayaan valentine tidak memerlukan seremonial seperti yang ada di belahan dunia.
“Karena seharusnya kasih sayang itu diberikan setiap hari, seperti dalam falsafah orang Sunda yang harus silih asah (saling menajamkan pikiran), silih asih (saling mengasihi), silih asuh (saling mengasuh atau membimbing) kepada sesama. Jadi tak perlu dirayakan dengan seremonial di valentine day, kita juga sudah ada yang sesuai dengan nilai-nilai lokal (budaya Sunda),” ujarnya.
Dia mengkhawatirkan fenomena di masyarakat sekarang ini justru memiliki pandangan yang berbeda dalam mengartikan hari kasih sayang itu.
“Apalagi ada sebagian pemuda-pemudi yang merayakan valentine day dengan pesta seks dan minuman keras, itu sudah sangat salah. Makanya, kita ingin memberikan edukasi kepada mereka. Kalau valentine day itu tak sesuai dengan budaya kita,” ucap Cucu.
Dorong Siswa Melakukan Kegiatan Positif
Mengantisipasi adanya siswa dan siswi di SD ataupun SMP di Kota Bandung merayakan hari kasih sayang, Dinas Pendidikan Kota Bandung sudah menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah untuk melakukan kegiatan positif yang disukai siswa, termasuk memberikan sosialisasi soal valentine day yang tak sesuai dengan  budaya Sunda atau agama Islam.
“Valentine day nanti jatuh pada hari Jumat (14 Januari 2020). Tentu, kita akan lebih mengoptimalkan proses belajar dan mengajar pada hari itu, dan lebih banyak melibatkan siswa-siswi kedalam kegiatan yang lebih positif. Seperti di ekstrakulikuler-nya nanti akan diisi dengan kegiatan yang sesuai passion anak-anak,” tutur dia.
Kalaupun masih saja ditemukan siswa yang merayakan valentine day, menurut Cucu, pihaknya akan menginstruksikan kepala sekolah untuk memberikan arahan dan bimbingan yang bersifat edukasi kepada anak-anak.
“Mendidik itu tak melulu dengan sanksi, membimbing atau mengarahkan itu proses edukasi. Kami sudah meminta kepala sekolah agar lebih bersifat persuasi dibandingkan sanksi. Bagaimana pun juga memberikan suatu pengertian atau pemahaman yang betul mengenai valentine day lebih penting dibandingkan sanksi,” katanya.
Dengan arahan dan bimbingan itu dia meyakini seluruh siswa akan memahami hal tersebut dan bisa mengubah pandangannya terhadap hari valentine itu.
“Saya percaya, dengan begitu siswa-siswi akan paham valentine day memang tak sesuai dengan budaya Sunda, agama Islam dan agama lainnya,” ujar dia.
Sumber: tagar.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/sd-dan-smp-di-bandung-dilarang-merayakan-valentine/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tak Lagi Dilarang Begini Cara Warga Arab Saudi Rayakan Hari Valentine

Tak Lagi Dilarang Begini Cara Warga Arab Saudi Rayakan Hari Valentine

papar berkaitan - pada 13/2/2020 - jumlah : 18 hits
Sejak 2018 perayaan Hari Valentine di Arab Saudi tak lagi dilarang Begini cara warga Saudi merayakan Hari Kasih Sayang
Valentine S Day Bertentangan Dengan Ajaran Islam Zuraida

Valentine S Day Bertentangan Dengan Ajaran Islam Zuraida

papar berkaitan - pada 15/2/2020 - jumlah : 92 hits
Foto Ehsan GoggleOleh Syazwana M ZohirKUALA TERENGGANU 14 Februari Umat Islam dinasihatkan agar tidak meraikan Hari Kekasih kerana ia adalah haram dan bertentangan dengan ajaran Islam Ahli Dewan Undangan Negeri Wanita Zuraida Md Noor berkat...
Nichicon Workers Hold Valentine S Day Picket

Nichicon Workers Hold Valentine S Day Picket

papar berkaitan - pada 15/2/2020 - jumlah : 74 hits
Some 80 workers of the Electronic Industry Employees Union Western Region Peninsular Malaysia held a Valentine s Day picket outside Nichicon Malaysia s company headquarters in Bandar Baru Bangi Nichicon is a company specialising in electrol...
Sederhana Gisel Dan Wijin Rayakan Valentine Di Warung Pinggir Jalan

Sederhana Gisel Dan Wijin Rayakan Valentine Di Warung Pinggir Jalan

papar berkaitan - pada 15/2/2020 - jumlah : 6 hits
Lewat akun instagramnya mereka mengunggah potret romantis keduanya di hari kasih sayang Berbeda dari yang lain mereka memilih memeriahkan hari kasih sayang ini dengan makan di warung pinggir jalan bukan di resto yang mewah
Pedagang Bunga Di Arab Saudi Akui Penjualan Meningkat Saat Hari Valentine

Pedagang Bunga Di Arab Saudi Akui Penjualan Meningkat Saat Hari Valentine

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 42 hits
Sejak larangan merayakan Hari Valentine di Arab Saudi dicabut pedagang bunga mengaku penjualannya naik tahun ini
Pemkot Depok Larang Perayaan Valentine Karena Bertentangan Dengan Norma Agama

Pemkot Depok Larang Perayaan Valentine Karena Bertentangan Dengan Norma Agama

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 39 hits
Dinas Pendidikan Kota Depok melarang perayaan hari Valentine Larangan tersebut ditulis dalam surat edaran dengan nomor 42I 937 ll Peb SMP 2020 yang dituju ke kepala sekolah SD SMP dan pelajar se Depok
10 Couples In Sibu Tie The Knot In Mass Wedding On Valentine S Day

10 Couples In Sibu Tie The Knot In Mass Wedding On Valentine S Day

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 84 hits
Aaron gives his wife Mei Mei a kiss after the marriage ceremony SIBU Tying the knot on Valentine 8217 s Day is a dream come true for every romantic couple and such was the case for Aaron Wong Suo Jie and Hii Mei Mei Aaron 28 years old said
Langkah Pujuk Syed Saddiq Gagal

20 Keburukan Kunyit Jika Diambil Secara Berlebihan

Kami Pegang Prinsip Demokrasi Kata Ph Johor Selepas Amaran Sultan Bubar Dun

Telefilem Madu Tv Okey 146

Dr Mahathir Kerajaan Pakatan Pilihan Rakyat Yang Sah

Penduduk Kumpul Duit Kerah Keringat Baiki Jambatan Temalir

Parti Liar Budak Sekolah Kena Gempur

Tengah Mabuk Kuasa Tetiba Terencat



Mimi Lana Dedah Punca Putus Cinta Dengan Syafiq Kyle

Info Dan Sinopsis Filem Ada Apa Dengan Dosa

Kontroversi Kematian Jimi Hendrix Kemalangan Bunuh Diri Atau Dibunuh

5 Nama Band Popular Yang Diinspirasikan Oleh Sejarah Dan Kisah Benar

5 Kes Polis Amerika Syarikat Membunuh Individu OKU dan Bawah Umur


Selepas Vagabond Lee Seunggi Bakal Berlakon Dalam Drama Mengenai Psychopath

Ungkap Kisah Keluarga Seperti Orang Asing Penonton Puji Plot Realistik My Unfamiliar Family

Bersatu Perak Umum Keluar Ph

Egg Stra Padu Salted Egg Istimewa Dari Marrybrown

Malaysia Dilihat Semakin Menghampiri Situasi Bebas Covid 19

Kerajaan Johor Stabil Di Bawah Naungan Sultan Ibrahim Hasanuddin