Sabar Tidak Hanya Saat Ditimpa Musibah Dalam Kondisi Mendapatkan Nikmat Juga Dianjurkan Untuk Bersabar



Kapan kita ingat harus bisa memiliki sifat sabar? Mungkin, paling sering ada saat terkena musibah. Musibah tersebut adalah taqdir Allah sudah tak bisa kita tolak.
Misalnya, kehilangan sepeda montor. Ringkasnya, saat kita sudah tidak bisa melakukan apa-apa itulah saat dimana kita harus sabar.



Tapi benarkah sifat sabar sebaiknya dimiliki hanya pada waktu ada musibah? Saat semua keinginan dapat terpenuhi perlukah kita memiliki sifat sabar? Dan sabar atas apa?
“Ketahuilah bahwa seluruh apa yang ditaqdirkan pada seorang hamba dalam hidupnya tidak lepas dari dua macam: yang sesuai dengan keinginannnya, dan yang tidak sesuai bahkan ia benci. Kedua-duanya memerlukan sifat sabar. Dalam segala keadaanya, seorang hamba tidak bisa lepas dari dua macam hal ini. Sehingga hamba tersebut tidak bisa lepas dari sifat sabar” begitulah ungkap Al-Ghazali.
Sehingga sabar mutlak terus menerus harus dimiliki. Lalu kalau yang ada di hadapan kita semuanya sudah sesuai dengan keinginan, apa yang perlu kita sikapi dengan sabar?
Al-Ghazali mencontohkan hal-hal yang sesuai keinginan manusia dengan bentuk diberi kesehatan, diberi keselamatan, memiliki harta banyak, memiliki pangkat tinggi, memiliki banyak pendukung, punya banyak hal yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal yang diinginkan, dan banyak lagi kenikmatan dunia.
Semua hal ini sebenarnya menuntut disikapi dengan sifat sabar. Sabar yang seperti apa?



Sabar dengan menahan diri agar tidak semaunya sendiri, menuruti keinginan sesaat yang berakibat berlebihan dalam menggunakan sesuatu.
Semaunya sendiri dan menuruti keinginan sesaat dapat diartikan tidak memenuhi perintah atau larangan Allah dalam nikmat yang ia berikan.
Sebab segala sesuatu memiliki hak yang harus dipenuhi. Seperti haknya harta adalah zakat dan infaq, sedang haknya perut adalah tidak diisi berlebihan sehingga membahayakan kesehatan tubuh.
Inilah yang menurut al-Ghazali disebut dengan istilah fitnah harta, pasangan (suami/istri) dan anak dalam surat al-Munafiqun ayat 9:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah harta serta anak-anak kalian membuat lupa akan Allah”
Dan surat at-Taghabun ayat 14:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ “Sesungguhnya dalam pasangan serta anak-anak kalian ada musuh. Maka berhati-hatilah dengan mereka”
Seorang lelaki yang memiliki keislaman sempurna menurut al-Ghazali adalah lelaki yang bersabar atau dapat menahan diri dari kesejahteraan yang sempurna.
Arti dari kesabaran tersebut adalah tidak terlalu menginginkan, dapat mengontrol diri saat diberi, menjaga hak-haknya Allah dalam hartanya dengan infaq, dalam badannya dengan menolong sesame, dalam lisan dengan berkata jujur dan semacam itu dalam nikmat-nikmat Allah yang lain.
Kesabaran atas nikmat yang diberikan, menurut al-Ghazali, bertalian erat dengan sikap syukur. Dan sabar jenis ini lebih berat dari sabar sebab tidak terpenuhinya keinginan.
Karena sabar jenis ini disertai kemampuan yang mudah dilakukan untuk melanggarnya. Al-Ghazali mencontohkan, seorang yang sedang kelaparan saat ketiadaan makanan, akan lebih mudah bersabar dari seorang yang sedang kelaparan sementara di sisinya ada makanan lezat, yang bisa ia nikmati.
Sumber: islami.co



The post Sabar Tidak Hanya Saat Ditimpa Musibah, Dalam Kondisi Mendapatkan Nikmat Juga Dianjurkan Untuk Bersabar appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/02/26/sabar-tidak-hanya-saat-ditimpa-musibah-dalam-kondisi-mendapatkan-nikmat-juga-dianjurkan-untuk-bersabar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Air Mata Kapolresta Balikpapan Tak Bisa Ditahan Saat Jenguk Kondisi 6 Bocah Yatim Piatu

Air Mata Kapolresta Balikpapan Tak Bisa Ditahan Saat Jenguk Kondisi 6 Bocah Yatim Piatu

papar berkaitan - pada 27/2/2020 - jumlah : 284 hits
Jenguk 6 bocah yatim piatu Kapolresta Balikpapan dan istri tak kuasa menahan air mata Sebagai aparat penegak hukum pada instansi kepolisian tentu saja yang muncul di benak masyarakat adalah berperawakan tegas dan juga berwibawa Terlebih lag...
Tips Aman Membuka Tutup Radiator Saat Kondisi Mesin Panas

Tips Aman Membuka Tutup Radiator Saat Kondisi Mesin Panas

papar berkaitan - pada 2/3/2020 - jumlah : 240 hits
Dalam perjalanan mesin overheat mungkin saja bisa terjadi pada mobil anda terlebih jika perawatan pada sistem pendingin mobil tidak dilakukan dengan baik Ketika overheat langkah umum yang sering dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi rad...
Suka Duka Para Pejuang Jarak Saat Naik Bus Ternyata Kenangan Nggak Hanya Tercipta Lewat Pesawat

Suka Duka Para Pejuang Jarak Saat Naik Bus Ternyata Kenangan Nggak Hanya Tercipta Lewat Pesawat

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 236 hits
Sobat bus mania pasti sering banget ngalamin hal hal kayak gini sewaktu naik kendaraan umum yang satu ini
Resep Sop Ceker Empuk Nikmat Diseruput Saat Musim Hujan

Resep Sop Ceker Empuk Nikmat Diseruput Saat Musim Hujan

papar berkaitan - pada 18/2/2020 - jumlah : 129 hits
Resep sop ceker yang empuk gurih dan tidak amis Enak diseruput saat cuaca dingin
10 Kalimat Yang Muncul Di Pikiran Cewek Saat Cowoknya Sulit Dihubungi Mau Santai Tapi Gimana

10 Kalimat Yang Muncul Di Pikiran Cewek Saat Cowoknya Sulit Dihubungi Mau Santai Tapi Gimana

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 316 hits
Penginnya sih santai aja tapi woi ini udah 5 jam 17 menit 30 detik dia nggak balas balas chat Beneran sibuk apa sok sibuk sih
5 Perawatan Kecantikan Yang Berisiko Ketika Dilakukan Saat Hamil

5 Perawatan Kecantikan Yang Berisiko Ketika Dilakukan Saat Hamil

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 188 hits
Keinginan untuk tetap terlihat menarik ini sebenarnya bukanlah hal yang buruk Hanya saja kadang upaya yang dilakukan kurang elok sehingga bisa berdampak buruk
Lakukan Hal Ini Saat Kamu Merasa Sedih Dan Putus Asa Tapi Nggak Tahu Apa Sebabnya

Lakukan Hal Ini Saat Kamu Merasa Sedih Dan Putus Asa Tapi Nggak Tahu Apa Sebabnya

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 220 hits
Kesedihan dan hasrat ingin menangis itu seperti hantu Datang tiba tiba tanpa ada pemicu yang jelas Atau setidaknya pemicunya nggak kamu pahami
5 Aksi Kocak Warga Saat Terkena Banjir Cuma Ada Di Indonesia

5 Aksi Kocak Warga Saat Terkena Banjir Cuma Ada Di Indonesia

papar berkaitan - pada 24/2/2020 - jumlah : 190 hits
Beberapa warga yang terdampak banjir justru memanfaatkan banjir untuk melakukan hal hal yang membuat geleng geleng kepala Berikut ini beberapa hal nyeleneh yang dilakukan warga yang dilanda banjir
Mahasiswi Uns Calon Dokter Muda Meninggal Bukan Karena Kelelahan Saat Koas

Mahasiswi Uns Calon Dokter Muda Meninggal Bukan Karena Kelelahan Saat Koas

papar berkaitan - pada 24/2/2020 - jumlah : 272 hits
Irma Jovita mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta menghembuskan napas terakhirnya ketika gelar dokter hampir diraihnya Kabar kematian Irma sempat simpang siur di sosial media
Dapat Suami Tak Banyak Cakap Menyesal Kahwin Dulu Tak Ikut Cakap Mak Stres Aku

Penerangan Akaun 3 Kwsp Syarat Dan Cara Keluar Duit Kwsp Akaun 3

How The Kkb By Election Might Itself Trigger Of More By Elections

Box Bag Crochet

Has Pn Behaved Ungentlemanly By Wanting To File A Petition After Its Face Losing Defeat In Kkb S By Election

E Kyc Syarat Pengeluaran Kwsp Rm250 Ke Atas Bagi Akaun 3

Dah Jumpa Sebab Kalah Pn Kata Sebab Pengundi Luar

Rumah Terbuka Tc Metal Care



Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka


Tambahkan Selera Warga Emas

Jasa Pendaftaran Brand Membantu Anda Membangun Dan Memperkuat Identitas Brand Anda

Kembar Sado

Restu Dan Ku Chord

Peganglah Erat Erat Sahabat Solehmu

Beli Sarapan Di Umie Harmony