Ruang Lingkup Usaha Tenun Tradisional


Sekarang kami akan jelaskan tentang ruang lingkup usaha tenun tradisional. Bisnis tenun tradisional merupakan salah satu penghasil karya seni turun temurun yang punya nilai ekonomi dan nilai budaya. Bidang bisnis tenun tradisional dianggap cukup menjanjikan dalam meningkatkan kesejahteraan pengrajin dan sekaligus pendapatan daerah.

Definisi Tenun Oleh sebab itu kelestarian industri atau usaha tenun tradisional harus dijaga seiring dengan perkembangan dunia fashion dan peningkatan permintaan konsumen. Dengan demikian, pengertian mendasar tentang tenun tradisional sangatlah dibutuhkan. Baik bagi pemula ataupun para pengusaha dalam tahap pengembangan sebagai sarana menjalankan usaha ini secara terarah.
Tenun atau kegiatan menenun merupakan teknik membuat kain dengan cara menyilangkan atau menganyam 2 kelompok benang yang saling tegak lurus. Sehingga membentuk anyaman benang dengan konstruksi tertentu. Definisi lain menyatakan tenun ialah proses menyilangkan 2 kelompok benang yang dirapatkan jadi kain dengan memakai tenaga manusia.
2 kelompok benang tersebut yaitu kelompok benang yang membentuk :
panjang kain atau benang lusi, dan lebar kain atau benang pakan. Tenun adalah membuat kain. Kain ialah lembaran tenunan yang biasanya merupakan bahan pakaian atau bahan kebutuhan rumah tangga. Yang dalam bahasa sekarang sering disebut tekstil. Tenun tradisional adalah kain yang dibuat secara turun temurun sebagai tradisi atau adat dari sebuah etnis. Kain tersebut hasil kerajinan tangan dengan memakai berbagai alat berbahan dasar kayu, yang bersifat mekanis dan bertenaga manusia. Alat tersebut lazim disebut dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).
“Tradisional” diartikan sebagai pengetahuan yang dipunyai dan dipakai oleh suatu kelompok masyarakat dan sifatnya turun temurun. Tapi terus berkembang dari segi kualitas bahan, keindahan tata warna, corak ataupun motif. Sampai sekarang kain tenun tradisional terus berkembang. Terlebih lagi berkat maraknya tenun adat yang digunakan untuk upacara adat.
Ruang Lingkup Usaha Tenun Tradisional Definisi usaha tenun tradisional dibatasi berdasarkan
alat yang dipakai, bahan baku utama dalam pembuatan kain, proses produksi, dan produk yang dihasilkan. Selanjutnya, batasan ruang lingkup dipakai dalam menentukan, menjelaskan, dan memberikan pedoman mengenai usaha atau industri tenun tradisional. Sehingga bisa dibedakan secara jelas dengan usaha tenun yang bukan tradisional (bertumpu pada alat mesin).
Usaha tenun tradisional adalah karya intelektual suatu kelompok masyarakat yang terus dijaga. Dan juga dipelihara secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dengan demikian, tiap kelompok masyarakat punya pengetahuan tradisional yang bersifat kolektif dan komunal. Sehingga akan terjaga secara terus menerus.
a. Alat tenun bukan mesin (ATBM) Dalam membuat kain tenun untuk usaha tenun tradisional digunakan alat tenun bukan mesin. Alat ini dikenal dengan istilah “Gendong” (seolah “digendong”) dan setiap daerah punya istilahnya masing-masing. Ciri khas alat ini adalah dilengkapi dengan “epor” yakni semacam sandaran ketika menenun. Dan diletakkan di belakang pinggang sehingga seolah digendong.
Ketika penenun menekan benang pakan dengan alat yang dinamakan “liro”. Liro adalah alat untuk merapatkan benang pakan yang digerakkan dengan tangan dan terdengar bunyi “dong” atau “dog”. Sehingga alat tenun ini seringkali dinamakan “gedog”.
Alat tenun “gedog” akhirnya berkembang jadi alat tenun “tejak” dengan rangka yang lebih banyak daripada alat tenun “gedog”. Rangka tersebut digunakan sebagai penopang ketika alat ini dioperasikan. Di mana posisi penenun duduk sambil menggerakkan tangan dan kaki secara sinergis. Alat tenun “tejak” yang berkembang menjadi ATBM. ATBM adalah alat warisan Belanda yang disebarluaskan oleh Textile Inrichting Bandung (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung).
Tiap daerah memiliki nama masing-masing untuk alat tenun tradisional ini. Sebagai contoh di Jawa dikenal alat tenun “gendong” atau “gedog ”, dan di Sulawesi dikenal nama “walidah”. Pada prinsipnya alat tenun tradisional bersifat padat karya yakni bergantung pada tenaga kerja manusia. Sehingga tingkat keberhasilan proses produksinya sangat ditentukan oleh kualitas ketrampilan dan kecepatan kerja sumber daya manusianya.
b. Bahan baku tenun tradisional Ketika usaha tenun tradisional yang tidak kalah penting adalah bahannya. Bahan dasar kain tenun yaitu benang yang terbuat dari serat, baik serat alam ataupun serat buatan. Serat alam berasal dari tumbuhan (contohnya rami, kapas, eceng gondok, nenas, dll) dan binatang (tak berkembang karena isu lingkungan). Benang jadi bahan baku pembuatan kain tenun. Sehingga kualitas kain tenun yang dihasilkan sangat ditentukan oleh kualitas dari benang tersebut.
Kondisi benang menentukan konstruksi kain yang dihasilkan. Benang dengan nomor besar menandakan berdiameter kecil begitu juga sebaliknya. Makin kecil diameter benang maka makin baik rajutan atau anyaman tersebut yang dihasilkan dan akhirnya mempengaruhi kontruksi kain tenun. Konstruksi kain tenun yang diinginkan jadi dasar penentuan terhadap :
tingkat kehalusan dan kerapatan benang, alat tenun, proses yang harus dijalankan, efisiensi biaya produksi, dan efektifitas metode kerjanya. Teknik membuat kain tenun diilhami oleh prinsip sederhana. Yakni menggabungkan benang secara melintang dan memanjang atau menyilangkan benang pakan dan lusi secara bergantian. Prinsip tersebut melahirkan berbagai inovasi motif, corak atau bentuk gambar pada lembaran kain yang diacu oleh pengrajin ketika menenun.
c. Proses produksi Salah satu ciru usaha tenun tradisional yaitu proses produksi yang dilaksanakan pada skala rumah tangga. Sehingga dijumpai beberapa keterbatasan seperti
permodalan, ketersediaan peralatan dan ruang produksi, tingkat penggajian tenaga kerja, dan perkembangan kreasi yang relatif lambat. Tapi demikian, seni menenun ini adalah warisan budaya yang ditekuni secara terus menerus. Dan berkaitan erat dengan
sistem pengetahuan, budaya, kepercayaan, lingkungan alam, dan sistem organisasi sosial dalam masyarakat. Sehingga mencerminkan adat istiadat masyarakat setempat.
Proses produksi tenun pada skala rumah tangga terkadang mengalami pasang surut. Sebab keadaan ekonomi dan pembinaan yang belum terarah. Sarana dan prasarana yang serba terbatas adalah ciri khas industri rumah tangga. Tentu saja di sini peran pemerintah sangat dibutuhkan sebagai pemberi fasilitas permodalan dan pembinaan. Terlebih jika bisa diangkat sebagai produk unggulan setempat yang bernilai seni dan memiliki keunikan tersendiri.
d. Hasil kain tenun (produk) Kain hasil usaha tenun tradisional dengan menggunakan alat tenun bukan mesin memiliki kekhasan sesuai dengan daerah masing-masing. Secara umum kain tenun tradisional terbagi jadi tenun ikat dan songket. Perbedaan keduanya terletak pada bahan utama atau jenis benang yang dipakai dan teknik pembuatan kain tersebut.
Istilah “ikat” punya makna membentuk ragam hias dengan mengikat bagian-bagian benang. Sedangkan “songket” berkembang setelah tenun ikat, dengan spesifikasi penambahan benang dan pakan dengan cara dicukit atau disongket. Penambahan benang ini seperti emas, perak atau sutera pada benang lusi.

Sekian info berkaitan dengan ruang lingkup usaha tenun tradisional, semoga post ini mencerahkan sahabat semua. Mohon post bisnis kreatif ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.
Referensi: Menjadi Pebisnis Sukses


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bisnisid.com/ruang-lingkup-usaha-tenun-tradisional/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Usaha Kejayaan Dan Kekayaan

Usaha Kejayaan Dan Kekayaan

papar berkaitan - pada 20/6/2021 - jumlah : 237 hits
Saya nak kongsikan sesuatu yang menarik tentang Usaha dan Kejayaan dan Kekayaan Betapa hebatnya Allah Ya Adl Yang Maha Adil ni Allah akan berikan kepada sesiapa sahaja kejayaan dan kekayaan kepada mereka yang nak dengan disusuli usaha googl...
Temui Nelayan Lampung Zulkifli Hasan Dan Erick Thohir Beri Solusi Modal Usaha

Temui Nelayan Lampung Zulkifli Hasan Dan Erick Thohir Beri Solusi Modal Usaha

papar berkaitan - pada 20/6/2021 - jumlah : 166 hits
Zulhas dan Erick mendengarkan keluh kesah masyarakat dalam acara temu nelayan di Pasar Ikan Rangi Tritunggal Ketibung Lampung Selatan Sabtu 19 Juni 2021 Mulai dari persoalan modal usaha hingga bantuan kapal dan genset
Harga Sawit Tinggi Bukan Usaha Kerajaan Perikatan Nasional Pun

Harga Sawit Tinggi Bukan Usaha Kerajaan Perikatan Nasional Pun

papar berkaitan - pada 19/6/2021 - jumlah : 255 hits
TIDAK timbul persoalan sama ada pekebun kecil perlu menyokong Perdana Menteri Muhyiddin Yassin atas kenaikan harga belian sawit pada masa ini kata warga tani tersebut Pekebun ini memberitahu kenaikan harga itu tidak dilakukan kerajaan keran...
Asmuni Setuju Usaha Kerajaan Negeri Sembah Maklum Cadangan Tarikh Sidang Dun Kepada Sultan Perak

Asmuni Setuju Usaha Kerajaan Negeri Sembah Maklum Cadangan Tarikh Sidang Dun Kepada Sultan Perak

papar berkaitan - pada 21/6/2021 - jumlah : 229 hits
June 20 2021 Saya dan pimpinan AMANAH Perak amat bersetuju usaha Kerajaan negeri menyembah maklum kepada Sultan Perak Sultan Nazrin Muizzuddin Shah bagi mendapatkan perkenan memanggil Sidang Dewan Undangan Negeri Perak dengan seberapa seger...
Usaha Bukan Sekadar Usaha

Usaha Bukan Sekadar Usaha

papar berkaitan - pada 21/6/2021 - jumlah : 162 hits
Assalammualaikum wbtUSAHA BUKAN SEKADAR USAHAAla cuma usaha je Sila perbetulkan Dalam usaha itu ada pengorbanan ada doa yang tidak berhenti henti ada pengharapan dan ada tawakkal Usaha Bukan Sekadar UsahaTidak semua orang mahu dan suka sert...
Masing Masing Lari Takut Lipas Bergurau Kenakan Anak Anak Dato Fazley Usaha Bonding Dengan Anak

Masing Masing Lari Takut Lipas Bergurau Kenakan Anak Anak Dato Fazley Usaha Bonding Dengan Anak

papar berkaitan - pada 2/7/2021 - jumlah : 206 hits
Di musim PKP ini selain kita yang buntu berada di rumah anak anak juga turut terkesan emosi mereka Disebabkan tidak dapat berjumpa dengan kawan kawan Dato Fazley Yaakob berusaha untuk menghiburkan anak anaknya di rumah bagi mengelakkan kebo...
47 Tempat Usaha Di Jakpus Ditutup Akibat Langgar Ppkm Mikro

47 Tempat Usaha Di Jakpus Ditutup Akibat Langgar Ppkm Mikro

papar berkaitan - pada 27/6/2021 - jumlah : 241 hits
Bernard merinci dari 47 tempat usaha itu 31 tempat di antaranya ditutup selama 1x24 jam sedangkan lainnya tutup selama 3x24 jam
Kasus Covid 19 Melonjak Kegiatan Usaha Di Bekasi Dibatasi Sampai Jam 20 00

Kasus Covid 19 Melonjak Kegiatan Usaha Di Bekasi Dibatasi Sampai Jam 20 00

papar berkaitan - pada 26/6/2021 - jumlah : 234 hits
Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat membatasi aktivitas warganya di malam hari hanya sampai pukul 20 00 WIB pada sektor jasa usaha dan perdagangan di area publik Hal ini dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus corona di lingkungan masy...
Economists Tout Entrepreneurship As Panacea For Poverty

Teroka Pemikiran Baharu Bina Ekosistem Teknologi Ai

Maksud All Eyes On Rafah

Majlis Rumah Terbuka Koperasi Norras Berhad

Savour Malaysia Tour Packages Provided By Malaysian Aviation Group

3 Top Rated Things To Do In Jakarta

Jengah Kebun Melihat Tanaman

Vivo Unveils The Perfect Night Party 2024 At Zepp Kuala Lumpur



Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra


Penjawat Awam Ditahan Salah Guna Jawatan Luluskan Rm12 000 Untuk Kegunaan Diri

Berkait Rasuah Di Perlis Sprm Cadangkan Seorang Suspek Didakwa

Beware Misplaced Trust In Pseudo Intellectuals

Menu Tengahari Sup Ayam Ala Thai Kobis Goreng

Undang Luak Rembau Selamat Dikebumikan

Siri Oppo Reno12 Akan Dilancarkan Di China Pada 23 Mei