Rancangan Resolusi Dewan Keamanan Pbb Tekankan Kepentingan Palestina


JAKARTA – Rancangan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang mengkritisi proposal perdamaian Palestina-Israel yang digagas AS, masih akan dipertimbangkan Palestina.

Indonesia bersama Tunisia yang mengusung rancangan resolusi tersebut, atas permintaan Palestina, menyatakan pertimbangan utama tentu berasal dari Palestina sebagai pihak yang berkepentingan langsung, karena hal itu menyangkut kelangsungan hidup rakyat Palestina.

“Jadi intinya pihak Palestina masih memerlukan waktu untuk konsultasi lebih jauh lagi. Ini bukan dokumen yang sudah dibahas atau di-voting atau untuk diambil keputusan,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Dian Triansyah Djani melalui sambungan telepon kepada Antara, Rabu (12/2).
Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Dian Triansyah Djani berbicara dalam pertemuan khusus Dewan Keamanan PBB tentang situasi Timur Tengah termasuk Palestina, di New York, AS, Selasa (11/2/2020). (Foto: PTRI New York)
Ia menegaskan rancangan resolusi tersebut belum diajukan sebagai dokumen resmi DK PBB, Dubes Trian menyatakan resolusi itu menekankan pada perlunya penerapan solusi dua negara (two-state solution) yang didasari parameter internasional dalam penyelesaian konflik Palestina-Israel.

Karena itu, pembahasan menyangkut upaya perdamaian harus didasarkan pada Resolusi DK PBB antara lain Resolusi 2334 dan Resolusi 242.

“(Rancangan resolusi ini) berdasarkan keinginan Palestina, karena it is their cause. Kita harus menghormati apa pun pertimbangan yang dilakukan pihak Palestina,” kata Dubes Trian.

Merujuk pada Resolusi 2334, rancangan Resolusi DK PBB yang diedarkan oleh Indonesia dan Tunisia secara implisit akan menolak rencana Presiden AS Donald Trump termasuk aneksasi Israel atas permukiman di Tepi Barat, Palestina.

Dalam proposal perdamaian Palestina-Israel yang diumumkan pada 28 Januari 2020, Trump menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel yang tidak dapat terbagi. Sementara Palestina akan diberi hak untuk mengelola Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya kelak.

Melalui proposal yang disebutnya sebagai “Kesepakatan Abad Ini”, Trump juga berjanji akan menggalang dana investasi internasional sebesar 50 miliar dolar AS (sekitar Rp682 triliun) untuk membangun negara Palestina baru.

Proposal Trump itu disambut baik oleh Israel, namun ditolak keras oleh Palestina hingga memicu demonstrasi besar di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Berbicara dalam pertemuan khusus DK PBB yang diprakarsai Indonesia dan Tunisia, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut negara yang ditandai sebagai Palestina dalam salinan peta yang dibuat AS dalam proposalnya tampak seperti potongan “keju Swiss”.

Abbas mendesak Trump untuk menghapus rencana itu dan mengupayakan kembalinya negosiasi berdasarkan resolusi PBB yang menyeru pada solusi dua negara berdasarkan garis perbatasan pra-1967.

“AS tidak bisa menjadi satu-satunya mediator,” katanya, menolak peran tradisional AS dalam menjadi perantara untuk mengakhiri konflik dan menyerukan konferensi internasional, demikian laporan Reuters.

Presiden Mahmoud Abbas juga mengatakan “situasi bisa meledak setiap saat. ... Kami butuh harapan. Tolong jangan mengambil harapan ini dari kami.” (Ant)

Sumber: http://www.satuharapan.com/read-detail/read/rancangan-resolusi-dk-pbb-tekankan-kepentingan-palestina

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/02/rancangan-resolusi-dewan-keamanan-pbb.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jokowi Ma Ruf Hadiri Pelantikan Yusril Jadi Ketum Pbb Lagi

Jokowi Ma Ruf Hadiri Pelantikan Yusril Jadi Ketum Pbb Lagi

papar berkaitan - pada 7/2/2020 - jumlah : 174 hits
Acara dibuka pukul 19 17 WIB usai kedua pimpinan negara tersebut hadir diikuti lagu kebangsaan Indonesia Raya Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti juga tampak hadir
Yusril Di Depan Jokowi Sampai Saat Ini Belum Ada Wakil Pbb Di Pemerintahan

Yusril Di Depan Jokowi Sampai Saat Ini Belum Ada Wakil Pbb Di Pemerintahan

papar berkaitan - pada 7/2/2020 - jumlah : 124 hits
Namun demikian Yusril berpandangan ada atau tidaknya perwakilan PBB di dalam kekuasaan pemerintahan bukanlah masalah penting Menurut dia di mana pun berada PBB akan menyumbang pikiran dan tenaga bagi kemaslahatan bangsa dan negara
Jokowi Pamerkan Konsep Ibu Kota Baru Ke Pengurus Dpp Pbb

Jokowi Pamerkan Konsep Ibu Kota Baru Ke Pengurus Dpp Pbb

papar berkaitan - pada 7/2/2020 - jumlah : 172 hits
Indonesia sejak zaman Presiden Soekarno telah merencanakan untuk memindahkan ibu kota Waktu itu presiden pertama RI itu ingin memindahkan ibu kota ke Palangkaraya
Cara Pbb Melayan Pelarian Perang Beragama Islam Sekadar Propaganda 9740

Cara Pbb Melayan Pelarian Perang Beragama Islam Sekadar Propaganda 9740

papar berkaitan - pada 16/2/2020 - jumlah : 386 hits
SEPTEMBER 23 2010 BY 1 Bulan Ramadhan sudah berlalu dan sekarang Syawal saya tiba tiba teringat untuk menulis pengalaman saya berada di Afghanistan Pakistan dan kebetulan pula kenalan saya SniperGunung akan pergi ke Afghanistan tidak lama l...
Wacana Pemulangan Wni Eks Isis Kemenag Nilai Ada Potensi Ancaman Keamanan

Wacana Pemulangan Wni Eks Isis Kemenag Nilai Ada Potensi Ancaman Keamanan

papar berkaitan - pada 6/2/2020 - jumlah : 163 hits
Kementerian Agama menilai perlu ada kajian lebih mendalam atas rencana pemulangan WNI eks ISIS Sebab ada potensi ancaman keamanan
Pasukan Keamanan Thailand Tembak Tentara Pelaku Penembakan Massal

Pasukan Keamanan Thailand Tembak Tentara Pelaku Penembakan Massal

papar berkaitan - pada 9/2/2020 - jumlah : 97 hits
Pasukan Keamanan Thailand menembak mati tentara pelaku penembakan massal di kota Nakhon Ratchasima Thailand pada Minggu pagi
Demi Keamanan Lucinta Luna Ditahan Di Sel Khusus Wanita Dan Sendirian

Demi Keamanan Lucinta Luna Ditahan Di Sel Khusus Wanita Dan Sendirian

papar berkaitan - pada 12/2/2020 - jumlah : 242 hits
Bernabas mengatakan Lucinta diketahui akan ditahan selama 20 hari ke depan atas dugaan penyalahgunaan narkoba Menurut Barnabas Lucinta ditahan seorang diri di ruangan khusus di blok perempuan untuk keamanan Lucinta
Splash Out Langkawi Awarded Gold Rating By Malaysia Tourism Quality Assurance

Lahirkan Generasi Fasih Digital Kpm Mahu Guru Jauhari Digital Jadi Pembimbing

Plaza Premium Group Kembangkan Jenama Restoran Flight Club Di Terminal 1 Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur

Samsung Knox Vault Ciri Keselamatan Wajib Untuk Semua Pemilik Telefon Pintar

Duit Syiling Peringatan 50 Tahun Lembaga Pertubuhan Peladang

Menjelajah Kediaman Tepi Tasik Bayu Sutera Bercirikan Smart Home Di Seremban

Shell Bakal Jual Stesen Minyak Malaysia Kepada Saudi Aramco Kata Laporan

Lelaki Cina Pun Boleh Terpikat Iklan Perfume Dikecam Guna Model Wanita Jadi Umpan Tarik Perhatian Bukan Mahram



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Hasad Pengertian Dalil Contoh Dan Cara Mengatasinya

Fiersa Besari April Chord

Moh Assures To Disclose Aefi Data Of Covid Vaccines

A Glimpse Into Malaysia S High Profile Graft Cases And Macc S Success Rate In Netting The Sharks

Sanusi Sesuai Semua Suasana

Infinix Memperkenalkan Gt 20 Pro Telefon Pintar Dual Chip Gaming Beast Ke Malaysia