Pulpen Palsu Dari China Rp 1 M Gagal Beredar Di Ri


Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan menggagalkan impor pulpen palsu yang dikirim China.
Satu kontainer berisi 858.240 pulpen tiruan merek standard AE7 Alfa Tip 0.5 Diamankan.
Menurut data Bea Cukai pemegang/pemilik pulpen merek Standard AE7 adalah PT Standardpen Industries, yang juga selaku produsen pulpen tersebut.
Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan pengungkapan itu berkat analisis awal rekordasi tentang kecurigaan barang impor dari China yang mirip dengan merek sebuah pulpen di Indonesia.
Atas dasar temua itu, pihaknya kemudian melakukan pengecekan.
“Kita cek fisik dan memang benar mirip dengan merk bolpoin standard yang sudah direkordasi atau didaftarkan oleh pemilik yang sah. Makanya kemudian langsung beritahu ke pemilik dan responnya positif. Dan dengan cepat kita lakukan penangguhan pengeluaran. Jadi, kita tahan,” kata Heru usai konferensi pers di Terminal Peti kemas Surabaya, Kamis (9/1/2020).
Menurut Heru, saat ini pihaknya masih menyelidiki sejumlah barang impor lainnya apakah ada indikasi pemalsuan merek lainnya selain bolpoin.
Untuk itu, saat ini Bea Cukai tengah gencar memelototi kontainer-kontainer dari luar.
“Nanti kita dalami barang-barang yang lain dan akan rekordasi-rekordasi lain. Kalau ada pemalsuan selain pulpen kita akan juga lakukan tindakan serupa. Dan semua kontainer akan kita cek selama itu ada rekordasinya apakah itu untuk barang-barang yang peka terhadap kesehatan, otomotif dan lain-lain,” terangnya.
Heru menambahkan penangkapan terhadap pemalsuan merek tersebut juga merupakan hasil sinergitas antar lembaga eksekutif dan yudikatif selain dari Bea Cukai.
Sinergitas itu antara lain dengan kepolisian dan Kemenkum HAM sehingga bisa lebih mudah dan langsung menindaknya.
“Dari kepolisian dan Kemenkum HAM. Kita sinergi, ini eksekutif ini yudikatif mulai dari operasional mulai dari kebijakannya sampai ke hulu hilir lengkap sudah kita sudah punya Perma 06 tahun 2019 langsung kita tangkap 10 hari kemudian,” jelasnya.
“Kita bukan hanya di border kita lakukan penangkapan tapi juga di peredaran seperti yang sudah dilakukan rekan kepolisian. Dari sisi policy lengkap sudah,” tandasnya.
Berdasarkan keterangan Direktorat Jenderal Bea Cukai, kasus ini terungkap dari analisis transaksi impor yang dilakukan Bea Cukai atas importasi PT PAM yang diduga melanggar HKI, Bea Cukai menotifikasi kepada pemilik merek PT Standardpen Industries (PT SI) karena merek tersebut telah terekam dalam sistem otomasi kepabeanan barang-barang HKI.
Kemudian, PT SI memberikan konfirmasi bahwa PT SI setuju dilakukan proses penangguhan sementara ke Pengadilan Niaga untuk dilakukan pemeriksaan bersama terkait keaslian atas merek barang tersebut dengan menyerahkan jaminan bank yang dipersyaratkan ke Bea Cukai Tanjung Perak.
Pemeriksaan bersama dilakukan oleh Hakim Pengadilan Niaga, Panitera, Bea Cukai, saksi ahli, pemohon (PT SI), dan termohon (PT PAM).
Hasil pemeriksaan bersama tersebut digunakan sebagai dasar untuk memutuskan asli tidaknya merek tersebut melalui proses Pengadilan Niaga.
PT SI selaku pemilik/pemegang merek dapat menempuh tiga pilihan tindak lanjut yaitu pertama, dengan melaporkan tindakan pelanggaran merek HKI ke PPNS Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau Penyidik Kepolisian Republik Indonesia sesuai sanksi pasal 99 UU Nomor 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp2 Miliar.
Kedua, penyelesaian secara perdata dengan melaporkan ke Pengadilan Niaga Surabaya, dan ketiga dengan penyelesaian secara alternative dispute resolution antara pemilik/pemegang merek dengan importir atau pelaku pelanggaran HKI.
Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/pulpen-palsu-dari-china-rp-1-m-gagal-beredar-di-ri/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
China Undang Warga Malaysia Kunjungi Xinjiang Untuk Bendung Berita Palsu Soal Uighur

China Undang Warga Malaysia Kunjungi Xinjiang Untuk Bendung Berita Palsu Soal Uighur

papar berkaitan - pada 28/12/2019 - jumlah : 193 hits
Kedutaan besar China di Malaysia mengundang warga Malaysia untuk mengunjungi Provinsi Xinjiang guna membendung kabar di media sosial tentang perlakuan pemerintah China terhadap muslim Uighur
Jual Negara Kepada China Ph Gagal Lihat Kepentingan Negara

Jual Negara Kepada China Ph Gagal Lihat Kepentingan Negara

papar berkaitan - pada 29/12/2019 - jumlah : 186 hits
Ahli Majlis Kerja Tertinggi UMNO Datuk Mohd Razlan Rafii mengesa agar Kerajaan memantau keluar masuk pelancong China ke negara ini dan memastikan mereka semua keluar dari Malaysia seperti yang putuskan tidak lebih 15 hari Katanya satu dokum...
Ganja 1 Ton Buat Malam Tahun Baru Di Jakarta Gagal Beredar

Ganja 1 Ton Buat Malam Tahun Baru Di Jakarta Gagal Beredar

papar berkaitan - pada 1/1/2020 - jumlah : 183 hits
Aparat Kepolisian Daerah Metro Jaya telah memetakan sejumlah daerah di Ibu Kota yang rawan peredaran narkoba di malam Tahun Baru 2020 Kepolisian juga telah melakukan antisipasi terhadap hal itu dan mencegah maraknya peredaran Narkoba di mal...
Indonesia Dinilai Gagal Berdiplomasi Dengan China Terkait Sengketa Natuna

Indonesia Dinilai Gagal Berdiplomasi Dengan China Terkait Sengketa Natuna

papar berkaitan - pada 13/1/2020 - jumlah : 222 hits
Dosen dari Universitas Bina Nusantara itu menilai sudah seharusnya pemerintah tegas menindak kapal asing masuk wilayah kedaulatan Indonesia termasuk China Sebab menurut dia dari banyaknya kapal asing kapal China seringkali memasuki wilayah ...
Bea Dan Cukai Surabaya Gagalkan Penyelundupan 1 Kontainer Pulpen China Senilai Rp 1 M

Bea Dan Cukai Surabaya Gagalkan Penyelundupan 1 Kontainer Pulpen China Senilai Rp 1 M

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 138 hits
Penyelundupan barang impor berupa pulpen tiruan atau merek palsu sebanyak satu kontainer asal negeri China yang dikirim melalui angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya digagalkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
Lambakan Warga China India Sindiket Terancang

Lambakan Warga China India Sindiket Terancang

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 314 hits
Parti Islam Se Malaysia bimbang dengan isu lambakan kemasukan pelancong China dan India ke dalam negara yang tidak mempunyai rekod keluar Perkara ini begitu serius dan boleh menjejaskan kedaulatan dan keselamatan negara Menurut laporan Ketu...
China Penjarakan Ilmuwan Perekayasa Gen Bayi

China Penjarakan Ilmuwan Perekayasa Gen Bayi

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 231 hits
Laporan Xinhua menyatakan ilmuwan yang memimpin penelitian rekayasa gen bayi itu He Jiankui dihukum penjara tiga tahun dan denda sebesar USD 430 000 atau setara Rp5 9 juta
Mulai Jan 2020 Pelancong China Amp India Dikecualikan Visa Dengan 7 Syarat Ketat Ini

Mulai Jan 2020 Pelancong China Amp India Dikecualikan Visa Dengan 7 Syarat Ketat Ini

papar berkaitan - pada 31/12/2019 - jumlah : 251 hits
Bermula 1 Januari depan pelancong dari India dan China akan dikecualikan visa selama setahun dengan tempoh lawatan terhad kepada 15 hari tanpa tempoh lanjutan nbsp Pengumuman kerajaan itu adalah bersempena dengan kempen Tahun Melawat Malays...
Lirik Lagu Takyah Sonaone

Cabinet To Address Najib S House Arrest Bid With Transparency Urges Zaid

Zaid Urges Cabinet Transparency On Najib House Arrest Bid

Mengenal 11 Istri Nabi Muhammad Sesuai Urutan Pernikahan

Celebrating Mother S Day With Legumes Dining With The Queens

Polis Cari Waris Lelaki Maut Kemalangan

Ceo Badan Berkanun Ditahan Sprm Disyaki Seleweng Dana Projek Rm1 2 Bilion

Lirik Lagu Dari Jauh Alyph



Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix


Hukum Baca Quran Dan Berzikir Tanpa Wuduk

Panduan Lengkap Tentang Brand Perlindungan Pendaftaran Dan Penegakan

Bila Tutup Dapo

Piala Dunia Sepak Takraw 2024 Jadual Perlawanan Negara Terlibat Senarai Pemain Malaysia

Jemson Mekar Chord

Resepi Sotong Dan Fishcake Goreng Pedas