Postingan Soal Foto Covid 19 Menuai Polemik Anji Akhirnya Minta Maaf


Terkait foto jenazah Covid-19, Anji melalui postingan di Instagram akhirnya menyampaikan klarifikasi sekaligus permintaan maaf. (Dok. Jawa Pos)
Postingan Anji di akun media sosialnya soal foto jenazah Covid-19 yang disertai opini personal menuai polemik. Buntut dari hal itu, Anji pun mendapat kecaman dari organisasi Pawarta Foto Indonesia. Penyataan Anji dianggap telah melecehkan karya jurnalistik.

Namun, Anji melalui postingannya di Instagram akhirnya menyampaikan klarifikasi sekaligus permintaan maaf karena telah menyinggung profesi wartawan. Anji mengaku telah berkomunikasi dengan Sekjen PFI, Hendra Eka. Ia pun telah menjelaskan maksud dan tujuan dia membuat postingan tersebut.

“Saya tidak mendiskreditkan profesi pewarta foto maupun jurnalis. Secara karya foto, buat saya foto dari Joshua Irwandi adalah foto yang powerful. Caption di Instagram adalah opini saya dari sudut penyebaran informasi yang terasa janggal,,, buat saya. Hal ini sangat bisa didebat karena bisa salah bisa benar,” kata Anji menyampaikan poin pembicaraannya dengan PFI.


View this post on Instagram
• Menanggapi @pewartafotoindonesia atas karya foto @joshirwandi .A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on Jul 20, 2020 at 2:12am PDT
Anji menjelaskan bahwa dirinya tidak sedang menyoroti karya foto jurnalistik maupun wartawan yang mendokumentasikan jenazah Covid-19. Yang disoroti Anji, katanya, adalah aspek penyebaran informasi yang memiliki kemipiran dengan pola buzzer.

“Yang saya bahas dengan KOL dan lainnya adalah pola penyebaran informasi, bukan tujuan Joshua mengambil foto itu,” akunya.

Anji juga mengatakan dirinya menyoal tentang jenazah Covid-19 bukan pada ranah kode etik jurnalistik. Melainkan kode etik dunia kesehatan. Namun mengenai kode etik jurnalistik Anji tentu saja tidak mengetahui secara pasti karena dirinya tidak memiliki latar belakang sebagai wartawan.

“Saya mengerti pasti ada etika untuk pewarta foto maupun jurnalis. Saya tidak akan mendebat tentang hal itu karena pasti PFI lebih tahu. Sekali lagi dalam hal ini pertanyaan saya mengacu pada kode etik dunia kesehatan,” tuturnya.

Dia pun menyadari postingan kemudian menuai polemik dari kalangan profesi wartawan karena tidak sempat memberikan penjelasan tambahan untuk memperjelas pendapatnya. Sehingga lantas mendapat reaksi dari PFI. Anji kemudian menyampaikan permohonan maafnya secara terbuka.

“Kesalahan saya dalam hal ini adalah tidak menyertakan kalimat tambahan untuk memperjelas poin yang saya tuju. Untuk kesalahpahaman ini saya minta maaf kepada PFI dan pastinya pada Joshua Irwandi,” paparnya.

Anji mengatakan bahwa dirinya biasanya tidak pernah menghapus postingan yang sifatnya opini. Namun kali ini dia akan menghapus postingan itu demi menghormati PFI dan juga Joshua Irwandi selaku pemilik hak cipta atas foto yang dipostingnya.

“Saya juga mau meralat sedikit pernyataan tertulis dari PFI yang menuliskan saya mantan artis. Memang saya berencana untuk pensiun dini dari dunia keartisan dan mengurus bisnis saya, tapi belum hari ini,” tandas Anji.

Sementara itu, Hendra Eka selaku Sekjen PFI membenarkan sudah ada komunikasi antara Anji dengan PFI. Anji pun sudah menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada PFI dan berjanji akan meminta maaf secara terbuka.

“Dan pernyataan maaf secara terbuka ini sudah dilakukan sama dia. Jadi semua point dari PFI itu dipenuhi sama Anji,” kata Hendra Eka kepada JawaPos.com.

Permintaan maaf itu bukan hanya dilakukan Anji ke PFI. Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada Joshua secara langsung. Dengan terpenuhinya sejumlah point dalam tuntutan PFI, maka permasalan pun dianggap sudah selesai.

“Betul (sudah selesai). Kalau aku menganggap ini sudah selesai. Kita menghargai itikad baik Anji telepon PFI dan menepati janji-janjinya,” ucap Hendra.

Anji Tidak Mengerti Kerja Jurnalis

Dalam kesempatan itu Hendra mengatakan, permasalahan terjadi lantaran Anji tidak memahami seluk beluk dunia jurnalistik. Alhasil, dia pun terkesan menyamakan pekerjaan ini dengan apa yang dilakukan blogger. Padahal kerja jurnalistik sama sekali berbeda dengan apa yang dilakukan para blogger.

“Anji ini kan bukan jurnalis jadi tidak ngerti kerjaan jurnalis seperti apa. Dikiranya mungkin kerjanya sama kayak blogger tanpa ada konfirmasi, izin dan segala macam. Kalau di dunia jurnalis kan harus tertata semua. Dari perizinan, protokol kesehatan yang tepat untuk memotret, dan lain-lain,” tuturnya.

Hendra juga menuturkan, pekerjaan di dunia jurnalistik bisa mengakses tempat-tempat berbahaya bahkan terlarang sekalipun.Seperti melakukan liputan di ruang jenazah Covid-19 yang dilarang untuk umum, meliput medan perang atau yang lainnya. Wartawan mendapatkan keistimewaan karena menjadi mata dan telinga bagi publik untuk mendapatkan informasi berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan.

“Jurnalis memiliki privilege. Jadi wartawan bisa meliput di tempat-tempat berbahaya bahkan dilarang sekalipun,” tandasnya.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/07/postingan-soal-foto-covid-19-menuai.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Anji Singgung Beda Pendapat Soal Covid 19 Sujiwo Tejo Buka Suara

Anji Singgung Beda Pendapat Soal Covid 19 Sujiwo Tejo Buka Suara

papar berkaitan - pada 27/7/2020 - jumlah : 58 hits
Musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang dikenal Anji kembali ramai diperbincangkan warganet Bahkan namanya masuk trending topik Indonesia di Twitter pada Minggu Pasalnya Anji lagi lagi mengangkat isu soal virus corona atau COVID 19 Ia mengg...
Anji Manji Melihat Ada Kejanggalan Di Balik Viralnya Foto Jenazah Covid 19

Anji Manji Melihat Ada Kejanggalan Di Balik Viralnya Foto Jenazah Covid 19

papar berkaitan - pada 20/7/2020 - jumlah : 50 hits
Musisi Anji Manji mengungkap kejanggalan beredarnya sebuah foto jenazah pasien Covid 19 atau virus corona yang viral dalam beberapa hari terakhir Jenazah tersebut tampak terbungkus plastik dipotret oleh seorang fotografer Indonesia Joshua I...
Tanggapan Fx Rudy Soal Solo Masuk Zona Hitam Covid 19

Tanggapan Fx Rudy Soal Solo Masuk Zona Hitam Covid 19

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 52 hits
Menurut Rudy dikatakan zona hitam Covid 19 jika jumlah pasien positif Corona sudah mencapai 60 persen dari jumlah penduduk Padahal jumlah kasus terkonfirmasi di Solo hingga hari ini hanya 63 orang
Covid 19 New Novgorod Cluster Detected In Melaka

Covid 19 New Novgorod Cluster Detected In Melaka

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 125 hits
Health director general Datuk Dr Noor Hisham Abdullah said the first case from the cluster is a Malaysian case 8 673 who returned from Russia on July 5 File Photo KUALA LUMPUR The Health Ministry today identified a new Covid 19 cluster in M...
Covid 19 Thailand Lapor Tiga Lagi Kes Import

Covid 19 Thailand Lapor Tiga Lagi Kes Import

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 60 hits
BANGKOK 13 JULAI Thailand melaporkan tiga lagi kes import baharu Covid 19 menjadikan jumlah keseluruhan kes setakat ini sebanyak 3 220 lapor agensi berita Thailand memetik Pusat Pentadbiran Situasi Covid 19 Angka korban kekal seramai 58 ora...
Selangor Catat Empat Kes Positif Covid 19 Hanya Kes Import

Selangor Catat Empat Kes Positif Covid 19 Hanya Kes Import

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 122 hits
SHAH ALAM 13 JULAI Terdapat empat kes baharu Covid 19 direkodkan di Selangor hari ini membabitkan individu yang mendapat jangkitan dari luar negara kata Dato Menteri Besar Semua kes tidak melibatkan jangkitan tempatan ia berpunca daripada k...
Us Man 30 Dies From Virus After Attending Covid Party

Us Man 30 Dies From Virus After Attending Covid Party

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 125 hits
The victim thought the COVID 19 virus was a hoax despite it killing more than 135 000 people in the United States so far AFP Photo NEW YORK A 30 year old man from Texas died from the new coronavirus after attending a 8220 COVID 19 8221 part...
Ambil Paksa Jenazah Covid 19 Kerabat Dan Anggota Dprd Makassar Jadi Tersangka

Ambil Paksa Jenazah Covid 19 Kerabat Dan Anggota Dprd Makassar Jadi Tersangka

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 56 hits
Andi Nur Rahmat ikut terlibat dalam pengambilan jenazah yang seharusnya tidak diperbolehkan karena status PDP saat itu Tersangka ini tahu kalau pasien ini status PDP dan dia yang memesan ambulans
Vietnam Bisa Menjadi Pembanding Keberhasilan Penanganan Covid 19

Vietnam Bisa Menjadi Pembanding Keberhasilan Penanganan Covid 19

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 64 hits
Hingga kini ASEAN terus berupaya meningkatkan kerjasama baik diantara negara negara anggota ASEAN maupun antara ASEAN dengan negara lain
Video Lebai Jari Tengah Dan Anak Haram Di Kecam Netizen Macam Ni Hangpa Pangge Ustaz Hangpa P Report Ja Lebai Ni

Betul Ke Produk Susu Farm Fresh Bukan Milik Bumiputera Ini Penjelasan Yang Anda Wajib Tahu

Saya Hampir Maut 31 Ahli Keluarga Dijangkiti Covid 19 Dr Azizan Osman

2 Kanak Kanak Dipaksa Makan Daging Anjing Liar Oleh Ibunya Untuk Meneruskan Kehidupan

Kalau Tombol Pintu Terkunci Dari Dalam Begini Cara Untuk Atasinya

Awas Pesakit Batu Karang Tak Boleh Makan Sembarangan Ini Yang Kena Elak

Sempoii Tak Perlu Terkinja Kinja Menari Wanita Berhijab Ini Masyuk Hanya Dengan Buat Finger Dance Jer

10 Tablet Mampu Milik Harga Bawah Rm500 Untuk Tahun 2021



10 Perkataan Bahasa Melayu Yang Dipinjam Dari Portugis

Bagaimana Ular Boleh Imun Dengan Sesetengah Bisa Dan Racun

Kenapa Ada Negara Benarkan Banduan Lari Dari Penjara

Biodata Joe Flizzow Bekas Duo Malique Too Phat Penyanyi Lagu CIAO

Osteotomi Pembedahan Yang Mampu Menambah Ketinggian Anda 6 Inci


Sinopsis Drama Love Elsa Lakonan Zul Ariffin Dan Uyaina Arshad

Jom Nikmati Burger Cheesy Paling Sedap

Belajar Dari Rumah

Pejuang Pertimbang Tanding Pru Guna Logo Amanah

Tidak Mustahil Pru 15 Sebelum Ogos Kata Annuar

16 Enchanting Farmhouse Powder Room Designs You Didn T Know You Needed