Petani Kalau Di Beginiin Terus Ya Lama Lama Tamat Rimayatnya


 




Di negara yang berdaulat petanilah yang menentukan harga komoditasnya. Di negara tidak berdaulat REGULATOR yang menentukan harga.


Selama pemerintah “tidak faham” fungsinya terhadap produksi maka yang terjadi petani terjajah. Di negera yang berdualat (rakyat yang berdaulat bukan pemerintah atau penguasanya) maka petani yang menentukan ( hulu) yang menentukan harga komoditas. Bahkan bukan market atau hilir yang menentukan harga.


Bertemunya hulu dan hilir ini mekanismenya “saling butuh” dan saling percaya di kondisi seperti ini pemerintah kerja apa? hampir tidak ada. Lalu kalau masalah hilir terlalu kuat ( baca mafia) muncul , inilah tugas pemerintah untuk turun tangan. Itu kalau pemerintahnya perduli dan faham.


Jadi selama penguasa atau pejabat turun tangan mengatur pasar, mengatur produksi pasti karena ada “mafia” yang memainkan pejabat dan pasar.  sudah 7 presiden regulatornya coba atur bahkan impor di gedein, bukannya selesai masalahnya jadi runyam mah iya. Jadi bisa dong di simpulkan pemerintah hingga saat tidak berdaya alias impoten dengan mafia pangan.


Ok, kita lupakan pertanian sebentar. banyak yang ngak "nyandak" pejabatnya sama beginian, urusan petani penentu harga. kita lanjut.


Ada lagi yang penting untuk kita cermati selain impor hasil tani dari Tiongkok oleh agne tiongkok yaitu sebentar lagi di tahun 2030 dimana tidak sampai 9  tahun lagi dunia akan ter-disrup dengan pertumbuhan asia.


Apa faktanya? Di tahun 2030
1. 60% populasi dunia adalah asia
2. 60% middle class income population adalah asia
3. 70% Artificial inteligen menguasai dunia manufaktur di asia
4. 60% GDP dunia dari asia. ( bertumbuh 35-60% dalam 15 tahun kedepan, dari 38% an saat ini)


Asia bergeraknya di pimpin oleh saudi dengan visi 2030 nya, china dengan visi 2025nya, india dengan visi 2025nya, singapura, vietnam, thailand, korea selatan dengan visi 5 & 6 G nya, jepang dengan blockchainnya, ( yang semua di set sejak 10-20 tahun yang lalu).


Indonesia mau bermain dimana? Masih sebagai negara importir kah? Atau masih jadi negara “korban produksi negera lain”? atau mau jadi pemain global  dengan mulai produksi?


Sampai saat ini selama 6 tahun terakhir kita akhirnya nyender ke Tiongkok, dan entah berapa lama lagi tiongkok berkuasa. Kalau masih dia-dia lagi yang berkuasa ya  karena parlemen di kuasai bisa tambah 5 tahun lagi tiongkok berkuasa, sampai 3 periode sampai 2029. 


Sedap banget berkuasa itu emang ya, kuku tajam mereka menancap dalam. Semua jadi era baru. Indonesia quasi teritori tiongkoknya menjadi abadi, seperti niat mereka tahun 49 yang gagal, tahun 65 juga gagal akhirnya sejak beberapa tahun ini dapat juga.


Selamat buat Tiongkok yang akhirnya dapat indonesia dan selamat kepada mereka yang memilih untuk indonesia tetap di bawah tiongkok ekonominya.


Disisi lain, ada agen IMF yang menjerat tangan berdaulat menjadi terpasung dalam bernegara. Tugas beliau dikabinet sederhana, pokoknya bagaimana caranya indonesia harus ngutang.


Walau kita kritik habis habisan akan kebijakan negara selalau berhutang, namun mereka punya penangkis yang cantik selain buzzerp  memberondong di sosmed terhadap para pengkritisi ada satu lagi yang mereka pakai yaitu kaum akademisi yang isi dikepalanya kalau printing money itu inflasi. Ilmu palsu ekonomi. Padahal printing money bikin inflasi adalah jawaban di generalisir.


Untuk itu, kepada mereka yang pinter itu coba kita tanya pertanyaan sederhana kemereka yang mengatakan printing money bakal inflasi. Pertanyaan begini, kalau hutang ke IMF atau negara lain syaratnya adalah kita punya jamiman atau kolateral.


Apa kolateralnya? Terserah yang punya uang. Kalau tiongkok minta souverign garantee nya sumber daya alam. kalau IMF ya pontensi kecil untuk mengembalikan dolar. Seklai lagi, semakin kecil potensi mengembalikan pinjaman amerika suka.


Lalu kita tanya pakai akal sehat, pakai nurani bersih. Kalau koleteral tadi yang buat jaminan pinjem uang, kita pakai buat printing money rupiah kita bisa ngak? Nah lu pusing psuing lu jawabnya.


Oleh : Bp. Mardigu Wowiek_


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/petani-kalau-di-beginiin-terus-ya-lama.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+bagibagi%2FcFXc+%28bagibagi.info%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
5 Sebab Mengapa Bisnes Perlu Terus Kekal Kecil Untuk Bertahan Lama Di Pasaran

5 Sebab Mengapa Bisnes Perlu Terus Kekal Kecil Untuk Bertahan Lama Di Pasaran

papar berkaitan - pada 9/2/2021 - jumlah : 151 hits
Apa yang saya ingin berkongsi dalam artikel kali ini mungkin tidak senang untuk anda baca Saya raikan perbezaan ini Seminggu yang lepas saya dihubungi oleh seorang rakan yang menyatakan hasrat The post appeared first on
Pandemi Ini Akan Lama Kelarnya Kalau Masih Ada Orang Yang Denial Kita Wajib Saling Jaga

Pandemi Ini Akan Lama Kelarnya Kalau Masih Ada Orang Yang Denial Kita Wajib Saling Jaga

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 89 hits
Lha memangnya kalau denial terus pandeminya nggak bakal menular lagi gitu Kan nggak gitu yak
Telefon Dengan Kamera Swafoto 100mp Dijangka Hadir Tidak Lama Lagi

Telefon Dengan Kamera Swafoto 100mp Dijangka Hadir Tidak Lama Lagi

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 80 hits
Pada hari ini kita sedia melihat beberapa telefon pintar yang dipasarkan dengan kamera utama dibelakang dengan sensor sebesar 100 megapixel selain desas desus berkaitan penggunaan sensor 200 megapixel turut telah kedengaran sejak beberapa b...
Kakak Pregnant Adik Pun Pregnant Mungkin Pkp Lama Sangat Syima Kongsi Pengalaman Sebelum Bersalin

Kakak Pregnant Adik Pun Pregnant Mungkin Pkp Lama Sangat Syima Kongsi Pengalaman Sebelum Bersalin

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 250 hits
Insta famous dan juga pengasas produk kecantikan Puan Syima Eima atau mesra dipanggil Syima berkongsi pengalaman yang dilalui sebelum bersalin dalam tempoh PKP Dia juga sempat berseloroh mengenai kehamilan keempatnya dengan caption Apa ni k...
Perbincangan Kuota Haji Umrah Tidak Lama Lagi

Perbincangan Kuota Haji Umrah Tidak Lama Lagi

papar berkaitan - pada 16/2/2021 - jumlah : 88 hits
KUALA LUMPUR Malaysia dan Arab Saudi dijangka mengadakan perbincangan berkenaan kuota haji dan umrah dalam masa terdekat Atase Agama Arab Saudi ke Malaysia Sheikh Abdul Rahman Al Rubaian berkata kerajaan Penjaga Dua Masjid Suci itu dijangka...
Video Yb Menteri Kanan Pertahanan Dalam Satu Majlis Bersama Artis Adalah Video Lama

Video Yb Menteri Kanan Pertahanan Dalam Satu Majlis Bersama Artis Adalah Video Lama

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 64 hits
Menurut kenyataan Kementerian Pertahanan Malaysia Dimaklumkan bahawa video tular yang memaparkan YB Menteri Kanan Pertahanan hadir dalam satu majlis bersama barisan artis adalah merupakan video lama Video tersebut dirakam s
Wagub Dki Sebut Banjir Jakarta Lama Surut Karena Tanahnya Dikeruk

Wagub Dki Sebut Banjir Jakarta Lama Surut Karena Tanahnya Dikeruk

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 64 hits
Sebagai solusi Riza menuturkan Pemprov DKI mempertimbangkan membangun rumah susun di daerah dataran rendah
Dokter Hinohara Berusia 105 Tahun Mengungkap Rahasia Ia Bisa Hidup Lebih Lama

Dokter Hinohara Berusia 105 Tahun Mengungkap Rahasia Ia Bisa Hidup Lebih Lama

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 102 hits
Pernahkah Anda bertanya tanya bagaimana cara hidup lebih lama Dr Shigeaki Hinohara akan mengungkapnya Dr Hinohara sudah berusia seratus lima tahun Ia lahir pada tanggal 4 Oktober 1911 dan meninggal dunia pada tanggal 18 Juli 2017 lalu Sebag...
Akhirnya Cara Paling Berkesan Hapuskan Pepijat Berjaya Juga Ditemui Setelah Lama Mencari

Akhirnya Cara Paling Berkesan Hapuskan Pepijat Berjaya Juga Ditemui Setelah Lama Mencari

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 125 hits
Salah satu industri yang sangat perlukan khidmat pest control adalah industri perhotelan Untuk sementara waktu ini sejak wabak covid 19 melanda dunia industri perhotelan dan pelancongan secara umumnya sedang berhadapan dengan cabaran bisnes...
Muhyiddin Atau Mahiaddin Apa Ada Pada Nama

Ustaz Ahmad Rozaini Di Mana Allah

Being More Present In Life Writing Challenge

Resepi Sotong Masak Ala Thai

Telefilem Kontra

Popia Cheese Mix Vege

Peluang Sambung Belajar Selepas Spm Di Kolej Poly Tech Mara Alor Setar

10 Artis Yang Pernah Ditangkap Polisi Karena Ganja Ada Yang Kariernya Sedang Naik



Ejen Dua Muka Paling Bahaya Buat FBI dan CIA Robert Hanssen

Kenapa Superman Pakai Seluar Dalam Merah Di Luar

Tembok Besar Hijau China Rancangan China Menghalang Ancaman Ribut Pasir Gurun Gobi

7 Perisian Komputer Paling Mahal di Dunia

Resepi Begedil Ayam Paling Terbaik


Lawan Politik Elit Puaka Rosakkan Negara Anwar

Education Ministry Looks To Recruit Over 18k New Teachers

Villager In Northern Sarawak Attacks Fireman Who Was Putting Out Blaze

Labuan Hospital Icu Facing Oxygen Manpower Issues But Help Coming

Biskut Cornflake Bermadu Rangup Dan Sedap Request Dari Kakak

Kisah Cinta Hyper Realistik Pelajar 19 Tahun Saksikan Nevertheless Secara Eksklusif Di Netflix