Penjara Italia Sediakan Imam Sholat Untuk Napi Muslim


Pemerintah Italia beserta Persatuan Komunitas dan Organisasi Islam di Italia (Unione delle Comunità e Organizzazioni Islamiche di Italia/UCOII) menyepakati untuk memperbolehkan para imam menawarkan bantuan spiritual kepada para narapidana beragama Islam yang ditahan di penjara Italia.
Nota kesepahaman tersebut menyusul perjanjian yang ditandatangani bulan lalu antara Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dengan perwakilan komunitas Islam di Italia tentang pembukaan kembali masjid dan ruang sholat sebagai bagian dari ‘Fase 2’ pencegahan virus corona (covid-19).
Perjanjian tersebut dianggap oleh perwakilan Muslimin sebagai langkah menuju pengakuan resmi Islam sebagai agama di Italia.
Menurut Kementerian Kehakiman Italia, hampir 10.000 dari 60.000 narapidana yang ditahan di penjara Italia adalah warga negara asing. Sebagian besar berasal dari Maroko, Tunisia, dan Rumania.
Angka-angka resmi terbaru menunjukkan bahwa 7.200 narapidana adalah Muslim yang taat. Kemudian 97 di antaranya menjadi imam sholat di penjara. Lalu ada 44 narapidana masuk Islam ketika di dalam tahanan.
Namun hanya di beberapa penjara Italia, narapidana beragama Islam diberi ruang khusus untuk sholat. Ini dinilai tidak cukup untuk memenuhi kewajiban ibadah kaum Muslimin.
Sebaliknya, setiap penjara memiliki kapel Katolik Roma yang memberikan layanan keagamaan secara teratur dari para imam yang sebagian besar dibayar oleh Pemerintah Italia.
Memorandum tersebut ditandatangani oleh Ketua Departemen Administrasi Lembaga Pemasyarakatan Hakim Bernardo Petralia bersama Presiden UCOII Yassine Lafram.
“Ini menerapkan prinsip kebebasan beragama untuk semua warga negara yang ditetapkan dalam Konstitusi Republik Italia yang menjamin hak tahanan untuk mengakui agama mereka juga saat mereka berada dalam tahanan. Mempertimbangkan meningkatnya multietnisitas populasi penjara Italia adalah penting untuk memungkinkan setiap agama dianut dengan cara yang benar,” jelas sebuah pernyataan dari Kementerian Kehakiman Italia, dikutip dari Arabnews, Minggu (7/6/2020).
Berdasarkan protokol, UCOII akan memenuhi syarat administrasi dan mendaftarkan orang-orang yang akan menjadi imam serta tertarik membimbing doa dan ibadah di dalam penjara Italia. Daftar ini juga akan menentukan lokasi masjid atau ruang sholat di dalam penjara.
Dikarenakan belum ada perjanjian atau hukum resmi yang mengatur hubungan penuh antara Pemerintah Italia dengan komunitas Islam di sana, maka nama-nama imam harus diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri Italia untuk dapat memberikan izin melakukan di dalam penjara.
“Dengan protokol baru ini dimungkinkan meminta imam memimpin doa di setiap penjara di Italia. Ini adalah tanda hasil luar biasa yang diperoleh sejauh ini untuk proyek percontohan yang telah kami lakukan dalam lima tahun terakhir di delapan penjara Italia,” kata Presiden UCOII Yassine Lafram.
Sejak 2015 beberapa penjara telah menyediakan tempat sholat, tetapi tidak memiliki imam atau khatib sholat, terutama saat Ramadhan seperti di masa pandemi virus corona (covid-19) ini, karena tidak seorang pun dari luar diizinkan masuk untuk mencegah persebaran infeksi.
Sebagai akibatnya, tidak ada bantuan spiritual yang tersedia bagi narapidana Muslim, bahkan di dalam beberapa penjara yang memiliki ruang untuk sholat.
“Bantuan spiritual kepada para tahanan tentu merupakan bagian dari proses reintegrasi ke dalam masyarakat sipil, sebagaimana dinyatakan dalam Konstitusi Republik Italia,” kata Lafram kepada kantor berita Italia ANSA.
“Dengan perjanjian ini, kami bertujuan mempromosikan rehabilitasi sosial narapidana, tetapi juga untuk menghindari fenomena radikalisasi yang mungkin dipicu kondisi kebencian umum terhadap masyarakat,” tambahnya.
Lafram menyatakan keinginan mendapat perhatian yang lebih besar terhadap komunitas Islam di seluruh Italia hingga akhirnya mengarah pada pengakuan formal agama Islam di sana.
Dia berterima kasih kepada Menteri Kehakiman Italia Alfonso Bonafede karena tidak menunjukkan prasangka terhadap komunitas Islam di Italia.
“Ini adalah langkah penting dalam konteks kolaborasi yang semakin besar antara komunitas agama kami dan Negara Italia untuk kepentingan umum kesejahteraan negara,” jelasnya.
Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/penjara-italia-sediakan-imam-sholat-untuk-napi-muslim/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Viral Video Para Pendemo George Floyd Lindungi Muslim Yang Sholat

Viral Video Para Pendemo George Floyd Lindungi Muslim Yang Sholat

papar berkaitan - pada 6/6/2020 - jumlah : 244 hits
Sebuah video viral menunjukkan ratusan pendemo non Muslim membentuk perisai manusia untuk menjaga Muslim agar bisa shalat selama aksi unjuk rasa menuntut keadilan bagi George Floyd warga kulita hitam AS yang tewas oleh polisi kulit putih Di...
800 Muslim Jerman Sholat Idul Fitri Di Tempat Parkir Ikea

800 Muslim Jerman Sholat Idul Fitri Di Tempat Parkir Ikea

papar berkaitan - pada 27/5/2020 - jumlah : 150 hits
Ratusan umat Muslim Wetzlar Jerman menggelar sholat Idul Fitri di sebuah tempat parkir milik perusahaan ritel perabotan rumah tangga Ikea Ahad lalu Mereka melaksanakan sholat dengan menjaga jarak sosial Berdasarkan rekaman drone setidaknya ...
Nestapa Muslim Italia Kekurangan Lahan Pemakaman Di Masa Pandemi

Nestapa Muslim Italia Kekurangan Lahan Pemakaman Di Masa Pandemi

papar berkaitan - pada 10/6/2020 - jumlah : 222 hits
Nestapa Muslim Italia Kekurangan Lahan Pemakaman di Masa Pandemi Banyak muslim sebagian besar imigran yang meninggal akibat Covid 19 maupun sebab lain kini tidak kebagian tempat pemakaman
Menag Sebut Masjid Akan Dibuka Hanya Untuk Sholat

Menag Sebut Masjid Akan Dibuka Hanya Untuk Sholat

papar berkaitan - pada 28/5/2020 - jumlah : 692 hits
Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan rencana pembukaan masjid akan dilakukan secara bertahap jelang penerapan New Normal Rencana pembukaan masjid di tahap awal hanya dibuka untuk salat Sementara untuk ceramah pengajian atau kuliah tujuh me...
Seluruh Masjid Di Arab Saudi Akan Gelar Sholat Berjemaah Mulai 31 Mei Kecuali Di Mekah

Seluruh Masjid Di Arab Saudi Akan Gelar Sholat Berjemaah Mulai 31 Mei Kecuali Di Mekah

papar berkaitan - pada 28/5/2020 - jumlah : 373 hits
Pemerintah Arab Saudi akan kembali mengizinkan salat Jumat berjemaah dan semua kegiatan ibadah lainnya di semua masjid kecuali di Mekah mulai tanggal 31 Mei 2020 sebagaimana dikutip dari laman Saudi Press Agency Kementerian Urusan Islam Dak...
Napi Lapas Banceuy Kontrol Peredaran Narkoba Di Tasikmalaya

Napi Lapas Banceuy Kontrol Peredaran Narkoba Di Tasikmalaya

papar berkaitan - pada 10/6/2020 - jumlah : 176 hits
Yaser mengaku hingga saat ini pihaknya terus melakukan penyelidikan atas kasus tersebut Sejumlah orang yang diduga terlibat identitasnya sudah dikantongi pihaknya dan masuk dalam daftar pencarian orang
Mui Izinkan Masjid Di Dki Jakarta Gelar Sholat Jum At Lagi

Mui Izinkan Masjid Di Dki Jakarta Gelar Sholat Jum At Lagi

papar berkaitan - pada 5/6/2020 - jumlah : 163 hits
Majelis Ulama Indonesia mengizinkan masjid di kawasan DKI Jakarta untuk melaksanakan shalat Jumat Kebijakan ini bisa dilakukan mulai Jumat 5 Juni 2020 Silahkan untuk kaum muslimin membuka dan memulai Salat Jumat kata Ketua Umum MUI DKI Jaka...
Hukum Sholat Jama Ah Di Wilayah Zona Hijau Saat Wabah Covid19

Hukum Sholat Jama Ah Di Wilayah Zona Hijau Saat Wabah Covid19

papar berkaitan - pada 5/6/2020 - jumlah : 237 hits
Hukum Sholat Jama ah di Wilayah Zona Hijau Saat Wabah Covid19 Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh Afwan ustadz saya mau tanya lagi Ini kan Alhamdulillah di tempat saya kota Tegal yg sebelum nya zona merah sudah menjadi zona hijau co...
Banyak Masjid Langgar Protokol Covid 19 Kemenag Akan Evaluasi Sholat Jumat

Banyak Masjid Langgar Protokol Covid 19 Kemenag Akan Evaluasi Sholat Jumat

papar berkaitan - pada 13/6/2020 - jumlah : 177 hits
Kementrian Agama akan mempertimbangkan untuk mengevaluasi pelaksanaan sholat Jumat berjamaah usai menerima laporan bahwa ada beberapa masjid yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 Banyak laporan memang minggu pert...
Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Pas Anggap Terlalu Awal Bincang Pertukaran Mb Perlis

Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Opening Young People S Eyes To Workers Rights

Sayur Kucai Dan Taugeh Untuk Makan Tengah Hari

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats

Bila Duit Nak Masuk

Penyokong Diseru Jalankan Tanggungjawab Sebagai Pemilik Sabah Fc



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


Vanny Vabiola Sudahi Saja Chord

Ustadz Yang Membodoh Bodohi Jemaahnya Kata Frans Donal Di Bali By Dr H

Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Faisal Halim Alami Kecederaan Disimbah Asid

Lemas Tiga Beranak Ditemukan Tidak Lagi Bernyawa Selepas Mandi Manda Di Sungai Balak

Peminat Tempatan Puas Oneus Gegar Kuala Lumpur Di Konsert Jelajah Ke 2 La Dolce Vita