Parit Baru Jadi Desa Pertama Gunakan Transaksi Non Tunai Di Indonesia


Adapun inovasi pengelolaan keuangan desa dengan transaksi non tunai ini awalnya berasal dari gagasan Bupati Kubu Raya yang baru saja terpilih, Muda Mahendrawan. Gagasan ini merupakan yang pertama di Indonesia. Untuk mendukung gagasan ini, Bank Kalbar sepenuhnya menjadi mitra kerjasama dengan menerapkan aplikasi CMS di 22 Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Kubu Raya.
Dari ke-22 desa tersebut, Parit Baru menjadi desa pertama di Kabupaten Kubu Raya bahkan Indonesia yang pertama kali melakukan transaksi non tunai. Ketika ditemui di sela kegiatan yang berlangsung d Gedung Serba Guna Masjid Al-Muhajirin, Desa Parit Baru, Senin (02/09/2019), Kepala Desa Parit Baru, Musa mengatakan dari 28 desa di Kubu Raya yang dilakukan uji coba penerapan transaksi non tunai, Desa Parit Baru merupakan desa pertama yang mampu menerapkan.
Parit Baru Desa Pertama “Ini merupakan pertama di Indonesia, di Kubu Raya, hanya 28 desa yang menjadi uji coba untuk transaksi non tunai ini,” kata Musa saat mendemonstrasikan proses transaksi non tunai yang dilakukan oleh staf pemerintahan desanya.
Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya menjadi desa pertama di Kabupaten Kubu Raya dan pertama kali di Indonesia yang telah menerapkan transaksi non tunai untuk beberapa jenis transaksi. Musa menjelaskan, transaksi nontunai yang dilakukan pihaknya merupakan transaksi untuk insentif perangkat RT, dusun perangkat desa, posyandu, BPD, dan sejumlah transaksi lainnya.
“Saat ini sudah tahap ketiga penerimaan dana desa, kemarin sudah kita transfer lima bulan, dan hari ini kita transfer tiga bulan, kemudian di bulan September kita transfer lagi empat bulan,” kata Musa.
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi Pemerintah Desa Parit Baru yang telah berupaya melakukan langkah percepatan dan inovasi di tingkat desa. Hal itu, menurutnya, mendukung arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.
“Mudah-mudahan langkah ini bisa diikuti seluruh desa di Kubu Raya,” harap Muda.
Muda mengatakan, transaksi nontunai yang diterapkan desa-desa di Kubu Raya merupakan terobosan pertama di Indonesia. Menurutnya, Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya merupakan pelopor pertama, dan 28 desa sudah mendeklarasikan ini,” ujarnya.
Muda mengatakan CMS atau transaksi non tunai yang diterapkan 28 pemerintah desa merupakan terobosan untuk membuat transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Hal itu sekaligus mengamankan dan melindungi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang menjadi hak masyarakat desa.
“Ini juga sebagai upaya membentengi aparatur desa dari persoalan hukum sekaligus mempercepat pembangunan. Memastikan realisasinya bisa lebih efektif dan termonitor dengan baik,” terangnya.
Muda menyatakan, di tahun 2020 nanti seluruh desa di Kabupaten Kubu Raya diharuskan menerapkan transaksi non tunai. Ia mengungkapkan peraturan bupati terkait hal itu telah dibuat. Insya Allah di tahun 2020 seluruh desa telah menandatangani MoU dengan pihak Bank Kalbar.
Menurut Muda, penerapan transaksi non tunai di tingkat pemerintahan desa sangat efektif dan efisien. Karena membuat aparatur desa tidak lagi direpotkan oleh berbagai hal. Dengan adanya penerapan aplikasi CMS ini, semuanya akan lebih jelas, dananya jelas, transaksinya jelas. Perangkat desa akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan pencatatan.
Tidak perlu kuatir kemana larinya dana desa, semua sudah terekam dengan sangat jelas, rekening korannya juga jelas. Bahkan untuk laporannya sendiri akan lebih mudah diakses dan tentu saja dampaknya akan dapat lebih memudahkan dalam melakukan pengawasan. (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/parit-baru-jadi-desa-pertama-gunakan-transaksi-non-tunai-di-indonesia/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
10 Destinasi Wisata Hits Yang Indah Di Kalimantan Timur Calon Ibu Kota Baru Republik Indonesia

10 Destinasi Wisata Hits Yang Indah Di Kalimantan Timur Calon Ibu Kota Baru Republik Indonesia

papar berkaitan - pada 23/8/2019 - jumlah : 241 hits
Nanti kalau ibu kota udah pindah tempat tempat wisata ini bakal muncul terus di Instagram Hehehe
Daihatsu Indonesia Adu Keahlian Di World Skill Competition 2019 Di Kazan Rusia

Daihatsu Indonesia Adu Keahlian Di World Skill Competition 2019 Di Kazan Rusia

papar berkaitan - pada 22/8/2019 - jumlah : 294 hits
Daihatsu berpartisipasi untuk mengharumkan nama Indonesia di World Skill Competition di Kazan Rusia Usman Roshid Mashuri yang bekerja di PT Astra Daihatsu Motor maju sebagai delegasi di cabang car painting
Susulan Insiden Di Indonesia Fam Mulakan Langkah Pertama Bertemu Afc

Susulan Insiden Di Indonesia Fam Mulakan Langkah Pertama Bertemu Afc

papar berkaitan - pada 7/9/2019 - jumlah : 208 hits
Ekoran kekecohan yang berlaku di Stadium Gelora Bung Karno pada hari Khamis lepas pihak Malaysia menyatakan hasrat untuk membuat laporan kepada Persekutuan Persatuan Bola Sepak Antarabangsa Laporan tersebut bertujuan untuk menuntut keadilan...
Single Baru Jadi Perbincangan Agnez Mo Bandingkan Beritanya Di Media Asing Dan Indonesia

Single Baru Jadi Perbincangan Agnez Mo Bandingkan Beritanya Di Media Asing Dan Indonesia

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 173 hits
Agnez Mo membandingkan media luar yang membahas karya dan media Tanah Air yang membahas bra
Deretan E Commerce Dengan Transaksi Tertinggi Di Indonesia

Deretan E Commerce Dengan Transaksi Tertinggi Di Indonesia

papar berkaitan - pada 28/8/2019 - jumlah : 131 hits
Di Indonesia yang merupakan pasar terbesar Asia Tenggara platform belanja online lokal termasuk Tokopedia Bukalapak dan Blibli tetap mendominasi lanskap industri e commerce
Aparat Desa Di Ibu Kota Baru Tuntut Kenaikan Gaji

Aparat Desa Di Ibu Kota Baru Tuntut Kenaikan Gaji

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 169 hits
Aparat desa di ibu kota baru tersebut menuntut kenaikan gaji dan insentif seperti dana operasional Rukun Tetangga yang dinaikkan 100 persen Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menaikkan dana operasional RT dari Rp 1 juta menjadi Rp 2 j...
Pasaraya Costco Pertama Yang Baru Dibuka Di Shanghai Diserbu Lautan Pelanggan Agresif

Pasaraya Costco Pertama Yang Baru Dibuka Di Shanghai Diserbu Lautan Pelanggan Agresif

papar berkaitan - pada 30/8/2019 - jumlah : 139 hits
Kita semua pantang mendengar perkataan perkataan seperti jualan murah diskaun sehingga 70 promosi hebat sempena bulan kemerdekaan beli 1 percuma 1 dan bermacam macam lagi Setiap kali adanya jualan murah pasti ramai manusia akan mengerumuni ...
Ini Yang Bakal Dibangun Pertama Kali Oleh Pemerintah Di Ibu Kota Baru

Ini Yang Bakal Dibangun Pertama Kali Oleh Pemerintah Di Ibu Kota Baru

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 298 hits
Menteri PPN Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan akan mulai memasuki tahap groundbreaking pada tahun 2021 di mana yang akan dibangun pertama kali merupakan pusat pemerintahan di atas lahan seki...
Garuda Indonesia Buka Rute Baru Dari Bandung Ke Lampung Dan Surabaya

Garuda Indonesia Buka Rute Baru Dari Bandung Ke Lampung Dan Surabaya

papar berkaitan - pada 25/8/2019 - jumlah : 193 hits
Maskapai Garuda Indonesia mulai akan mengoperasikan layanan penerbangan rute Bandung Lampung pp dan Bandung Surabaya pp dari Bandara Husein Sastranegara Penerbangan tersebut akan dilayani dengan menggunakan armada ATR 72 600 yang berkapasit...
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Penyokong Pn Jangan Bongkak Dan Takabbur



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Bila Kau Rajin Nak Tolong Kerja Orang

Perjanjian Allah Swt Dengan Kaum Bani Israil

Mushroom Jellyfish House By Ttdesign Vn In Tan Hiep Vietnam

Vanishing Landscape

Dapat Hadiah Hari Jadi

Keyakinan