Orang Berperut Buncit Punya Volume Otak Lebih Rendah


Meski ada yang menganggap perut buncit sebagai suatu hal yang menggemaskan, kondisi itu sebenarnya bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan pada seseorang.
Dan sekarang hasil sebuah riset terbaru menemukan kemungkinan bahwa perut buncit juga menunjukkan kondisi buruk pada otak.
Riset yang dilakukan di Inggris ini menemukan bahwa orang yang mengalami obesitas dan memiliki lemak di perut yang tinggi, rata-rata punya volume otak yang lebih rendah dibanding orang dengan berat badan yang sehat.
Lebih spesifiknya, riset yang hasilnya telah terbit di jurnal Neurology ini menemukan bahwa lemak di perut berhubungan dengan volume gray matter, jaringan otak yang penuh dengan sel-sel saraf, yang lebih rendah.
“Riset kami, yang mempelajari banyak kelompok orang yang berbeda, menemukan bahwa obesitas, terutama di bagian tengah (perut), mungkin berhubungan dengan penyusutan otak,” ujar pemimpin riset Mark Hamer seperti dikutip dari Live Science.
Bahayanya, kondisi berkurangnya volume otak atau penyusutan otak telah dihubungkan dengan peningkatan risiko menurunnya kemampuan memori dan demensia.
Menurut para peneliti, riset ini memberikan dugaan bahwa kombinasi antara obesitas berdasarkan perhitungan indeks massa tubuh (IMT) dan rasio pinggang ke pinggul yang tinggi, bisa menjadi faktor risiko terjadinya penyusutan otak.
Dalam riset ini temuan para peneliti hanya sebatas asosiasi alias hubungan saja.
Mereka belum bisa membuktikan bahwa memiliki lemak yang lebih banyak di daerah pinggang benar-benar menyebabkan penyusutan otak.
Jadi bisa saja orang dengan volume gray matter di otak punya risiko terkena obesitas yang lebih besar. Oleh karena itu, perlu dilakukan riset lanjutan untuk mengungkap dengan jelas alasan adanya hubungan itu.
Sebenarnya telah ada beberapa riset yang menemukan hubungan antara lemak di perut (lemak visceral), atau rasio pinggang ke pinggul yang tinggi, dengan volume otak yang lebih rendah.
Namun riset-riset itu skalanya kecil dan tidak menambahkan secara sekaligus perhitungan efek BMI dengan rasio pinggang ke pinggul yang tinggi.
Sementara dalam riset terbaru ini para peneliti menganalisis data dari 9.600 orang dengan usia rata-rata 55 tahun yang hidup di Inggris.
Para peserta dihitung BMI dan rasio pinggang ke pinggulnya, lalu menjalani pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging atau pencitraan resonansi magnetik) untuk dipelajari volume otaknya.
Dari situ ditemukan bahwa orang-orang dengan skor BMI dan rasio pinggang ke pinggul yang tinggi punya volume otak yang paling rendah, dibandingkan dengan orang-orang yang punya skor BMI tinggi tapi rasio pinggang ke pinggul yang rendah dan orang dengan berat badan yang sehat.
Orang-orang dengan skor BMI dan rasio pinggang ke pinggul yang tinggi rata-rata memiliki volume gray matter 786 sentimeter kubik.
Sementara orang dengan skor BMI tinggi tapi rasio pinggang ke pinggulnya normal memiliki volume 793 sentimeter kubik dan orang dengan berat badan sehat memiliki volume gray matter 798 sentimeter kubik.
Hasil yang sama tetap para peneliti temukan meski telah memperhitungkan faktor lain yang bisa mempengaruhi volume otak, seperti usia, rokok, dan tekanan darah.
Meski riset ini tidak menemukan mekanisme hubungan antara lemak visceral dan penyusutan otak, para peneliti berhipotesis bahwa lemak jenis tersebut diduga menyebabkan peradangan yang bisa berakibat pada atrofi otak.
Riset ini sendiri punya batasan. Para peneliti menjelaskan bahwa para peserta yang setuju dan sukarela menjadi peserta riset cenderung lebih sehat dibanding mereka yang menolak terlibat dalam riset. Jadi hasil temuan riset mungkin tidak berlaku bagi populasi umum.
Gayatri Devi, ahli saraf di Lenox Hill Hospital, New York, yang tak terlibat dalam riset, menyetujui hasil temuan ini.
“Penyusutan gray matter di otak memang tampaknya berhubungan dengan obesitas dan peningkatan jumlah lemak visceral,” ujarnya kepada Live Science.
“Intinya, semua ini menunjukkan bahwa kondisi kesehatan tubuh secara umum sangat penting bagi kesehatan otak,” imbuh Devi.
Sumber: kumparan.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/orang-berperut-buncit-punya-volume-otak-lebih-rendah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ringgit Terus Jatuh Ditutup Lebih Rendah Berbanding Dolar As

Ringgit Terus Jatuh Ditutup Lebih Rendah Berbanding Dolar As

papar berkaitan - pada 3/1/2019 - jumlah : 201 hits
Mata wang kita sukar untuk kukuh berikutan perkembangan faktor luaran tidak menentu KUALA LUMPUR Ringgit meneruskan penyusutan pada pagi ini untuk ditutup rendah berbanding dolar AS hari ini susulan ketidaktentuan ekonomi luaran yang menyak...
Otak Lebih Banyak Bekerja Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Otak Lebih Banyak Bekerja Wanita Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 272 hits
Berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh Horne itu disebut bahwa secara rata rata wanita membutuhkan tidur dua puluh menit lebih lama Namun hal ini dapat berbeda antara satu orang dengan yang lainnya
Waskita Karya Target Laba Bersih Lebih Rendah Di 2019 Ini Sebabnya

Waskita Karya Target Laba Bersih Lebih Rendah Di 2019 Ini Sebabnya

papar berkaitan - pada 5/1/2019 - jumlah : 261 hits
Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra menjelaskan laba bersih di 2019 dipatok lebih rendah karena mempertimbangkan beberapa faktor yang ada Salah satunya adalah akan dioperasikannya beberapa proyek jalan tol di 2019
Berolahraga Di Malam Hari Punya Efek Lebih Besar Bagi Penderita Hipertensi

Berolahraga Di Malam Hari Punya Efek Lebih Besar Bagi Penderita Hipertensi

papar berkaitan - pada 31/12/2018 - jumlah : 236 hits
Dilansir dari japan Today sebuah penelitian menyebut bahwa berolahraga di malah hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pria yang mengalami hipertensi
Bonus Kenaikan Gaji Lebih Rendah Tahun Ini Kata Kumpulan Majikan

Bonus Kenaikan Gaji Lebih Rendah Tahun Ini Kata Kumpulan Majikan

papar berkaitan - pada 10/1/2019 - jumlah : 300 hits
Bonus kenaikan gaji nbsp lebih rendah tahun ini kata kumpulan majikan nbsp nbsp
Debat Capres Soal Korupsi Jokowi Dinilai Punya Beban Lebih Berat Dibanding Prabowo

Debat Capres Soal Korupsi Jokowi Dinilai Punya Beban Lebih Berat Dibanding Prabowo

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 267 hits
Sebagai petahana Jokowi memiliki rekam janji janji Pilpres 2014 yang belum terlaksana Termasuk jika bicara tema korupsi
Sri Mulyani Semringah Inflasi 2018 Lebih Rendah Dari Target Apbn 2018

Sri Mulyani Semringah Inflasi 2018 Lebih Rendah Dari Target Apbn 2018

papar berkaitan - pada 3/1/2019 - jumlah : 196 hits
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku senang atas capaian inflasi 2018 sebesar 3 13 persen Sebab angka ini terbilang lebih rendah dari target yang patok pemerintah sebesar 3 5 persen plus minus satu
Kajian Menyatakan Bahawa Perut Buncit Menyebabkan Otak Semakin Mengecil

Kajian Menyatakan Bahawa Perut Buncit Menyebabkan Otak Semakin Mengecil

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 320 hits
Kajian sekumpulan penyelidik di Britain mendapati individu yang gemuk dan mempunyai nisbah pinggang ke pinggul yang tinggi secara purata mempunyai isi padu otak lebih rendah berbanding mereka yang mempunyai berat badan sihat Gambar hiasan P...
Janda Siti Amiza Dikatakan Kemal4ngan 3 Minggu Lepas Tetapi Netizen Lebih Bijak Dan Bongkar Segalanya

Janda Siti Amiza Dikatakan Kemal4ngan 3 Minggu Lepas Tetapi Netizen Lebih Bijak Dan Bongkar Segalanya

papar berkaitan - pada 5/1/2019 - jumlah : 805 hits
Janda Siti Amiza Dikatakan Kemal4ngan 3 Minggu Lepas Tetapi Netizen Lebih Bijak Dan Bongkar SegalanyaJanda Siti Amiza Dikatakan Kemal4ngan 3 Minggu Lepas Tetapi Netizen Lebih Bijak Dan Bongkar Segalanya
5 Sekawan Dipenjara 36 Tahun 12 Sebatan Kerana Bunuh

Kanak Kanak Usia 3 Tahun Sudah Boleh Diajar Berdikari Tahu Urus Diri Sudah Cukup Baik

Asal Usul Coca Cola

Lumira Eka Heights Epitome Of Contemporary Living

The Houston Hemp Flower Community Connecting With Like Minded Users

Sanggup Bawa Asid Dari Johor Ke Kelantan Simbah Rakan

Berhenti Menjaja Serangan Bola Sepak

Ikan Buntal Risiko Dan Gejala Keracunan



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Lirik Lagu Mati Matian Mahalini

Pb House By D Compose Architect In Chiang Thailand

Elevate Your Home S Aesthetic With These Outdoor Renovations

Police Arrest 5 Men Seize 32kg Of Drugs Worth About Rm800k

Pharmaniaga Komited Pulih Kewangan Keluar Status Pn17

Kkb Polls Go Out To Vote With Peace Of Mind As Safety Assured Says Selangor Police