Merasa Keberatan Film Kucumbu Tubuh Indahku Direspon Bupati Kubu Raya


KUCUMBU TUBUH INDAHKU “Kisah perjalanan hidup Juno, sejak kecil hingga dewasa menjadi penari, di sebuah desa di Jawa, yang terkenal sebagai desa penari lengger lanang, jenis tarian perempuan yang dibawakan penari laki – laki. Kehidupan Juno kecil adalah kehidupan peleburan tubuh maskulin dan feminin yang terbentuk alami oleh kehidupan desa dan keluarganya, namun perjalanan hidupnya selanjutnya adalah perjalanan kehidupan penuh trauma kekerasan tubuh.
Trauma kekerasan politk yang dialami Ayahnya menjadikan Juno hidup sendiri . Kehidupan masa kecil Juno serba sendiri di desa miskin menjadikan dirinya menjadi ibu dan bapak bagi kehidupannya. Juno dalam kesendirian melihat banyak kekerasan yang muncul di sekitarnya”
Dua paragraf diatas Blogger Borneo kutip langsung dari salah satu sumber referensi hasil pencarian Google dengan kata kunci yang digunakan adalah judul film itu sendiri yaitu Kucumbu Tubuh Indahku.  Sebenarnya pada awalnya Blogger Borneo tidak tahu mengenai kisah tayangnya film ini di layar bioskop Indonesia, akan tetapi menyebarnya sebuah petisi Change.Org yang dibuat oleh Budi Robantoro 3 (tiga) hari lalu membuat Blogger Borneo merasa penasaran dengan keberadaan film ini.
Memantik Kontroversi Masyarakat Melihat ada tampilan video trailer di dalam petisinya, Blogger Borneo langsung menonton film tersebut secara seksama dari awal sampai akhir. Hanya bisa terdiam sesaat ketika trailer film ini selesai diputar. Satu pertanyaan langsung terbersit pada saat itu, apakah Sang Sutradara tidak mengira tema filmya akan memantik kontroversi karena mengandung unsur LGBT didalamnya.
Tapi, setelah membaca tulisan Garin Nugroho dalam pemberitaan dari CNN Indonesia pada tanggal 24 April lalu yang berjudul Garin Jawab Kontroversi LGBT “Kucumbu Tubuh Indahku”, Sang Sutradara malah menganggap dirinya telah mendapat penghakiman secara massal tanpa adanya proses diskusi dari masyarakat. Jadi sebenarnya siapa yang harus dipersalahkan dalam kasus ini? Apakah Sang Sutradara atau Masyarakat dan Para Netizen?.
Image: Google.Com Memang jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, maka akan terdapat dua pendapat yang berbeda juga. Dari Sang Sutradara akan menganggap kisah yang diangkatnya dalam film ini merupakan kisah tentang seorang penari Lengger bernama Juno. Tari Lengger Lanang sendiri merupakan budaya asli Indonesia, tepatnya berasal dari Banyumas. Tarian itu mengharuskan penarinya menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh. Biasanya tarian itu dipentaskan lelaki, yang di keseharian mengubah diri jadi perempuan.
Sekarang bagaimana dengan respon dari masyarakat terutama kaum Ibu maupun kalangan Wanita, sepertinya kita sudah tahu jawabannya seperti apa. Kalau Blogger Borneo sih secara personal menolak untuk menonton film ini apapun alasan penayangannya. Sekarang bagaimana dengan kawan-kawan???
Bupati Kubu Raya Merasa Keberatan Melihat begitu ramainya isu kontroversi film Kucumbu Tubuh Indahku ini di media massa maupun media sosial, Bupati Kabupaten Kubu Raya, Bapak Muda Mahendrawan juga turut menunjukkan dukungannya dengan menerbitkan Surat Keberatan dengan Nomor: 800/0989/Diskominfo-A pada tanggal 26 April 2019 yang ditujukan kepada Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Kalimantan Barat.
Image: KalbarOnline.Com Dalam surat tersebut tertulis sebagai berikut:
Untuk menjaga dan memelihara masyarakat dari dampak yang ditimbulkan oleh pelaku penyimpangan seksual di Kabupaten Kubu Raya serta untuk penguatan ketahanan keluarga terhadap perilaku penyimpangan seksual beserta dampaknya. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengajukan keberatan terhadap pemutaran film “KUCUMBU TUBUH INDAHKU” serta tidak dilakukan pemutaran film tersebut di wilayah Kabupaten Kubu Raya karena dengan pemutaram film tersebut akan dapat mengakibatkan yakni:
Berdampak pada keresahan di masyarakat karena adegan penyimpangan seksual yang ditayangkan di film tersebut dapat mempengaruhi cara pandang/perilaku masyarakat terutama generasi muda untuk mengikuti bahkan membenarkan perilaku penyimpangan seksual; Bertentangan dengan nilai-nilai agama; Dapat menggiring opini masyarakat terutama generasi muda sehingga menganggap perilaku penyimpangan seksual merupakan perbuatan yang biasa dan dapat diterima. Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Ditandatangani langsung oleh Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, SH. dan ditembuskan kepada Gubernur Kalimantan Barat, Pimpinan Manajemen Bioskop Transmart Kabupaten Kubu Raya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MU) Kabupaten Kubu Raya, dan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Kubu Raya.
Semoga kedepannya hal-hal yang sifatnya sensitif seperti ini tidak terulang lagi dan sebelum diproduksi secara massal sudah harus dilakukan survei masyarakat sehingga pada akhirnya tidak akan ada yang merasa dirugikan. Toh tujuan sebenarnya dari adanya trailer untuk mencegah terjadinya kasus penolakan, bukan filmnya sudah selesai diproduksi baru trailernya disebarkan. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/kucumbu-tubuh-indahku/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Wali Kota Minta Akses Film Kucumbu Tubuh Indahku Di Pontianak Ditutup

Wali Kota Minta Akses Film Kucumbu Tubuh Indahku Di Pontianak Ditutup

papar berkaitan - pada 28/4/2019 - jumlah : 207 hits
Wali Kota Minta Akses Film Kucumbu Tubuh Indahku di Pontianak Ditutup Pihaknya keberatan atas pemutaran film tersebut serta meminta KPID Kalbar menutup akses informasi terhadap film itu baik melalui media cetak media sosial maupun media mas...
Manajemen M150 Berikan Bantuan Kepada Nelayan Berprestasi Di Sungai Kakap Kubu Raya

Manajemen M150 Berikan Bantuan Kepada Nelayan Berprestasi Di Sungai Kakap Kubu Raya

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 325 hits
ENERGY NELAYANKU BISA Sebagai produk minuman Energi M150 memberikan bantuan sebagai cinderamata kepada masyarakat nelayan di Sungai Kakap Kubu Raya Bantuan yang diberikan diwakili oleh 8 Nelayan yang dianggap berprestasi dan menjadi inspira...
Bila Suami Belikan Baju Raya Anak

Bila Suami Belikan Baju Raya Anak

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 429 hits
Baju ni tak fotogenik agaknya dalam pic suami kirim masa proses pembelian memang keadaannya kurang menyerlah Mungkin faktor pencahayaan Hingga Qistina cuba menolak untuk dibelikan Ain pula sebagaimana lazimnya tak berapa cerewet soal baju s...
Peraduan Yeo S Raya Bergaya Tawar Proton X70 Duit Raya

Peraduan Yeo S Raya Bergaya Tawar Proton X70 Duit Raya

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 867 hits
Peraduan Yeo s Raya Bergaya tawar Proton X70 duit rayaPerayaan Hari Raya Aidilfitri sememangnya disambut untuk meraikan kemenangan selepas berpuasa sepanjang bulan Ramadan Tidak salah jika hendak berangan meraikan hari raya bersama keluarga...
Sampul Duit Raya 2019 Rare Branded Stylista Cantik Corak Bunga

Sampul Duit Raya 2019 Rare Branded Stylista Cantik Corak Bunga

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 1639 hits
Kami menjual sampulduitraya design rare untuk anda LV Gucci Chanel VS Adidas Macam lagi Saiz besar duit RM100 Tak perlu lipat dan gam Design boleh campur STOK TERHAD 1 pack 3 packs RM 106 packs RM 209 packs RM 30Whatsapp 013 3888584 untuk t...
Sampul Duit Raya 2019 Murah Didi Friends Frozen Upin Ipin Boboiboy Baby Shark Hello Kitty

Sampul Duit Raya 2019 Murah Didi Friends Frozen Upin Ipin Boboiboy Baby Shark Hello Kitty

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 1367 hits
STICKY POST HINGGA RAYA Menjual Sampul Duit Raya 2019 Design Terkini DAPATKAN SAMPUL PERCUMA PROMOSI AIDILFITRIMurah Kualiti Kreatif Cun Boleh campur campur designCall Whatsapp SMS 013 3888584 Link Whatsapp Glossy PaperSaiz Ukuran 154 mm x ...
The New Sunglasses Silhouette To Rock This Raya

The New Sunglasses Silhouette To Rock This Raya

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 334 hits
It s a retro revival with a twist with the collaboration between Italian fashion house and Korean eyewear designer The Gentle Fendi collection of sunglasses displays a balance between the design style of both brands in a cool piece that is ...
3 In 1 Bekas Air Untuk Raya

3 In 1 Bekas Air Untuk Raya

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 471 hits
Hi Bekas air sekarang pun dah canggih boleh letak 3 jenis air sekali gus Mau terkejut tetamu yang datang nak pilih mana satu kan Haa kini dengan bekas air camni sis boleh buat air yang sedap sedap sekali gus 3 in 1 Bekas Air Untuk RayaSatu ...
1mdb Ecrl Jana Dana Pilihan Raya Ke 14

1mdb Ecrl Jana Dana Pilihan Raya Ke 14

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 362 hits
1MDB ECRL jana dana pilihan raya ke 14Posted By on May 02 20191MDB dan projek Laluan Rel Pantai Timur digunakan oleh pentadbiran lama untuk mendanai dua kempen pilihan raya umum sebelum ini dakwa penasihat kanan Institut Kajian Khazanah Jom...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Habiskan Duit Bayar Kepada Pakar Yang Pandai Beri Penjelasan Cara Dia Hilangkan Masalah

Restoran Rebung 2 Di Putrajaya

Effective Email Marketing Strategies

Konsert Melly Friends Kuala Lumpur 2024

Terbukti Pasukan Terengganu Berkualiti

Asan Lembu The Movie