Menjamurnya Masjid Dan Masa Depan Islam Di Jepang


Beberapa tahun terakhir ada peningkatan jumlah pelajar dan pekerja Muslim dari berbagai negara Islam yang datang ke Jepang.
Bersamaan dengan itu, kini banyak masjid yang sedang di bangun di sejumlah daerah di Jepang.
Berdasarkan penelitian seorang profesor teori sosial Asia dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Manusia Universitas Waseda, Hirofumi Tanada, pada 2018 terdapat 105 masjid di 36 prefektur di Jepang.
Dan Masjid pun bukan hanya sebagai tempat ibadah Muslim, melainkan juga sebagai tempat pelayanan bagi komunitas, bersosialisasi dan pendidikan.
Lalu dengan semakin banyak masjid di Jepang, bagaimana umat Muslim bisa hidup berdampingan dengan masyarakat Jepang.
Suara azan shalat Jumat baru saja menggema di Islamic Research Center (IRC) Jepang. Masjid itu berada di lantai empat sebuah bangunan di pinggiran Yawata, Prefektur Kyoto.
Ada sebanyak 50 sampai 100 umat Muslim yang tinggal di wilayah itu. Ramzan Mirza (53 tahun) adalah Muslim yang membeli bangunan itu sepuluh tahun lalu.
Setelah itu dia kemudian menggunakannya untuk masjid. Ramzan berasal dari Bangladesh. Dia telah tinggal di Jepang tiga dekade lalu.
Ramzan pun membuka usaha di sekitar banguan yang kini menjadi masjid. Di daerah itu, terdapat banyak perusahaan yang bergelut pada bisnis mobil bekas, dan secara bertahap kini semakin banyak umat Muslim dari berbagai negara menempati daerah itu.
“Bisnis saya telah stabil, jadi saya memutuskan ingin membuat ruang yang bisa membantu umat Islam di sini,” kata Ramzan seperti dilansir the Mainichi pada Selasa (3/12).
Sementara Muslim lainnya, Muhammad Ali (37 tahun), yang juga berasal dari Bangladesh telah tinggal di Jepang sejak enam tahun lalu. Ali juga bekerja di perusahaan penjualan mobil bekas di Kyoto.
“Saya pulang ke negara saya setahun sekali, sangat jauh dari istri dan anak-anak tapi saya merasa lebih tenang bisa datang ke tempat ini, dekat rumah saya,” katanya.
Khalid Sultan (30 tahun) juga bekerja di perusahaan yang sama. Ia berasal dari Suriah.
Sultan datang ke Jepang tujuh tahun lalu bersama saudara laki-lakinya yang berusia 25 tahun. Keduanya melarikan diri ke Jepang lantaran konflik perang saudara di negaranya.
Sementara mayoritas keluarganya memilih tinggal di Turki.
“Menyedihkan, tetapi saya tak bisa kembali ke negara saya. Namun bila saya bertemu dengan teman-teman saya di sini, masalah itu hilang,” kata Sultan.
Sebelum Masjid IRC Jepang dibuka, umat Muslim di wilayah itu harus naik kereta hampir dua jam untuk ke Masjid Muslim di Kobe tepatnya di kota Kobe Prefektur Hyogo.
Sementara Mirza pun berencana mendaftarkan Masjid IRC Yawata sebagai pusat keagamaan dan juga menjadikannya sebagai pusat penelitian Islam melalui kerjasama dengan Universitas Jepang.
Untuk diketahui, Masjid pertama yang berdiri di Jepang adalah Masjdi Muslim Kobe.
Masjid ini didirikan pada 1935 oleh warga Turki dan India. Menurut penelitian profesor Tanada, hanya ada tiga masjid di Jepang pada akhir 1980-an.
Namun pada paruh dekade kedua, banyak orang-orang Muslim yang datang dari Iran, Pakistan, Bangladesh, dan lainnya datang ke Jepang.
Ada yang menjadi buruh dan banyak juga yang bekerja di sektor bisnis konstruksi dan lainnya.
Setelah itu, ada gelombang kedatangan para trainer dan pekerja dari Indonesia dari 1990 dan 2000-an, bersamaan dengan itu terjadi peningkatan jumlah Masjid.
Pada waktu itu jumlah pelajar dan yang mengikuti pelatihan  dari berbagai daerah mayoritas Muslim pun meningkat.
Tercatat pada 2014 hanya ada 80 masjid, jumlahnya melonjak pada 2018 menjadi 105 masjid.
Dulu, kebanyakan Muslim yang datang dari berbagai negara itu berada di daerah pusat industri, seperti Tokyo, daerah metropolitan Chukyo di sekitar Nagoya di Prefektur Aichi, hingga Kansai.
Namun baru-baru ini terjadi peningkatan jumlah Muslim terutama di kalangan mahasiswa yang tinggal di ibu kota prefektur.
Profesor Tanada memperkirakan ada sekitar 200 ribu Muslim tinggal di Jepang. Di mana 43 ribu diantaranya berkebangsaan Jepang termasuk mereka yang pindah agama untuk menikah dengan seorang Muslim.
Seperti Masjid terbesar di Jepang yakni Tokyo Camii di ibukota Shibuya Ward, tercatat ada sekitar 700 hingga 800 orang yang datang ke masjid itu untuk melakukan shalat Jumat.
Jamaah berasal dari berbagai negara di Asia tenggara, Arab dan negara-negara Afrika. Masjid ini juga mempunyai kelas Alquran dan Arab.
“Orang-orang mukmin datang dari seluruh Kanto seperti halnya turis dari negara-negara Islam. Bagi umat Muslim, ini seperti tempat berlindung,” kata kepala Humas Muslim Jepang, Shigeru Shimoyama.
Sumber: republika.co.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/menjamurnya-masjid-dan-masa-depan-islam-di-jepang/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Nadiem Makarim Ungkap Enam Kompetensi Yang Sangat Dibutuhkan Masa Depan

Nadiem Makarim Ungkap Enam Kompetensi Yang Sangat Dibutuhkan Masa Depan

papar berkaitan - pada 14/12/2019 - jumlah : 164 hits
Nadiem menggalakkan konsep merdeka belajar untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang andal Karena itu Nadiem melibatkan Badan Standar Nasional Pendidikan untuk membantu mengembangkan standar nasional pendidikan
Mulai Dari Manusia Bionic Hingga Robot Canggih Disrupto 2019 Bawa Masa Depan Selangkah Lebih Cepat

Mulai Dari Manusia Bionic Hingga Robot Canggih Disrupto 2019 Bawa Masa Depan Selangkah Lebih Cepat

papar berkaitan - pada 25/11/2019 - jumlah : 250 hits
Perkembangan teknologi yang sangat cepat harus diimbangi dengan sikap adaptif masyarakat Transformasi digital akan maksimal terlaksana jika berbagai sektor adaptif dengan perubahan
Diberi Porsi Besar Di Pemerintahan Ini Tantangan Milenial Di Masa Depan

Diberi Porsi Besar Di Pemerintahan Ini Tantangan Milenial Di Masa Depan

papar berkaitan - pada 3/12/2019 - jumlah : 242 hits
Jokowi berharap tujuh staf khusus milenial dapat memberikan masukan yang inovatif untuk kebijakan pemerintahan lima tahun ke depan
Bertindak Sekarang Demi Masa Depan Keluarga Tersayang

Bertindak Sekarang Demi Masa Depan Keluarga Tersayang

papar berkaitan - pada 7/12/2019 - jumlah : 314 hits
Salam sahabat yang sedang mencari cari rahsia SEBENAR untuk menjadi kaya Bayangkan sekarang ini anda sedang menjana pendapatan yang tak pernah anda fikirkan seumur hidup bekerja cuma satu atau dua jam sehari memiliki banglo mewah kereta mew...
Masa Depan Bn Belum Pasti Mn Tidak Undang Mca

Masa Depan Bn Belum Pasti Mn Tidak Undang Mca

papar berkaitan - pada 11/12/2019 - jumlah : 227 hits
Teori mengatakan BN dan Pas akan membentuk kerajaan baharu selepas pilihan raya umum ke 15 masih di awang awangan Hal ini kerana pakatan yang baharu terbentuk kemungkinan mengambil model Angkatan Perpaduan Ummah pada awal 1990an lalu Model ...
Quran Dibakar Masjid Ditutup Ulama Dibunuh Namun Umat Islam Semua Berdiam Diri Mesut Ozil

Quran Dibakar Masjid Ditutup Ulama Dibunuh Namun Umat Islam Semua Berdiam Diri Mesut Ozil

papar berkaitan - pada 15/12/2019 - jumlah : 594 hits
Bintang Arsenal Mesut zil mendakwa umat Islam hanya berdiam diri ketika etnik minoriti Uighur di Xinjiang ditindas di bawah kerajaan China Beliau berkata demikian dalam kenyataan bertajuk East Turkistan Bleeding Wound of Islamic Ummah yang ...
Muka Hensem Tapi Sanggup Curi Dalam Masjid Masa Jemaah Sedang Sujud Netizen

Muka Hensem Tapi Sanggup Curi Dalam Masjid Masa Jemaah Sedang Sujud Netizen

papar berkaitan - pada 14/12/2019 - jumlah : 990 hits
AdvertisementAdvertisementZaman sekarang kerana terdesak dan duit ramai yang sanggup mencuri tanpa mempedulikan akibat perbuatan itu Kegiatan mencuri berlaku di mana mana saja dan kerana inginkan pendapatan yang cepat pencuri sanggup mencur...
Umno Pinda Perlembagaan Parti Letak Islam Di Depan

Umno Pinda Perlembagaan Parti Letak Islam Di Depan

papar berkaitan - pada 7/12/2019 - jumlah : 272 hits
Umno melakukan pindaan fasal 3 perlembagaan itu dengan meletakkan agama Islam di hadapan dalam perjuangan parti Melayu berusia 73 tahun itu Difahamkan 13 usul bagi meminda perlembagaan parti itu dikemukakan pada persidangan yang berlangsung...
Isteri Tunjuk Bukti Da I Farhan Ada Diploma Perubatan Islam

Isteri Tunjuk Bukti Da I Farhan Ada Diploma Perubatan Islam

papar berkaitan - pada 14/12/2019 - jumlah : 510 hits
Nampaknya masih belum reda lagi kontroversi mengenai Da i Farhan dan isterinya Dr Erin Satu demi satu isu diperkatakan dan ianya seolah tiada The post appeared first on
Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Pas Anggap Terlalu Awal Bincang Pertukaran Mb Perlis

Opening Young People S Eyes To Workers Rights

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats

Bila Duit Nak Masuk

Penyokong Diseru Jalankan Tanggungjawab Sebagai Pemilik Sabah Fc

Sayur Kucai Dan Taugeh Untuk Makan Tengah Hari



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


Rahsia Katil Homestay Bonda Banda Hilir Melaka

Kembali Menulis

Lagu Popular Thailand Tahun 2024

Starting Somewhere

Ktm Kenalkan 4 Model Motosikal Duke Sempena Ulangtahun Ke 30

Sambutan Ulang Tahun Ke 30 Dan Pelancaran 4 Model Motosikal Ktm Duke