Mengutamakan Perintah Dan Larangan Allah Dalam Keseluruhan Aktiviti Kehidupan Sepanjang Hayat 8700



Khutbah Jumat: Mempersembahkan Ketundukan Total Kepada Allah Kamis, 22 November 2018 17:49 Foto: Khutbah JumatKhutbah Pertamaاَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُإِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ:يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا و أَنْنمْ مُسْلِمُونَيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًايَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًاأما بعد: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِJamaah Jumat rahimakumullah

Dalam sebuah riwayat dari Imam An-Nasai tersebutlah sebuah kisah tentang Arab badui yang berperang bersama Nabi. Dikabarkan pada Perang Khaibar, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam membagikan ghanimah kepada kaum muslimin. Nabi memberikan bagian kepada para sahabat yang membuat mereka bergembira, akan tetapi ketika pembagian sampai kepada si Badui, tiba-tiba dia menolaknya sembari berkata, “Apa ini?” Para sahabat menjawab, “Ini adalah bagian ghanimah untukmu yang berasal dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam.”

Mendapatkan jawaban para sahabat, si Badui terpaksa mengambil bagian ghanimah itu tetapi kemudian dia menghadap Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Sesampai di hadapan Nabi, si Badui bertanya, “Harta apakah ini?” “Ini adalah bagian ghanimah yang aku bagi untukmu.” jawab Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Kembali orang Badui itu berkata, “Bukan karena perkara ini aku mengikutimu, akan tetapi aku mengikutimu karena aku ingin agar suatu saat nanti aku terkena lemparan panah di sini—sambil menunjuk ke lehernya—sehingga aku terbunuh dan masuk jannah karenanya.” Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika engkau jujur kepada Allah, maka Allah akan mengabulkan permintaanmu.”

Benar saja, setelah perang berikutnya berlalu, ia pun mencapai apa yang diinginkannya. Ia syahid sebagaimana yang dicita-citakannya. Para sahabat mendapati jasadnya dalam keadaan lehernya tertusuk anak panah. Tepat seperti yang diucapkannya di hadapan Nabi. Karena itu, jenazahnya pun oleh nabi dikafankan dengan jubah beliau. Lalu beliau, bersabda, “Ya Allah, ini adalah hamba-Mu. Dia keluar dalam rangka berhijrah di jalan-Mu, lalu ia terbunuh sebagai syahid dan aku menjadi saksi atasnya,” (HR. An-Nasa’i)

Jamaah Jumat rahimakumullah

Kisah di atas hanyalah salah satu di antara sekian banyak kisah pengorbanan para sahabat. Keteguhan para sahabat dalam berjuang memang tidak ada bandingannya. Semua hidupnya dipertaruhkan demi kejayaan Islam. Mereka mencintai AllahTa’ala dan Allah pun cinta terhadap mereka. Hidup mereka selalu dalam keberkahan dan keridhaanNya. Kejujuran iman adalah kuncinya. Karena itu, Abdullah bin Mas’ud mengungkapkan:

“Allah mendapati hati para sahabat beliau adalah hati yang paling baik. Oleh karena itu, Allah menjadikan mereka sebagai para pendukung Nabi-Nya yang berperang demi membela agama-Nya. Apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin (para sahabat), pasti baik di sisi Allah. Apa yang dipandang buruk oleh mereka, pasti buruk di sisi Allah.” (Imam Ahmad dalam al-Musnad, I/379, no. 3600)

Jamaah Jumat rahimakumullah

Iman yang jujur pasti akan melahirkan amal yang ikhlas. Sifat ini menjadi tuntutan utama yang harus dijiwai oleh setiap umat Islam. Apapun bentuk amalannya, keikhlasan harus selalu diutamakan. Sebab, percuma dan nihil hasilnya jika amalan jauh dari keikhlasan. Tuntutan ini berulang kali diingatkan dalam ayat al-Qur’an. Di antaranya:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, ..” (QS. Al-Bayyinah: 5)

Ikhlas dalam beribadah yang dituntut tidak hanya ucapan di lisan atau sebatas pengetahuan semata. Namun perintah itu benar-benar dihadirkan dalam amal nyata. Yaitu meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya Dzat yang pantas untuk menggantungkan segala pengharapan, beribadah hanya kepadaNya semata dan siap melaksanakan seluruh syariat yang diturunkanNya tanpa ada kata “tapi”

Konsekuensinya, siapa pun yang jujur dengan keimanannya, ia pasti akan menentang kesyirikan dalam bentuk apa pun juga. Tunduk sepenuhnya dengan hukum dan ketatapan Allah ta’ala. Ia pantang melakukan sesuatu yang bertentangan atau menandingi aturan yang telah ditetapkan Allah. Baginya, semua persoalan hidup tidak boleh lepas dari tuntunan Al-Qur’an dan As-sunnah.

“Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).” (QS. Al-‘Araf: 3)

Jamaah Jumat rahimakumullah

Dalam sebuah ayat yang lain, Allah ta’ala berfirman:

أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ
“Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah?” (QS. Asy-syura: 21)

Lafaz diin dalam surat Asy-Syura di atas dan perintah mengikuti apa yang diturunkan Allah dalam surat al-Araf: 3 yang dibacakan di atas, keduanya tidak hanya berkaitan dengan persoalan keyakinan atau syiar ibadah semata. Namun kedua ayat ini mencakup persoalan tahlil (menghalalkan/membolehkan)  dan tahrim (mengharamkan/melarang). Dari sini dapat disimpulkan bahwa siapa pun yang jujur dengan keimanannya, ia mesti harus memerhatikan tiga hal; bagaimana kelurusan akidahnya, ibadahnya dan aturan hidupnya. Ketika ketiga hal ini tidak bersumber dari yang telah Allah tetapkan, maka ada yang cacat dalam imannya. Belum ada rasa untuk totalitas dalam menerima konsekuensi iman. Dan ini pertanda keimanannya tidak jujur. Perhatikan bagaimana Allah menceritakan keyakinan orang-orang musyrik zaman dahulu:

وَقَالَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا لَوْ شَاءَ اللَّهُ مَا عَبَدْنَا مِنْ دُونِهِ مِنْ شَيْءٍ نَحْنُ وَلا آبَاؤُنَا وَلا حَرَّمْنَا مِنْ دُونِهِ مِنْ شَيْءٍ
“Dan orang musyrik berkata, ‘Jika Allah menghendaki, niscaya kami tidak akan menyembah sesuatu apa pun selain Dia, baik kami maupun bapak-bapak kami, dan tidak (pula) kami mengharamkan sesuatu pun tanpa (izin)-Nya..,” (QS. An-Nahl; 35)

Lalu, ketegasan ini Allah sebutkan lagi ketika menyebutkan ciri-ciri orang munafik yang tidak mau totalitas dalam beriman. Menerima hukum Allah sebagai aturan hidup menjadi standar keimanan seseorang. Karena itu, ketika ada yang tidak rela diatur seluruh persoalannya hidupnya dengan hukum Allah, maka Allah sebutkan sebagai orang munafik yang tidak jujur dalam beriman.وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا إِلَىٰ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنْكَ صُدُودًا“Apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.” (QS. An-Nisa: 61)

Jamaah jumat rahimakumullah

Dalil di atas semakin memperjelas bahwa ibadah yang diharapkan oleh Allah dari hambanya adalah meyakini ke-Esaan Allah dalam hal uluhiyah dan rububiyah. Tidak cukup hanya perkara ibadah mahdhah seputar shalat, puasa, zakat dan sebagainya. Namun juga mencakup seluruh aspek hidup lainnya. Baik dalam urusan politik, ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya. Dalam semua aturan itulah, Allah Ta’ala hendak menguji kejujuran iman seseorang. Siapkah dia menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam menetapkan undang-undang? Atau masih ada rasa memilah-milih sesuai dengan keinginan hawa nafsunya?

اَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُKhutbah Kedua:اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًاأَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَاَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ.رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْKhutbah Jumat: Mempersembahkan Ketundukan Total Kepada Allah - Kiblat
https://www.kiblat.net/2018/11/22/khutbah-jumat-mempersembahkan-ketundukan-total-kepada-allah/
#khutbah jumat
#Ketundukan kepada aturan Allah

BERITA TERKAITKhutbah Jumat: Tegaknya Keadilan, Tujuan Utama Syariat Islam Kamis, 15 November 2018 15:10Khutbah Jumat: Kalimat Tauhid dan Barometer Akhlaqul Karimah Kamis, 8 November 2018 17:48Khutbah Jumat: Kalimat Tauhid, Azas Persatuan Umat Islam Kamis, 1 November 2018 18:44Khutbah Jumat: Bahaya LGBT – Ust. Muhaimin Adi Nurahman Jum'at, 26 Oktober 2018 13:19Khutbah Jumat: Kewajiban Menolong Sesama Muslim Kamis, 18 Oktober 2018 09:53

TITIANManhajPerampok Ini Berhijrah Hingga Menjadi Ulama 21 November 2018Tarbiyah JihadiyahKunci Kesuksesan Itu Bernama Sabar 19 November 2018ManhajAgar Hijrahmu Tidak Hanya Sekedar Tren 17 November 2018ManhajJalan Berliku Hijrah Milenial 17 November 2018
BACA JUGA  Serba-Serbi Bendera Rasulullah ﷺ
BACA JUGA  Sebut Bendera Tauhid Bendera Teroris, Abu Janda Dipolisikan




Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2018/11/mengutamakan-perintah-dan-larangan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Larangan Melancong Ke Tempat Yang Dimurkai Allah Seperti Laut Mati Di Jordan

Larangan Melancong Ke Tempat Yang Dimurkai Allah Seperti Laut Mati Di Jordan

papar berkaitan - pada 11/11/2018 - jumlah : 314 hits
Larangan Melancong Ke Tempat Yang Dimurkai Allah Seperti Laut Mati Di JordanLarangan Melancong Ke Tempat Yang Dimurkai Allah Seperti Laut Mati Di Jordan
Hikmah Dalam Perintah Perintah Allah

Hikmah Dalam Perintah Perintah Allah

papar berkaitan - pada 10/11/2018 - jumlah : 295 hits
Ibnu Taimiyyah berkata Segala sesuatu yang diperintahkan oleh ALLAH maka Dia perintahkan kerana adanya hikmah Dan apa yang ditegah NYA juga kerana ada hikmnah NYA Ini adalah pandangan semua imam Fiqh kaum Salaf semua imam mahupun golongan a...
Bulan Madu Mendekatkan Diri Pada Allah Subhanahu Wa Ta Alla Sebagai Memperkukuh Fitrah Kehidupan 8660

Bulan Madu Mendekatkan Diri Pada Allah Subhanahu Wa Ta Alla Sebagai Memperkukuh Fitrah Kehidupan 8660

papar berkaitan - pada 17/11/2018 - jumlah : 311 hits
DOA BUAT ANDA Bismillahi Rahmanirrahim Ya Allah aku memohon dengan keagungan AsmaMu Muliakanlah sahabatku yang membaca doa ini Lapangkanlah hatinya tenteramkan jiwanya sehatkan fisiknya sembuhkan penyakitnya Bahagiakan keluarganya jadikan a...
Mesyuarat Ialah Sunnah Nabi Dan Perintah Allah

Mesyuarat Ialah Sunnah Nabi Dan Perintah Allah

papar berkaitan - pada 27/11/2018 - jumlah : 263 hits
Dan bermesyuaratlah dengan mereka dalam urusan itu kemudian apabila engkau telah berazam maka bertawakallah kepada Allah Ali Imran 3 159 1 Dari ibnu Abbas r a berkata bila mana turun ayat ini washa wir hum fil ard Maka rasulullah saw telah ...
Usaha Gigih Bella Akhirnya Terbayar Catat Keputusan Terbaik 8 Subjek Rangkul Anugerah Kecemerlangan Keseluruhan Di Sra

Usaha Gigih Bella Akhirnya Terbayar Catat Keputusan Terbaik 8 Subjek Rangkul Anugerah Kecemerlangan Keseluruhan Di Sra

papar berkaitan - pada 19/11/2018 - jumlah : 356 hits
Anak angkasawan negara pertama Sophea Isabella atau Bella mencatat kejayaan yang manis Usaha gigih Bella ibu bapa akhirnya terbayar dengan keputusan cemerlang di sekolah rendah agama Bella 7 tahun kini belajar di darjah 1 sebelum telah mene...
Keseluruhan Tumpuan Ke Arah Fed Pada Jam 18 00 Waktu London Hari Ini

Keseluruhan Tumpuan Ke Arah Fed Pada Jam 18 00 Waktu London Hari Ini

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 246 hits
Keseluruhan perhatian kini tertumpu kepada Rizab Persekutuan pada jam 18 00 waktu London pada hari ini Hari ini pada hari Khamis pada jam 18 00 waktu London Rizab Persekutuan akan menerbitkan keputusan mengenai kadar dan kenyataan mengenai ...
Allah Sebaik Baik Perancang

Allah Sebaik Baik Perancang

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 3618 hits
Assalamualaikum semua Salam jumaat Syukur Alhamdulillah Masih diberi peluang untuk menikmati segalanya hari ini Selamat Bekerja pada yang bekerja Pada yang bercuti hari ini selamat bercuti
Ya Allah Jari Anak Terkulai Jari Hampir Terputus Dihempap Kerusi

Ya Allah Jari Anak Terkulai Jari Hampir Terputus Dihempap Kerusi

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 427 hits
Ya Allah jari anak terkulai Jari hampir terputus dihempap kerusi Ingatkan gigi atau bibir dia yang berdarah tengok jari dia terkulai Ya Allah tercabut dah jari anak aku demikian kata mengenai kejadian yang menimpa anaknya pada Julai tahun l...
Ikhlaskan Piutangmu Maka Allah Akan Menaungimu Dalam Naungan Arsy Nya Di Hari Kiamat

Ikhlaskan Piutangmu Maka Allah Akan Menaungimu Dalam Naungan Arsy Nya Di Hari Kiamat

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 223 hits
Islam tidak pernah menyia nyiakan amal hamba Sampaipun sekedar memberikan bantuan yang ringan bagi orang lain Termasuk memberikan utang kepada orang lain yang itu pasti dikembalikan Padahal kita tahu dalam memberikan utang untuk tempo pende...
Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Tips For Achieving Your Saving Goals

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran



Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online


Effective Networking In Business

Doa Masuk Pasar Baca Doa Ini Apabila Pergi Ke Pasar

Lafaz Tasbih Kaffarah Sebagai Doa Pembersih Majlis

Rabbana Atina Fid Dunya Hasanah

Dolar Berada Dalam Kawalan

Craving Roti Canai Restoran Abc Brickfield