Mengenal Ratibul Haddad Yang Sering Dibaca Saat Doa Bersama


Di tengah pandemi virus corona banyak anggota masyarakat yang sudah mulai merasa tertekan, stres, sedih bahkan sakit.
Oleh karena itu banyak orang berharap agar pandemi virus corona segera berakhir.
Menghadapi ini semua, Nahdlatul Ulama (NU) pada malam ini, Kamis (9/4/2020) pukul 19.30 WIB akan mengadakan doa bersama, bertajuk ‘Doa Bersama dan Pertaubatan Global Bersatu Melawan Corona’.
Dalam rangkaian doa bersama tersebut akan dibacakan Ratib Haddad oleh Rais Aam PBNU KH. Lalu apa yang dimaksud Ratib Hadad?
Ratib haddad merupakan salah satu zikir yang sering dibaca. Bacaan tersebut biasanya dilafalkan ketika sedang acara tasyakuran (selamatan), hingga tahlilan.
Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, ratib secara lughowi adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin, berkesinambungan, kontinyu, istiqamah, keteraturan dan terus menerus.
“Di dalam Ratib Al Haddad adalah Kumpulan lafadz ayat Alquran, dzikir dan doa yang disusun sedemikian rupa dengan riyadhoh serta dibaca secara rutin dan teratur bacaan awal hingga akhir,” katanya, Kamis (9/4/2020).
Ratib adalah kumpulan doa dan dzikir yang dibaca rutin dan berlandaskan kepada sumber Alquran dan Hadits Nabi Muhammad SAW.
Istilah Ratib juga digunakan di kebanyakan negeri Hadhramaut Yaman, dalam menyebut dzikir-dzikir yang pendek. Serta dengan bilangan zikir yang sedikit (seperti 3, 7, 10, 11 dan 40 kali), kemudian selalu diamalkan dan dibaca pada waktu-waktu tertentu, yaitu pagi dan atau malam hari.
Nama Ratib al Haddad diambil dari nama penyusunnya, yakni al Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad al Haddad (1055-1132 H.). Dari beberapa doa-doa dan dzikir-dzikir yang beliau susun, Ratib al Haddad inilah yang paling terkenal dan masyhur.
“Ratib al Haddad disusun berdasarkan inspirasi, pada malam lailatul Qodar 27 Ramadan 1071 H. Beliau adalah seorang keturunan dari keluarga Nabi yang nasabnya bersambung sampai ke Fatimah, putri Rasululllah SAW,” terangnya.
Beberapa ulama salaf menjelaskan, di antara keutamaan ratib ini mereka yang tetap mengamalkannya adalah dipanjangkan umur, mendapat husnul khotimah, dijaga segala kepunyaannya baik yang di laut dan di bumi, dan senantiasa berada dalam perlindungan Allah SWT.
“Bagi mereka yang mempunyai hajat tertentu, membaca ratib dengan berwudhu, menghadap kiblat dan berniat apa kehendaknya Insya Allah dikabulkan Allah,” ucapnya.
Rasulullah SAW bersabda,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang hari.” (QS. al-Ahzab: 41).
Kemudian di dalam riwayat lainnya juga menyebutkan, Nabi Muhammad SAW bersabda,
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : « لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ ، وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ » . رواه مسلم Dan dari Abu Hurairah dan Abu Said radhiyallahu ‘anhuma, bahwa keduanya menyaksikan bahwa Nabi saw telah bersabda: “Tidaklah duduk suatu kaum yang berdzikir kepada Allah, kecuali para malaikat akan mengelillingi mereka, rahmat meliputi mereka dan turun ketenangan atas mereka, dan Allah akan selalu menyebutnya pada siapa yang ada disisi-Nya”. (HR. Muslim)
Sementara kandungan dalam ratib Al Haddad, sangat dalam dan istimewa, kalimatnya cukup panjang namun jika paham maknanya seseorang akan larut di dalamnya, seakan berdialog dalam doa:
Fadhilah Fatihah Fadhilah ayat kursi Ayat penghabisan al-Baqarah Dzikir Lafadz Al Baqiyausshalihat Tasbih Kalimat Taubat dan Istighfar Shalawat Nabi Muhammad SAW Doa minta perlindungan kepada Allah dari segala bahaya dan kejahatan makhluk Keridhaan Islam sebagai agama, jalan hidup dan Muhammad sebagai nabi Taubat lahir batin Memohon mati husnul khatimah Dijaga Allah dari orang dzalim Berlindung dengan nama-nama indah Allah Bacaan tahlil atau pengesaan, ketauhidan Allah yang tiada bandingannya Shalawat sebagai syafaat dan kecintaan Nabi Wasilah Fatihah untuk mualif atau shohibul ratib Bacaan Doa komplit segala hajat dunia dan akhirat. Berikut ini adalah bacaan ratib hadad yang bisa diamalkan,
راتب الحداد
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُِ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ. غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ سُبْحَانَكَ يَا عَلِيُّ يَا عَظِيْمُ ِلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَإِنْ تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ، اٰمَنَ الرَّسُولُآمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّـهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ ، لاَ يُكَلِّفُ الله ُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا. لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ، رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا. رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا. رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ. وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا. أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ لاَ اِلٰهَ إِلاَّ الله ُوَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِىْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ (3x) سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلاَ اِلٰهَ إِلاَّ الله ُ وَالله ُأَكْبَرُ (3x) سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ (3x) رَبَّنَا اغْفِرْلَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ (3x) اَللّهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ (3x) أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (3x) بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ (3x) رَضِيْنَا بِاللهِ رَبًّا وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا (3x) بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالْخَيْرُ وَالشَّرُّ بِمَشِيْئَةِ اللهِ (3x) اٰمَنَّا بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ تُبْنَا اِلَى اللهِ بَاطِنًا وَ ظَاهِرًا (3x) يَا رَبَّنَا وَاعْفُ عَنَّا وَامْحُ الَّذِىْ كَانَ مِنَّا (3x)
يَا ذَاالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ أَمِتْنَا عَلَى دِيْنِ اْلإِسْلاَمِ (7x)
يَا قَوِيُّ يَا مَتِيْنُ اِكْفِنَا شَرَّ الظَّالِمِيْنَ (3x)  
أَصْلَحَ الله ُ أُمُوْرَ الْمُسْلِمِيْنَ صَرَفَ الله ُشَرَّ الْمُؤْذِيْنَ (3x) يَا عَلِىُّ يَا كَبِيْرُ يَا عَلِيْمُ يَا قَدِيْرُ يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ يَا لَطِيْفُ يَا خَبِيْرُ(3x)
يَا فَارِجَ الْهَمِّ يَا كَاشِفَ الْغَمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ(3x)
أَسْتَغْفِرُ الله َرَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُ الله َمِنَ الْخَطَايَا(3x)
لاَ اِلٰهَ اِلاَّ الله(5x)
مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّفَ وّمَجَّدَ وَعَظَّمَ وَرَضِىَ الله ُتَعَالَى عَنِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ هُوَ الله ُأَحَدٌ. اَلله ُالصَّمَدُ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ. وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ(3x)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَ. وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِى الْعُقَدِ. وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ. مَلِكِ النَّاسِ اِلٰهِ النَّاسِ. مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ. الَّذِىْ يُوَسْوِسُ فِىْ صُدُوْرِ النَّاسِ. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mengenal-ratibul-haddad-yang-sering-dibaca-saat-doa-bersama/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Doa Nabi Agar Dibaca Oleh Pasien Corona

Doa Nabi Agar Dibaca Oleh Pasien Corona

papar berkaitan - pada 1/4/2020 - jumlah : 93 hits
Orang yang ditetapkan positif terpapar Covid 19 dianjurkan untuk mengikuti protokol medis terkait penanganan pasien Ia harus menjalani perawatan ekstra dan intensif agar imunitasnya meningkat Adapun berikut ini adalah lafal alternatif yang ...
Ini Wirid Dan Doa Setelah Sholat Fardu Yang Biasa Dibaca

Ini Wirid Dan Doa Setelah Sholat Fardu Yang Biasa Dibaca

papar berkaitan - pada 15/4/2020 - jumlah : 66 hits
Doa wirid Setelah Solat Fardhu Tulisan Arab Latin dan Artinya Solat fardhu atau solat wajib adalah ibadah yang sangat tinggi kedudukannya dalam Islam kerana ia merupakan ibadah yang pertama kali dihisab kelak di hari akhir Kerana itu sebaga...
Video Doa Istimewa Untuk Umat Islam Neelofa Sebak Saat Ustaz Ahmad Dusuki Bacakan Doa

Video Doa Istimewa Untuk Umat Islam Neelofa Sebak Saat Ustaz Ahmad Dusuki Bacakan Doa

papar berkaitan - pada 12/4/2020 - jumlah : 63 hits
Noor Neelofa binti Mohd Noor atau lebih dikenali sebagai Neelofa merupakan seorang pelakon pengacara dan model wanita Malaysia Selain itu bekas pengacara program meletop ini juga merupakan seorang usahawan yang berjaya 7 juta pengikut di In...
Doa Saat Galau Berat

Doa Saat Galau Berat

papar berkaitan - pada 2/4/2020 - jumlah : 76 hits
Doa atau dzikir ini sangat manfaat saat galau barat doa untuk kesedihan yang mendalam Posting ditampilkan lebih awal di
5 Potret Kebersamaan Zaskia Adya Mecca Dan Keluarga Saat Dirumahaja

5 Potret Kebersamaan Zaskia Adya Mecca Dan Keluarga Saat Dirumahaja

papar berkaitan - pada 29/3/2020 - jumlah : 13 hits
Merebaknya COVID 19 di Indonesia membuat pemerintah mengimbau masyarakat menerapkan social distancing Tak hanya masyarakat umum beberapa selebritis juga memilih untuk DiRumahAja untuk mengurangi penularan pandemi ini Salah satunya Zaskia Ad...
Potret 7 Artis Saat Ikuti Tantangan Until Tomorrow Bagikan Foto Jadul

Potret 7 Artis Saat Ikuti Tantangan Until Tomorrow Bagikan Foto Jadul

papar berkaitan - pada 29/3/2020 - jumlah : 12 hits
Ada yang mengunggah foto lawas mereka saat masih remaja atau belia Bahkan beberapa dari mereka juga mengunggah foto yang dirasa memalukan
Saat Dunia Jegal Kampanye Kemerdekaan Papua Barat

Saat Dunia Jegal Kampanye Kemerdekaan Papua Barat

papar berkaitan - pada 29/3/2020 - jumlah : 37 hits
Peringatan 50 tahun Penentuan Pendapat Rakyat yang meresmikan kontrol Indonesia atas Papua diwarnai dengan aktivisme dan protes di mana orang orang di Papua sekali lagi menuntut kemerdekaan dari Indonesia Bagaimana sebenarnya dunia turut an...
Cerita Ayah Kesha Ratuliu Menikah Saat Wabah Virus Corona Hanya Dihadiri 15 Orang

Cerita Ayah Kesha Ratuliu Menikah Saat Wabah Virus Corona Hanya Dihadiri 15 Orang

papar berkaitan - pada 29/3/2020 - jumlah : 41 hits
Kabar bahagia datang dari artis cantik Kesha Ratuliu Sang ayah Donny telah melepas masa dudanya Menikah di tengah wabah virus corona pernikahan ayah Kesha pun memiliki cerita menarik
Kenyataan Tun M Dalam Kes Riza Kelirukan Umum Shamsher

Patutlah Covid 19 Suka Lelaki

Selamat Hari Raya Syawal 1441

Ajaib Bayi Selamat Dikeluarkan Dari Bangkai Pesawat Pakistan Yang Terhempas

Menghajar Orang Sombong

Apakah Warna Air Kencing Anda

Maaf Zahir Batin Tak Jadi

Sambut Raya Ketika Pkpb Gadis Tionghoa Kecek Kelate Kenang Zaman Kanak Kanak



Info Dan Sinopsis Drama Alergi Mamat Romantik TV Okey

Apa Yang Sedang Berlaku di Hong Kong Ketika Ini

7 Jenis Coronavirus Daripada Haiwan Yang Mampu Menjangkiti Manusia

Kisah Bagaimana Permulaan Tarikh 1 Januari Tahun Pertama Ditentukan

Jom Berkenalan Dengan 6 Youtuber Paling Popular Termasuk Isa Isarb


Musicxchange Takbir Hari Raya Online Dari Konsortium Irama

Jubir Covid 19 Yang Mudik Jangan Kembali Ke Jakarta

5 Anggota Keluarga Meninggal Karena Corona Wanita Ini Curhat Suasana Idul Fitri Di Rumah

Homely Celebrations As Muslims Nationwide Usher In Aidilfitri In New Normal

Apa Itu Serotonin Dan Kaitannya Dengan Rasa Gembira Kemurungan

Macam Macam Sulaman