Mengatasi Dan Menghindari Kerusakan Mobil Akibat Banjir



Jika musim hujan tiba banyak orang yang khawatir terlebih dahulu akan terjadinya banjir, apalagi anda yang berada di perkotaan besar seperti Kota Jakarta, Surabaya, Denpasar dan kota besar lainnya. Tidak hanya berbagai wabah penyakit yang ditimbulkan dari banjir tetapi juga kerugian dari materi seperti prabot rumah tangga bahkan kerusakan pada kendaraan anda.

Bagi anda yang saat ini berada di daerah langganan banjir mungkin sekarang anda tidak perlu was was lagi karena pada kali ini saya akan berbagi tips dan trik meminimalisir kerusakan mobil akibat banjir. Pasalnya banjir akan menimbulkan dampak resiko yang besar untuk para pengguna kendaraan. Beberapa komponen bisa saja tak berfungsi lagi saat mobilnya terendam banjir. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir karena hal tersebut masih bisa diatasi asalkan mobil anda tidak terlalu lama terendam air "Yang penting anda tau dan cepat mengatasi agar mobil anda tetap dapat dikendarai".

Yang pertama anda lakukan jika terjadi banjir adalah sesegera mungkin anda memindahkan mobil anda ke tempat yang lebih aman. namun jika situasi tidak memungkinkan maka lakukan hal berikut ini.

Memutuskan Sumber Arus Listrik pada MobilYaitu salah satunya memutuskan sumber listrik pada Aki mobil anda di terminal plus, hal ini dilakukan agar tidak terjadinya konsleting. Hal ini wajib anda lakukan karena meskipun mobil anda dalam keadaan Off, bisa ada kemungkinan arus listrik pada Aki masih menyalah.
Pindahkan mobil dengan cara mendorongnya
Ini terpaksa anda lakukan agar mobil anda tidak rusak karena banjir, anda bisa mendorongnya dengan bantuan orang lain seperti keluarga, teman atau bahkan jasa derek jika memungkinkan. Jangan sesekali anda menyalahkan mesin mobil, karena jika anda menyalahkan maka arus listrik pada Aki mobil akan menyebabkan konsleting. Selain itu jika anda tetap memaksa menyalahkan mobil anda maka akan memicu naiknya air masuk ke isap udara keruang bakar yang parahnya akan mengakibatkan mesin menjadi jebol.
Lakukan Pemulihan
Jika anda sudah melakukan tahapan di atas maka lakukanlah pemulihan Mobil anda dengan cara mengeringkan komponen-komponen mobil anda, di bagian mesin, interior dan exterior mobil, usahakan kotoran dan air akibat banjir bersih. Lakukan pengeringan mobil anda untuk meminimalisir kerusakan mobil.
Ganti Oli
Gantilah Oli pada mesin mobil anda dan setelah oli habis terkuras maka anda perlu menyemprotnya dengan angin kompresor. jika tidak ada kompresor maka bisa juga dengan menggunakan pompa angin. Semprot hingga air dan oli benar benar habis terkuras. Kemudian isilah kembali oli yang larut dalam air dan setelahnya kuras kembali oli tersebut. Hal tersebut dimaksudkan agar air didalam mesin benar benar hilang. Setelah itu, isilah dengan oli baru yang cocok dengan jenis spesifikasi mobil anda.
Bersihkan Tngki bahan bakar Mobil
Anda perlu menguras /membersihkan tangki bahan bakar mobil anda, hal ini dimaksudkan agar menghilangkan air yang bisa jadi masuk ke tangki bahan bakar mobil anda selama mobil terendam air banjir. Perlu dipahami bahwa bahan bakar yang telah tercampur dengan air bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin mobil, juga bisa mengakibatkan mobil anda mogok dengan tiba tiba. Anda hanya memerlukan selang kecil saja dan kemudian memasukkannya hingga ke dasar tangki dan kemudian hisaplah dengan mulut anda hingga bahan bakar mengalir keluar dan setelah itu lepaslah selang dari mulut anda dan biarkan bahan bakar mengalir keluar hingga sampai habis.
Keringkan panel dan lampu
Bagian lain yang harus diperiksa dan harus dikeringkan adalah lampu. Karena biasanya arus listrik pada lampu juga rentan akan hubungan arus pendek atau rentan korsleting. Setelahnya keringkan juga wiper, door trim, klakson, karpet dek dan jok. Anda perlu mengeluarkan karpet dan melepaskan sarung jok pada kemudi untuk dicuci dan kemudian dijemur. Sementara menunggu kering anda bisa membersihkan bagian interior mobil dengan vacuum cleaner buka keempat pintu mobil sampai anda selesai membersihkan bagian dalam mobil.
Bersihkan serta cek peranti pengereman
Anda juga harus membersihkan peranti sistem pengereman. Caranya adalah dengan melepaskan roda dan membuka perangkat rem, setelah itu bersihkan dan keringkan kanvas rem, piston caliper, serta karet tromol. "Setelah terendam air, biasanya kanvas rem mengeras. Oleh karena itu, gunakan ampelas halus untuk membersihkan. Bila kanvas sudah terlalu keras, sebaiknya diganti," kata Alfan.
Bawa ke bengkel untuk memastikan ECU dan Injektor 
Jika anda telah memahami tahapan tahapan diatas maka mobil bisa anda jalankan serta tangki sudah anda isi dengan bahan bakar, maka hal selanjutnya adalah lakukanlah pemanasan pada mesin mobil anda. Anda perlu memanasi kurang lebih 10-15 menit saja dan setelahnya bawa mobil anda kebengkel langganan anda untuk mengecek sistem di electronic control unit (ECU) atau biasa disebut komputer mobil tak bermasalah. Pemeriksaan peranti serta injector bahan bakar harus segera cepat dilakukan, karena jika sampai telat dan ternyata bermasalah, maka sistem pembakaran pada mesin dan sebagainya akan menjadi kacau. Jika sudah kacau maka biaya perbaikannya pun akan menjadi sangat mahal.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.a-dhea.com/2018/11/mengatasi-dan-menghindari-kerusakan.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+adheaputra+(adheaputra)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Garansi Mobil Hangus Jika Terjadi Kerusakan Akibat Konsumsi Bbm Tak Sesuai Anjuran

Garansi Mobil Hangus Jika Terjadi Kerusakan Akibat Konsumsi Bbm Tak Sesuai Anjuran

papar berkaitan - pada 29/11/2018 - jumlah : 163 hits
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mengingatkan pemilik kendaraan bermotor supaya mematuhi anjuran penggunaan BBM bagi kendaraannya Sebab jika terjadi kerusakan akibat konsumsi BBM tidak sesuai anjuran maka garansi tidak berlaku...
Akibat Hujan Deras Banjir Dan Longsor Terjadi Di Sukabumi

Akibat Hujan Deras Banjir Dan Longsor Terjadi Di Sukabumi

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 177 hits
Untuk banjir biasanya akan kembali surut tetapi melihat curah hujan yang tinggi kemungkinan surutnya akan lebih lama Bahkan jika dibandingkan dengan musim tahun lalu baru kali ini separah tersebut
Antisipasi Banjir Jakarta Anies Siapkan Pompa Hingga Mobil Damkar

Antisipasi Banjir Jakarta Anies Siapkan Pompa Hingga Mobil Damkar

papar berkaitan - pada 25/11/2018 - jumlah : 151 hits
Selain pompa solusi lain yang dilakukan Pemprov DKI adalah menyiagakan mobil Pemadam Kebakaran untuk mengantisipasi banjir Jakarta Harapannya lokasi genangan yang tidak memiliki pompa dapat diantisipasi dengan pompa milik Damkar
2 Bocah Tewas Tenggelam Akibat Banjir Di Indragiri Hulu

2 Bocah Tewas Tenggelam Akibat Banjir Di Indragiri Hulu

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 197 hits
Mereka kemudian memutuskan untuk mencari korban dan meminta pertolongan warga sekitar Setelah dilakukan pencarian oleh warga sekira pukul 17 45 WIB korban ditemukan tersangkut di sebuah batang pohon Keluarga korban menjerit histeris melihat...
Mencegah Kerusakan Pada Mobil Saat Musim Hujan

Mencegah Kerusakan Pada Mobil Saat Musim Hujan

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 216 hits
Taukah sobat jika air hujan itu mengandung garam yang dapat merusak permukaan pada cat mobil bila didiamkan terlalu lama maka dapat membuat permukaan mobil tersebut berkarat Musim hujan bagi sebagian orang merupakan musim yang menyenangkah ...
Ratusan Rumah 3 Desa Di Penajam Kaltim Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Semalaman

Ratusan Rumah 3 Desa Di Penajam Kaltim Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Semalaman

papar berkaitan - pada 2/12/2018 - jumlah : 183 hits
Pendataan di lapangan hingga pukul 13 30 WITA ketiga desa dan satu kelurahan itu adalah Desa Bukit Raya Desa Sukaraja Desa Bumi Harapan dan Kelurahan Sepaku di Kecamatan Sepaku
Pulau Pinang Lumpuh Akibat Banjir Besar

Pulau Pinang Lumpuh Akibat Banjir Besar

papar berkaitan - pada 18/11/2018 - jumlah : 200 hits
BUTTERWORTH Pulau Pinang terpaksa meminta bantuan daripada Angkatan Tentera Malaysia ekoran keadaan hujan lebat berterusan yang menyebabkan tanah runtuh pokok tumbang dan banjir kilat di banyak kawasan Ketua Menteri Lim Guan Eng ketika meng...
Gubernur Sumsel Sebut Banjir Di Palembang Akibat Pembangunan Lrt

Gubernur Sumsel Sebut Banjir Di Palembang Akibat Pembangunan Lrt

papar berkaitan - pada 19/11/2018 - jumlah : 245 hits
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut banjir di Palembang akibat pembangunan light rail transit Diketahui genangan air di kota itu tahun ini lebih parah dibanding tahun tahun sebelumnya
Tanah Longsor Di Perumahan Kalisari Akibat Hujan Lebat

Tanah Longsor Di Perumahan Kalisari Akibat Hujan Lebat

papar berkaitan - pada 27/11/2018 - jumlah : 166 hits
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jupan Royter mengatakan kejadian bermula saat hujan deras sejak siang hari
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Hospital Kuala Pilah

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Saya Dan Rafizi Tiada Isu Peribadi Kata Puad

Hallway Wall Art Mockup For A Sophisticated Look

Patut Tak Boleh Daftar

Doa Agar Amalan Diiterima Allah Sepanjang Bulan Ramadan



5 Masalah Sosial Yang Akan Timbul Akibat Penggunaan Kereta Elektrik

Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru


Data Analytics In Business Decisions

Lirik Lagu Berdamai Ghea Inderawani

Drama Sebiru Hujung Borneo

Iddah Bercerai Panduan Pengiraan Tempoh Iddah Untuk Wanita Bercerai

Tvet Tahfiz Mara Bidang Pengajian Syarat Kemasukan

Den Manjo Feat Eda Ezrin Adik Jando Abe Dudo Raya Chord