Mendarat Di Perkebunan Jagung Selamatkan 234 Penumpang Pilot Rusia Diberi Gelar Pahlawan


MOSKOW - Aksi pendaratan darurat pesawat oleh pilot Damir Yusupov dan Georgy Murzin pada Agustus lalu berbuah penghargaan dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Kedua pilot maskapai Ural Airlines dinilai berjasa karena menyelamatkan 234 penumpang setelah mendarat di perkebunan jagung di sekitar Moskow Agustus lalu.
Selamatkan 234 Penumpang Pilot Rusia Diberi Gelar Pahlawan. (Reuters).
Penghargaan Hero of the Russian Federation itu diberikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (21/11) di Moskow. Putin mengatakan Damir Yusupov dan Georgy Murzin layak menerima penghargaan tersebut.

Hero of the Russian Federation merupakan penghargaan baru di Rusia pasca runtuhnya Uni Soviet pada 1991. Orang pertama yang meraih penghargaan tersebut adalah kosmonot paling berpengaruh di Rusia Sergei Krikalev pada 1992. Sebelumnya, penghargaan itu bernama Hero of the Soviet Union antara 1934-1990.

Meski tidak banyak orang Rusia yang meraih penghargaan itu, Yusupov dan Murzin tetap rendah hati. Keduanya mengaku hanya melakukan apa yang harus dilakukan dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan semua orang dan pesawat.

“Namun, saya tidak merasa menjadi seorang pahlawan,” kata Yusupov, dikutip Reuters.

Pesawat maskapai Ural Airlines melakukan pendaratan darurat di perkebunan jagung setelah tertabrak sekawanan burung di Kota Zhukovskiy, Moskow, Rusia, pada Agustus lalu. Kecelakaan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, sedikitnya 55 dari 234 orang mengalami luka-luka.

Pesawat Airbus A321-100 itu direncanakan terbang dari Zhukovsky menuju Simferopol, Ukraina. Tapi, sesaat setelah lepas landas, pesawat dengan nomor registrasi VQ-BOZ dan nomor penerbangan U6-178 itu tertabrak sekawanan burung di ketinggian 230 meter. Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 06.15 waktu setempat.

“Pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat,” ujar Direktur Jenderal Ural Airlines, Sergei Skuratov. “Kecelakaan ini disebabkan tertabraknya pesawat oleh sekawanan burung hingga tertelan ke dalam kedua mesin. Satu mesin tidak dapat menyala sehingga pilot melakukan pendaratan di dekat bandara,” tambahnya.

Seperti dilansir The Aviation Herald, burung-burung itu tergulung ke dalam baling-baling dua mesin CFM56 hingga menyebabkan kerusakan dan suara keras. Pilot dilaporkan terpaksa menurunkan daya angkat dan melakukan pendaratan darurat di perkebunan jagung, sekitar tiga kilometer dari Bandara Zhukovskiy.

Setelah pesawat mendarat secara sempurna, para penumpang keluar meluncur melalui pintu darurat. Seluruh korban kecelakaan dibawa kembali menuju Bandara Zhukovsky menggunakan delapan bus. Menurut Kementerian Transportasi, sedikitnya sepuluh orang memerlukan perawatan.

“Berdasarkan penyelidikan awal, pesawat tertabrak sekawanan burung hingga menimbulkan kebakaran di bagian mesin. Pesawat tidak menurunkan ban dan mendarat di atas perutnya di dekat perkampungan Rybaki, sekitar 3-5 kilometer dari bandara,” ujar seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya, dikutip TASS.

Satu mesin pesawat dilaporkan mogok saat pilot melakukan pendaratan darurat. Ural Airlines dan Kementerian Gawat Darurat Rusia menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Kementerian Kesehatan Rusia menerjunkan 20 mobil ambulans dan dua helikopter ke lokasi kejadian untuk merawat korban luka-luka.

Pusat Penanganan Musibah Rusia menyatakan sebanyak 55 orang mengalami luka-luka, 17 di antaranya anak-anak. Sebanyak enam orang terpaksa dibawa menuju dua rumah sakit. Ural Airlines menyatakan semua penumpang yang berniat kembali meneruskan penerbangan akan dibawa menuju Bandara Domodedovo.

Pesawat mengalami kerusakan berat dan tidak akan dapat digunakan dalam waktu dekat. Sekitar 1.000 dari 16.000 liter bahan bakar juga tumpah akibat kebocoran tangki. Sebagai bagian dari langkah penyelidikan, kotak hitam pesawat akan diserahkan kepada para ahli dari Komite Penerbangan Antar-Negara.

Ural Airlines memuji pilot Damir Yusupov beserta seluruh kru kabin atas koordinasi dan keberhasilan mereka dalam memprioritaskan keselamatan penumpang. Yusupov merupakan salah satu pilot paling berpengalaman di Ural Airlines. Lelaki berusia 41 tahun itu tercatat menerbangkan pesawat sebanyak 3.000 jam.

Dengan pengalaman dan pengetahuannya, Yusupov berhasil melakukan pendaratan darurat secara benar. Dia mencegah terjadinya benturan keras dan kobaran api di dalam kabin dengan mengandalkan perut pesawat di area yang luas dan terbuka. Yusupov merupakan lulusan Penerbangan Sipil Institut Ulyanovsk.

Peristiwa pendaratan darurat di dunia bukan kali ini saja terjadi. Sekitar 10 tahun yang lalu, pesawat maskapai US Airways juga melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat (AS). Seluruh penumpang berhasil selamat. Pesawat Airbus A320 itu juga tertabrak sekawanan burung sesaat setelah lepas landas dari Bandara LaGuardia hingga kehilangan daya angkat.

Atas aksi heroiknya itu, Pilot Chesley B Sullenberger, yang merupakan mantan Tentara Angkatan Udara AS, meraih penghargaan. Saat kejadian, dia tercatat menerbangkan pesawat sebanyak 19.663 jam, 4.765 jam di A320. Co-pilot Jeffrey B Skiles juga merupakan pilot berpengalaman. Jam terbangnya mencapai hingga 15.643 jam. (Muh Shamil)(nfl)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1461649/41/selamatkan-234-penumpang-pilot-rusia-diberi-gelar-pahlawan-1574472902

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/11/mendarat-di-perkebunan-jagung.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kenalan Dengan Dr Sardjito Rektor Pertama Ugm Yang Baru Saja Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Kenalan Dengan Dr Sardjito Rektor Pertama Ugm Yang Baru Saja Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

papar berkaitan - pada 10/11/2019 - jumlah : 147 hits
Nggak heran sih jika beliau beliau ini dapat gelar sebagai Pahlawan Indonesia jasanya untuk negara memang besar banget
Pilot Pingsan Pesawat Batik Air Mendarat Darurat Di Bandara El Tari Kupang

Pilot Pingsan Pesawat Batik Air Mendarat Darurat Di Bandara El Tari Kupang

papar berkaitan - pada 18/11/2019 - jumlah : 228 hits
Pesawat Batik Air seri A 320 dengan nomor penerbangan ID 6548 tujuan Jakarta Kupang mendarat darurat di bandara El Tari Tari Kupang Nusa Tenggara Timur Minggu sekitar pukul 12 30 wita
Pks Apresiasi Presiden Jokowi Berikan Kahar Mudzakkir Gelar Pahlawan Nasional

Pks Apresiasi Presiden Jokowi Berikan Kahar Mudzakkir Gelar Pahlawan Nasional

papar berkaitan - pada 9/11/2019 - jumlah : 187 hits
Pemberian gelar pahlawan ini menunjukan pengakuan Negara atas peran aktif tokoh tokoh pergerakan Islam dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia
Gm Bandara El Tari Benarkan Pilot Batik Air Pingsan Sebelum Pesawat Mendarat

Gm Bandara El Tari Benarkan Pilot Batik Air Pingsan Sebelum Pesawat Mendarat

papar berkaitan - pada 18/11/2019 - jumlah : 343 hits
General Manager Bandara El Tari Kupang Barata Singgih Riwahono menuturkan sekitar pukul 12 45 Wita pilot pesawat udara Batik Air rute Jakarta Kupang mengalami kejadian tidak sadarkan diri
Tiba Di Busan Jokowi Akan Gelar Pertemuan Bilateral Dengan Moon Jae In

Tiba Di Busan Jokowi Akan Gelar Pertemuan Bilateral Dengan Moon Jae In

papar berkaitan - pada 24/11/2019 - jumlah : 151 hits
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Gimhae Air Force Base Busan Korea Selatan Sabtu Pesawat Kepresidenan 1 yang membawa Jokowi dan rombongan tiba di Busan pukul 20 50 Waktu Setempat
Cegah Stunting Kkp Gelar Festival Perikanan Nusantara

Cegah Stunting Kkp Gelar Festival Perikanan Nusantara

papar berkaitan - pada 24/11/2019 - jumlah : 155 hits
Agus mengatakan potensi perikanan di Indonesia sendiri saat ini cukup potensial Dengan adanya upaya gerakan makan ikan ini diharapkan bisa mencegah terjadinya stunting
Sukses Gelar Afsc 2019 Kemenpora Harap Lahir Egy Maulana Vikri Lain

Sukses Gelar Afsc 2019 Kemenpora Harap Lahir Egy Maulana Vikri Lain

papar berkaitan - pada 25/11/2019 - jumlah : 270 hits
Dalam event ini Thailand tampil sebagai juara dalam ajang ini setelah di final sukses membungkam Malaysia dengan skor 2 1 Sedangkan Indonesia selaku tuan rumah harus puas berada di posisi ketiga setelah menundukkan Korea Selatan
Kenalkan Program Menteri Syl Kementan Bptp Sulsel Gelar Sosialisasi Kostratani

Kenalkan Program Menteri Syl Kementan Bptp Sulsel Gelar Sosialisasi Kostratani

papar berkaitan - pada 25/11/2019 - jumlah : 70 hits
Tujuan dalam sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan program 100 Hari Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo sampai ke level kecamatan hingga ke desa yang ada di Sulawesi Selatan
Tni Polri Gelar Patroli Gabungan Antisipasi Bentrok Susulan Antar Ormas

Tni Polri Gelar Patroli Gabungan Antisipasi Bentrok Susulan Antar Ormas

papar berkaitan - pada 24/11/2019 - jumlah : 189 hits
Sejumlah organisasi masyarakat di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah terlibat bentrok Jumat lalu Untuk mengantisipasi bentrok susulan personel TNI dan Polri melakukan patroli gabungan untuk memantau kondisi keamanan
Towards More Comprehensive Pension Reform

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Makanan Perlis Paling Popular

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq

Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Essential Guide To Safe Well Water Maintenance

Drama Dia Pria Terhebat

Jambu Batu Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya Untuk Kesihatan

Heidi Moru Aku Ada Chord

Oliva Helmin Feat Kelvin Tunggu Tunggu Chord

Ada 3 Dituduh Bid Ah Padahal Tidak Bid Ah By Dr Hm Rakib S H M Ag