Memahami Al Qur An


 MEMAHAMI AL QUR’AN
04 SEPT 2022

Dr. MAMAN SW SpOG








Gambar gadis atau nenek–nenek tergantung dari sisi mana kita melihatnya

•       Demikian juga bila kita ingin memahami AL QUR”AN..

•       Didalam Al Qur’an ada ayat2 MUHKAMAT yg artinya jelas dan gamblang

•       Ada ayat2 MUTASYABIHAT dg bahasa metapora.. bahasa kiasan  yang penuh makna terselubung 
Sabda Rosulullah saw.. Ayat2 Al Qur’an mengandung makna lahiriyah dan makna bathiniyah… Ada makna yang tersurat dan ada makna yang tersirat.. 
Di dlm Al Qur’an ada sekitar 100 ayat perintah berpikir.. memperhatikan dan penelitian..


ISLAM ITU DINAMIS…

Buka kerudung akal kita untuk menerima tata nilai baru.. dikaji dan di analisa.. dipadukan  dan kembangkan untuk menjadi yang lebih baik

Rosulullah-pun membuka selimutnya utk menerima wahyu dari Malaikat JIBRIL..

Hidup itu sekedar guyonan…Islam  itu dinamis…Islam itu lembut dan pemaaf...Iman itu indah tauuu…!!!

Hidup itu hanya sekedar GUYONAN

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka ...                       ( AL AN’AM 6 :32 ) ( AL ANKABUT 29 : 64 ) ( MUHAMMAD 47 : 36 )
Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai mata hati ( ALI IMRAN 3 : 13 )

Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya
( YUNUS 10 : 100 )

Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang berusaha melakukan perubahan ( AR RA’D 12 : 11 ) 
ISLAM itu lembut dan pemaaf…

Maka disebabkan rahmat Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu, karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka …( ALI IMRAN 3 : 159 )


Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah akan menanamkan dalam (hati ) mereka rasa kasih sayang ( MARYAM 19 : 96 )

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan ( AL QASHASH 28 : 77 )
IMAN itu INDAH…

•       Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indahdalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan.  Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus.. ( AL HUJURAT 49 : 7 )

SABDA ROSULULLAH SAW.. Berpeganglah pd AL QUR”AN dan SUNNAH agar selamat…
Jadi bukan berpegang pd GURU MURSID..  Ajaran Rosulullah itu universal..utk semua umat.. Jadi pemahamannya harus luas tdk ARAB SENTRIS


Kata lagu TOMBO ATI : Maca QUR”AN kudu weruh ing maknane..

Memahami ayat2 MUTASYABIHAT itu sulit.. Krn penuh makna terselubung… Misalnya ayat2 tentang surga …Ada apa di Surga…??? Hanya kesenangan FISIK… Ada gadis2 montok dan bidadari ..???  Cowo maco dan bidadaranya engga ada..!!!


Apakah Surga itu khusus utk laki2…??? Yang ke Surga itu jasadnya atau Ruhnya…???  Jasadnya di kubur atau di kremasi.. musnah..


Bila yg ke Surga RUHnya.. Apakah ruh ada kelaminnya…??? Ruh tanpa jasmani apakah bisa menikmati kesenangan fisik… ??? Bila ruh ada kelaminnya bidadarinya hamil.... Ibu BIDAN bisa praktek di surga dan dokternya bisa jualan obat kuat... 
SABDA ROSULULLAH saw :  Sesungguhnya Allah memiliki Surga yg tdk terdpat didlmnya bidadari dan istana..tdk ada pula pakaian..madu dan susu.. Yang ada hanyalah melihat wajah Allah ta’ala..
Silahkan buka buku SIRRUL ASHRAR.. Menyingkap Rahasia Ilahi..  Karangan Syekh Abd Qadir al-Jailani.. hal 14
Pada hari itu wajah mereka ( yang beriman ) berseri-seri, karena melihat wajah Tuhan-nya.  Wajah-wajah ( orang kafir ) muram,  karena akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang dasyat ( AL QIYAAMAH 75 : 22-23-24-25 )


BUKAN MELIHAT SURGA…
FIRMAN ALLAH :  Setiap yang memiliki nafsu (nafsin) akan merasakan kematian dan pada hari kebangkitan akan dibayarkan kepada kamu ganjaranmu.  Barang siapa dipindahkan dari api (neraka) dan dimasukkan ke dalam SURGA, sesungguhnya ia memperoleh kemenangan DAN KEHIDUPAN DUNIA itu hanyalah KESENANGAN YANG MEMPERDAYAKAN… ( ALI IMRAN 3 : 185 ).


BERARTI : SURGA ADLH KESENANGAN HIDUP DIDUNIA YG MEMPERDAYAKAN KRN ADA NAFSU…
Untuk bisa memahami Al Qur’an minimal kita harus sering hatam tafsirnya ber-ulang2…setiap bln Romadhon..bln Haji.. Bln Maulud… dan banyak bertanya kpd AHLINYA.. minimal sering bertanya kpd para SESEPUH…

Bila kita membaca Al Qur’an dg suara merdu tapi tak mengerti apa maknanya..utk apa…??? Seperti  monyet di kasih buah kelapa…??? Tidak tahu isinya apa...???


Allah Maha Mengetahui Segalanya dan Maha Pengampun… Bila kita membaca Al Qur’an jangan takut salah mengucapkannya..yg ngga ngerti apa yg kita ucapkan itu orang Arab..

Kita belum bicara Tuhan sdh paham…apa yang kita maksud…karena Tuhan Maha Mengertahui..

Contohnya

•       Bila ada laki2 dg bibir sumbing dan rahang atasnya terbelah..

•       Bicaranya jadi SENGAU.. BINDENG..

•       Dia memperkenalkan diri namanya MEMET NURHIKMAT

•       Yg kita dengar… MEMEK.. NU..NIKMAT

•       Jadi kita tdk perlu marah2 bila ada yg ngaji Qur’an atau azan dg LANGGAM JAWA…
FIRMAN ALLAH :

•       Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah penciptaan langit dan bumi, adanya aneka bahasa dan warna kulitmu  ( AR-RUM 30 : 22 )


•       Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal-bersilaturahmi.  Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa diantara kalian…Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal   ( AL HUJURAT  49:13 ).
MULAI MUNCUL PERTANYAAN

Perkembangan umat manusia dari zaman purba sampai zaman IPTEK.. Dari zaman Animisme sampai ISLAM…ajaran Rosulullah saw…  Apakah Tuhan pilih kasih…????

Apakah Tuhan menciptakan manusia hanya satu…ADAM saja…???

Tuhan Maha Pencipta…!!!  Dengan sekali berfirman : KUN..JADILAH.. maka jadilah alam semesta beserta segala macam isinya termasuk umat manusia yg ber-bangsa2 dan ber-suku2.. beraneka bahasa dan warna kulit

Kemudian Berkembang biak melalui perkawinan.. Ada proses pembuahan sel telur dan sperma.. Terjadi perubahan genetik.. MUTASI GENETIK.. Otak dan kecerdasannya berkembang.. Budaya dan pemahaman agamanya berkembang
Apakah Tuhan hanya menyayangi org Arab..???

UNTUK SETIAP UMAT diantara kamu, KAMI berikan ATURAN dan JALAN YANG TERANG…  Bila Allah menghendaki,  pasti kamu dijadikan satu umat  ( saja ), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang diberikan-Nya kepada kamu, maka berlomba - lombalah berbuat kebajikan …   ( AL MAIDAH 5 : 48 )


AL MAIDAH itu HIDANGAN.. UNTUK SETIAP UMAT DISELURUH DUNIA….tdk sekedar UNTUK orang Arab.. pasti isi hidangan itu sama utk setiap umat manusia di dunia.. Semoga kita tidak BEREBUT hidangan tapi BER-LUMBA2 BERBUAT KEBAIKAN...
Bagi setiap umat ada Rosul… ( YUNUS 10 : 47 ).  Untuk semua umat manusia di seluruh dunia…

Bagi tiap-tiap masa ada kitab ( AR RAD 13 : 38 ). Sejak zaman purba…

Kami tidak mengutus seorang Rosulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberikan penjelasan dengan terang kepada mereka ( IBRAHIM 14 : 4 ).
BAHASA KAUMNYA dalam pengertian BAHASA LISAN dan KEARIFAN LOKAL… Ibarat kita dikasih BERAS dimasak sesuai bahasa kaumnya.. Jadi NASI KEBULI untuk  orang Arab.. Jadi Nasi gudeg utk orang Jawa.. Nasi Padang.. Nasi lengko utk orang Cirebon.. tapi bahan dasarnya atau essensinya tetap beras...

Dan kalau Al Qur’an ( KITAB ALLAH ) itu KAMI turunkan kepada salah seorang dari golongan bukan Arab lalu dibacakan kepada mereka niscaya mereka tidak akan percaya kepadanya…                ( ASY SYUARA 26 : 198-199 )..
BERARTI KITAB ALLAH ADA YANG TIDAK BERBAHASA ARAB… Ada yang BERBAHASA NUSANTARA…
Tentang beberapa Rosul telah kami kisahkan kepadamu sebelumnya, tentang beberapa Rosul tiada kami kisahkan kepadamu   ( AN NISA 4 : 164 )
Rosul yang tidak dikisahkan di dalam Al Qur’an itu mungkin yang diturunkan di Nusantara yang mengajarkan ATURAN DAN JALAN YANG TERANG sebagai AGAMA ISLAM NUSANTARA dlm bahasa kaumnya, dlm pengertian BAHASA LISAN dan KEARIFAN LOKAL…BUDAYA NUSANTARA…
Matahari terbit dari TIMUR.. Di Timur sudah tandur.. Di Arab masih tidur… Di Nusantara sdh ada ATURAN dan JALAN YG TERANG di Arab masih zaman JAHILIYAH… Aturan Dan Jalan Yang Terang itu yg disebut AGAMA… Di Nusantara sdh ada AGAMA KAPITAYAN..
AGAMA KAPITAYAN di NUSANTARA Sudah MONOTISME.. Hanya ada 1 Tuhan.. Nama Tuhan-nya SANG HIYANG TAYA…TAYA itu artinya SUWUNG..KOSONG.. Tanpa bentuk.. Tdk bisa dibayangkan…Masyarakat-nya sudah sangat  ISLAMI… Sudah silih asih..silih asah..silih..asuh dan sudah gotong-royong.. sama rasa sama rata tdk ada kasta
Islam ajaran Rosulullah saw masuk ke Nusantara tdk masalah.. Krn essensinya sudah mengakar di Nusantara… Hanya GANTI SAMPUL..hanya ganti casing… Di zaman now yg terjadi di Nusantara bukan ISLAMISASI.. tapi ARABISASI… Karena terpesona oleh mereka yg jualan Surga… sehingga rela jadi teroris… Oleh karena itu pahami AL QUR”AN secara universal.. tdk ke-arab2-an…
Hai orang yang beriman !!! Berimanlah kepada Allah dan Rosul-Nya, kepada kitab yang diturunkan-Nya, kepada Rosul dan kitab yang diturunkan sebelumnya  ( AN NISA 4 : 136 )..
SEBELUMNYA.. dalam pengertian sebelum Rosulullah saw dilahirkan

Berarti .. jangan mengkafirkan yg NON ISLAM… Kita jaga SILATURAHMI dg sesama umat apapun agamanya.. Tuhan tdk menilai umatnya dari tatacaranya beribadah..dg menghadap ke Timur- ke Barat.. Perintah Allah kita harus ber-lumba2 berbuat kebaikan.. Bukan berebut HIDANGAN…
Mereka akan mendapat kehinaan dimanapun mereka berada, kecuali mereka menjaga hubungan        ( silaturahmi ) dengan Allah dan hubungan dengan manusia ( ALI IMRAN 3 : 112 ).
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal-bersilaturahmi.  Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa diantara kalian…Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal ...     ( AL HUJURAT  49:13 ).

Kita jaga silaturahmi dan kita jaga persatuan dan kesatuan.. di NKRI.. jangan terkecoh oleh PROPOKATOR..
WASSALAM...


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://drmamanspog.blogspot.com/2022/11/memahami-al-quran.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Memahami Kepribadian Seseorang Dari Cara Mereka Duduk Di Kursi Sudah Tahu

Memahami Kepribadian Seseorang Dari Cara Mereka Duduk Di Kursi Sudah Tahu

papar berkaitan - pada 10/11/2022 - jumlah : 95 hits
Posisi duduk seseorang di kursi bisa menjadi cerminan dari kepribadian mereka Ingin tahu
Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Ultimate Guide To Ghibli Park

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

Panduan Menjalankan Sujud Sahwi Dalam Solat Dan Sebab Sebab Perlu Sujud Sahwi

April 18 2024 Pesan Orang Alim

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Jangan Terpedaya Kolaborasi Dengan Zico Netizen Gesa Untuk Boikot Lagu Baru Jennie Bp Atas Sebab Ini