Masjid Agung Al Falah Jambi Masjid Seribu Tiang



Selain tiang berwarna putih, terdapat pula tiang berukuran lebih besar dan berbentuk bulat silinder. Warnanya pun tampak lebih berbeda.

Tiang yang berukuran besar ini dilapisi oleh tembaga. Pada bagian tiang ini hadir ornamen ukiran Jepara yang lebih detail. Motif yang hadir itu berupa gambar flora dengan tampilannya yang saling berulang dan terkait.

Tiang berbahan tembaga itu langsung menjadi penopang dari bagian kubah. Di bagian kubah ini menampilkan estetika yang cukup menawan.

Bentuk garis simetris itu saling menyatu membentuk formasi. Garis-garis ini terlihat begitu menonjol karena memiliki warna yang cukup cerah pada bagian latarnya.

Lalu, di sisi bagian terbawah kubah dan berdekatan dengan tiang penyangga tersebut terdapat pula hiasan kaligrafi berbahasa Arab berwarna kuning emas.

Kaligrafi itu dibuat mengitari seluruh bagian sisi terbawah kubah. Hiasan inilah yang memberikan kesan sangat kental adanya adopsi masjid tradisional di Jawa.

Tak lupa juga untuk memberikan kesan anggun, menggelantung sebuah lampu dengan tipe chandelier. Lampu gantung memiliki tentakel layaknya hewan gurita. Tentakel itu memiliki bentuk melengkung mengarah ke bagian atas. Inilah keindahan lain yang tersaji di bagian interior masjid.

Hal lainnya yang cukup memikat perhatian terdapat pula pada bagian mihrab. Di bagian ini menjadi satu-satunya hamparan vertikal yang ada pada bagian interior masjid.

Namun, bagian itu bukanlah berbentuk tembok. Hamparan vertikal yang tampak di sini adalah ukiran yang terbuat dari bahan material kayu. Bagian ini memiliki warna merah kekuningan.

Bersejajar dengan ukiran kayu itu terdapat juga warna kuning emas. Warna ini terlihat sangat menonjol karena letaknya di bagian muka dari mihrab masjid. Pada bagian mihrab itu terdapat dua buah pilar besar yang dilengkapi dengan hiasan bermotif flora.

Sedangkan, pada bagian atas dinding mihrab ini terdapat lengkungan kuningan. Di atas lempengan tersebut tersaji tulisan kaligrafi berbahasa Arab.

Lalu, masih menyatu dengan bagian mihrab tersebut terdapat pula sebuah mimbar. Posisinya tidak terlalu menjorok ke barisan shaf jamaah. Bentuk mihrab ini memiliki kemiripan bentuk dengan mimbar pada masjid tradisional di Indonesia, seperti Masjid Demak.

Pada bagian itu, warna merah marun dan kuning emas memberikan aksen seni yang cukup memikat. Semua yang tersaji di bagian mihrab ini merupakan pengayaan bentuk atau hasil renovasi dari masjid tersebut pada 2008


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.casmair.com/2016/04/masjid-agung-al-falah-jambi-masjid.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+Liga_sport+(Liga_Sport)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kubah Masjid Agung Al Muawwanah

Kubah Masjid Agung Al Muawwanah

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 121 hits
Kubah Masjid Agung Al MuawwanahSalah satu proyek yang sedang kami selesaikan adalah AGUNG AL MUAWWANAH yang terletak di KAB SANGGAU KALIMANTAN BARAT 1 ORNAMENT PANEL LAPISAN LUAR ESP bahan dasar plat baja low carbon tipe SPCC SD SPHCtebal 0...
Jaksa Agung Dituduh Poligami Arief Poyuono Sebut Serangan Antek Koruptor

Jaksa Agung Dituduh Poligami Arief Poyuono Sebut Serangan Antek Koruptor

papar berkaitan - pada 7/11/2021 - jumlah : 126 hits
Politikus Partai Gerindra Arief Poyuono menengarai adanya upaya serangan personal terhadap Jaksa Agung ST Burhanuddin dengan isu poligami dilakukan Dia menuding isu itu diembuskan antek koruptor
Kalimah Allah Antara Titah Agung Dan Agenda Jahat Pembangkang

Kalimah Allah Antara Titah Agung Dan Agenda Jahat Pembangkang

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 110 hits
Rakyat makin jelas kesan penganiayaan pembangkang terhadap umat Islam Tangan Ghaib yang merancang memijak samada secara terang atau pun tersembunyi tetap dapat kita hidu Hanya mereka yang mempunyai terlalu banyak kepentingan peribadi dalam ...
Jaksa Agung Saya Yakin Belum Ada Daerah Bersih Dari Korupsi

Jaksa Agung Saya Yakin Belum Ada Daerah Bersih Dari Korupsi

papar berkaitan - pada 1/11/2021 - jumlah : 156 hits
Jaksa agung juga mewajibkan para jaksa untuk mempublikasikan pelaksanaan keadilan restoratif dan mensosialisasikan domininus litis kejaksaan dalam peradilan umum kepada masyarakat
Central Spine Road Lebih Mulia Dan Agung Berbanding Guna Nama Bahasa Melayu

Central Spine Road Lebih Mulia Dan Agung Berbanding Guna Nama Bahasa Melayu

papar berkaitan - pada 28/10/2021 - jumlah : 304 hits
Tular satu gambar lebuh raya mengagungkan perkataan bahasa penjajah iaitu Central Spine Road dan keadaan ini nampaknya disambut baik oleh pegawai yang meluluskannya Hal ini demikian kerana takkanlah ketua kampung atau tukang buat lebuh raya...
Ketua Kpk Firli Bahuri Dukung Wacana Jaksa Agung Terapkan Hukuman Mati Koruptor

Ketua Kpk Firli Bahuri Dukung Wacana Jaksa Agung Terapkan Hukuman Mati Koruptor

papar berkaitan - pada 29/10/2021 - jumlah : 150 hits
Firli mengatakan berbagai upaya telah dilakukan seluruh lembaga untuk menghentikan perilaku koruptif
150 Mahasiswa Sertai Sidang Khas Sempena Perhimpunan Agung Umno

150 Mahasiswa Sertai Sidang Khas Sempena Perhimpunan Agung Umno

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 109 hits
75 pemimpin mahasiswa luar negara dan 75 pemimpin mahasiswa dari semua universiti dalam negara akan menyertai Persidangan Mahasiswa Nasional yang diadakan di PWTC pada 1 Disember ini Persidangan anjuran Kelab UMNO Luar Negara dan Biro IPT U...
Perhimpunan Agung Umno Atau Perhimpunan Agung Pengampu

Perhimpunan Agung Umno Atau Perhimpunan Agung Pengampu

papar berkaitan - pada 12/11/2021 - jumlah : 107 hits
Perhimpunan Agung UMNO atau Perhimpunan Agung Pengampu Oleh yieMEGAPerhimpunan Agung UMNO telahpun berlangsung bermula 5 Disember yang lalu dan dijangka berakhir pada 6 Disember Acara tahunan sebuah parti yang berfahaman nasionalis dan kono...
Penjelasan Jpkk Banggol Peradong Tentang Tular Video Hantu Dalam Masjid

Penjelasan Jpkk Banggol Peradong Tentang Tular Video Hantu Dalam Masjid

papar berkaitan - pada 31/10/2021 - jumlah : 390 hits
KUALA TERENGGANU KIip video memaparkan seorang wanita mengenakan pakaian serba putih berIegar Iegar di ruang soIat di Masjid Jamek Kampung BanggoI Peradong di sini yang tuIar sejak minggu ini disahkan sekadar gurauan semata mata Pengerusi J...
Bank Negara Seeks To Overturn Unfair Dismissal Ruling

No Pc Needed Blend Work And Play Effortlessly With This New Lg Myview Monitor

Biodata Lee Chong Wei Pemain Badminton No 1 Dunia

Woorarra House By Rptecture Architects In The Yarra Valley Australia

Maldini Sidney Goyang Kanan Kiri Chord

Sindiket Ofu Bhai Tumpas Ubah Suai Maklumat Pasport

The Knox Journals Tired Of Prying Eyes On Your Personal Information Here S How To Stop It

Dah Tengok Shaitaan Lakonan Ajay Devgan Di Netflix



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Membuka Kunci Tiktok Panduan Lengkap Untuk Mengunduh Video Gratis Tanpa Watermark

Sarawak Spouse Visa Not Valid For Widowed Divorced Men From Peninsula

Federal Court Dismisses Apandi S Appeal In Defamation Suit Against Lim Kit Siang

Hukum Mengerjakan Solat Sunat Istisqa Sedangkan Hujan Telah Turun

Buasir Otak Tv Kenapa Matahari Panas Be Like

Lirik Lagu Palsu Nyanyian Syazwan Syahmi