Kuburan Akan Bertanya 6 Hal Ini Kepada Orang Yang Baru Meninggal


Dalam hadis yang ketiga belas, Imam Muhammad Bin Abu Bakar membahas seputar keadaan manusia di alam kubur.
Kuburan merupakan terminal menuju akhirat. Bisa saja terminal tersebut memberikan rasa aman dan nyaman, bisa juga menjadi rumah angker yang penuh siksa dan ancaman.
Rasulullah Saw. menganjurkan kita untuk memperbanyak ingat mati daripada hanya ngobrol dengan sesuatu yang kurang berfaidah.
Salah satu cara untuk mentafakkuri kehidupan setelah mati adalah ziarah kubur. Baik makam orang tua, guru, ataupun makam para ulama.
Di samping mencari barokah, ziarah kubur mengingatkan kita akan pemutus kenikmatan dunia.
Abu Sa’ied Al-Khudriy meriwayatkan sebuah hadits yang berkaitan dengan mengingat kematian. Beliau berkata bahwa suatu ketika Rasulullah Saw. masuk ke musholla.
Beliau melihat beberapa sahabat yang sedang berbincang-bincang masalah dunia. Lalu beliau Saw. bersabda,
اما انكم لو اكثرتم ذكر هاذم اللذات لشغلكم عما ارى فأكثر واذكر هاذم اللذات يعني الموت “Adapun kalian, andai memperbanyak menyebut hal yang dapat memutus kenikmatan, niscaya kalian akan disibukkan dari sesuatu yang aku lihat sekarang. Perbanyaklah untuk mengingat hal yang dapat memutus kenikmatan dunia. Yakni mati.”
Beliau tidak senang Jika musholla, apalagi masjid, hanya digunakan untuk bercanda atau bersenda gurau. Hidup yang singkat ini jangan ditambah dengan pekerjaan yang kurang bermakna.
Daripada banyak bicara dengan sesuatu yang tidak penting, maka perbanyak mengingat kematian adalah alternatifnya. Karena dengan kematian, kenikmatan dunia yang fana akan terputus dari manusia.
Saat kita sudah tidak bernafas lagi, saat kita sudah dimasukkan ke liang lahat, saat itulah hidup yang sebenarnya dimulai.
Di dalam kubur kita disambut oleh tanah kuburan. Tanah kuburan yang kita tempati akan menyapa kita dengan 6 kalimat, yaitu:
فتقول انا بيت الغربة وانا بيت الوحدة وانا بيت الوحشة وانا بيت الظلمة وانا بيت التراب وان بيت الدود “Kuburan berkata pada penghuninya yang baru : Aku rumah asing, aku rumah sendirian, aku rumah ketakutan, aku rumah kegelapan, aku rumah tanah, dan aku rumah cacing-caicing.”
Dalam artian, kita di kuburan seperti orang merantau. Hidup sendirian tanpa ada kawan dan keluarga yang menemani.
Di dalamnya penuh kegelapan, tak ada cahaya sama sekali. Tentunya kita akan merasa sangat ketakuatan hidup di dalam perut bumi.
Selain itu, cacing-cacing tanah sudah bersiap-siap untuk masuk ke dalam tubuh kita untuk mengkoyaknya. Hanya orang yang benar-benar dekat pada Allah Swt. yang selamat dari fitnah kubur.
Perlakuan kuburan memang tidak sama pada setiap manusia. Ada yang diluaskan kuburannya dan ada pula yang semakin terhimpit. Semua tergantung pada amal waktu hidup.
Imam Muhammad Bin Abu Bakar menjelaskan bahwa kuburan memiliki perlakuan berbeda pada jenazah orang mukmin dan orang kafir.
Ketika yang dikuburkan adalah orang islam, maka ia akan berkata sebagai berikut,
مرحبا اهلا وسهلا اما انك كنت لاحب من يمشي على ظهري الي فاذا اوليتك اليوم وصرت الى فسترى صنعي بك “Selamat datang di termina akhirat, adapun engkau adalah orang yang amat aku cintai, yang berjalan di atas punggungku. Sekarang aku yang akan melindungimu. Aku yang bertanggung jawab atasmu. Lihat saja apa yang akan aku perbuat untukmu.”
Langsung kuburan orang tersebut menjadi luas seluas mata memandang. Pintu kebun surga dibukakan untuknya. Betapa beruntungnya kita bila termasuk golongan ini.
Yaitu orang-orang yang diluaskan kuburannya dan merasakan kenikmatan kebun surga. Semoga saja. Amin.
Lain lagi bila yang dikebumikan adalah orang kafir, tidak ada kata sambutan dari tanah kuburan. Malah ia langsung menakut-nakutinya. Kuburan berkata pada orang-orang kafir,
لا مرحبا ولا اهلا ولا سهلا اما انك كنت لابغض من يمشي على ظهري الي فاذا اوليتك اليوم وصرت الى فستري صنعي بك “Tidak ada ucapan selamat untukmu. Engkaulah orang yang paling kubenci saat berjalan di atas punggungku. Sekarang kau dalam penguasaanku. Aku yang bertanggung jawab atasmu. Rasakan saja apa yang akan aku perbuat padamu.”
Kuburan itu langsung menghimpitnya sehingga remuk semua tulang belulang mayit. Dalam isyaratnya, Rasulullah Saw. memasukkan jari tangannya pada genggaman jari-jari lainnya untuk mencontohkan tentang siksa kubur.
Lalu beliau bersabda,
فيقيض الله سبعين تنينا لو ان واحدا منها نفخ في الارض ما انبتت شيئا ما بقيت الدنيا فينهشه ويخدشه حتى يفضي به الى الحساب “Allah Swt. menyediakan 70 ular yang apabila salah satu ular tersebut menyemburkan bisanya ke bumi, niscaya tidak akan tumbuh tanaman selama-lamanya.  Ular-ular itu terus menggigitnya hingga terkoyak-koyak sampai hari kiamat.”
Betapa ruginya orang yang masuk pada golongan ini. Siang-malam ia tersiksa dengan gigitan ular. Belum lagi siksa yang lainnya. Semoga kita dan keluarga diselamatkan dari siksa kubur. Amin.
Intinya, alam kubur itu adalah gerbang dari kehidupan akhirat. Bisa saja kita hidup bak di surga, alhamdulillah. Bisa juga hidup di kubur seperti jurang neraka, naudzubillah. Rasulullah Saw. bersabda,
انما القبر روضة من رياض الجنة او حفرة من حفر النيران “Sesungguhnya kuburan adalah taman dari sebagian taman surga atau jurang sebagian dari jurang neraka.”
Oleh karena itu, marilah kita berusaha sekuat mungkin untuk menjadi hamba yang istiqomah dalam beristighfar, sholawat, sedekah, dan amal baik lainnya.
Dengan harapan semua itu dapat menolong kita di alam barzakh. Amin. Wallahua’lam.
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kuburan-akan-bertanya-6-hal-ini-kepada-orang-yang-baru-meninggal/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Baru Terungkap Detik Detik Thoriq Hilang Sampai Ditemukan Meninggal Di Ultahnya

Baru Terungkap Detik Detik Thoriq Hilang Sampai Ditemukan Meninggal Di Ultahnya

papar berkaitan - pada 10/7/2019 - jumlah : 181 hits
Detik detik Thoriq Rizki Maulidan sampai hilang hingga ditemukan meninggal dunia dua minggu kemudian di Gunung Piramid Bondowoso akhirnya terungkap Pungky Filzah Pranata teman Thoriq saat mendaki mengaku tidak menyangka Thoriq jatuh karena ...
Terungkap Sebelum Akhirnya Meninggal Di Gunung Piramid Autopsi Tunjukkan Thoriq Alami 2 Hal Ini

Terungkap Sebelum Akhirnya Meninggal Di Gunung Piramid Autopsi Tunjukkan Thoriq Alami 2 Hal Ini

papar berkaitan - pada 8/7/2019 - jumlah : 273 hits
Pihak kepolisian akhirnya mengungkap penyebab meninggalnya Thoriq Rizky Maulidan siswa SMPN 4 Bondowoso yang hilang di Gunung Piramid Bondowoso Sebelumnya beredar kabar bahwa Thoriq meninggal karena terpeleset ke jurang Akan tetapi setelah ...
Benarkah Thoriq Rizki Maulidan Meninggal Di Gunung Piramid Karena Hal Mistis

Benarkah Thoriq Rizki Maulidan Meninggal Di Gunung Piramid Karena Hal Mistis

papar berkaitan - pada 11/7/2019 - jumlah : 446 hits
Hilangnya Thoriq Rizki Maulidan selama 12 hari di Gunung Piramid Bondowoso Jawa Timur menarik perhatian publik Thoriq Rizki Maulidan diketahui mendai Gunung Piramid Bondowoso bersama tiga temannya yaitu Pungky Filzah Pranata Rizki dan Syafr...
Mangsa Pertama Dah Meninggal Dunia Yang Menteri Meroyan Per Hal

Mangsa Pertama Dah Meninggal Dunia Yang Menteri Meroyan Per Hal

papar berkaitan - pada 8/7/2019 - jumlah : 338 hits
Rakyat Malaysia yang masih mempunyai nilai kemanusiaan menerima berita kematian mangsa pertama akibat pencemaran di Pasir Gudang dengan perasaan yang amat sedih Sama sama kita sedekahkan surah Al Fatehah kepada Allahyarhamah Puan Marimi Kas...
Giias 2019 Dibuka Jokowi Dan Lebih Dari 20 Peluncuran Mobil Baru

Giias 2019 Dibuka Jokowi Dan Lebih Dari 20 Peluncuran Mobil Baru

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 186 hits
Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 kembali hadir 18 28 Juli di ICE BSD City Tangerang Banten Ada 20 merek kendaraan penumpang menjadi pesertanya dan lebih dari 20 model peluncuran mobil baru termasuk mobil konsep
Rp 773 M Utang Harus Lunas Juli 2019 Lapindo Baru Bayar Rp 5 M

Rp 773 M Utang Harus Lunas Juli 2019 Lapindo Baru Bayar Rp 5 M

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 164 hits
Lapindo Brantas Inc dan PT Minarak Lapindo Jaya belum memenuhi kewajibannya untuk melunasi utang kepada pemerintah Padahal dalam perjanjian yang diteken pada Juli 2015 disebutkan utang tersebut harus lunas pada Juli 2019 Utang ini berasal d...
Di Rapat Dpr Kpk Ungkap Bakal Ada Tersangka Baru Kasus E Ktp

Di Rapat Dpr Kpk Ungkap Bakal Ada Tersangka Baru Kasus E Ktp

papar berkaitan - pada 2/7/2019 - jumlah : 169 hits
Sementara itu Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkap latar belakang tersangka baru tersebut Kata dia ada dari pengusaha dan birokrat Ada dari pengusaha ada dari birokrat kayaknya kata Agus di tempat sama
Hiburan Baru Habis Berpantang Netizen Terkejut Hanis Zalikha Kembali Langsing Dan Lawa

Hiburan Baru Habis Berpantang Netizen Terkejut Hanis Zalikha Kembali Langsing Dan Lawa

papar berkaitan - pada 2/7/2019 - jumlah : 304 hits
Umum mengetahui pasangan Hanis Zalikha dan Hairul Azreen baru sahaja menimang cahaya mata kedua mereka Alisa Aisyah pada 24 Mei lalu Tidak sampai dua bulan bersalin netizen terkejut melihat penampilan terbaru Hanis yang sangat cepat kurus d...
Pemerintah Kebut Pembangunan 4 Bali Baru 3 Tahun Ditarget Telah Gaet Wisatawan Asing

Pemerintah Kebut Pembangunan 4 Bali Baru 3 Tahun Ditarget Telah Gaet Wisatawan Asing

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 157 hits
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menggelar rapat koordinasi terkait dengan percepatan pembangunan sektor pariwisata Indonesia di Kantornya Jakarta Hadir dalam rapat ini yaitu Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri ...
Pesanan Buat Sang Suami

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Optimizing Your Twitter Feed Strategies For Positive Content Filtering

Rm232mil Road Project Awarded To Nepturis Witness Tells Wan Saiful Trial

There Is An Awakening

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Pks Sebut Nama Wali Kota Depok Mohammad Idris Masuk Kandidat Pilkada Jabar



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Continuous Learning

Maksud Gaji Bersih Gaji Kasar Gaji Pokok Perbezaannya

Pengumuman Gaji Penjawat Awam Naik 15 Peratus Dan Cara Kira Kenaikan Gaji Baharu Penjawat Awam

Hati Bersih Hidup Bahagia

Ai Team Talent Sementara Batch 3

Glamping With The Stars