Koalisi Masyarakat Sipil Papua Resmi Buka Posko Pengaduan


Siaran Pers
Koalisi Masyarakat Sipil Papua

Jayapura, 9 September 2019

POSKO PENGADUAN SEBAGAI UPAYA AWAL PENGUNGKAPAN KEBENARAN BAGI KORBAN DI PAPUA

Koalisi Masyarakat Sipil Papua di Jayapura hari ini resmi membuka posko pengaduan untuk korban kekerasan dan pelanggaran HAM di Tanah Papua yang terjadi sejak 19 Agustus 2019. Posko pengaduan tersebut berada di kantor firma hukum AHIMSA di Jl. Raya Sentani, Padang Bulan - Abepura Hotline 081247940004

Inisiatif ini dilakukan oleh kelompok masyarakat sipil Papua setelah mendapatkan laporan maraknya intimidasi dan penutupan akses terhadap keluarga korban yang ingin mendapatkan informasi dan kejelasan terkait anggota keluarga mereka yang menjadi korban selama aksi kekerasan terjadi di beberapa wilayah di Papua dan Papua Barat.

“Kami menghimbau para keluarga korban untuk melaporkan jika ada anggota keluarga mereka yang belum diketahui keberadaannya, termasuk korban luka-luka, salah tangkap dan mereka yang mengalami trauma sejak aksi kekerasan terjadi,” kata Baguma dari Bersatu Untuk Kebenaran. (BUK)

Upaya ini dilakukan salah satunya untuk mengimbangi informasi sepihak dari pihak aparat keamanan maupun pemerintah terkait adanya korban kekerasan di tanah Papua. Informasi terkait korban juga semakin simpang siur akibat kebijakan pembatasan dan pemutusan akses internet di tanah Papua yang dilakukan oleh pemerintah.

Tanggal 1 September pihak kepolisian telah mengeluarkan data dengan sangat rinci terkait kerusakan dan kerugian material akibat aksi unjuk rasa pada 29 Agustus di Jayapura. Anehnya, informasi mengenai korban luka-luka dan meninggal tidak disampaikan dalam pengumuman tersebut, sementara Koalisi Masyarkat Sipil Papua telah menerima informasi tentang adanya korban luka maupun jiwa dari warga sipil dalam peristiwa yang terjadi di Jayapura.

Di satu sisi, aparat keamanan agresif melakukan penangkapan-penangkapan di sejumlah daerah di Papua terhadap mereka yang diduga sebagai provokator perusakan dan dituduh sebagai dalang dari peristiwa kekerasan di tanah Papua.

“Publik berhak untuk tahu terkait apa yang sebenarnya terjadi di Papua selama tiga minggu terakhir. Monopoli informasi yang dilakukan oleh pemerintah disertai dengan pembatasan akses bagi keluarga koban merupakan tindakan yang tidak proporsional dan bertentangan dengan prinsip keadilan dan hak atas informasi. Belum lagi pelayanan sosial di Jayapura juga terganggu karenanya. Kami juga sangat kecewa atas pernyataan dari Menkopolhukam Wiranto yang mengatakan bahwa terserah pemerintah apakah mau menngumumkan jumlah korban jiwa atau tidak,” kata Yuliana (ELSHAM PAPUA)

“Tidak adanya transparansi dari pemerintah terkait jumlah korban luka maupun jiwa baik dari peristiwa di Jayapura maupun di Deiyai dan beberapa kota lainnya di Papua menunjukkan bahwa pemerintah terkesan secara sengaja melakukan praktek-praktek diskriminasi terhadap korban dan keluarga korban di Papua. Terkesan pemerintah lebih peduli pada kerusakan meteril ketimbang keadilan bagi korban luka dan meninggal. Ini menjadi deret panjang impunitas bagi kasus-kasus pelanggaran HAM yang serius, seperti perampasan hak hidup, di Tanah Papua,” kata…Sem Awom kordinator Kontras Papua

Organisasi-organisasi HAM di Papua, nasional, dan internasional telah berulang kali menyerukan adanya investigasi independen, imparsial, dan efektif atas kasus-kasus dugaan pembunuhan di luar proses hukum demi terwujudnya keadilan bagi keluarga korban dan masyarakat luas. Ketiadaan investigasi independen, imparsial, dan efektif ini merupakan sumber impunitas dan ketidakpercayaan publik terhadap institusi penegakan hukum di Papua.

Koalisi Masyarakat Sipil Papua mendapatkan laporan terkait adanya korban jiwa dan luka-luka yang saat ini masih berada di beberapa rumah sakit di Jayapura dan Deiyai. Namun, keluarga, jurnalis maupun pekerja kemanusiaan tidak diberikan akses untuk melihat langsung korban.

“Pembatasan akses bagi keluarga korban adalah bentuk pelanggaran HAM dan pemerintah dan aparat harus membuka akses bagi keluarga korban, para jurnalis, dan pekerja kemanusiaan,” kata Yuliana Langowuyo SKPKC Fransiskan Papua.

Walaupun jumlah korban belum diumumkan secara resmi oleh kepolisian dan pemerintah, Kapolri Jendral Tito Karnavian bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi empat keluarga korban tewas akibat insiden kekerasan di Jayapura. Sayangnya upaya ini tidak dilanjutkan dengan suatu komitmen publik untuk upaya pengungkapan pertanggungjawaban pidana bagi pelaku terkait.

Koalisi berharap dengan dibukanya posko pengaduan ini, masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pengungkapan kebenaran dengan memberikan data dan informasi terkait anggota keluarga mereka yang menjadi korban kekerasan. “Hal ini sekaligus menjadi peringatan bagi peerintah bahwa betapapun sistematisnya upaya pemutusan akses informasi yang dilakukannya, publik selalu menpunyai cara untuk mengungkapkan keadilan dengan caranya sendiri”, Haryanto ketua HMI cabang Jayapura.

Koalisi Masyarakat Sipil Papua menemukan bentuk pelanggaran HAM lainnya terhadap salah satu keluarga korban meninggal di Jayapura. Keluarga salah satu korban meninggal tidak diberi kesempatan untuk melihat jenazah korban. Kelurga korban hanya bisa menjemput jenazah korban yang disimpan di dalam peti mati dan keluarga korban tidak diberi kesempatan untuk membuka peti tersebut.

Organisasi-organisasi HAM di Papua, nasional, dan internasional telah berulang kali menyerukan adanya investigasi independen, imparsial, dan efektif atas kasus-kasus dugaan pembunuhan di luar proses hukum demi terwujudnya keadilan bagi keluarga korban dan masyarakat luas. Ketiadaan investigasi independen, imparsial, dan efektif ini merupakan sumber impunitas dan ketidakpercayaan publik terhadap institusi penegakan hukum di Papua.

Posko pengaduan ini dibentuk agar para pembela HAM dan publik bisa menghasilkan narasi alternatif untuk pengungkapan kebenaran yang komprehensif atas apa yang terjadi di Papua, khususnya di Jayapura, dalam beberapa minggu terakhir ini.

“Kami juga menghimbau kepada berbagai pihak termasuk institusi-institusi keagamaan serta asrama-asrama mahasiswa untuk membuka posko pengaduan bagi keluarga korban. Hal ini penting untuk memperkuat upaya pengungkapan kebenaran dan keadilan bagi korban,” kata Anum Siregar,Sh ALDP

KOALISI MASYARAKAT SIPIL PAPUA:

Aliansi Demokrasi untuk Papua (AlDP)
KontraS Papua
Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) GKI di Tanah Papua
SIP
Keadilan, Perdamaian, dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) Fransiskan Papua
PAHAM
LBH Papua
Tim Kerja CEDAW PAPUA
Elsham Papua
Walhi Papua
YALI Papua
PBH Cendrawasih
HMI Papua
PMKR
PEMUDA KATOLIK
GMKI
TIKI Papua
Bersatu Untuk Kebenaran (BUK)

Nara Hubung :
SAM AWOM, 082198052223
ANUM SIREGAR. SH. MH, 085244060000

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/09/koalisi-masyarakat-sipil-papua-resmi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Siang Ini Komisi Iii Rdpu Dengan Koalisi Masyarakat Sipil Terkait Capim Kpk

Siang Ini Komisi Iii Rdpu Dengan Koalisi Masyarakat Sipil Terkait Capim Kpk

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 114 hits
Siang Ini Komisi III RDPU dengan Koalisi Masyarakat Sipil Terkait Capim KPK Sebelumnya Komisi III telah menggelar RDPU dengan Panitia Seleksi Capim KPK pada Senin kemarin untuk meminta keterangan terkait proses seleksi capim KPK
Kepala Bssn Minta Masyarakat Papua Tak Termakan Berita Hoaks

Kepala Bssn Minta Masyarakat Papua Tak Termakan Berita Hoaks

papar berkaitan - pada 30/8/2019 - jumlah : 133 hits
Menurutnya di era saat ini media informasi mudah diakses Hinsa khawatir informasi yang tidak disaring bisa menimbulkan masalah
Gubernur Papua Temui Paguyuban Tokoh Adat Masyarakat Di Jayapura Pascarusuh

Gubernur Papua Temui Paguyuban Tokoh Adat Masyarakat Di Jayapura Pascarusuh

papar berkaitan - pada 5/9/2019 - jumlah : 122 hits
Menurut Lukas semua yang ada di Papua adalah warga negara Indonesia sehingga pandangan masing masing pribadi bukan berbeda beda tetapi harus tetap satu Indonesia
Aliansi Masyarakat Indonesia Timur Suarakan Papua Tetap Bagian Nkri

Aliansi Masyarakat Indonesia Timur Suarakan Papua Tetap Bagian Nkri

papar berkaitan - pada 3/9/2019 - jumlah : 160 hits
Dia juga mendesak TNI Polri untuk memproses hukum pelaku rasis terhadap warga Papua di Surabaya
Wiranto Sebut Ada Yang Benturkan Masyarakat Asli Papua Dengan Pendatang

Wiranto Sebut Ada Yang Benturkan Masyarakat Asli Papua Dengan Pendatang

papar berkaitan - pada 3/9/2019 - jumlah : 172 hits
Wiranto Sebut Ada yang Benturkan Masyarakat Asli Papua dengan Pendatang Pemerintah dan keamanan telah bergerak cepat Sehingga tidak mencapai gejolak lebih besar
Staf Khusus Presiden Masyarakat Papua Bakar Batu Berarti Sudah Damai

Staf Khusus Presiden Masyarakat Papua Bakar Batu Berarti Sudah Damai

papar berkaitan - pada 8/9/2019 - jumlah : 135 hits
Staf khusus Presiden untuk urusan Papua Lenis Kogoya mengklaim situasi di tanah kelahirannya sudah kondusif Masyarakat yang sebelumnya bersitegang sudah melakukan tradisi bakar batu
Kemenkominfo Buka Pemblokiran Internet 29 Kabupaten Di Papua Dan Papua Barat

Kemenkominfo Buka Pemblokiran Internet 29 Kabupaten Di Papua Dan Papua Barat

papar berkaitan - pada 5/9/2019 - jumlah : 137 hits
Kemenkominfo membuka blokir layanan internet di 19 kabupaten di Papua dan 10 kabupaten di Papua Barat Keputusan tersebut setelah Kemenkominfo berkoordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan serta pertimbangan kondisi yang su...
Polisi Libatkan Tokoh Masyarakat Redam Demonstrasi Di Papua

Polisi Libatkan Tokoh Masyarakat Redam Demonstrasi Di Papua

papar berkaitan - pada 31/8/2019 - jumlah : 131 hits
Selain merangkul tokoh masyarakat polisi juga menambah personel untuk mengamankan situasi di Papua Total ada 250 personel Brimob dari Kalimantan Timur Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat diterjunkan mengamankan situasi di Papua
Dua Warga Sipil Tewas Dalam Kerusuhan Di Deiyai Papua

Dua Warga Sipil Tewas Dalam Kerusuhan Di Deiyai Papua

papar berkaitan - pada 29/8/2019 - jumlah : 164 hits
Yang pasti tiga orang meninggal dalam insiden tersebut yakni dua warga sipil dan anggota TNI AD meninggal kata Irjen Pol Rodja
Nicol David Wanita Asia Pertama Digelar Ratu Skuasy Dunia

More Than Genetics How Life Experiences Shape Our Health

E Jamin Judiciary Bar Agree On Proposal To Reinstate Similar E Bail System

Video Suspek Serang Balai Polis Ulu Tiram Maut Ditembak

Is Anwar Ever Going To Release Najib

Adakah Batuk Membatalkan Solat Ust Azhar Idrus

Kelebihan Berpuasa Hari Putih

Ppim Sedia Bantu Cari Penyelesaian Harian Metro 17 05 2024



Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia


Govt To Continue Using E Jamin Bail System

Kdn Fc Berputih Mata Di Laman Sendiri

Gulai Udang Nenas

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju

Harris Alif Dari Idola Kecil Ke Selebriti Serba Boleh

Kerajaan Pahang Sumbang Rm8 000 Kepada Keluarga Allahyarham Konstabel Muhamad Syafiq