Kisah Sahabat Nabi Yang Mencium Kepala Raja Romawi


Ensiklopedi Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Abdullah bin Hudzafah as-Sahmi, adalah panglima kaum Muslimin yang saat itu diberangkatkan oleh Umar bin Khattab untuk ikut serta dalam pembebasan negeri Syam.
Ia diberi misi memerangi penduduk Kaisariah, sebuah kota benteng di wilayah Palestina, tepatnya di tepi Laut Tengah. Namun ia gagal dalam salah satu pertempuran. Dia pun tertangkap oleh tentara Romawi.
Dari salah satu tulisan Muhammad Amin Al-Jundi dalam buku Hiburan Orang-Orang Shalih, dikisahkan sosok Abdullah bin Hudzafah pun dibawa pulang oleh tentara tersebut menuju negeri mereka.
Kepada raja Romawi mereka menyatakan bahwa ia adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad. Mendengar hal tersebut sang raja pun merasa memiliki kesempatan untuk menyakiti dan menyiksa kaum Muslimin.
Ia pun ingin melihat sosok Abdullah bin Hudzafah secara langsung. Ia ingin menguji seberapa kuat agama yang ia miliki dan ingin menjauhkannya dari agama Islam. Sang raja memulai dengan memberikan bujukan dan penawaran.
Kepada Abdullah bin Hudzafah ditawarkan berbagai pilihan yang menggiurkan, mulai sejumlah harta, dinikahkan dengan sang putri kerajaan, hingga seluruh harta dan kerajaan yang ia miliki.
Sang raja berkata, “Apakah kamu mau memeluk agama Nasrani dan aku hadiahkan kepadamu setengah dari kerajaanku?”
“Seandainya engkau serahkan seluruh kerajaanmu dan seluruh kerajaan Arab, aku tidak akan meninggalkan agama Muhammad SAW sekejap mata pun,” ujar Abdullah bin Hudzafah menjawab pertanyaan Raja Romawi.
Raja Romawi pun berujar, “Kalau begitu, aku akan membunuhmu.” Dan oleh Abdullah bin Hudzafah dijawab, “Silakan saja.”
Sang sahabat pun dimasukkan ke dalam penjara dan sama sekali tidak diberi makan maupun minum selama tiga hari berturut-turut.
Setelah itu ia ditawari segelas arak dan daging babi sebagai penawar dahaga dan lapar yang sudah ia jalani selama tiga hari.
Jelas, Abdullah menolaknya. Selama beberapa hari ke depan, ia tidak menyentuh makanan dan minuman yang ada hingga ia hampir mati.
Kisah Ini pun Sampai ke Telinga Khalifah Umar bin Khattab
Melihat hal ini, sang raja mengeluarkan ia dari penjara dan bertanya, “Apa yang membuatmu enggap minum arak dan makan daging babi, padahal engkau dalam kondisi kelaparan dan terpaksa?”
Sang sahabat menjawab, “Ketauhilah, kondisi darurat memang telah menjadikan hal tersebut halal bagi saya dan tidak ada keharaman bagi saya memakannya. Namun, saya lebih memilih untuk tidak memakannya sehingga saya tidak memberikan kesempatan kepadamu untuk bersorak melihat kemalangan Islam.”
Raja Romawi pun memerintahkan agar Abdullah dilemparkan ke dalam air mendidih. Namun, ketika hendak dilemparkan, sang sahabat menangis. Para tentara yang bertugas pun melaporkan hal ini kepada raja mereka.
Ia mengira Abdullah bin Hudzafah menangis karena takut mati serta menunjukkan bahwa ia mundur dari posisinya dan membatalkan ketetapan hatinya serta mengabulkan ke inginan sang raja untuk memeluk agama Nasrani.
Raja pun kembali memanggil sang sahabat dan kembali menawarkan untuk masuk ke agama Nasrani.
Namun, jelas hal ini kembali ditolak. “Lalu mengapa engkau menangis?” tanya sang Raja.
“Sa ya menangis karena saya menyesal mengapa nyawaku cuma satu. Aku berharap memiliki nyawa sebanyak rambut yang ada di tubuhku dan semuanya diceburkan ke dalam panci itu sehingga semuanya mati di jalan Allah,” jawab Abdullah bin Hudzafah.
Jawaban ini mem buat raja mengakui kekalahannya. Ia merasa memiliki harta, pangkat, kekuatan, dan dunia.
Namun, berhadapan dengan seorang Muslim yang tidak bersenjata dan tidak menyandang apaapa. Ia pun memberikan tawaran terakhir sebagai bentuk kekalahannya.
Demi menjaga martabatnya, raja Romawi ini berkata, “Hai Abdullah bin Hudzafah, maukah kamu mengecup kepalaku? Saya akan membebaskanmu dan melepas kanmu”.
Mendengarnya, sahabat Nabi ini menjawab, “Baklah, dengan syarat engkau harus melepaskan semua tawanan kaum Muslimin yang berada di dalam penjara kalian”.
Berkat Abdullah bin Hudzafah, total 300 tawanan yang ditangkap dan dipenjarakan oleh raja Romawi pun dibebaskan.
Sepulangnya dari kerajaan tersebut, cerita pun sampai di telinga Umar. Ia menghampiri Abdullah bin Hudzafah dan mengecup kepalanya.
“Harusnya semua umat Islam mencium kepala Abdullah dan sekarang aku orang pertama yang mencium kepala Abdullah,” ujar Umar sambil mencium kepala Abdullah. Perilaku ini pun berikutnya diikuti oleh sahabat yang lainnya.
Sumber: republika.co.id


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kisah-sahabat-nabi-yang-mencium-kepala-raja-romawi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sahabat Nabi Bertemu Dajjal

Sahabat Nabi Bertemu Dajjal

papar berkaitan - pada 23/11/2018 - jumlah : 316 hits
Diriwayatkan daripada Fatimah bin Qais Radhiallahu anha dia berkata Aku mendengar tukan azan Rasulullah Sallahualaihi Wassalam menyeru As Solatu Jami ah Maka aku keluar dan ikut solat berjemaah bersama Rasulullah Sallahualaihi Wassalam Keti...
Kisah Khalifah Umar Dan Masuk Islamnya Penasihat Raja Bizantium

Kisah Khalifah Umar Dan Masuk Islamnya Penasihat Raja Bizantium

papar berkaitan - pada 19/11/2018 - jumlah : 210 hits
Maulana Jalaluddin Rumi dalam masterpricenya al Matsnawi mengisahkan bahwa pada suatu ketika seorang penasihat kekaisaran Byzantium dari Constantinople datang untuk menghadap khalifah Umar di Madinah Penasihat itu adalah seorang filsuf cend...
Kisah Sahabat Julaibib Ra Ustaz Nazmi Karim

Kisah Sahabat Julaibib Ra Ustaz Nazmi Karim

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 323 hits
jom dengar kuliah Ustaz Nazmi Karim semoga manfaat kepada semua
Kisah Keberkahan Marayakan Maulid Nabi Saw

Kisah Keberkahan Marayakan Maulid Nabi Saw

papar berkaitan - pada 18/11/2018 - jumlah : 393 hits
Dalam kitab Targhibul Musytaqin disebutkan sebuah kisah dari Abdullah bin Isa Al Anshari bahwa dia memiliki tetangga wanita yang shalehah Wanita ini memiliki anak laki laki shaleh yang masih muda dan keduanya hidup dalam kekurangan Wanita s...
Cekcok Masalah Pekerjaan Mahdin Hantam Kepala Asrin Hingga Meninggal

Cekcok Masalah Pekerjaan Mahdin Hantam Kepala Asrin Hingga Meninggal

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 190 hits
Peristiwa itu terjadi di rumah korban Jalan Beringin Kelurahan Ragaraja Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Riau Mereka berdua bertetangga dan sesama perantauan dari Bima Nusa Tenggara Barat
Wabendum Pkb Akui Ada Mahar Bagi Calon Kepala Daerah Yang Ingin Diusung

Wabendum Pkb Akui Ada Mahar Bagi Calon Kepala Daerah Yang Ingin Diusung

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 190 hits
Wabendum PKB Akui Ada Mahar Bagi Calon Kepala Daerah yang ingin Diusung Rasta mengaku pernah menerima biaya politik dari Yosa Oktora Santono anak kandung Amin Santono sebesar Rp 1 2 miliar untuk kepentingan pencalonan kepala daerah Bupati K...
Diklat Kepala Daerah Mendagri Singgung Malang Jambi Dan Sumut Rontok Karena Korupsi

Diklat Kepala Daerah Mendagri Singgung Malang Jambi Dan Sumut Rontok Karena Korupsi

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 220 hits
Mendagri Tjahjo Kumolo meminta para kepala daerah memahami area rawan korupsi Berdasarkan data sudah ada 101 kepala daerah yang terkena OTT KPK Kemudian ratusan lebih anggota DPRD dan SKPD
Apple Mempatenkan Fon Kepala Yang Boleh Dipakai Terbalik

Apple Mempatenkan Fon Kepala Yang Boleh Dipakai Terbalik

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 270 hits
Saya telah menggunakan fon kepala sejak 1980 Ada sebuah foto saya berusia setahun dengan sepasang fon telinga Sony milik ayah dan sebuah Walkman Sejak itu saya lebih gemar menggunakan fon kepala berbanding fon telinga Masalah utama yang sud...
Bank Negara Seeks To Overturn Unfair Dismissal Ruling

Biodata Lee Chong Wei Pemain Badminton No 1 Dunia

No Pc Needed Blend Work And Play Effortlessly With This New Lg Myview Monitor

Woorarra House By Rptecture Architects In The Yarra Valley Australia

Maldini Sidney Goyang Kanan Kiri Chord

Tular Kejadian Kepala Air Di Lata Iskandar Lata Kinjang

Dah Tengok Shaitaan Lakonan Ajay Devgan Di Netflix

The Knox Journals Tired Of Prying Eyes On Your Personal Information Here S How To Stop It



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Vivo S Perfect Night Party 2024 Invitation

Dining With The Queens Legumes Nyonya Mother S Day Buffet A Treat Fit For A Queen

7 Jam Tak Ada Elektrik

Bagaimana Saya Mula Berniaga Selepas Berhenti Kerja

Makan Makan Dengan Chef S Extravaganza Dinner Buffet Renaissance Johor Bahru

Tips Jantung Pisang Tidak Lebam