Kisah Di Masa Rasulullah Lafal Adzan Diubah Dan Diminta Sholat Di Rumah



Wabah virus corona atau COVID-19 berdampak nyata pada kegiatan sehari-hari, termasuk sholat berjamaah yang biasa dilakukan di masjid. Dalam fatwanya, Majelis Ulama Indonesia atau MUI membolehkan masyarakat yang terinfeksi virus corona atau berada di wilayah dengan risiko penularan tinggi untuk sholat di rumah.
“Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jamaah shalat lima waktu/rawatib, Tarawih, dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya,” tulis MUI.



Selain itu, umat Islam juga tidak boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak. Kegiatan ini diyakini menjadi media penyebaran COVID-19 misal jamaah sholat lima waktu atau rawatib, Tarawih dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya, serta menghadiri pengajian umum dan majelis taklim.
Kebijakan sholat di rumah ternyata sempat terjadi di zaman para sahabat Nabi Muhammad SAW. Hujan dan jalanan berlumpur berisiko menyulitkan para muslim yang hendak menunaikan sholat bersama-sama di masjid. Ajakan menunaikan sholat di rumah itu konsekuensinya harus dengan mengubah bunyi adzan yang semula mengajak sholat di masjid menjadi sholat di rumah.
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ أَيُّوبَ، وَعَبْدِ الْحَمِيدِ، صَاحِبِ الزِّيَادِيِّ وَعَاصِمٍ الأَحْوَلِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ قَالَ خَطَبَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ فِي يَوْمٍ رَدْغٍ، فَلَمَّا بَلَغَ الْمُؤَذِّنُ حَىَّ عَلَى الصَّلاَةِ‏.‏ فَأَمَرَهُ أَنْ يُنَادِيَ الصَّلاَةُ فِي الرِّحَالِ‏.‏ فَنَظَرَ الْقَوْمُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ فَقَالَ فَعَلَ هَذَا مَنْ هُوَ خَيْرٌ مِنْهُ وَإِنَّهَا عَزْمَةٌ‏.‏


Artinya: Seperti dinarasikan `Abdullah bin Al-Harith: “Hari itu sedang hujan dan berlumpur saat Ibnu Abbas hendak sholat bersama kami. Ketika muadzin yang mengumandangkan adzan berkata Hayyaa ‘alas Salaah, Ibnu Abbas mengatakan untuk mengubahnya menjadi As Shalaatu fir Rihaal (sholatlah di rumah masing-masing). Orang-orang saling melihat dengan wajah kaget. Ibny berkata, hal ini pernah dilakukan di masa orang yang lebih baik dibanding dirinya (merujuk pada masa Rasulullah SAW) dan ini terbukti.” (HR Bukhari).
Hadits lain juga mengungkapkan perubahan bunyi adzan, yang menyuruh muslim sholat di rumah dari yang semula di masjid.
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، قَالَ أَخْبَرَنَا يَحْيَى، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، قَالَ حَدَّثَنِي نَافِعٌ، قَالَ أَذَّنَ ابْنُ عُمَرَ فِي لَيْلَةٍ بَارِدَةٍ بِضَجْنَانَ ثُمَّ قَالَ صَلُّوا فِي رِحَالِكُمْ، فَأَخْبَرَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَأْمُرُ مُؤَذِّنًا يُؤَذِّنُ، ثُمَّ يَقُولُ عَلَى إِثْرِهِ، أَلاَ صَلُّوا فِي الرِّحَالِ‏.‏ فِي اللَّيْلَةِ الْبَارِدَةِ أَوِ الْمَطِيرَةِ فِي السَّفَرِ Artinya: Seperti dinarasikan Nafi: “Di suatu malam yang dingin, Ibnu ‘Umar mengumandangkan adzan ketika hendak sholat di Dajnan dan mengatakan Shalu fi rihaalikum (sholatlah di rumahmu). Dia mengatakan, Rasulullah SAW pernah menyuruh muadzin mengumandangkan Shalu fi rihaalikum (sholatlah di rumahmu) saat adzan di malam yang hujan atau sangat dingin dalam perjalanan.” (HR Bukhari).
Dengan hadits tersebut, Islam menyatakan diri sebagai agama yang tegas namun memberi toleransi pada umatnya. Apalagi di situasi yang berisiko bagi kesehatan atau keselamatan umat Islam. Dengan sholat di rumah, umat Islam diharapkan tetap sehat dan terhindari dari infeksi COVID-19. Tentunya, umat Islam wajib mendoakan kesehatan dan keselamatan semua orang dalam situasi pandemi COVID-19.
Sebelumnya, di Twitter dan YouTube sempat viral muadzin yang mengubah bunyi adzan. Lafaz hayya ‘alasshalah diganti menjadi salu fi rihaalikum, yang mengajak muslim untuk sholat di rumah masing-masing. Suara muadzin terdengar sedih dan bergetar saat mengumandangkan adzan di tengah wabah virus corona di negara Arab.
Dikutip dari Gulf Today, pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menutup masjid dan mengubah adzan untuk sementara. Adzan akan menyertakan ajakan untuk sholat di rumah bukan di masjid seperti biasa. Dalam pengumuman yang dibuat Senin (16/3/2020), pemerintah UEA juga menghentikan sementara sholat wajib berjamaah lima kali sehari di masjid.
Kebijakan ini untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19 yang kasusnya masih terus meningkat. Sholat di rumah memungkinkan muslim tetap melaksanakan kewajibannya pada Alla SWT, sekaligus mencegah penularan virus corona atau COVID-19.
Sumber : detik.com



The post Kisah di Masa Rasulullah, Lafal Adzan Diubah dan Diminta Sholat di Rumah appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/03/20/kisah-di-masa-rasulullah-lafal-adzan-diubah-dan-diminta-sholat-di-rumah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sila Lapar Berjadual Asyik Nak Mengunyah Je Masa Duduk Rumah Ni Caw Pemakanan Kkm

Sila Lapar Berjadual Asyik Nak Mengunyah Je Masa Duduk Rumah Ni Caw Pemakanan Kkm

papar berkaitan - pada 20/3/2020 - jumlah : 734 hits
Bila berada di rumah tanpa buat apa apa pasti akan ada rasa lapar yang berpanjangan Ya mesti ada sahaja makanan yang akan di masak sebelum ini sibuk dengan bekerja dan sebagainya Namun ada juga yang keluh apabila berat badan mereka kian nai...
Begini Tampilan Rumah Chef Renatta Sesuai Impian Masa Kecilnya Mungil Tapi Unik Konsepnya

Begini Tampilan Rumah Chef Renatta Sesuai Impian Masa Kecilnya Mungil Tapi Unik Konsepnya

papar berkaitan - pada 11/3/2020 - jumlah : 294 hits
Bener bener mirip sama gambar rumah impian masa kecilnya termasuk halaman yang luas dan ada kandang ayamnya juga
Kisah Jiran Sebelah Rumah

Kisah Jiran Sebelah Rumah

papar berkaitan - pada 22/3/2020 - jumlah : 320 hits
DAY 4 Kisah jiran sebelah rumah Dia ni memang kaki pancing Pernah sekali dia bagi ikan mintak en Hubby masakkan Sejak itu adalah beberapa kali kami dapat ikan yang dipancingnya Semalam diberinya ikan ni Bilalah aku nak pulangkan semula beka...
Pemerintah Diminta Perhatikan Pekerja Lapangan Terdampak Kebijakan Kerja Di Rumah

Pemerintah Diminta Perhatikan Pekerja Lapangan Terdampak Kebijakan Kerja Di Rumah

papar berkaitan - pada 22/3/2020 - jumlah : 169 hits
Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Wibi Andrino mengatakan dirinya mendesak pemerintah turut serta memperhatikan hal tersebut Jangan hanya memikirkan para pekerja kantoran saja
Hadis Rasulullah Yang Menganjurkan Di Rumah Saja Saat Wabah

Hadis Rasulullah Yang Menganjurkan Di Rumah Saja Saat Wabah

papar berkaitan - pada 26/3/2020 - jumlah : 212 hits
Dalam kondisi darurat seperti situasi di tengah pandemi Corona saat ini banyak orang yang berbeda sikap Ada orang yang terlalu fatalis menganggap bahwa semua yang terjadi atas izin Allah Sehingga ia tetap beraktifitas seperti biasa tidak me...
Kisah Maslamah Kelaparan Di Rumah Khalifah Umar Abd Aziz

Kisah Maslamah Kelaparan Di Rumah Khalifah Umar Abd Aziz

papar berkaitan - pada 23/3/2020 - jumlah : 226 hits
Sebagai seorang keluarga raja Maslamah bin Abdul Malik terkenal sebagai seorang yang sangat mewah dalam hidup hinggakan mahu makan makanan yang mahal dan lazat sahaja Gambar HiasanPada suatu hari Khalifah Umar bin Abd Aziz yang sangat soleh...
Buat Duit Dari Rumah Tanpa Modal Dalam Masa 5 Minit

Buat Duit Dari Rumah Tanpa Modal Dalam Masa 5 Minit

papar berkaitan - pada 20/3/2020 - jumlah : 347 hits
Tips Cara Buat Duit dari rumah Tanpa Modal Sewaktu artikel ini ditulis virus covid 19 sedang menular dan rakyat Malaysia sedang dalam perintah kawalan pergerakan selama 14 hari dan kebanyakan orang duduk di rumah sahaja Jadi artikel buat du...
Begini Asal Usul Tradisi Bridal Shower Berawal Dari Kisah Cinta Terhalang Restu Di Masa Lalu

Begini Asal Usul Tradisi Bridal Shower Berawal Dari Kisah Cinta Terhalang Restu Di Masa Lalu

papar berkaitan - pada 19/3/2020 - jumlah : 202 hits
Nih buat yang nanya Siapa sih yang sok ngide bikin pesta bridal shower segala Ceritanya ternyata mengharukan lo
Cegah Penyebaran Corona Dpr Diminta Tunda Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang Iii

Cegah Penyebaran Corona Dpr Diminta Tunda Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang Iii

papar berkaitan - pada 17/3/2020 - jumlah : 124 hits
Gerakan untuk Indonesia Adil dan Demokratis meminta DPR RI untuk menunda Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang III Tahun Sidang 2029 2020 yang sejatinya akan dilaksanakan pada 23 Maret nanti Atau setelah masa reses berakhir
Adapting To Consumer Behavior

Mcmc S Police Report Against Writer Murray Hunter Is High Handed And Has A Chilling Effect On Freedom Of Speech

Keluarga Berang Terima Kiriman Jenazah Individu Lain

Kfc Malaysia Tutup Lebih 100 Restoran Francais Kesan Boikot

Optimizing Your Twitter Feed Strategies For Positive Content Filtering

There Is An Awakening

App Inarah

Netizen Mohon Maaf Asyik Mengutuk Ruhainies Beri Respon Saya Dah Tak Fikir Sekarang Nak Fokus On Being Happy



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Drama Khilaf Yang Tertulis

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Cik Piah Nak Suami Raya Chord

Dap Sudah Perangai Sama Sakau Kenapa Tiada Tindakan Terhadap Nga Kor Ming Azmin Ali

Polis Raub Menahan Empat Lelaki Bantu Siasatan Kes Gaduh Di Pakir Sebuah Kuil Pada Ahad Lalu

Gear Up With The New Bike Exif Merch Store